Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo, Pilih yang Terbaik!

Pembahasan mengenai bunga Indodana vs Kredivo menjadi menarik saat Anda ingin membandingkan kedua platform tersebut untuk mengajukan pinjaman dana instan.

Sebagai dua aplikasi terbaik yang menawarkan kredit dengan proses dan syarat mudah, tentunya penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pemberlakuan plafon, tenor, hingga suku bunga.

Berikut ini pembahasan mengenai perbandingan bunga Indodana vs Kredivo yang bisa Anda cek pilihan mana yang terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial pribadi.

Mengenai Indodana dan Kredivo

Indodana adalah platform fintech PT Artha Dana Teknologi pada tahun 2017 dengan sistem peer to peer lending yang bukan hanya menawarkan pinjaman tetapi juga membuka akses pendanaan investor.

Pinjaman Indodana menawarkan keunggulan proses pengajuan mudah dan cepat yang hanya membutuhkan KTP serta selfie bersama KTP saat pendaftaran secara online melalui aplikasi.

Tidak heran jika minat konsumen untuk mengajukan pinjaman tunai di Indodana semakin tinggi meski ada banyak kompetitor di bidang ini, terlebih pencairan dananya bisa dilakukan pada hari yang sama.

Sedangkan Kredivo merupakan solusi pinjaman dana instan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam tempo cicilan 30 hari hingga 12 bulan serta penawaran suku bunga 0% untuk periode pembayaran tertentu.

Dibuat oleh PT Finaccel Digital Indonesia pada 2016 dan diakuisisi Finaccel Teknologi asal Singapura dengan spesialisasi credit scoring, penawaran pinjaman Kredivo bahkan diklaim bisa cair kurang dari 5 menit.

Perbandingan Limit Indodana vs Kredivo

Untuk plafon Indodana sendiri ada penawaran pinjaman mencapai total limit Rp 50 Juta dengan pembagian Rp 30 Juta untuk produk paylater dan Rp 20 Juta untuk produk pinjaman tunai.

Sedangkan tenor di Indodana juga disesuaikan masing-masing produk kredit yang diajukan pengguna, mulai dari 30 hari sampai 12 bulan.

Baca juga:  Review SeaBank, Aplikasi Bank & Pinjaman Online Dari Shopee

Meski pinjaman awal di Indodana tidak akan langsung memperoleh plafon maksimal, tetapi ada pengguna yang bisa mendapatkan limit pertama hingga Rp 12 Juta.

Setelah itu, pengguna baru bisa mengajukan penambahan limit setiap 6 bulan sekali hingga menyentuh limit maksimal yang ditawarkan oleh Indodana.

Hampir sama dengan Indodana, plafon Kredivo juga mencapai Rp 50 Juta yang berlaku untuk tipe user premium. Bagi pengguna baru, limit pertama pengajuan pinjaman belum terlalu tinggi.

Sesuai aturan yang diberlakukan, batas limit pinjaman yang diberikan oleh Kredivo sesuai tipe akun user antara lain sebagai berikut.

  • Akun Starter: Untuk tenor 1 bulan akan mendapatkan limit awal hingga Rp 1.000.000
  • Akun Basic: Untuk tenor 1 dan 3 bulan akan mendapatkan limit awal hingga Rp 3.000.000
  • Akun Premium: Untuk tenor 1 bulan akan mendapatkan limit awal Rp 5.500.000 hingga Rp 50.000.000

Namun, pengguna dapat mengajukan penambahan limit pinjaman setiap 3 bulan sekali hingga mencapai plafon maksimal dengan hingga tenor 12 bulan.

Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo

Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo

Terkait suku bunga, baik Indodana maupun Kredivo memiliki aturan yang berbeda untuk penggunanya sesuai pengajuan pinjaman yang dibutuhkan. Berikut perbandingan bunga Indodana vs Kredivo.

Bunga Indodana

Bunga di Indodana berkisar antara 3% hingga 8% sesuai jenis produk yang diajukan oleh penggunanya.

Untuk Indodana Paylater dengan plafon hingga Rp 30.000.000 dan tenor 30 hari sampai 12 bulan, dan suku bunga yang diberlakukan berada di angka 3%.

Sedangkan untuk Pinjaman Tunai Indodana dengan limit maksimal Rp 20.000.000, ada persentase suku bunga yang disesuaikan dengan tempo pinjaman.

  • Tempo 3 bulan akan dikenakan bunga 8,67%
  • Tempo 6 bulan akan dikenakan bunga 7.93%
  • Tempo 9 bulan akan dikenakan bunga 6,87%
  • Tempo 12 bulan akan dikenakan bunga 6,34% .
Baca juga:  Pengalaman Menggunakan Joki Pinjol, Biaya dan Resikonya

Bunga Kredivo

Bunga angsuran Kredivo menawarkan persentase yang jauh lebih kompetitif mulai dari 0% meski tetap disesuaikan juga dengan tempo cicilan yang diajukan pengguna.

Untuk tenor 1 bulan hingga 3 bulan berlaku bunga 0%, sedangkan tenor cicilan 6/12/18/24 bulan diberlakukan bunga mulai dari 2.60% per bulan.

Dari perbandingan suku bunga tersebut, dapat disimpulkan jika penawaran bunga Kredivo relatif lebih rendah daripada Indodana.

Bahkan Kredivo mampu memberikan bunga hingga 0% bagi pengguna yang mengambil tenor cicilan 30 hari hingga jangka waktu pembayaran 3 bulan.

Kesimpulan : Indodana vs Kredivo

Selain suku bunga, perbandingan Indodana dan Kredivo juga terlihat dari beberapa aspek yang memperlihatkan persamaan maupun perbedaan.

Berikut beberapa perbandingan yang bisa dijadikan gambaran umum sebelum mengajukan pinjaman di Indodana atau Kredivo.

Legalitas

Indodana dan Kredivo sama-sama merupakan pinjaman online yang aman dan sudah legal. Terlebih keduanya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga aman untuk digunakan.

Fitur Dasar

Menariknya, baik Indodana maupun Kredivo memiliki fitur dasar yang sama, yaitu penawaran produk paylater dan pinjaman tunai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dukungan ke Marketplace dan Merchant

Sama-sama mendukung seamless transaction di mana keduanya sudah terintegrasi langsung dengan banyak marketplace hingga merchant yang bekerja sama.

Indodana lebih unggul karena mereka menyediakan integrasi ke beberapa aplikasi populer seperti Blibli.com dan Tiket.com.

Pencairan Dana

Pengguna juga bisa meminta pihak Indodana dan Kredivo untuk mencairkan langsung pinjaman dana ke rekening, baik rekening bank konvensional maupun rekening digital.

Jika anda tidak memiliki rekening, anda bisa memilih pinjol cair ke Akun DANA dan OVO seperti Kredivo. Karena, hanya Kredivo yang mendukung pencairan ke dompet digital secara langsung.

Fasilitas yang Ditawarkan

Meski memiliki fitur dasar yang sama, tetapi Kredivo lebih unggul karena menawarkan fasilitas Infinite Card dan Flexi Card.

Baca juga:  Cara Daftar Kredivo Cicilan 12 Bulan Tanpa NPWP

Infinite Card merupakan kartu kredit virtual untuk berbelanja online di berbagai merchant yang menggunakan jaringan Mastercard.

Sedangkan Flexi Card adalah kartu fisik dari Kredivo untuk bertransaksi di gerai offline bagi pengguna akun user premium.

Daerah Layanan

Daerah layanan Indodana sendiri meliputi area yang cukup merata dan berlaku untuk satu tipe user yang sama. 

Area-area tersebut antara lain Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, hingga beberapa kota-kota besar di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sedangkan di Kredivo ada pengaturan daerah layanan sesuai tipe akun, salah satunya ketersediaan akun user starter dan basic dengan limit maksimal hanya Rp 3.000.000 dilayani di seluruh Indonesia.

Khusus akun user premium Kredivo, hanya berlaku di daerah layanan terbatas, seperti Jabodetabek, Kota Bandung, Cirebon, Sukabumi, Surabaya, Bali, Malang, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Solo, Medan, dan Palembang.

Fitur Keamanan

Terkait fitur keamanan, Indodana memiliki sertifikasi sistem manajemen keamanan informasi berbasis SNI sesuai standar ISO 270001.

Sedangkan Kredivo menawarkan fitur keamanan dengan sistem 1 user 1 perangkat di mana penggunanya tidak akan bisa login di dua perangkat berbeda.

Jadi, bisa dikatakan jika kedua platform kredit tersebut sama-sama memberikan jaminan keamanan bagi penggunanya saat membutuhkan pinjaman dana instan yang mudah.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan detail mengenai perbandingan bunga Indodana vs Kredivo yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Setelah mengetahui informasi Indodana vs Kredivo, kini Anda bisa menentukan pilihan platform kredit mana yang terbaik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar