4 Daftar Pinjaman Online Untuk Mahasiswa yg Aman & Terpercaya

Pinjaman online untuk mahasiswa saat ini semakin banyak dicari. Banyak hal yang menyebabkan para mahasiswa ini mencari-cari jalan agar dapat membantu mereka ketika sedang dalam kesulitan dana. Sedangkan tuntutan administrasi dari kampus juga tidak bisa ditunda. Ditambah lagi kebutuhan mendadak dan tak terduga yang sering kita jumpai dalam kehidupan mahasiswa.

Sementara bagi calon mahasiswa untuk berbagai strata, banyak pula yang mempunyai keinginan besar untuk kuliah tapi bingung karena terbentur dengan pendanaan. Inilah yang selalu jadi pemikiran setiap orang ketika akan atau sedang dalam masa kuliah.

Dalam artikel ini kamu akan diajak untuk lebih mengerti apa dan bagaimana dengan pinjaman online itu. Kamu juga akan tahu bagaimana cara atau tips untuk memilih platform pinjaman online yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Simak terus artikel ini sampai tuntas, maka kamu akan bisa segera menentukannya.

pinjaman online untuk mahasiswa

Apa Sih Pinjaman Online Untuk Mahasiswa?

Beruntunglah kita yang saat ini hidup dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. Kesulitan dan kendala keuangan saat ini sudah ada solusinya, yaitu dengan banyak tersedianya platform di media online yang mengusung Financial Technology (fintech) sebagai jalan keluarnya. Pinjaman online atau biasa disebut dengan PINJOL merupakan salah satu bagian dari fintech yang layak untuk dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Sehingga pinjaman online untuk mahasiswa ini adalah peminjaman sejumlah dana melalui media online dari suatu lembaga fintech kepada seseorang yang masih berstatus mahasiswa. Melalui platform yang dikelola fintech, mahasiswa dapat mendaftarkan diri dan mengajukan pinjaman dana. Tentu harus melalui mekanisme verifikasi data secara online pula sebelum pencairan dana yang diajukan.

Alasan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Suka duka sebagai mahasiswa hampir semuanya sama. Berikut ini beberapa penyebab mahasiswa dengan terpaksa harus mencari dana pinjaman, yaitu :

  • Hampir semua biaya perkuliahan selalu mensyaratkan untuk dilakukan pembayaran di awal pelaksanaan pendidikan. Hal ini memaksa mahasiswa untuk mencari dana talangan apabila tidak tersedia dana yang cukup pada masa pembayaran yang ditentukan pihak kampus.
  • Terlambatnya kiriman dana perkuliahan mahasiswa dari orang tua. Terlebih lagi bila domisili orang tua berada di luar pulau. Dana perkuliahan ini bisa untuk keperluan ; uang semester, uang praktikum, uang kegiatan penunjang, biaya hidup keseharian, biaya kost / kontrak kamar, biaya kursus dan lain-lain.
  • Kesulitan mencari teman yang bisa memberi pinjaman. Bisa karena sama-sama butuh, atau bisa juga karena hubungan pertemanan yang tidak akrab.
  • Kebutuhan mendadak untuk mendukung perkuliahan, misalnya ; pembelian perangkat laptop / PC, pembuatan laporan, terkena musibah dan sebagainya.

Penyedia Pinjaman Online

Kemajuan teknologi membawa dampak yang menguntungkan bagi siapa saja. Termasuk lahirnya lembaga-lembaga atau badan usaha yang  menyediakan pinjaman dana kepada masyarakat. Keluhan dan penyebab mahasiswa kesulitan dalam hal pendanaan perkuliahannya dapat ditangkap baik oleh penyedia platform di internet untuk membantu mereka. Terlepas hal itu sebagai peluang bisnis, yang terpenting adalah mahasiswa dapat menemukan solusinya.

Sekarang ini banyak sekali platform yang menyediakan solusi tersebut. Tercatat sudah ada 158 fintech yang terdaftar di OJK per 5 Agustus 2020. Mereka berlomba-lomba untuk menjaring mahasiswa. Berbagai kemudahan diberikan. Kemudahan persyaratan administrasi atau pendaftaran, kemudahan pengembalian dana pinjaman, jangka waktu pengembalian yang lebih panjang, semakin besar plafond pinjaman yang diberikan hingga tingkat minimnya bunga. Karena semakin banyaknya penyedia platform  semacam ini maka kejelian dan kecermatan mahasiswa sangat diperlukan sebelum menentukan pilihan tempat peminjaman dana.

Baca juga: Pengalaman tidak bayar pinjaman online, maluu!

Manfaat Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan para mahasiswa bila ingin meminjam dana di fintech atau PINJOL, yaitu :

  • Pencairan yang relatif singkat dari sejak pengajuan.
  • Lebih fokus pada pemanfaatan pinjaman untuk membantu kelancaran perkuliahan. Misalnya untuk pembelian laptop, biaya penelitian, biaya kursus dan lain-lain.
  • Menjadi solusi untuk biaya perkuliahan yang tinggi dan yang selalu harus dibayarkan di muka sebelum pelaksanaan berjalan.
  • Sebagai penyambung hidup apabila ada keterlambatan kiriman dana bulanan dari orang tua, apalagi bila berjauhan lokasinya.

Tips Mengajukan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana melalui fintech, ada baiknya kamu mengikuti sedikit tips-tips berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Lakukan riset dan bandingkan antar platform penyedia pinjaman. Riset bisa kamu lakukan pada Playstore atau iOS, website atau testimoni yang ada. Beri catatan penting pada masing-masing penyedia sesuai kriteria kamu.
  • Pilihlah yang menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Ini penting, karena menyangkut posisi mahasiswa yang sangat jarang punya barang atau harta sebagai agunan pinjaman.
  • Pastikan berapa besar biaya tambahan ketika akan dan setelah pencairan dana pinjaman. Berapa biaya administrasinya, berapa biaya provisinya, berapa biaya keterlambatan pembayaran angsuran dan pemotongan lainnya.
  • Bunga yang akan dikenakan pada peminjam, wajib kamu ketahui. Dan pastikan bagaimana sistem bunga itu akan melekat pada pinjaman kamu. Apakah sama seterusnya (flat), ataukah
  • Bila fintech menawarkan banyak macam peruntukkan peminjaman, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sedang kamu cari. Jangan memaksakan diri memilih penawaran yang sekiranya malah akan menyulitkan kamu ke depannya.
  • Pastikan penyedia pinjaman online itu mempunyai akses yang bisa dihubungi. Misalnya ; alamat yang jelas ada, nomor telpon yang dapat dihubungi dan email yang benar.
  • Sesuaikan pembayaran angsuran kamu dengan kemampuan yang kamu miliki untuk mengangsurnya. Ini juga berhubungan dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman. Jangan memaksakan diri.
  • Silakan akes Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di sini untuk memastikan bahwa fintech yang kamu cari memang sudah terdaftar di OJK, sehingga akan selalu dalam pengawasan OJK dalam pengelolaan dananya.

4 Pinjaman Online Untuk Mahasiswa Yang Terpercaya

Berikut ini beberapa fintech atau PINJOL yang benar-benar online, bisa dipercaya dan tentunya aman dalam pengawasan OJK sampai dengan artikel ini dibuat. Selain itu pencantuman PINJOL di bawah ini berdasarkan TKB90 yang mencapai 95% ke atas. TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara fintech dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam untuk jangka waktu sampai dengan 90 hari sejak tanggal jatuh tempo. TKB90 selalu tercantum pada website masing-masing.

Selain itu pencantuman di bawah ini diurutkan hanya berdasarkan pada abjad nama fintech.

Cicil

Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

  • Fintech ini telah terdaftar di OJK sejak Oktober 2017.
  • Ada tiga fasilitas yang disediakan, yaitu cicilan barang, cicilan dana perkuliahan dan cicilan dana belajar dalam bentuk pembelian voucher.
  • Untuk dana perkuliahan ada 3 tipe yang ditawarkan, yaitu pembayaran uang semester, pembayaran uang pangkal, dan pembayaran uang pangkal dan uang semester 1.
  • Jangka waktu pengembalian 2 – 36 bulan untuk pembayaran uang pangkal dan 6 bulan untuk pembayaran uang semester.
  • Pencairan dana hanya 80% dari total tagihan kampus atau yang dibutuhkan, dengan bunga 1% – 1,5% yang berlaku flat.
  • Syarat utamanya adalah tercatat sebagai mahasiswa aktif di perkuliahan untuk tingkat D3, S1, S2 dan S3.
  • Menawarkan dua macam penjamin, yaitu diri sendiri dan orang tua / wali. Tentu saja persyaratan yang disertakan masing-masing akan berbeda.
  • Ada tambahan fasilitas yang berbayar yaitu perlindungan asuransi dari AXA, khusus untuk pembayaran angsuran saja.
  • Silakan akses di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

Dana Didik

 

Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

  • Fintech ini telah terdaftar di OJK sejak September 2018.
  • Ada dua fasilitas yang disediakan, yaitu pendanaan pendidikan bagi para donatur yang berkeinginan untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa, dan peminjaman yang bisa dimanfaatkan peminjaman sejumlah dana untuk perkuliahan.
  • Ada tiga pilihan untuk jangka waktu pengembalian, yaitu 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan.
  • Syarat sebagai AnakDidik atau penerima pinjaman adalah tercatat sebagai mahasiswa yang akan lulus dalam kurun waktu 24 bulan untuk program D1, D2, D3, S1 dan S2. Selain itu, DANAdidik akan memprioritaskan bagi mahasiswa yang bekerja freelance atau bekerja paruh waktu lainnya.
  • Besarnya bunga yang dikenakan antara 0,8% – 2,1% per bulan yang berlaku flat.
  • Keunikan salah satu programnya adalah metode penggalangan dana untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan. Metode yg dilakukan dengan cara mempromosikan diri kepada para calon penyandang dana.
  • Silakan akses di sini untuk informasi lebih lanjut.

Kredit Pintar

Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

  • Fintech ini telah terdaftar di OJK sejak September 2019.
  • Sebenarnya platform ini tidak menyediakan pinjaman khusus bagi mahasiswa atau bagi pendidikan. Namun karena kemudahan pendaftarannya (cukup KTP dan akun bank), plafond yang kecil dan tenor pengembalian yang pendek tentu sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk jangka pendek dan mendadak.
  • Produk yang tersedia hanya pinjaman sejumlah Rp 2.300.000,- dengan tenor terpanjang 3 bulan, dan pinjaman Rp 600.000,- dengan tenor terpanjang 2 bulan.
  • Bunga yang dikenakan 0,55% – 0,59% per hari yang bersifat flat
  • Silakan akses di sini untuk informasi lainnya.

Uang Teman

Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

  • Fintech ini telah terdaftar di OJK sejak Mei 2019.
  • Dalam platform ini tidak ada produk khusus untuk mahasiswa atau untuk perkuliahan. Oleh karena kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan terkadang dibutuhkan secara mendesak dan mendadak, maka fintech ini tepat untuk dijadikan salah satu pilihan. Hanya membutuhkan KTP saja sebagai syarat administrasinya, dan ini pas untuk mahasiswa yang belum punya pekerjaan.
  • Jenis pinjamannya terdiri dari 3 pola, yaitu :
    • Sekali Bayar ; dengan jumlah pinjaman maksimal 3 Juta Rupiah, tenor pinjaman maksimal 70 hari.
    • Cicilan ; dengan jumlah pinjaman antara 5 Juta Rupiah – 20 Juta Rupiah, tenor pinjaman 3 atau 6 bulan, dan bunga 9% yang berlaku flat.
    • Cicilan Ringan ; dengan jumlah pinjaman antara 3,5 Juta Rupiah – 10 Juta Rupiah, tenor pinjaman 3 atau 6 bulan, dan bunga 16,5% – 18% yang berlaku flat
  • Silakan akses di sini untuk informasi lainnya.

Pinjaman Dana Untuk Mahasiswa Di Bank Konvensional

Beberapa bank konvensional terutama bank milik BUMN juga sudah menyediakan pinjaman dana untuk pendidikan. Namun layanannya tidak bisa online, artinya pengajuannya harus dilakukan di kantor bank secara langsung. Untuk persayaratan dan produknya juga masih sulit dijangkau oleh mahasiswa tingkat Diploma dan S1. Bank-bank tersebut memang menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pinjaman, maka pantas kalau bank-bank tersebut belum mengakomodir mahasiswa Diploma dan S1.

Hampir semua bank konvensional tersebut bisa memberikan pinjaman dana pendidikan apabila si peminjam sudah bekerja. Untuk masalah ini memang akan merepotkan bagi mahasiswa yang belum bekerja. Apalagi beberapa bank juga membatasi dirinya dengan memberi pinjaman hanya kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis yang tinggi.

Pinjaman Online Untuk Mahasiswa Adalah Pilihan Tepat

Kehidupan mahasiswa dengan segala dinamikanya tidak bisa lepas dari biaya-biaya untuk tetap berlangsungnya perkuliahan dan kesehariannya. Kebutuhan biaya yang sudah terencana dengan baik terkadang juga tidak bisa diselesaikan dengan baik karena banyak penyebabnya. Apalagi bila ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi untuk menunjang perkuliahan.

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan melakukan pinjaman online melalui fintech yang sudah banyak tersedia di media online. Meskipun banyak kemudahan, akan lebih baik bila mengedepankan kehati-hatian dalam memilih fintech yang tepat. Dan jangan lupa, perhitungkan dengan matang bagaimana cara pengembalian pinjamannya.

Tinggalkan komentar