7 Cara Menghapus Data di Kredit Pintar

Ternyata cara menghapus data di kredit pintar cukup mudah, lho! Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi bakal merasa terganggu dengan berbagai spam yang masuk di kotak pesan. Serta tidak lagi merasa was-was jika nanti data diri disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Menghapus data memang kerap dilakukan oleh pengguna yang sudah tidak lagi membutuhkan layanan dari suatu aplikasi. Tak terkecuali oleh Kredit Pintar. Pengguna bisa melakukan penghapusan data apabila ia telah melunasi seluruh tanggungan yang dimiliki.

Hampir seluruh aplikasi pinjaman online yang terinstall di smartphone Anda memerlukan persyaratan untuk mengakses kontak. Hal tersebut menjadi celah bagi oknum untuk menyadap ponsel demi mendapat data penggunanya. Guna menghindari hal tersebut maka penting sekali untuk menghapus data diri pengguna yang telah terdaftar.

Syarat Menghapus Data Diri di Kredit Pintar

Anda akan mendapat persetujuan untuk menghapus data diri yang terdaftar di Kredit Pintar atau aplikasi penyedia layanan pinjaman uang online serupa lainnya dengan syarat sebagai berikut:

  1. Terjadi penyalahgunaan akun oleh oknum tidak bertanggung jawab.
  2. Pemilik akun meninggal dunia.
  3. Hal-hal lain yang berkaitan dengan pelanggaran kepentingan pribadi.

Cara Menghapus Data di Kredit Pintar

Kredit Pintar sendiri merupakan aplikasi layanan pinjaman uang online yang sudah ada sejak tahun 2018 di bawah naungan PT. Kredit Pintar Indonesia. Saat ini Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bisa dikatakan apabila Kredit Pintar menjadi salah satu penyedia layanan pinjaman berbasis daring yang resmi dan diakui keberadaannya di Indonesia.

Lain halnya dengan layanan pinjaman online ilegal yang luput dari pengawasan OJK, sehingga amat rawan kebocoran data penggunanya. Kredit Pintar menjamin keamanan data pengguna, oleh karenanya Anda bisa merasa nyaman melakukan transaksi melalui aplikasi ini.

Baca juga:  Tabel Kredit Emas Pegadaian 2022: Simulasi, Syarat, & Keuntungan

Demi keaman data diri pengguna berikut ini cara menghapus data di kredit pintar yang bisa Anda lakukan:

1.   Hubungi Call Center

cara menghapus data di kredit pintar

Jika tanggungan yang Anda miliki telah lunas maka Anda bisa langsung menghubungi Call Centernya. Kredit Pintar bisa dihubungi melalui nomor telepon (021) 50598882. Sampaikan permohonan untuk mengajukan penghapusan data pribadi disertai dengan bukti yang valid jika utang sudah terlunasi.

2.   Kirim Email

Cara menghapus data di kredit pintar yang kedua adalah melalui surel yang Anda kirim ke pihak Kredit Pintar. Anda bisa mengirim pesan yang berisikan format di bawah ini:

  • ID pemegang akun.
  • Nomor telepon pemegang akun.
  • Hubungan dengan pemegang akun (apabila meninggal dunia).
  • Sertakan alasan menghapus, tutup, atau pembekuan akun.

Kirim email tersebut ke alamat ini cs@kreditpintar.com. Alternatif kedua ini bisa Anda lakukan jika tidak mendapatkan tanggapan dari menghubungi Call Center di atas.

Baca juga: Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

3.   Menghapus Data Aplikasi

Bagi Anda yang menghendaki data diri terhapus di Kredit Pintar, maka Anda juga perlu menghapus data aplikasi tersebut. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kemungkinan data diri peminjam tersebar. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kredit Pintar.
  • Tekan pilihan Hapus Data dan Cache.

Melakukan langkah ini berarti data yang ada di aplikasi Kredit Pintar otomatis akan terhapus dan aplikasi akan kembali ke pengaturan awal saat baru pertama kali di-install.

4.   Uninstall Aplikasi

Cara menghapus data di kredit pintar berikutnya adalah dengan langsung menghapus atau uninstall aplikasi dari ponsel. Anda bisa langsung menekan lama ikon aplikasi Kredit Pintar di bilah menu kemudian pilih opsi hapus intalasi atau uninstall, atau Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Buka Pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Pilih aplikasi Kredit Pintar, kemudian klik Uninstall.
Baca juga:  Tabel Pinjaman Akulaku 2022: Bunga, Biaya, dan Tenor

5.   Mengganti Nomor SIM Card

Jika Anda telah melakukan salah satu atau keempat cara yang telah disebutkan sebelumnya, selanjutnya Anda juga bisa mengganti nomor telepon atau SIM Card. Gunanya adalah agar Anda terhindar dari segala macam notifikasi tak terduga yang bisa mengganggu dari pinjaman online tersebut. Singkatnya, dengan mengganti nomor artinya Anda menghapus jejak dari pinjaman online yang telah digunakan.

Baca juga: Tabel Angsuran Kredit Pintar

6.   Hubungi OJK

cara menghapus data di kredit pintar

Last but not least, Anda juga diberi pilihan untuk bisa menghubungi pihak OJK langsung dengan catatan Anda sudah melunasi seluruh tanggungan dari Kredit Pintar atau aplikasi penyedia layanan serupa lainnya. Langkah ini bisa dipilih jika Anda menemukan penyelewengan data diri yang dilakukan oleh pinjaman online tersebut.

Langkah ini sekaligus memberikan informasi kepada pihak OJK untuk menyelidiki apakah pinjaman online yang disebutkan sudah terdaftar di bawah naungan mereka atau belum. Jika memang terbukti ilegal secara otomatis aplikasi tersebut dibekukan.

7.   Periksa BI Checking

Meskipun poin terakhir ini bukan merupakan cara menghapus data di kredit pintar, namun langkah ini penting sifatnya untuk Anda lakukan. BI Checking yang merupakan riwayat pelunasan kredit semua nasabah baik itu yang dilakukan melalui bank maupun secara online dengan aplikasi.

Anda bisa melakukan cross-check untuk memastikan jika pelunasan pinjaman dari Kredit Pintar berjalan lancar dan telah lunas dalam data BI Checking. Pasalnya kejadian fatal seperti contoh Anda telah lunas di aplikasi namun dalam BI Checking tidak tercatat, nyatanya masih kerap ditemui.

Tujuan pengecekan tersebut agar nama Anda tidak masuk daftar hitam atau blacklist BI Checking. Sehingga Anda akan tetap aman apabila membutuhkan pinjaman atau kredit di masa depan.

Baca juga:  Cara Merubah Jatuh Tempo Akulaku

Nah, demikian ulasan mengenai cara menghapus data di kredit pintar. Semoga apa yang dimuat dalam artikel ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhhkan informasi ini, ya! Sampai jumpa di pembahasan informatif dan menarik yang lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar