Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2024

Pegadaian menjadi salah satu tempat yang sering dituju oleh masyarakat yang sedang membutuhkan dana tunai dan ingin menggadaikan barang berharganya. Tidak hanya emas, Pegadaian juga menerima gadai BPKB motor.

Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian yang ditetapkan relatif mudah untuk dipenuhi. Cara menggadaikan BPKB motor di Pegadaian juga bisa Anda lakukan dengan mudah, baik secara langsung maupun online.

Informasi selengkapnya mengenai syarat gadai BPKB motor di Pegadaian sekaligus cara gadai BPKB motor di Pegadaian bisa Anda dapatkan melalui artikel ini. Selamat menyimak!

Informasi Seputar Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Gadai BPKB motor merupakan salah satu produk pembiayaan yang disediakan oleh Pegadaian melalui produk “Pegadaian Pinjaman Serbaguna”. Produk ini bisa Anda gunakan untuk keperluan konsumtif atau produktif.

Plafon yang disediakan mulai dari Rp 1 juta sampai maksimal Rp 500 juta dengan tenor 12, 18, 24, 36, 48, dan 60 bulan. Biaya sewa modal yang dibebankan mulai dari 1,15% per bulan.

Melalui gadai BPKB ini, Anda tetap bisa menggunakan kendaraan Anda. Sebab, yang dijadikan jaminan dan ditahan oleh pihak Pegadaian hanya BPKB.

Berikut ini simulasi angsuran gadai BPKB motor di Pegadaian.

Jumlah PinjamanCicilan 12 BulanCicilan 24 Bulan
Rp 1.000.000Rp 98.333
Rp 3.000.000Rp 295.000
Rp 5.000.000Rp 491.667
Rp 10.000.000Rp 983.333Rp 566.667
Rp 20.000.000Rp 1.916.667Rp 1.083.333
Rp 30.000.000Rp 2.875.000Rp 1.625.000
Rp 50.000.000Rp 4.791.667Rp 2.708.333
Rp 100.000.000Rp 9.483.333Rp 5.316.667

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa langsung melihat simulasi angsuran per bulan yang perlu dibayarkan saat melakukan pengajuan gadai melalui Pegadaian Digital.

Baca juga:  9 Tempat Gadai BPJS Ketenagakerjaan Beserta Syaratnya

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2024

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Mengenai syarat gadai BPKB motor di Pegadaian 2024, Anda tidak hanya melampirkan BPKB motor, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa syarat gadai BPKB motor di Pegadaian berikut ini.

  • Bersedia untuk disurvei
  • Fotocopy KTP calon nasabah dan pasangan
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy Surat Keterangan Domisili (jika ada)
  • Fotocopy izin praktek kerja/usaha atau surat keterangan kerja/sejenisnya
  • Fotocopy STNK dan BPKB
  • Fotocopy surat nikah (jika ada)
  • Mengisi dan menandatangani formulir.

Syarat Fisik Motor yang akan Digadaikan

Selain surat-surat kendaraan yang lengkap perlu diastikan kondisi fisik dan usia kendaraan sebelum digadaikan di Pegadaian.

  • Berusia kurang dari 10 tahun
  • Motor original dan tidak dimodif berlebihan
  • Kondisi bagus dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Gadai BPKB Tanpa Survey

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Anda bisa segera mengunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat setelah semua persyaratan berhasil terpenuhi. Berikut ini cara mengajukan pinjaman di Pegadaian dengan jaminan BPKB motor yang bisa Anda ikuti.

  1. Siapkan seluruh persyaratan
  2. Kunjungi kantor Pegadaian terdekat
  3. Sampaikan keinginan untuk mengajukan gadai BPKB motor
  4. Isi formulir yang diberikan oleh petugas
  5. Serahkan dokumen persyaratan yang telah ditentukan
  6. Petugas akan melakukan verifikasi dan survey.

Jika pengajuan Anda diterima, petugas akan segera menghubungi Anda melalui telepon atau email. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi formulir dengan benar.

Cara Gadai BPKB Motor secara Online

Pegadaian juga memberikan kemudahan pada para konsumen untuk bisa menggunakan produk gadai melalui aplikasi secara online. Berikut ini cara gadai BPKB motor di Pegadaian secara online yang bisa Anda ikuti.

1. Buka Aplikasi Pegadaian Digital

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian yang pertama adalah membuka aplikasi Pegadaian Digital. Anda bisa mengunduhnya melalui PlayStore.

Baca juga:  Tempat Gadai Motor Tanpa BPKB Jakarta dan Sekitarnya

Jika belum punya akun, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor HP yang aktif dengan menekan menu “Belum Punya Akun”.

Jika sudah punya akun, silakan masuk dengan menggunakan nomor HP/email dan password yang telah Anda daftarkan.

2. Masuk ke Fitur Pinjaman Serbaguna

Selanjutnya adalah masuk ke fitur produk Pinjaman Serbaguna. Anda bisa masuk ke menu “Pembiayaan” yang ada di halaman depan aplikasi. Kemudian pilih produk “Pembiayaan Multiguna & Cicil Kendaraan”.

Jika sudah berhasil masuk, silakan tekan tombol “Ajukan Pinjaman” yang ada pada fitur “Pinjaman Serbaguna”.

3. Isi Informasi Detail Pekerjaan

Cara menggadai BPKB motor di Pegadaian Digital yang selanjutnya adalah mengisi detail pekerjaan. Informasi yang perlu Anda masukkan adalah data detail pekerjaan (apakah memiliki usaha/tidak dan masukkan nama usaha/pekerjaan).

4. Isi Informasi Pribadi

Setelah menekan tombol “Selanjutnya” di tahap pengisian detail pekerjaan, Anda perlu mengisi informasi pribadi. Informasi pribadi yang harus Anda isi adalah nama sesuai KTP, NIK, nomor HP aktif, dan alamat rumah.

Pastikan Anda mengisi nomor HP dan alamat rumah dengan benar. Sebab, data ini akan digunakan oleh petugas Pegadaian untuk melakukan survey dan verifikasi lebih lanjut.

5. Pilih Kantor Cabang

Selanjutnya adalah memilih kantor cabang Pegadaian sebagai tempat pengajuan. Pastikan kantor cabang yang Anda pilih berada dekat dengan alamat Anda. Anda bisa memasukkan nama daerah seperti “Jakarta” pada kolom pencarian kantor cabang.

Aplikasi akan secara otomatis merekomendasikan nama dan alamat kantor cabang Pegadaian terdekat yang bisa Anda pilih. Pastikan kantor cabang yang dipilih berada dalam radius kurang dari 15 Km.

6. Simulasi Pembiayaan

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian secara online selanjutnya akan ada 4 tahap, yang pertama adalah Simulasi Pembiayaan. Isi kolom informasi dengan sesuai (jenis agunan pilih BPKB motor, informasi tahun pembuatan, jumlah pinjaman, dan jangka waktu).

Baca juga:  Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2024

Setelah semua kolom terisi, aplikasi akan langsung memberi informasi perkiraan angsuran per bulan yang harus dibayarkan. Tekan tombol “Selanjutnya” untuk masuk ke tahap kedua.

7. Detail Pengajuan

Tahap kedua adalah mengisi data detail pengajuan. Pertama-tama Anda perlu menjawab “apakah alamat domisili sesuai dengan KTP atau tidak?”.

Selanjutnya masukkan data diri (nama sesuai KTP, nomor KTP, tanggal lahir, nomor HP, email, jenis pekerjaan, masa kerja/usaha, penghasilan per bulan, pengeluaran per bulan, status perkawinan, dan nomor ID PLN).

Anda juga akan diminta untuk memasukkan informasi outlet Pegadaian terdekat (radius kurang dari 15 Km) yang akan dijadikan sebagai kantor cabang tempat pengajuan. Setelah semua terisi dengan benar dan sesuai, silakan tekan tombol “YA, sudah sesuai”.

8. Detail Agunan

Selanjutnya adalah mengisi informasi mengenai detail agunan yang Anda gunakan. Informasi tersebut meliputi merk kendaraan, tipe kendaraan, nomor polisi, dan kepemilikan agunan.

Jenis kepemilikan agunan yang bisa digadaikan di Pegadaian adalah:

  • Milik dan atas nama sendiri
  • Milik sendiri tapi atas nama orang lain
  • Milik suami/istri
  • Milik kerabat.

Silakan klik tombol “Selanjutnya” jika data sudah terisi semua.

9. Konfirmasi Pengajuan

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian Digital yang terakhir adalah konfirmasi pengajuan. Anda akan diminta untuk melihat dan meneliti ulang data yang telah Anda masukkan.

Pastikan Anda telah memasukkan data yang sesuai dan benar. Sebab, data yang Anda masukkan akan menjadi acuan petugas untuk melakukan verifikasi dan menghubungi Anda lebih lanjut.

Setelah melalui semua proses pengajuan, pihak Pegadaian akan menghubungi Anda. Pihak Pegadaian juga akan melakukan survey ke alamat Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi data dengan benar. Jika disetujui, dana pinjaman akan segera ditransfer ke rekening Anda.

Itulah informasi seputar syarat gadai BPKB motor di Pegadaian serta cara gadai BPKB motor di Pegadaian. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar