Apa Itu Inventory Control Staff dan Tugasnya? Perhatikan!

By | Maret 18, 2020

Inventory control staff adalah sebuah jabatan atau posisi yang  yang berada diatas karyawan biasa dan berada dibawah posisi manager, dan setara dengan posisi inventory control yang lainnya.

Jadi tentu saja tugasnya juga lebih sulit dari pada karyawan biasa dan memiliki banyak sekali  tugas yang memerlukan pengalaman dan skill yang mendukung.

Ketika anda ingin melamar sebagai seorang inventory control staff anda harus mengetahui secara detail pekerjaan yang harus anda lakukan dan apa fungsi anda bagi sebuah perusahaan tempat anda bekerja.

Tugas Seorang Inventory Control Staff 

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja yang dilakukan oleh seorang inventory control staff, pengertiannya, dan juga fungsinya.

Tugas Inventory Control Staff  Terbaru 2020

  1. Menjamin ketersedian staff karyawan yang dibutuhkan untuk suatu cabang atau toko indomaret, untuk itu anda perlu menghitung kebutuhan pegawai berdasarkan banyaknya barang yang dijual, luasan toko, dan faktor lain yang mempengaruhi kebutuhan staff pekerja. Tapi ingat posisi inventory control staff tidak berhak merekrut pegawai atau melakukan interview untuk penerima staff baru, tugas ini biasanya dilakukan oleh seorang HRD.
  2. Menghitung stock barang yang ada di gudang dan stok barang yang tersedia, nantinya secara rutin tugas dari inventory control staff adalah melakukan rekap data atau perhitungan data produk secara berkala untuk diajukan pada inventory control stock dan bidang lainnya yang terkait.
  3. Melakukan monitor secara berkala terhadap barang yang tersedia di toko atau gudang, yang nantinya juga mengawasi kinerja dari pegawai yang ada.
  4. Melakukan pengecekan dan rekap data keluar dan masuknya barang, jadi seorang inventory control staff juga bertugas melakukan pengecekan barang yang tersedia dan juga mengawasi staff yang terkait dengan bidang yang masih memiliki hubungan yang sama. Misalkan seorang inventory control staff melakukan rekap data dan perhitungan stok barang yang dibutuhkan dan juga yang harus dikeluarkan dari gudang atau toko, maka seorang  inventory control staff bertugas melaporkan data tersebut pada posisi inventory control stock dan posisi yang lainnya.
  5. Melakukan pendataan terhadap barang-barang yang ada digudang atau toko secara periode apakah itu dalam skala wakt mingguan, bulanan atau bahkan tahunan, agar semua ketersediaan barang di suatu toko terjamin ketersediaannya dengan baik, hal ini bertujuan menjaga kepercayaan pembeli bahwa semua barang yang biasanya mereka dapatkan di suatu toko tetap masih tersedia di toko tersebut tanpa terkecuali.
  6. Seorang inventory control staff juga bertugas membuat laporan terhadap data vendor yang bekerja sama apakah itu penjualan vendor, pembelian barang dari vendor dan sebagainya.

Tentu saja sebuah posisi inventory control staff juga menjadi sebuah pekerjaan yang sangat penting dalam sebuah industri atau toko, hal ini dikarenakan sebuah inventory control staff adalah pemegang tanggung jawab atas rekap data yang harus dilakukan secara teratur, nantinya data-data tersebut akan dipergunakan untuk supplay and demain yang akan disediakan oleh staff gudang dan administrasi.

Baca juga: Rasanya Kerja di Startup IT Tanpa Background IT, Ini Ceritanya!

Inventory Control Staff Adalah Sebuah Jabatan Penting

stafff

Seperti prinsip kerjanya, seorang inventory control staff memiliki tanggung jawab yang berat dimana mereka banyak melakukan pekerjaan dengan skill berpikir dan kemampuan mereka tentang mengontrol data yang dibutuhkan oleh perusahaan atau toko.

Seorang inventory control staff adalah orang yang bisa membantu mengontrol data produk atau barang yang ada di gudang dan mendistribusikannya ke toko cabang yang membutuhkannya.

Secara umum inti dari peran penting seorang inventory control staff adalah melakukan pengambilan data, monitoring stok dan menjamin staff yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut bekerja dengan baik.

Baca juga: Resiko Kerja Di Minimarket, Jangan Coba Kalau Belum Siap!

Inventory Control Staff Memiliki Gaji Yang Tinggi

Seperti pekerjaan yang dilakukan oleh seorang inventory control staff, dimana mereka memiliki peran penting atas pencapaian tujuan perusahaan atau toko dengan baik, maka seorang inventory control staff juga harus mendapatkan gaji atau upah yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya.

Untuk tahun 2020 posisi jabatan ini memiliki kisaran gaji yang cukup tinggi, 6 sampai 7 juta rupiah, dan jumlah ini termasuk besar dibandingkan dengan posisi-posisi jabatan staff biasa.

Sebenarnya masalah uapah atau gaji yang diterima oleh seorang inventory control staff juga sangat bergantung pada jam kerja dan juga kenaikan pendapatan toko, biasanya upah ini bisa melebihi jauh dari nilai rata-rata gaji yang tersedia dengan cara mengambil kerja lembur dan juga pencapaian penjualan produk atau barang yang telah tercapai.

Baca juga: Pengalaman Pindah Bidang Industri dari Manufaktur ke Startup IT

Fungsi Dari Inventory Control Staff Adalah…

staff

Dari berbagai sub bahasan yang telah kita jelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi inti dari posisi inventory control staff adalah merekap data produk opname secara berkala. Dari segi bahasa memang memiliki arti sebagai seorang staff untuk mengontrol inventory atau penyimpanan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *