8 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal Beserta Resikonya

Pinjaman online ilegal biasanya memang memberikan pinjaman kepada nasabahnya dengan mudah.

Apabila Anda sudah terlanjur meminjam dana di pinjol ilegal dan merasakan berbagai dampak buruk, Anda bisa melakukan beberapa cara kabur dari pinjaman online ilegal di bawah ini.

Cara tersebut memang memiliki beberapa risiko. Namun, mengingat betapa bahayanya menerima pinjaman dari pinjol online. Cara kabur dari pinjaman online ilegal di bawah ini akan sangat membantu Anda.

Bisakah Lari Dari Pinjaman Online?

Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Jawabannya bisa. Meskipun sedikit sulit untuk kabur sepenuhnya. Anda tetap bisa melarikan diri dari jeratan pinjaman online ilegal.

Bahkan jika Anda sudah merasa sangat terancam dan merasa dirugikan, Anda bisa melaporkan pinjaman online ilegal tersebut ke kantor polisi.

Tentu saja, Anda perlu mengumpulkan bukti jika pinjaman online ilegal tersebut telah merugikan. Selain itu, jika pihak pinjaman online ilegal tidak menepati perjanjian pinjaman, maka ini akan mempermudah Anda membawanya ke meja hijau.

Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

cara kabur dari pinjaman online ilegal

Apabila Anda sudah merasa terancam dengan ulah debt collector pinjol ilegal. Ada beberapa cara kabur dari pinjaman online ilegal yang patut Anda coba. Berikut ini daftar dan penjelasan lengkapnya, yaitu :

1. Menghapus data diri di pinjaman online ilegal

Sebelum Anda melarikan diri dari pinjaman online ilegal, Anda harus menghapus data dari pinjaman online yang pernah Anda input sebelumnya.

Langkah ini perlu Anda lakukan supaya data pribadi Anda tidak disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal.

2. Mengganti nomor HP

Nomor HP menjadi salah satu media yang digunakan pihak pinjol ilegal untuk menagih angsuran. Anda perlu menghilangkan jejak dari pinjaman online ilegal supaya tidak diganggu dan diteror lagi.

Jika Anda mengganti nomor HP, sebaiknya jangan menggunakan NIK dan KK yang sama dengan data pribadi Anda.

Hal ini untuk menghindari pelacakan nomor Anda yang baru. Jika perlu, gunakan ponsel baru untuk mengamankan kontak di ponsel.

3. Pindah rumah

Apabila pihak pinjol ilegal sudah mendatangi rumah Anda beberapa kali dengan cara yang kasar.

Anda bisa melakukan cara kabur dari pinjaman online ilegal dengan pindah rumah ke tempat yang cukup jauh dari tempat tinggal sebelumnya atau dari kerabat dan teman.

Baca juga:  Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo Beli Bayar Nanti

Sebab apabila debitur datang ke rumah kerabat atau teman Anda, maka persoalan akan semakin runyam.

4. Mengajukan keringanan

Sebelum memilih jalan kabur dari pinjaman online, sebaiknya Anda mempertimbangkannya dengan matang. Anda bisa mengajukan permohonan keringanan pembayaran dan waktu tambahan untuk membayar tagihan.

Apabila Anda kabur maka tagihan akan semakin menunggak. Bahkan tunggakan angsuran bisa meningkat di angka yang tidak wajar.

5. Meminta bantuan pada lembaga sosial

Ada beberapa lembaga sosial yang mengadakan program bantuan kepada seseorang yang sedang terjerat pinjaman online. Anda bisa memanfaatkan program dari lembaga sosial ini. Sampaikan permasalahan yang terjadi secara detail.

Apabila terjadi hal yang tidak benar dalam proses pemberian pinjaman dari pihak pinjol online. Lembaga sosial akan membantu Anda melaporkannya kepada pihak berwajib.

6. Melaporkan kepada polisi

Cara kabur dari pinjaman online ilegal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melaporkan kepada polisi. Hal ini dapat dilakukan apabila pihak pinjol online ilegal melakukan kesalahan, melakukan hal di luar perjanjian, dan melakukan kekerasan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan hukum. Jika perusahaan yang meminjamkan uang menggunakan tindakan yang ilegal atau mengancam Anda secara fisik, segera hubungi pihak berwenang dan minta bantuan hukum.

7. Abaikan hingga berhenti menagih

Cara ini memang terasa sulit jika anda berada dalam posisi menerima teror dari DC. Namun dapat anda pahami jika seorang DC memiliki batas waktu dalam menagih. Selain itu DC pinjol ilegal tidak memiliki dasar hukum, sehingga mereka tidak bisa melakukan gugatan.

Perusahaan pijol ilegal akan terus mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa Debt Collector. Semakin lama anda ditagih maka perusahaan pinjol tersebut akan menderita kerugian.

Batasi komunikasi dengan pihak yang meminjamkan uang. Hindari membalas panggilan atau pesan teks dari perusahaan yang meminjamkan uang. Hindari juga memberikan informasi pribadi atau detail keuangan Anda.

8. Evaluasi dan ceritakan ke orang terdekat

Evaluasi situasi Anda. Hitunglah jumlah utang Anda, bunga yang dibebankan, dan apakah perusahaan tersebut legal atau tidak. Bila perusahaan tersebut ilegal, Anda dapat melaporkannya ke otoritas terkait dan tidak perlu membayar tagihan Anda.

Baca juga:  Layanan Pinjaman Jasa Selfie KTP HD, Pahami Resikonya

Buatlah rencana keuangan untuk membayar utang Anda. Cobalah untuk menabung atau memotong pengeluaran untuk membayar utang Anda. Hindari mencoba untuk meminjam uang lagi dari perusahaan yang sama atau perusahaan lainnya.

Diskusikan masalah Anda dengan keluarga atau teman dekat. Mereka mungkin bisa membantu Anda dalam mencari solusi untuk membayar utang Anda atau memberikan saran untuk menyelesaikan masalah.

Jika Anda kabur dari pinjaman online, pastikan tidak ada ancaman fisik dan penyadapan HP. Anda perlu menghapus akses aplikasi pinjol di HP untuk menghilangkan sadapan pinjol.

Setelah berhasil kabur, pastikan Anda tidak meminjam dari Aplikasi Pinjol yang memiliki DC pinjol yang datang ke rumah agar terhindar dari penagihan yang ilegal.

Baca juga: Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

Risiko Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Meskipun ada cara kabur dari pinjaman online ilegal, Anda harus memahami bahwa tindakan tersebut dapat menimbulkan beberapa risiko. Ketika Anda kabur dari pinjaman online ilegal, tagihan Anda akan terus menunggak.

Lalu, saat keberadaan Anda sudah diketahui maka pihak pinjol ilegal akan menagih dengan cara yang lebih kejam. Bahkan terkadang teror dari pinjol ilegal tidak hanya dilakukan kepada debitur tapi juga kerabat dan teman debitur.

cara kabur dari pinjaman online ilegal

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara kabur dari pinjaman online ilegal, mari ketahui terlebih dahulu bahaya mengajukan pinjaman di pinjol ilegal di bawah ini.

1. Keamanan data pribadi

Biasanya diperlukan identitas diri untuk mengajukan pinjaman di pinjol. Secara umum, identitas diri yang perlu dilindungi meliputi nama lengkap, nik, nama ibu kandung, nomor telepon, foto ktp, dan foto selfie ktp.

Data pribadi yang diunggah biasanya akan disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal, seperti diteror, data pribadi dijual, hingga data tersebut digunakan untuk mengajukan pinjaman di tempat lainnya.

Jika opsi terakhir terjadi maka Anda harus melunasi pinjaman yang tidak pernah Anda lakukan.

2. Kehilangan pekerjaan

Penagihan pada pinjaman online ilegal kebanyakan tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh OJK. Biasanya penagihan dilakukan dengan menghubungi nomor kontak di ponsel, tidak peduli nomor itu milik keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

Jika penagihan dilakukan dengan cara seperti itu maka nama baik peminjam akan tercemar. Apalagi jika yang dihubungi oleh pihak pinjol ilegal adalah rekan kerja. Kemungkinan besar akan ada pemutusan hubungan kerja.

Baca juga:  Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dan Data Penting

3. Tagihan membengkak

Pinjaman online ilegal memang tidak memiliki prosedur yang baik karena tidak mengikuti aturan dari OJK. Oleh karena itu, pinjol ilegal biasanya akan menetapkan bunga dan denda yang besar.

Bunga yang ditetapkan bagi pinjol legal adalah 0,8%, tapi pinjol ilegal akan lebih dari angka itu.

Dampaknya, tagihan yang harus dibayar debitur akan menumpuk. Apalagi jika mengalami telat bayar, maka tagihan akan semakin besar. Hal tersebut akan memberikan efek buruk bagi ekonomi debitur.

4. Timbulnya kekerasan

Pinjol ilegal kerap kali menunjukkan kekuasaan yang berlebihan ketika menghadapi debitur. Tak jarang ancaman, intimidasi, hingga kekerasan akan dilakukan oleh debt collector (DC) hingga debitur membayar tagihan. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga terhadap psikis debitur.

5. Tidak Terdaftar dan Tidak Diawasi

Pinjol ilegal biasanya tidak terdaftar atau diawasi oleh Otoritas Keuangan, sehingga tidak ada lembaga yang dapat melindungi hak-hak konsumen.

Ini berarti tidak ada mekanisme hukum yang dapat digunakan oleh peminjam jika terjadi masalah saat pinjol menagih.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Kredivo

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal

Salah satu cara kabur dari pinjaman online ilegal adalah dengan melaporkannya ke pihak berwajib. Nah, ada tiga cara untuk melaporkan pinjol ilegal yaitu :

1. Laporkan ke polisi

Laporan terkait pinjaman online ilegal dapat disampaikan melalui website patrolisiber.id dan email di info@cyber.polri.go.id.

2. Melaporkan ke satgas waspada investasi

Pengaduan terkait pinjol ilegal dapat dilakukan dengan menghubungi Satgas Waspada Investasi. Untuk proses pemblokiran bisa melalui WhatsApp di nomor 081157157157, telepon 157, dan email waspadainvestasi@ojk.go.id.

3. Melaporkan ke Kominfo

Pinjaman online ilegal dapat dilaporkan ke Aduan Konten Kominfo. Anda dapat menghubungi melalui WhatsApp 08119224545, email aduankonten@kominfo.go.id, dan website aduankonten.id.

Itulah beberapa cara kabur dari pinjaman online ilegal beserta cara melaporkannya kepada pihak berwajib. Sebelum Anda memutuskan kabur, masih ada pihak yang dapat membantu Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar