6 Cara Melihat Data Diri di Kredit Pintar

Pengguna aplikasi pinjol perlu memasukkan data dirinya sebelum mengajukan pinjaman. Tujuannya beragam misalnya untuk validasi atau jaminan. Namun, bagaimana jika Anda merasa ada yang salah saat memasukkannya? Jika Anda ragu, Anda harus mencari tahu bagaimana cara melihat data diri di Kredit Pintar melalui artikel ini.

Setelah melihat data diri Anda di Kredit Pintar, pastikan data diri tersebut sudah sesuai dengan dokumen Anda. Kemudian jika terdapat kesalahan, Anda dapat mengubahnya. Nah, kedua hal tersebut mulai dari cara melihat data diri di Kredit Pintar hingga cara mengubahnya dapat Anda temukan di bawah ini.

Kegunaan Data Diri di Kredit Pintar

cara melihat data diri di kredit pintar

Data diri memegang peranan penting pada sebuah aplikasi pinjol termasuk Kredit Pintar. Apa saja alasannya? Berikut ini kegunaan data diri di Kredit Pintar, yaitu :

1. Validasi informasi

Data diri yang Anda masukkan ke aplikasi Kredit Pintar akan digunakan untuk proses validasi. Lebih detailnya lagi, informasi tentang pengguna tersebut akan menjadi bukti bahwa pengguna adalah benar-benar Anda.

2. Sebagai analisa kelayakan pinjaman

Selain sebagai alat validasi, data diri juga dapat menjadi informasi saat menganalisis kelayakan peminjam saat mengembalikan pinjaman.

Misalnya saja, informasi jumlah pendapatan dan tanggungan dapat menjadi pertimbangan apakah peminjam tidak keberatan saat mengembalikan pinjaman.

3. Sebagai penilaian riwayat pinjaman

Saat data diri yang diinput lengkap dan benar, Kredit Pintar dapat memeriksa riwayat pinjaman pengguna di OJK. Hal ini juga berkaitan dengan poin kedua, sebab data diri dapat digunakan sebagai analisa kelayakan pinjaman.

Baca juga:  Ternyata Mudah, Begini Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam

4. Pemberian informasi terbaru

Kegunaan yang terakhir adalah untuk kebutuhan identifikasi ketika pengguna ingin membuka aplikasi Kredit Pintar. Selain itu, data diri yang diisi dengan lengkap dapat membantu pengembang aplikasi Kredit Pintar memberikan rekomendasi layanan sesuai kebutuhan pengguna.

Alasan Pengguna Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Mengingat kegunaan data diri pada aplikasi Kredit Pintar yang begitu penting, ada beberapa kondisi yang menyebabkan pengguna ingin melihat data dirinya. Alasan tersebut diantaranya adalah :

1. Salah memasukkan data

Alasan pertama yang banyak orang alami adalah ingin memeriksa kembali data yang sudah dimasukkan di awal registrasi. Sebab terkadang pengguna Kredit Pintar merasa salah ketik saat memasukkan datanya sehingga akun tidak kunjung terverifikasi.

2. Pergantian data

Pergantian data kerap kali terjadi saat kondisi tertentu. Beberapa data yang berubah biasanya adalah alamat email, jenjang pendidikan, dan nominal penghasilan. Oleh karena itu, pengguna perlu memeriksa apakah data sudah sesuai atau belum.  

Baca juga: Cara Membatalkan Pinjaman Kredit Pintar

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Apabila akun Anda tidak terverifikasi atau pengajuan tidak kunjung diterima, Anda bisa memeriksa data diri di Kredit Pintar. Siapa tahu ada kesalahan saat penginputan data atau data belum terupdate. Nah, ada beberapa cara melihat data diri di Kredit Pintar berikut ini :

1. Buka Kredit Pintar

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Cara melihat data diri di Kredit Pintar yang pertama adalah buka aplikasi Kredit Pintar.

2. Pilih menu Me

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Apabila tampilan utama sudah terlihat, pilih menu Me yang berada di pojok kanan bawah tampilan.

3. Klik Edit

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Untuk melanjutkan cara melihat data diri di Kredit Pintar, klik menu Edit.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Kredivo 2022 : Bunga dan Simulasi Pinjaman

4. Klik Kelengkapan Profil

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Langkah berikutnya klik Kelengkapan Profil yang berada di samping My Profile. Pada menu ini, Anda dapat melihat sudah berapa persen data yang Anda isikan.

5. Pilih Personal Info

Cara Melihat Data Diri Di Kredit Pintar

Akan ada pilihan data yang perlu diisi mulai dari data diri, info kontak, info tempat tinggal, dan info pekerjaan. Klik bagian data diri.

6. Langkah selesai

Setelah itu, akan ada tampilan informasi pribadi yang terdiri dari email, tempat lahir sesuai KTP, pendidikan, dan nama gadis ibu kandung.

Cara Merubah Data di Kredit Pintar

Setelah mengetahui cara melihat data diri di Kredit Pintar dan ternyata ada kesalahan penginputan data. Anda bisa mengubah data di Kredit Pintar dengan sangat mudah. Lakukan cara yang sama saat Anda ingin melihat data diri di Kredit Pintar.

Kemudian, Anda dapat menggantinya langsung dengan mengetikkan data yang benar. Jangan lupa periksa kembali tanpa perlu khawatir dengan batas waktunya. Sebab Kredit Pintar memberikan kebebasan penggantian data diri.Tentu saja, data tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila sudah memasukkan data diri Anda kembali, klik Ajukan untuk menyimpan data tersebut. Namun, Anda harus memeriksanya dengan teliti sebelum memilih menu Ajukan.

Apakah Data Aman di Kredit Pintar?

Kredit Pintar merupakan pinjaman online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kejadian bocornya data. Sebab Kredit Pintar mengklaim bahwa pihaknya akan menjaga seluruh data dengan aman.

Namun apabila di kemudian hari terjadi kebocoran data, Anda dapat mengajukan keluhan secara resmi kepada pihak yang bertanggung jawab.

Jika kalian masih ragu mengenai kemanan data di Kredit Pintar Kamu bisa cek Cara Menghapus Data di Kredit Pintar.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Pensiunan Janda BRI dan Simulasinya

Kesimpulan

Itulah cara melihat data diri di Kredit Pintar yang dapat membantu saat ingin memeriksa data pribadi Anda. Meskipun ada cara di atas, sebaiknya berhati-hati saat memasukkan data diri. Sebab ini akan berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar