Fungsi SKCK Polsek, Polda, Polres, dan Mabes

Fungsi SKCK – SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian dulunya bernama SKKB atau Surat Keterangan Kelakuan Baik. Surat ini diterbitkan oleh Kepolisian yang menerangkan bahwa pemohon tidak terlibat atau bebas dari tindak kejahatan atau kriminalitas. SKCK bisa diterbitkan oleh instansi Kepolisian sesuai domisili yang tertera di KTP pemohon.

fungsi skck

Seperti yang diketahui SKCK akan populer ketika musim penerimaan pekerjaan. Terutama para fresh graduate akan berbondong bondong mengajukan SKCK sesuai dengan tujuan dibuatnya. Kebanyakan diketahui bahwa SKCK dapat digunakan untuk mendaftar pendidikan lanjutan atau melamar pekerjaan.

Ternyata setelah ditelusuri tak hanya itu fungsi dan kegunaan SKCK ada banyak sekali tergantung dengan satuan wilayahnya.  Masing-masing instansi Kepolisian yang ada di kota/kabupaten tertentu memiliki kewenangan yang berbeda-beda dalam menerbitkan SKCK. Nah, berikut ini rincian tentang fungsi dan kegunaan SKCK sesuai tingkat kewenangan satuan wilayahnya, antara lain:

1. Polsek/Polsekta (Kepolisian Sektor)

Kepolisian sektor adalah struktur komando kepolisian RI yang bertugas dibagian wilayah kecamatan. Sedangkan untuk bagian perkotaan biasanya disebut dengan Polsekta (Kepolisian Sektor Kota).

Tugas dari Polsek dan Polsekta adalah menyelenggarakan tugas pokok dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai penegak hukum, pemberian perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat sesuai dengan hukum perundang-undangan.

fungsi skck

Selain tugas ada pula fungsi dari Polsek atau Polsekta terdiri dari beberapa yaitu:

  1. Memberi pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan dan pengaduan, pemberian bantuan dan pertolongan termasuk pengamanan kegiatan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan fungsi intelijen dalam bidang keamanan mulai dari pencegahan terjadinya ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pelayanan SKCK.
  3. Melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidanan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Seperti yang dikatakan bahwa polisi tingkat sektor memiliki tugas dan fungsi untuk melayani masyarakat. Contoh nyata dari pelayanan masyarakat adalah layanan pembuatan SKCK. Diketahui bahwa Setiap satuan wilayah polisi dapat menerbitkan SKCK dengan kegunaan masing-masing. Nah, SKCK yang diterbitkan oleh Polsek dapat diajukan untuk:

  • Melamar pekerjaan untuk lembaga/perusahaan swasta
  • Kelengkapan administrasi pencalonan Kepala Desa, Sekretaris Desa
  • Keperluan pindah alamat
  • Persyaratan melanjutkan sekolah

2. Polres (Kepolisian Resor)

Polres adalah salah satu satuan organisasi PolRI yang memiliki kedudukan di Ibukota Kabupaten/Kota daerah hukum masing-masing. Polres dibagi menjadi empat tipe yaitu: Tipe metropolitan, tipe polrestabes, tipa polresta, dan tipe polres.

Tugas dari Polres yaitu menyelenggarakan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai penegak hukum, memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan pada masyarakat ibukota kabupaten sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

fungsi skck

Selain tugas adapula fungsi dari Polres sebagai berikut;

  1. Melaksanakan fungsi Sabhara melalui kegiatan pengaturan penjagaan pengawalan dan pengamanan kegiatan masyarakat daerah Ibukota/Kabupaten.
  2. Melaksanakan fungsi lalu lintas mulai dari kegiatan Turjawali lalu lintas, penindakan pelanggaran dan penyidikan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerah Ibukota/Kabupaten.
  3. Pembinaan masyarakat meliputi pemberdayaan masyarakat, pengembangan bentuk pengamanan swakarsa dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan warga sekitar Ibukota/Kabupaten.

Salah satu pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Polres adalah penerbitan SKCK. Sayangnya setiap SKCK memiliki keperluan yang berbeda-beda dengan tingkat kewenangan yang juga berbeda. Maka SKCK yang diajukan di pihak Polres memiliki informasi keperluan tersendiri, yaitu:

  • Pengajuan pencalonan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota
  • Pengajuan melamar sebagai PNS
  • Pengajuan lamaran kerja sebagai Anggota TNI/POLRI
  • Pencalonan pejabat publik
  • Kepemilikan senjata api
  • Pengajuan melamar pekerjaan
  • Pencalonan kepala daerah tingkat kabupaten/kota

3. Polda (Kepolisian Daerah)

Polda adalah satuan organisasi kepolosian yang berada di daerah provinsi dan berada di bawah kapolri. Polda memiliki beberapa tipe khusus yaitu: Polda Tipe “A” khusus, Pola Tipe “A”, dan Pola Tipe “B”.  Adapula tugas dari Polda seperti berikut:

  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberi perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Melaksanakan tugas p Polri daerah wilayah provinsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
fungsi skck

Sedangkan Polda juga menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Pemberian pelayanan kepolisian kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan atau pengaduan.
  2. Pelaksanaan intelijen dalam dalam bidang keamanan di wilayah provinsi seperti persandian dan intelijen teknologi baik.
  3. Penyelidikan tidak pidana seperti indentifikasi laboratorium forensik lapangan, pembinaan dan pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) serta pengawasan proses penyidikan.
  4. Pelaksanaan kepolisian perairan seperti kegiatan patroli penanganan pertama tidak pidana, pencarian dan penyelamatan kecelakaan/ Search And Rescue (SAR) di wilayah perairan.
  5. Pelaksanaan fungsi-fungsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Satuan Polda adalah satuan polisi provinsi sehingga tugas dan fungsinya juga mencakup perihal wilayah provinsi. termasuk pelayanan masyarakat seperti: pembuatan SKCK yang hanya diterbitkan oleh Polda. Anda tentu dapat mengajukan SKCK di Kantor Polda namun dengan keperluan sebagai berikut:

  • Melamar pekerjaan
  • Memperoleh paspor atau visa
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan bekerja di luar negeri
  • Menjadi notaris
  • Pencalonan pejabat publik
  • Melanjutkan sekolah
  • Pencalonan anggota legislatif tingkat provinsi
  • Pencalonan kepala daerah tingkat provinsi

4. Mabes Polri (Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia)

Polri adalah satuan dari salah satu abdi negara yaitu polisi. Satuan ini memiliki moto “Rastra Sewakotama” yang artinya Abdi utama bagi nusa bangsa. Secara umum Polri mengemban tugas bagi seluruh wilayah Indonesia, yaitu: memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum di Negara Indonesia, dan melindungi masyarakat dan wilayah Indonesia.

fungsi skck

Namun secara undang-undang ada beberapa tugas dari Polri yang dibagi dalam dua golongan:

  1. Tugas represif : melaksanakan peraturan perundang-undangan maupun perintah pihak yang berkuasa mengenai terjadinya peristiwa pelanggaran hukum
  2. Tugas preventif : menjaga serta mengawasi supaya tidak terjadi pelanggaran hukum dan perundangan-undangan oleh masyarakat Indonesia.

Tak hanya fungsi dan tugas namun Polri juga memiliki kewenangan seperti:

  1. Polisi berhak melakukan penangkapan penahanan, penggeledahan, dan penyitaan terhadap semua orang yang dicurigai sebagai pelaku pelanggaran hukum.
  2. Polisi berhak melarang setiap orang yang berusaha memasuki atau meninggalkan TKP (Tempat Kejadian Perkara) ketika sedang dalam penyidikan.
  3. Polri berhak membawa orang yang dicurigai melakukan pelanggaran hukum sebagai saksi atau terdakwa kepada penyidik dengan membawa surat penangkapan.
  4. Polri berhak menanyakan, memeriksa tanda pengenal diri, melakukan pemeriksaan, dan penyitaan surat terhadap orang yang sedang dicurigai atau sedang dalam penyidikan.

Sama hal nya dengan satuan polisi yang ada di daerah maupun provinsi, Polri juga memiliki tanggung jawab untuk melayani masyarakat. Salah satunya melayani pembuatan SKCK. SKCK tidak sembarang dibuat di kantor polisi mana saja, namun SKCK dibuat berdasarkan keperluan dan tingkat kewenangannya. Mabes Polri pun dapat menerbitkan SKCK untuk keperluan seperti:

  • Pencalonan presiden dan wakil presiden
  • Pencalonan anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga pemerintahan tingkat pusat
  • Penerbitan visa
  • Ijin tinggal tetap di luar negeri
  • Naturalisasi Kewarganegaraan
  • Adopsi anak bagi pemohon WNA
  • Melanjutkan sekolah luar negeri

So, bagaimana penjelasan dari keperluan dan tingkat kewenangan pembuatan SKCK? Sudah jelas bukan. Jangan sampai keliru laginya saat pembuatan SKCK.

Bagi anda yang ingin mengajukan SKCK untuk melamar pekerjaan dapat dilakukan di kantor polsek, polres, dan polda yang dekat dengan tempat tinggal anda tentunya.