Cara Membuat SKCK Online Pontianak Terbaru 2020, Simple dan Cepat!

By | Januari 30, 2020

Cara membuat skck online Pontianak – SKCK atau yang dahulu dikenal dengan Surat Berkelakuan Baik  sangatlah dibutuhkan. Mengapa?, karena surat ini sering menjadi bagian dari syarat untuk melamar pekerjaan. Setidaknya instansi pemerintah serta BUMN mewajibkan surat ini, karenanya teman-teman di Indonesia terutama dari Pontianak harus mempersiapkan surat ini sedini mungkin.

Membuat SKCK Online Pontianak

Cara Membuat SKCK Online Pontianak

Jika dahulu proses pengajuan SKCK hanya dapat dilakukan secara langsung, atau dengan kata lain langsung mendatangi kantor kepolisian terdekat dari kediaman masing-masing. Cara ini akan sangat mudah jika teman-teman memiliki KTP dengan alamat yang sama dengan domisili terkini. Namun, hal ini akan menjadi masalah jika teman-teman adalah seorang pendatang atau perantau.

Karena, teman-teman harus mengurus surat domisili sebelum bisa mengajukan SKCK di kantor polisi terdekat. Mengetahui hal tersebut, pihak kepolisian membuat terobosan baru yaitu dengan menciptakan layanan SKCK secara online. Namun, pembuatan SKCK online Pontianak justru lebih canggih lagi karena memiliki website tersendiri dan khusus untuk wilayah Pontianak saja.

Karena itu, teman-teman yang saat ini tinggal di Pontianak harus menggunakan website ini daripada memakai SKCK online secara umum. Karena lebih cepat, praktis, input data lebih sedikit sehingga banyak menghemat waktu teman-teman.

Cara Membuat SKCK Online Pontianak

Membuat SKCK Online Pontianak

Website SKCK Online Pontianak

Untuk melakukan pengajuan SKCK online Pontianak, teman-teman harus mengunjungi website polresta Pontianak Kota. Setelah membuka website tersebut teman-teman akan melihat berbagai info terkait pengajuan SKCK seperti, persyaratan dokumen, biaya, peraturan perubahan biaya, rekening transfer BRI untuk pembayaran SKCK online, survei kepuasan online dan lain sebagainya.

Bacalah seluruh informasi tersebut dengan seksama sehingga teman-teman dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dokumen yang harus dipersiapkan adalah:

  • Khusus untuk registrasi secara online; scan KTP, KK, Ijazah atau akta lahir
  • Ketika mengunjungi kantor polisi yang dituju harus membawa; KTP dan KK asli, pas foto 4 x 6 (1 lembar) dengan latar berwarna merah, bukti pembayaran, serta SKCK lama (untuk perpanjangan)
SKCK Online

Form Pendaftaran SKCK Online Pontianak

Jika sudah mempersiapkan dokumennya, maka teman-teman dapat melakukan pengajuan secara online dengan menekan tombol “form pendaftaran” yang ada di sisi pojok kanan atas.  Adapun langkah-langkah pengajuan SKCK online Pontianak antara lain:

1. Informasi Seputar SKCK Online Pontianak

SKCK

Informasi SKCK Online Pontianak

Sebelum melakukan pengajuan SKCK Online Pontianak, teman-teman akan melihat berbagai informasi tambahan seputar SKCK Online. Pada halaman ini terdapat informasi seputar administrasi polresta Pontianak. Jadi, teman-teman yang berada di daerah ini dapat mengajukan SKCK di polres tersebut.

Setelah mengetahui semuanya, teman-teman scroll ke bagian paling bawah dan tekan tombol “Ya, saya ingin mendaftar?”.

2. Verifikasi Data

SKCK

Verifikasi Data

Pada halaman ini teman-teman harus input data diri dan tempat tinggal sekarang. Adapun data tersebut adalah nomor KTP, alamat yang sesuai dengan KTP, RT dan RW, provinsi, kota atau kabupaten tinggal, kematan dan desanya. Jika kebetulan tidak ada nomor RT dan RW teman-teman tetap harus mengisinya dengan angka “00”.

Periksa terlebih dahulu data tersebut. Jika telah yakin maka teman-teman tekan tombol “proses verifikasi” dan halaman berikutnya akan muncul.

3. Upload Persyaratan Dokumen

SKCK

Upload Persyaratan

Pada halaman berikutnya teman-teman harus upload beberapa dokumen sebagai persyaratan untuk mengajukan SKCK online Pontianak. Pada gambar di atas terdapat enam file yang harus di upload, namun teman-teman hanya perlu unggah file foto, KTP, KK dan Ijazah/ akta lahir. Semua file tersebut harus dalam bentuk jpg/jpeg.

Jika sudah selesai upload seluruh dokumen yang dibutuhkan maka tekanlah tombol “proses persyaratan” yang ada pada bagian bawah.

4. Input Biodata Pribadi

SKCK

Input Data Pribadi

Pada bagian ini teman-teman akan input data pribadi secara lengkap dan cukup rinci. Adapun data yang harus di isi antara lain; nama lengkap, panggilan, alamat, tempat serta tanggal lahir, pendidikan terakhir, nomor telepon, ciri-ciri tubuh mulai dari tinggi dan berat badan, warna kulit, warna rambut, gangguan pada mata, bentuk kepala, jenis rambut dan lainnya.

Setelah itu teman-teman masih harus input riwayat pendidikan mulai dari SD sampai pada jenjang pendidikan terakhir. Karena data yang di isi cukup banyak, maka teman-teman harus sering memeriksanya agar tidak ada yang terlewatkan. Jika telah selesai maka tekan tombol selanjutnya pada bagian bawah halaman.

5. Input Biodata Keluarga

SKCK

Biodata Keluarga

Berikutnya adalah input biodata keluarga. Jika teman-teman belum menikah maka klik tombol ceklis pada bagian data suami/istri. Setelah itu isilah semua informasi ayah ibu, dan saudara berupa nama, pekerjaan, umur dan alamat tinggalnya. Teman-teman bisa menekan tombol ceklis jika masih tinggal bersama keluarga, jika tidak maka harus di input secara manual.

6. Indeks Kepuasan

SKCK

Survey Kepuasan

Pada halaman berikutnya teman-teman harus mengisi survei kepuasan selama memakai website SKCK online Pontianak ini. Fitur ini sangatlah baik karena teman-teman dapat memberikan opini dan masukan agar website ini dapat diperbaiki menjadi lebih baik lagi.

Oleh karena itu, isilah seluruh bagian survey-nya dengan objektif. Jika teman-teman telah menyelesaikan bagian tekanlah tombol “selesai”

7. Download Lampiran

SKCK

Lampiran SKCK Online

Jika telah menyelesaikan seluruhnya, maka teman-teman akan memperoleh barcode seperti pada gambar di atas. Teman-teman jug dapat download lampirannya atau juga dicetak untuk dibawa ke polres pontianak nantinya. Datanglah secepat mungkin sambil membawa KTP serta KK asli dan pas foto 4 x 6 (1 lembar).

Baca juga artikel SKCK:

Jangan lupa untuk transfer biaya SKCK sebesar Rp 30.000 a.n PUTOR PNBK SKCK dengan nomor rekening BRI 0071-0100-1496-564. Tunjukkan seluruh berkas dan bukti transfer, setelah itu teman-teman hanya perlu waktu 10 menit dan SKCK baru telah dapat dibawa pulang. Jangan lupa untuk difotokopi dan legalisir, sedangkan SKCK aslinya teman-teman simpan sehingga bisa diperbaharui di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *