Perbandingan Bunga Akulaku Vs Kredivo : Tunai dan Paylater

Keberadaan Akulaku dan Kredivo mampu menjadi solusi finansial instan yang menawarkan pinjaman online tanpa kartu kredit dengan plafon, tenor, dan suku bunga yang cukup menggiurkan.

Meski sama-sama menyediakan fitur dasar paylater dan pinjaman tunai, tetapi kedua platform pinjol tersebut memiliki sistem yang sedikit berbeda untuk dijadikan pertimbangan sebelum memulai pengajuan.

Berikut ini pembahasan mengenai Akulaku vs Kredivo mulai dari perbandingan jenis produk hingga bunga yang memudahkan Anda dalam memilih pinjol yang paling sesuai saat akan mengajukan kredit.

Akulaku menawarkan fitur belanja mudah dengan sistem ‘Buy Now Pay Later’ berupa Dana Cicil dan Pinjaman Tunai tanpa agunan dengan limit terpisah mencapai Rp 30 Juta dan tenor hingga 12 bulan.

Sebagai platform fintech yang menawarkan sistem beli sekarang bayar nanti, Kredivo menyediakan produk pinjaman online berupa Kredivo Paylater dan Pinjaman Tunai KrediFazz.

Namun, jenis produk pinjaman Akulaku dan Kredivo sendiri memiliki detail penawaran yang tidak sepenuhnya sama, mulai dari plafon, tenor, hingga suku bunga dan biaya-biaya lain yang timbul dalam prosesnya.

Perbandingan Paylater Akulaku vs Kredivo

akulaku vs kredivo

Paylater Akulaku

PayLater dari Akulaku memudahkan Anda membeli berbagai jenis barang tanpa DP dengan cara mencicil, mulai dari produk gadget, elektronik, hingga keperluan sehari-hari lainnya.

Limit kredit maksimal yang ditawarkan mencapai Rp25 juta dengan pilihan tenor 3/6/9/12 bulan yang tergolong cukup fleksibel serta proses pengajuan kredit mudah hanya 3 menit.

Untuk total biaya admin dan bunga paylater Akulaku sebesar 3% perbulan. Sebagai simulasi penggunaan limit Rp1.000.000 dengan tenor 3 bulan akan dikenakan bunga total sebesar Rp90.000.

Baca juga:  Lazada Paylater Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya
simulasi bunga paylater akulaku

Paylater Kredivo

Produk utama Kredivo untuk para penggunanya yaitu Kredivo Paylater yang merupakan pinjaman cicil tanpa kartu kredit di beberapa merchant, seperti Tokopedia, Lazada, Tiket.com, Blibli, PegiPegi, dan lainnya.

Metode pembayaran ini berlaku untuk pembelian berbagai jenis produk, mulai dari fashion, gadget, barang elektronik, pulsa, hingga tiket pesawat.

Kredivo Paylater menyediakan limit Rp 1 Juta sampai Rp 5,5 Juta tanpa DP dengan bunga 0% untuk tenor 30 hari dan transaksi minimum Rp 500.000 dengan bunga 2,6% untuk layanan cicilan 3, 6, atau 12 bulan.

Perbedaan batasan limit, suku bunga, dan tenor tersebut menyesuaikan dengan tipe akun pengguna, mulai dari akun Starter, Basic, hingga Premium, termasuk perbedaan biaya layanan yang nantinya dibebankan.

Bagi pengguna dengan tipe akun Starter, akan ada biaya layanan 1% atau minimal Rp1.000 untuk tenor 30 hari tanpa fasilitas cicilan dan pinjaman tunai.

Untuk tipe akun Basic, Anda akan dibebankan tambahan biaya layanan 1% atau minimal Rp1.000 untuk tenor 1 bulan dan 9% untuk tenor cicilan 3 bulan.

Sedangkan tipe akun Premium, biaya layanan hanya 1% atau minimal Rp1.000 untuk tenor 1 bulan dan 3% untuk tenor cicilan 3 bulan.

Baca juga: Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo

Perbandingan Pinjaman Tunai Akulaku vs Kredivo

Berikut adalah perbandingan bunga pinjaman tunai Akulaku vs Kredivo dengan plafon Rp3.000.000 dan tenor 3 bulan.

perbandingan bunga pinjaman tunai Akulaku vs Kredivo

Pinjaman Tunai dan Dana Cicil Akulaku

Selain paylater, Akulaku juga menawarkan produk pinjaman tunai dan Dana Cicil yang disediakan oleh Kredito/UKU/Uatas sebagai mitra Akulaku dalam memberikan layanan kredit tanpa jaminan.

Untuk fitur produk ini, Akulaku menawarkan limit hingga Rp 15 Juta di mana dana tersebut bisa cair ke rekening pengguna kurang dari 5 menit.

Baca juga:  DC Lapangan Adakami 2024, Begini Cara Mereka Menagih

Untuk Dana Cicil, Anda bisa mengambil pinjaman maksimal Rp 15 Juta dengan tenor hingga 12 bulan. Sedangkan untuk Pinjaman Tunai, limit maksimalnya hanya Rp 3 Juta dengan tenor pinjaman hingga 90 hari.

Sayangnya, informasi terkait bunga Akulaku tidak dijelaskan detail di website resmi dan transparansi biaya baru terlihat saat proses pengajuan kredit melalui aplikasi, mulai dari total dana yang cair, biaya provisi, bunga, hingga cicilan per bulan.

Bunga Akulaku berada di kisaran 2,5% hingga 5,4% sesuai limit pinjaman dan tenor yang Anda pilih atau dapatkan. Semakin besar limit kredit yang Anda dapatkan, umunya semakin rendah juga bunga pinjamannya.

Perbedaan limit tersebut juga berpotensi memunculkan biaya provisi 5% yang akan dipotong dari dana yang cair ke rekening. Artinya, dana pinjaman Anda yang cair ke rekening tidak utuh lagi.

Namun, hanya limit pinjaman Rp 3,5 Juta ke bawah dengan tenor 3 bulan yang akan mendapat potongan biaya provisi dan bunga yang lebih tinggi mulai dari 4,16% hingga 5,4% per bulan.

Sedangkan tarif biaya admin awal sebesar 1,5% dan akan menurun secara bertahap hingga mencapai 0,5% saat semakin sering melakukan pengajuan.

Pinjaman Tunai KrediFazz Kredivo

Selain produk paylater, Kredivo juga menyediakan pinjaman dana tunai KrediFazz dengan limit mencapai Rp 50 Juta, tenor hingga 24 bulan, suku bunga 0% – 2,6% dan variasi biaya administrasi untuk tipe akun Basic dan Premium.

Menariknya, tipe akun tersebut dapat Anda upgrade setiap 3 bulan sekali untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, seperti peningkatan limit pinjaman tunai hingga penetapan suku bunganya.

Untuk tipe akun Basic, bunga pinjaman tunai mencapai 4% per bulan dan biaya administrasi hingga 6%. Sedangkan akun Premium, bunga pinjaman mulai dari 1.99%, 2.49%, 2.60% atau 2.99% per bulan dan biaya administrasi 6%.

Baca juga:  Dana Paylater Tidak Muncul? ini 7 Penyebab & Solusinya

Nantinya biaya administrasi tersebut akan dipotong langsung dari dana pinjaman yang cair ke rekening pengguna.

Untuk memudahkan pemahaman, berikut deskripsi produk Kredivo berdasar masing-masing tipe akun pengguna.

DeskripsiStarterBasicPremium
PlafonRp 1 JutaRp 3 JutaRp 5,5 Juta hingga Rp 50 Juta
Tenor30 hari30 hari cicilan 3 bulan30 hari cicilan 3/6/12/18/24 bulan
Bunga0%0% – 4%0 – 2,6% per bulan
Biaya LayananAda 1% atau Rp10001% dan 9%1% dan  3%
Biaya AdminTidak Ada6%6%

Denda Keterlambatan Akulaku dan Kredivo

Bagi pengguna manfaat pinjaman online, termasuk di Akulaku dan Kredivo, akan ada biaya denda jika terlambat melakukan pembayaran melewati batas jatuh tempo.

Denda keterlambatan atas pembayaran tagihan pinjaman di Akulaku akan dikenakan mulai dari hari pertama sebesar 0,5% setiap harinya.

Sedangkan di Kredivo, pengguna akan dikenakan biaya bunga tambahan sebesar 4% per bulan dan denda telat bayar Kredivo 6% per bulan dari jumlah tagihan yang sudah jatuh tempo.

Demikianlah penjelasan mengenai Akulaku vs Kredivo melalupi perbandingan jenis produk hingga bunga pinjaman sebagai gambaran umum dan pertimbangan pemilihan platform pinjaman online terbaik bagi Anda.

Pastikan untuk memahami setiap informasi di atas sebelum mengajukan pinjaman, baik produk paylater maupun pinjaman dana tunai, untuk kebutuhan Anda sesuai kemampuan finansial yang dimiliki.

Bagikan:

Tinggalkan komentar