Mau Memperpanjang SKCK Luar Domisili? begini Caranya

Cara Memperpanjang SKCK Luar Domisili – SKCK adalah sebuah surat keterangan dari kepolisian yang menerangkan bahwa seseorang bebas dari tindak kejahatan. Surat ini biasanya digunakan untuk melengkapi berbagai jenis administrasi seperti di kantor, sekolah atau instansi lainnya.

Mengurus pembuatan SKCK bisa dilakukan di Polsek atau Polres sesuai domisili pemohon.

Namun, SKCK itu sendiri memiliki masa aktif SKCK hanya selama 6 bulan, setelah itu harus di perpanjangan lagi. Dan jika SKCK sudah mati selama lebih dari satu tahun, biasanya syarat atau berkas untuk perpanjangan menjadi lebih rumit.

Apakah Bisa Memperpanjang SKCK Beda Domisili?

perpanjang skck luar domisili

Jawabannya adalah bisa namun kamu perlu melengkapi surat atau dokumen yang diperlukan. Ada harus menyiapkan surat rekomendasi dari Kelurahan atau Polsek sebagai tambahan berkas persyaratan. Namun, itu juga tergantung dari Polres masing-masing kota/kabupaten.

Membuat atau memperpanjang SKCK biasanya dilakukan oleh pemohon dengan mendatangi Polsek atau Polres. Namun, saat ini pendaftaran pengurusan SKCK sudah bisa dilakukan secara online, sehingga Anda hanya perlu datang untuk mengambilnya. Hal ini juga sangat membantu bagi mereka yang berada di luar domisili, sehingga lebih mudah mengurus SKCK tanpa harus pulang terlebih dahulu.

Cara Memperpanjang SKCK Luar Domisili

Berikut cara memperpanjang SKCK di luar domisili yang wajib Kamu tahu:

1. Siapkan Persyaratan Perpanjangan SKCK

Pertama, persiapkan dulu berkas persyaratan yang dibutuhkan untuk perpanjangan SKCK. Jangan lupa di fotokopi dan bawa juga berkas aslinya karena biasanya perlu ditunjukkan pada petugas. Jika diwakilkan, Anda harus membuat surat kuasa dan yang mewakili harus menunjukkan kartu identitas

Baca juga:  Cara Membuat SKCK Online Pasuruan, Lebih Praktis

Dokumen yang perlu dibawa adalah:

  • Fotokopi KTP atau SIM,
  • Fotokopi ijazah terakhir atau akta kelahiran,
  • Fotokopi kartu keluarga,
  • 6 Pas foto berwarna ukuran 4X6 dengan background merah
  • Rekaman sidik jari pemohon.

2. Membuat Rekaman Sidik Jari

Cara membuat SKCK di luar domisili selanjutnya yaitu dengan membuat rekaman sidik jari di polsek atau polres terdekat. Untuk membuat rekaman sidik jari ini, Kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan tambahan, yaitu fotokopi KTP serta pas foto dengan ukuran 2X3 dan 4X6 dengan latar merah.Di kantor kepolisian, Kamu akan diinstruksikan untuk mengisi formulir kemudian petugas akan memandu Kamu untuk membuat rekaman sidik jari ini.

3. Mengirim Berkas Ke Domisili

Setelah kamu melengkapi semua dokumen dan rekaman sidik jari, kirim berkas ke domisili tempat kamu mendaftarkan SKCK.

Untuk perpanjangan SKCK, Anda bisa meminta bantuan keluarga/kerabat untuk datang ke Polres atau diwakilkan dengan berbekal surat kuasa. Nah, berikut ini cara memperpanjang SKCK luar domisili dengan diwakilkan oleh orang lain, yaitu:

5. Minta Perwakilan Anda untuk Datang ke Polres

perpanjang skck luar domisili

Setelah itu, perwakilan Anda bisa datang ke Polres dan menyerahkan berkas kepada petugas. Biasanya, perwakilan tersebut akan diminta untuk mengisi data dan menunjukkan kartu identitas.

6. SKCK bisa Diambil Beberapa Saat Kemudian

Setelah petugas menyelesaikan pemeriksaan data, barulah perwakilan akan dipanggil kembali untuk mengambil SKCK yang baru. Setelah itu, SKCK tersebut bisa langsung diantar atau dikirimkan kepada Anda.

Cara Membuat SKCK di Luar Domisili

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mengurus SKCK di luar domisili secara online, antara lain:

1. Siapkan Berkas Persyaratan dalam Bentuk Soft Copy

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk persyaratan mengurus SKCK. Akan lebih mudah jika Anda sudah mempunyai soft file nya. Jika Anda belum punya file nya, maka bisa melakukan scan berkas terlebih dahulu. Cek satu per satu berkas yang dibutuhkan dan jangan sampai ada yang terlupa.

Baca juga:  6 Syarat Perpanjang SKCK, Ketahui Biaya dan Caranya

2. Mendaftar Perpanjangan SKCK Secara Online

Mendaftar secara online bisa dilakukan dimana saja asalkan ada perangkat yang terkoneksi dengan internet. Berikut ini salah satu contoh langkah-langkah mengisi form pendaftaran melalui website Polri, antara lain:

  1. Setelah membuka website SKCK Polri melalui browser, silahkan klik Form Pendaftaran yang ada di kanan atas
perpanjang skck luar domisili
  1. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi Satwil atau Satuan Wilayah meliputi Jenis Keperluan dan Alamat pemohon, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
  1. Kemudian pada tab Data Pribadi mengisi Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Alamat Lengkap, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
  1. Selanjutnya, mengisi informasi Hubungan Keluarga yang meliputi Data Istri/Suami, Data Ayah, Ibu dan Saudara, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
perpanjang skck luar domisili
  1. Lalu pada tab Pendidikan, Anda perlu mengisi riwayat pendidikan yang bisa ditambah dan dihapus, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
  1. Selanjutnya mengisi Perkara Pidana, termasuk informasi mengenai pelanggaran, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
  1. Kemudian mengisi informasi Ciri Fisik seperti rambut, wajah, kulit, tinggi dan berat badan, tanda istimewa dan rumus sidik jari, lalu klik Lanjut lagi
perpanjang skck luar domisili
  1. Setelah itu, pada tab Lampiran Anda bisa mengunggah file yang sudah di scan sebelumnya, lalu klik Lanjut
perpanjang skck luar domisili
  1. Selanjutnya, pada tab Keterangan mengisi informasi lain-lain, sponsor untuk orang asing, alamat email dan jangan lupa centang kotak di kiri bawah, lalu klik Proses
perpanjang skck luar domisili
  1. Setelah itu, Anda tunggu saja proses loadingnya, nanti akan muncul nomor antrean untuk Anda. Nomor antrean ini bisa Anda gunakan untuk mengambil SKCK di Polres.

3. Mengambil SKCK Baru di Polres

Jika Anda mendaftar di pagi hari, biasanya SKCK bisa jadi di hari yang sama di waktu siang. Namun, jika Anda mendaftar siangnya, maka nomor antrean berlaku untuk keesokan harinya. Untuk melakukan pengambilan SKCK langsung saja datang ke Polres dan menunggu sesuai antrean.

Baca juga:  Contoh Surat Pengantar Pembuatan SKCK dari Kelurahan/Desa

Penutup

Itulah informasi terkait pengurusan pembuatan atau perpanjangan SKCK yang bisa dilakukan secara offline maupun online. Bahkan, untuk Anda yang berada di luar domisili bisa diwakilkan oleh orang lain.

Bagikan: