3 Cara Membatalkan Pinjaman Kredit Pintar, Ternyata Mudah

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan calon debitur membatalkan pinjamannya. Bisa jadi karena kesalahan teknis atau mendapatkan pinjaman yang lebih menguntungkan. Bagi Anda calon debitur Kredit Pintar, ada beberapa cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar yang perlu Anda ketahui.

Kredit Pintar telah mengatur ketentuan pembatalan pinjaman mulai dari alasan yang disetujui hingga syarat yang harus dipenuhi. Di bawah ini akan dibahas alasan, syarat, dan cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar secara rinci dan lengkap.

Alasan Pinjaman Kredit Pintar Dibatalkan

cara membatalkan pinjaman kredit pintar

Calon debitur Kredit Pintar biasanya melakukan pembatalan pengajuan pinjaman dengan berbagai alasan. Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan calon debitur membatalkan pengajuannya, yaitu :

1. Sudah mendapatkan pinjaman lainnya

Alasan yang paling sering digunakan untuk membatalkan pinjaman adalah sudah mendapatkan pinjaman lain yang lebih menguntungkan. Sementara calon debitur membutuhkan dana pinjaman dalam waktu yang dekat.

2. Salah memilih plafon dan tenor

Ada beberapa pengguna yang tidak mengetahui, kurang fokus pada fitur produk pinjaman, atau kurang mempertimbangkan saat memilih plafon dan tenor.

3. Keberatan dengan suku bunga

Kredit Pintar atau lembaga penyedia jaminan lainnya biasanya menampilkan besaran bunganya. Akan tetapi, jika bunga tersebut terlalu memberatkan bagi calon debitur, maka hal tersebut dapat menjadi alasan pembatalan.

4. Kesalahan sistem

Kesalahan sistem yang dimaksud adalah hack atau aktivitas diluar kendali pemilik. Biasanya pemilik merasa tidak pernah melakukan pinjaman atas namanya, namun tiba-tiba ada pinjaman atas namanya.

Baca juga: Tabel Angsuran Kredit Pintar

Baca juga:  11 Cara Mencairkan JULO ke DANA atau Rekening

Syarat Membatalkan Pinjaman Kredit Pintar

Pihak Kredit Pintar telah menentukan ketentuan bagi calon debitur yang ingin membatalkan pinjaman, diantaranya adalah :

1. Belum memiliki riwayat peminjaman

Pengguna baru Kredit Pintar memiliki keuntungan tersendiri yaitu dapat membatalkan pengajuan pinjaman. Mengapa hanya pengguna baru yang mendapatkan keuntungan? Karena pihak Kredit Pintar memberikan toleransi jika terjadinya kesalahan permintaan.

Akan tetapi, bagi pengguna lama kesalahan semacam itu sangat minim terjadi. Jadi jika Anda merupakan pengguna lama, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

2. Proses pinjaman tidak lebih dari 1×24 jam

Apabila Anda ingin membatalkan proses pengajuan pinjaman, pastikan transaksi atau pengajuan Anda idak lebih dari 24 jam. Sebab pada sistem, operasional tercatat per satu hari. Jika lebih dari 24 jam maka data sudah masuk pada program secara otomatis.

Jadi, jika Anda sudah mendapatkan pinjaman di tempat lainnya. Segera lakukan pembatalan sebelum lebih dari 24 jam. Saat ingin membatalkannya, Anda akan diminta memberikan alasan pembatalan pengajuan pinjaman tersebut.

3. Mengembalikan dana yang diterima dan tambahan administrasi

Jika dalam waktu 1 x 24 jam tersebut, proses pengajuan pinjaman Anda sudah disetujui dan sudah menerima pencairan dana. Maka Anda harus mengembalikan dana tersebut dan membayar biaya administrasi atau biaya pembatalan bagi Anda yang belum menerima dana.

Cara Membatalkan Pinjaman Kredit Pintar

cara membatalkan pinjaman kredit pintar

Setelah Anda memenuhi syarat pembatalan pinjaman Kredit Pintar, ada beberapa cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar yang perlu Anda ketahui. Cara membatalkannya pun cukup mudah, diantaranya adalah :

1. Cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar via Call Center

Apabila Anda ingin membatalkan pinjaman Kredit Pintar, Anda bisa menghubungi Call Center Kredit Pintar di nomor (021) 5058882. Setelah terhubung, ikuti semua arahan yang diberikan customer service. Namun, sebelum melakukan panggilan pastikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

  • Pastikan pulsa mencukupi.
  • Sampaikan alasan pembatalan secara ringkas dan jelas.
  • Pastikan dana yang sudah Anda ajukan belum disetujui dan dicairkan.
  • Perhatikan instruksi CS Kredit Pintar dengan baik.
Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Hingga 5 Juta

Setelah Anda mengikuti instruksi CS Kredit Pintar, akan ada notifikasi pembatalan pinjaman di aplikasi Kredit Pintar apabila pengajuan pembataalan diterima.

Baca juga: Cara Menghapus Data di Kredit Pintar

2. Cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar via email

Selain menghubungi Call Center, Anda dapat melakukan cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar melalui email. Anda bisa mengajukan alasan dan tujuan untuk membatalkan pengajuan pinjaman secara jelas di email cs@kreditpintar.com.

Cara melalui email memang membutuhkan waktu yang lebih lama dari telepon. Jadi Anda dapat menanyakan kembali kepada CS Kredit Pintar apakah pinjaman dapat dibatalkan atau tidak.

3. Datang pada kantor Kredit Pintar

Cara ini memang agak sulit diterapkan sebab tidak semua debitur memiliki akses yang mudah untuk mengunjungi kantor Kredit Pintar. Namun, jika rumahmu dekat Anda bisa mengajukan pembatalaan Kredit Pintar. Tentu saja, Anda harus membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Biaya Proses Pembatalan Pinjaman

Pihak Kredit Pintar menetapkan ketentuan dimana calon debitur yang ingin membatalkan pengajuannya harus membayar biaya pembatalan. Biaya yang harus dibayarkan hanya sebesar Rp10.000 untuk administrasi.

Meskipun biayanya terjangkau, Anda harus tetap mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan pinjaman. Hal ini juga menjadi catatan penting bagi pengguna lama yang tidak bisa mengajukan pembatalan pinjaman.

Cara Memeriksa Pembatalan Pinjaman Kredit Pintar

Apabila Anda sudah melakukan cara membatalkan pinjaman dengan baik, Anda bisa memeriksa tagihan yang muncul di aplikasi Kredit Pintar di menu Saat ini, jika Anda menemukan kendala saat ingin memeriksanya, Anda bisa membuat laporan atau keluhan di Customer Service Kredit Pintar.

Cara membatalkan pinjaman Kredit Pintar hanya berlaku bagi pengguna baru yang belum menerima pengajuan sama sekali. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati dan mempertimbangkan segala hal dengan sebaik-baiknya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar