8 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data, Segera Amankan!

Apakah pinjol ilegal sebar data ke semua kontak? Jawabannya, pinjol ilegal berpotensi menyebarkan data karena mereka tidak terdaftar d OJK. Sudah banyak kasus sebar data pinjol yang dilakukan oleh pinjol ilegal.

Jika Anda sudah terjebak di pinjaman online, ada baiknya Anda mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data yang Anda miliki sebelum Anda menjadi korban sebar data pinjol. Artikel ini akan memberi beberapa tips mengenai cara agar pinjol tidak sebar data. Selamat menyimak!

Penyebab Pinjol Sebar Data

Pihak pinjol melakukan penyebaran data karena ingin menuntut sesuatu dari korban dengan cara melakukan penyerangan. Kasus pinjaman online atau pinjol sebar data sering terjadi karena korban mengalami keterlambatan pembayaran. Untuk pinjol yang sering melakukan hal ini adalah pinjol ilegal.

Penyebaran data yang dilakukan pinjol seringkali dengan cara memberikan ancaman melalui pesan Whatsapp. Ancaman yang diberikan tidak hanya kepada korban, namun juga kepada kontak yang dimiliki oleh korban. Contoh sebar data pinjol yang sering terjadi adalah penyebaran foto KTP dan foto selfie atau foto lain yang memperlihatkan wajah dengan jelas.

Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban sebar data pinjol ini karena lalai dalam pembayaran pinjaman. Namun, nyatanya masih sangat banyak juga masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa data pribadi dilindungi oleh UU di Indonesia.

Undang-undang yang menyebutkan tentang perlindungan data pribadi ada di Pasal 58 UU No. 24 thun 2013 atas perubahan UU No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. UU perlindungan data pribadi juga bisa ditemukan di UU No. 11 tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana diubah oleh UU No. 19 tahun 2016 tentang ITE, dan Pasal 29 UU ITE.

Baca juga:  8 Penyedia Pinjaman 200 Ribu Langsung Cair Bunga Rendah

Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data

Bagaimana cara agar pinjol tidak menghubungi kontak? Penyebaran data nasabah yang mengalami keterlambatan pembayaran yang dilakukan oleh pihak pinjol ilegal tidak hanya ditujukan pada kontak darurat yang didaftarkan oleh nasabah, namun juga pada kontak yang lain.

Jika Anda terjebak di pinjol dan mengalami gagal bayar serta takut jika data Anda akan disebar luaskan, Anda bisa mengikuti cara agar pinjol tidak sebar data pada pembahasan ini. Berikut ini beberapa tips dan trik mengamankan data dari pinjol.

1. Amankan Kontak

Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data

Penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol ialah melalui daftar kontak yang Anda miliki. Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika Anda tidak ingin kerabat atau teman Anda mendapat teror dari debt collector adalah dengan mengamankan daftar kontak yang Anda miliki.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengisi daftar kontak dengan kontak samaran. Jadi ketika pihak pinjol mengakses daftar kontak yang Anda miliki, maka yang akan mereka dapatkan adalah kontak samaran.

2. Amankan Galeri

Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data

Cara agar pinjol tidak sebar data selanjutnya adalah mengamankan galeri. Banyak pinjol, terkhusus yang ilegal, bisa mengakses galeri.

Kenapa seperti itu? Karena biasanya pada saat pertama menggunakan atau mendaftar pada aplikasi pinjol, pengguna memberikan izin pada pihak aplikasi pinjol mengakses galeri. Dengan pemberian izin tersebut pihak pinjol bisa mengakses galeri terutama isi galeri yang dihasilkan dari kamera HP.

Jadi, Anda harus membersihkan isi galeri Anda dari foto-foto yang berpotensi akan disebarkan oleh pinjol. Biasanya foto yang akan disebarkan adalah foto selfie atau foto lain yang menampilkan wajah Anda.

3. Amankan Log Panggilan

Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data

Seperti halnya galeri, di awal penggunaan aplikasi pinjol akan diminta memberikan izin pada log panggilan sehingga pinjol dapat mengakses isi dari log panggilan Anda. Dengan adanya kemudahan mengakses log panggilan, pinjol bisa mengetahui kontak mana yang sering Anda hubungi.

Baca juga:  Daftar Pinjol yang Masuk SLIK OJK 2024

Kontak yang sering Anda hubungi itulah yang akan menjadi sasaran empuk teror dan sebar data pinjol. Jadi, sebisa mungkin Anda rutin menghapus log panggilan agar pihak pinjol tidak bisa mengakses kontak yang sering Anda hubungi.

Baca juga: Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

4. Izin Privasi Whatsapp

izin whatsapp

Ada beberapa pinjol yang mengancam akan menyebarkan data pribadi ke grup Whatsapp yang dibuatnya sendiri. Namu, di grup tersebut akan berisi Anda, beberapa kontak yang Anda miliki, dan beberapa kontak dari pihak pinjol.

Jadi sebelum hal itu terjadi, Anda bisa mematikan semua izin privasi yang ada di Whatsapp. Tujuannya juga agar nomor tidak dikenal dari pinjol tidak bisa membuat atau memasukkan Anda ke grup yang mereka buat.

5. Amankan Akun Sosmed

Kenapa harus mengamankan akun sosmed juga sebagai cara agar pinjol tidak sebar data? Biasanya pinjol juga bisa mengetahui akun sosmed yang Anda miliki. Tidak sedikit debt collector pinjol yang mengancamkan akan menyebarkan data melalui akun sosmed, baik itu melalui pesan atau kolom komentar.

6. Hapus Akun Whatsapp

Kenapa sampai harus menghapus akun Whatsapp sebagai cara agar pinjol tidak sebar data? Selain via telepon, Whatsapp adalah media yang sering digunakan oleh debt collector pinjol untuk memberikan teror dan ancaman kepada nasabah.

7. Matikan Izin di Aplikasi

Untuk menghilangkan sadapan pinjaman online, Anda harus mematikan atau menolak izin di aplikasi. Anda dapat mematikan izin di aplikasi melalui “Pengelola Aplikasi” yang ada di pengaturan. Dengan mematikan izin, pihak pinjol tidak akan bisa melakukan backup pada data terbaru yang ada di HP.

8. Restart Ulang Pabrik

Dengan me-restart ulang pabrik, sistem yang ada di HP akan diupdate atau dikembalikan ke setelan awal pabrik. Dengan begitu tidak ada lagi yang bisa mengakses HP Anda. Pastikan Anda memasukkan nomor dan email yang baru setelah me-restart ulang HP Anda.

Baca juga:  Review Pinjaman UKU 2023 : Kelebihan, Kekurangan, & Bunga

Baca juga: DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi sebar data pinjol. Selain hal di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa poin agar terhindar dari sebar data pinjol seperti ajukan pinjaman hanya pada aplikasi pinjol yang tidak sebar data atau pinjol resmi yang diawasi OJK. Karena OJK telah membuat peraturan bagi pinjol resmi untuk mematuhi segala kebijakan yang ada.

Selain itu, untuk cara agar pinjol tidak sebar data adalah lakukan pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo. Seperti yang telah disebutkan diatas, penyebab pinjol sebar data adalah karena nasabah mengalami keterlambatan pembayaran. Anda juga harus memahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada aplikasi tersebut sebelum mengajukan pinjaman agar tidak terjebak.

Jika Anda sudah terlanjur menjadi korban sebar data pinjol, jangan ragu untuk membuat laporan ke polisi karena kerahasiaan data pribadi Anda telah dijamin dalam UU.

Nah, itulah beberapa hal mengenai cara agar pinjol tidak sebar data pribadi. Perlu selalu diingat juga untuk tidak sekali-kali mencoba menggunakan layanan pinjol ilegal. Pilihlah aplikasi pinjol yang telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK.

Bagikan:

Tinggalkan komentar