Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Pinjaman online memang menyediakan layanan pinjaman yang cepat dan mudah. Akan tetapi, pinjol juga memiliki kekurangan yakni risiko adanya penyalahgunaan data sangat besar. Oleh karena itu, beberapa orang ingin mengetahui cara menghapus data dari pinjaman online.

Dengan begitu, teror pinjol seperti menawarkan produk melalui WhatsApp dapat dihindari. Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, ulasan di bawah ini tentang cara menghapus data dari pinjaman online akan sangat membantu.

Mengapa Data Perlu Dihapus dari Aplikasi Pinjol?

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Di era mudahnya penggunaan teknologi saat ini, data pribadi menjadi hal yang wajib dilindungi. Sebab apabila data pribadi tersebar ke pihak yang tidak bertanggung jawab maka akan menimbulkan berbagai kejahatan cyber.

Banyak keluhan pengguna yang terganggu dengan sistem penagihan dari pinjol. Pasalnya pinjol tidak hanya menagih pembayaran melalui nomor telepon yang terdaftar, tapi juga ke nomor telepon yang tersimpan di kontak pengguna. Hal tersebut menyebabkan DC menghubungi nomor telepon yang tidak dijadikan sebagai nomor darurat.

Tentunya ini menjadi hal yang perlu Anda khawatirkan, bukan? Bagaimana jika rekan kerja, atasan, hingga partner bisnis yang menerima panggilan penagihan tersebut? Anda akan merasa nama baik tercemar, bukan? Belum lagi cara menagih DC tak jarang dilakukan dengan cara yang kurang sopan.

Selain itu, beberapa pinjol juga memiliki sistem keamanan yang lemah sehingga risiko data pengguna tersebar sangat besar. Nah, inilah yang menjadi dilema bagi sebagian pengguna. Oleh karena itu, menghapus data dari pinjaman online dapat menjadi pertimbangan.

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Apabila Anda ingin menghapus data dari pinjaman online, Anda harus memastikan bahwa seluruh utang beserta bunga sudah dilunasi. Sebab jika belum, alih-alih menyelesaikan masalah Anda akan mendapatkan masalah yang lebih serius.

Baca juga:  9 DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah 2022

Saat semua tagihan sudah terlunasi, Anda bisa mengikuti beberapa cara menghapus data dari pinjaman online di bawah ini.

1. Hapus data dan cache aplikasi

Menghapus data dan cache aplikasi pinjol dapat menjadi salah satu cara menghapus data dari pinjaman online yang bisa Anda ikuti. Caranya pun cukup mudah yaitu :

  1. Buka menu pengaturan
cara menghapus data dari pinjaman online

Pertama buka menu Pengaturan yang ada di ponsel. Semua ponsel memiliki menu dengan letak yang berbeda-beda.

  1. Pilih menu Aplikasi
cara menghapus data dari pinjaman online

Selanjutnya pilih menu Aplikasi, Anda bisa menggulirkan tampilan hingga menemukan menu ini. Kemudian setelah berada di menu Aplikasi, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin data dan cachenya dihapus.

  1. Pilih hapus data dan cache
cara menghapus data dari pinjaman online

Apabila sudah menemukan aplikasinya, pilih Hapus Cache dan Hapus Data. Ini akan membantu data dan aktivitas Anda di aplikasi tersebut tidak terhubung dengan aplikasi lainnya.

2. Uninstall aplikasi pinjol

Cara menghapus data dari pinjaman online lainnya adalah dengan uninstall aplikasi pinjol. Solusi ini cukup ampuh untuk mengurangi risiko pihak pinjol mengintip kontak yang ada di ponsel Anda.

3. Cabut izin akses aplikasi

Setiap aplikasi akan meminta izin untuk mengakses aplikasi lainnya yang ada di ponsel. Sebenarnya perizinan ini termasuk umum karena akan dibutuhkan untuk jalannya fitur aplikasi. Akan tetapi, dalam beberapa kasus perizinan aplikasi ini banyak disalahgunakan. Nah, itulah mengapa cara ini termasuk cara menghapus data dari pinjaman online.

  1. Buka Pengaturan
cara menghapus data dari pinjaman online

Bukalah Pengaturan yang ada di ponsel Anda, kemudian pilih menu Aplikasi.

  1. Klik Kelola Aplikasi
cara menghapus data dari pinjaman online

Selanjutnya ketika berada di tampilan Aplikasi, pilih menu Kelola Aplikasi.

  1. Pilih aplikasi pinjol
cara menghapus data dari pinjaman online

Selanjutnya gulir hingga Anda menemukan nama aplikasi yang ingin dihapus perizinannya. Klik aplikasi tersebut.

  1. Klik Perizinan Aplikasi
cara menghapus data dari pinjaman online

Kemudian klik menu Perizinan Aplikasi yang berada di tampilan. Lalu pilihlah perizinan apa saja yang ingin Anda tolak.

  1. Klik Tolak
cara menghapus data dari pinjaman online

Setelah Anda memilih perizinan apa yang ditolak, klik pilihan Tolak. Lakukan itu berulang pada semua pilihan supaya tidak ada perizinan yang disetujui.

Baca juga:  3 Cara Membatalkan Pinjaman Kredit Pintar, Ternyata Mudah

4. Hubungi Call Center

Setiap pinjaman online memiliki Call Center masing-masing untuk menanggapi keluhan pengguna. Hal ini dapat Anda manfaatkan jika sedang mengalami teror padahal semua tagihan sudah dilunasi.

Sampaikan keluhan Anda secara runtut dan baik, jangan lupa serahkan pula bukti pendukungnya. Jika Anda terbukti menjadi korban, Anda akan mendapatkan kompensasi dan tidak akan dihubungi kembali.

5. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Apabila Anda sudah melakukan beberapa cara di atas dan masih belum bisa menghapus data. Cara menghapus data dari pinjaman online yang paling ampuh adalah menghubungi OJK.

Terlebih lagi jika Anda merasa dirugikan dengan teror, penagihan, dan penawaran yang berlebihan yang dilakukan oleh pihak pinjol. Anda bisa mengirim laporan kepada OJK melalui beberapa kontak.

Anda bisa mengajukan keluhan resmi melalui situs resmi OJK di www.ojk.go.id atau melalui email di waspadainvestasi@ojk.go.id. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi lewat telepon melalui nomor 157 dan WhatsApp di nomor 081-157-157-157.

Pastikan Anda menyampaikan keluhan beserta informasi akun dengan benar supaya bisa diproses dengan cepat.

Artikel tips aman menggunakan pinjaman online:

Amankah Menggunakan Jasa Hapus Data?

Saat ini ada banyak penyedia jasa hapus akun atau data baik untuk media sosial maupun akun pinjol. Bagi sebagian orang cara ini dapat menjadi jalan keluar jika kekhawatiran data pribadi tersebar semakin besar.

Akan tetapi, jasa hapus data juga tidak dapat memberikan jaminan data Anda akan tetap aman. Sebab tidak ada izin resmi untuk melakukan penghapusan dan pengumpulan data. Supaya Anda terhindar dari penyalahgunaan data di kemudian hari, lebih baik hindari menggunakan jasa hapus data ini.

Baca juga:  Bebas Teror! 5 Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online

Penutup

Itulah cara menghapus data dari pinjaman online yang bisa Anda ikuti jika khawatir data pribadi tersebar. Apabila setelah melakukan berbagai cara di atas namun Anda masih mendapatkan penawaran pinjol, lebih disarankan untuk mengganti nomor telepon dan menghapus media sosial.

Bagikan:

Tinggalkan komentar