Penerapan Teknologi Cloud Computing Untuk Mendukung Digitalisasi UMKM

Melihat judul artikel di atas, mungkin banyak yang bertanya-tanya, teknologi cloud computing ? Teknologi apa itu? Dan bagaimana bisa teknologi tersebut mendukung digitalisasi UMKM?

Ya, di era digital Anda tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Teknologi bukan sekadar bangga memiliki akun media sosial sebagai peralihan dari konvensional ke modern. Tetapi berdasar KBBI, definisi teknologi lebih dari itu. Intinya, bagaimana suatu metode ilmiah bisa berguna untuk mencapai tujuan praktis yang diperlukan bagi keberlangsungan sekaligus kenyamanan hidup manusia. Masa peralihan dari dunia analog ke dunia digital.

Seruan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Menurut data Kemenkop UKM yang dirilis pada Maret 2021, total pelaku UMKM di Indonesia sekitar 64,2 juta unit. Share angka ini terhadap investasi, tenaga kerja, hingga ekonomi nasional (PDB) sangatlah besar. Sebanyak 60,42% UMKM berkontribusi terhadap investasi. Sebanyak 97% UMKM berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Dan, sebanyak 61,07% UMKM berkontribusi terhadap PDB.

Kendati demikian, baru 13% atau sekitar 8 hingga 10 juta UMKM yang migrasi ke Go Digital.  Data ini menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dan berbagai pihak yang berkepentingan. Lebih lagi, dengan optimisme perkiraan peningkatan kontribusi ekonomi digital bagi perekonomian Indonesia pada 2025 mendatang sebanyak US$124 dari yang awalnya hanya mencapai US$44 (Bisnis.com, 2021).

Respon Pelaku UMKM dan Pihak yang Berkepentingan

Meskipun digitalisasi UMKM terbuka lebar, nyatanya masih ada kendala bagi pelaku UMKM untuk Go Digital. Seperti, kurangnya digital literasi dan pemahaman yang masih rendah terkait platform digital dalam memasarkan produknya.

Untuk segera mencapai tujuan, 33.000 UMKM naik kelas pada 2024 nanti, dibutuhkan sinergisitas antara pelaku UMKM dan pihak-pihak yang berkepentingan. Mulai dari support pemerintah, hingga penyedia platform online sebagai pihak krusial untuk masalah ini.

Salah satu platform online, yaitu Idcloudhost, sangat antusias untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, bukan hanya dengan perusahaan besar, statup dengan modal besar, tetapi juga dengan pelaku UMKM yang masih sering terkendala dengan biaya pengembangan bisnis.

Penerapan Teknologi Cloud Computing Bagi UMKM

Untuk menghadapi pasar global di era revolusi industri 4.0, Anda bisa memanfaatkan teknologi cloud computing (komputasi awan). Cloud computing akan menjadikan teknologi internet sebagai pusat pengolahan data sekaligus aplikasi dalam menunjang pemasaran secara global.

Dalam salah satu penelitian ‘Cloud Computing Sebagai Strategi Optimasi Perluasan Target Pasar Usaha Kecil Menengah Dalam Menghadapi Revolusi Industi 4.0’, Irfan dan Santosa melakukan adopsi layanan teknologi cloud computing untuk membantu UMKM. Di antaranya untuk meminimalisir biaya operasional atau biaya pengeluaran guna efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pertukaran data, pengolahan data, kerja sama kelompok, pengambilan keputusan, dan penerapan strategi bisnis.

Kunci utama dari cloud computing yaitu visualisasi infrastruktur yang menyediakan sekaligus memelihara server virtual agar dapat ditingkat atau diturunkan sesuai dengan permintaan. Akarnya, berupa kemajuan teknologi internet, hardware, manajemen sistem, dan distributed computing.

cloud computing

Gambar: Tiga komponen dasar komputasi awan

Gambar di atas menunjukkan 3 komponen dasar dari sebuah cloud computing, yaitu client, data center, dan sever yang didistribusikan seperti gambar. Client yaitu laptop, komputer, PDA dan lain-lain yang dipakai oleh pengguna. Data center yaitu kumpulan server dari client yang selanjutnya didistribusikan berdasarkan tempatnya. Walaupun didistribusikan di tempat berbeda, tetapi seolah-olah tempatnya berdampingan dan ini akan sangat menguntungkan saat salah satu situs down, gagal, maka situs lainnya masih bisa dioperasikan.

Layanan Cloud Indonesia

Sebagai pengguna, Anda bisa menjalankan bisnis melalui perangkat lunak antarmuka sistem cloud computing oleh Cloud Provider Indonesia. Komputasi awan ini yang disederhanakan dalam browser Web atau jaringan cloud itu sendiri. Jadi, bentuk komputasi awannya seperti Hotmail, Gmail, Gdrive yang berpengalaman dengan komputasi awan.

Telah ada lebih dari 100 ribu pelanggan memanfaatkan jasa digitalisasi bersama idcloudhost.com. Karena, layanan ini berbasasis SSD Cloud Hosting dengan tujuan menjaga web agar tetap hidup dan dapat diakses dari banyak negara. Selain itu, juga tersedia Data Center Utama yang bisa digunakan.

Yang membuat tercengang, pelayanannya cepat, hemat di kantong, dan fleksibel. Cukup membayar sesuai pemakaian hanya dalam satu kali klik!

Private Cloud Cocok Untuk UMKM?

Ketika Anda menggunakan awan komputasi, Anda harus pandai memilih, apakah dari beberapa model komputasi awan yang ada, model ‘X’ cocok digunakan? Karena, beda model, beda juga kegunaannya.

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah, bisa menggunakan layanan cloud dengan model Private Cloud atau biasa disebut dengan Power as a Service (Paas) untuk mengembangkan penjualan secara luas. Model Private Cloud, berarti klien memiliki akses untuk menyimpan data, membuat cadangan informasi, dan menjalankan program yang disediakan oleh server yang ada di tempatnya secara fisik.

Beda dengan Public Cloud yang bisa diakses oleh banyak orang, Private Cloud hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Pengguna cloud pribadi akan disewakan secara pribadi, di host secara internal, dan dipastikan keamanan koneksi jaringannya dengan enkripsi yang aman.

Keuntungan Pelaku UMKM Menerapkan Cloud Computing

Memilih sudah pasti tahu alasannya. Banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah yang sudah tahu apa saja keuntungan yang didapat ketika menerapkan teknologi cloud computing. Ada juga yang belum tahu keuntungan menerapkan teknologi cloud computing. Berikut beberapa keuntungan yang mesti Anda tahu.

  1. Bagusnya Tingkat Keamanan

Baik Public Cloud maupun Private Cloud sama-sama memiliki keamanan dalam menjaga data kepemilikikan dan menjaga informasi konsumen. Hanya, Public Cloud tingkat keamanannya tertentu. Sementara, Cloud Pribadi, tingkat keamanannya semakin tinggi.

 

  1. Efisiensi Biaya & Waktu

Cukup menggunakan layanan awan, Anda bisa hemat biaya. Karena, tidak harus membeli fasilitas, perangkat keras, utilitas, bahkan membangun data center besar.

 

Yang paling terasa, Anda akan hemat untuk membayar tim IT dalam menangani operasi komputasi awan. Waktu pun bisa semakin efisien untuk mengerjakan hal lainnya, daripada mengatasi masalah downtime sistem non komputasi awan.

 

  1. Terciptanya Fleksibilitas Kerja

Zaman sudah canggih. Apa-apa cukup dalam genggaman tangan, tanpa perlu ke kantor, dan kesana-kemari. Milikilah kebijakan bisnis UMKM dengan ‘bring your own device’. Dengan begitu, pekerja akan semakin fleksibel saat bekerja dan Anda tidak perlu menambah banyak pekerja lagi.

 

  1. Skalabilitas Terjaga

Jika usaha yang Anda jalankan mengalami pertumbuhan, Anda tidak perlu repot menambah karyawan atau investasi dalam bentuk infrastruktur fisik. Cukup tingkatkan bandwith cloud sesuai kebutuhan. Pun jika mohon maaf saat bisnis sedikit loyo, Anda bisa menyesuaikan bandwith cloudnya.

 

  1. Mudah dan Andal

Bagi pelaku UMKM yag masih kurang melek teknologi pun, bisa menggunakan teknologi cloud computing ini dengan mudah. Sewa saja penyedia layanan teknologi cloud computing. Bayar sesuai kebutuhan. Mudah dan andal kan?

Resiko Pelaku UMKM Jika Tidak Menerapkan Cloud Computing

Nah, siapkan untuk menggunakan teknologi cloud computing? Jika tidak siap, Anda harus siap dengan resiko negatif apabila tidak menerapkan teknologi cloud computing, loh. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Infrastruktur teknologi informasi semakin hari semakin membutuhkan banyak biaya.
  2. Jasa tenaga ahli yang harus Anda kerjakan untuk mengelola bisnis semakin tinggi biayanya.
  3. Hardware riskan rusak dan mati. Sedangkan software riskan terkena virus dan gangguan lain yang berpotensi membuat data hilang.

Cukup sampai disini pembahasan kami terkait penerapan teknologi Cloud Computing Untuk mendukung digitalisasi UMKM. Bantu pemerintah untuk mewujudkan UMKM agar segera Go Digital. Semakin cepat Anda berproses, pertumbuhan UMKM Anda akan semakin cepat dirasa. Siap memanfaatkan teknologi komputasi awan? UMKM jaya!

Tinggalkan komentar