Review Dana Darurat Pinjol Legal atau Ilegal, Waspada!

Mungkin kamu merasa bingung dan bertanya-tanya apakah aplikasi pinjaman online Dana Darurat ini merupakan aplikasi pinjaman online yang legal atau ilegal.

Terlebih saat kamu sedang membutuhkan dana cepat dan mudah tentunya tanpa jaminan dan syarat yang ribet, namun ragu apakah aplikasi Dana Darurat ini aman dan terpercaya.

Nah, jangan sampai kamu tertipu dan terlibat dengan pinjaman online ilegal dan tidak bertanggung jawab yang nantinya dapat merugikan kamu baik secara finansial maupun psikologis.

Sebelum kamu berencana menggunakan aplikasi Dana Darurat, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam mengenai aplikasi pinjaman online ini.

Seperti apa saja fitur-fitur yang disdiakan, bagaimana gambaran cicilan dan bunganya, dan yang terpenting adalah bagaimana status hukumnya mengenai legal atau tidaknya aplikasi pinjaman online ini.

Review Dana Darurat

pinjol Dana Darurat

Dana Darurat merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang berada di Indonesia. Pinjaman online ini mengklaim sebagai aplikasi solusi keuangan terbaik buat kamu yang membutuhkan pinjaman dana cepat dan mudah. Tentunya dengan syarat yang mudah tanpa memerlukan jaminan dan syarat yang ribet.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi pinjaman online ini, kamu hanya perlu mengisi data diri dan nomor rekening bank yang kamu miliki, kemudian mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

Pinjaman online Dana Darurat juga menawarkan pinjaman mulai dari Rp600 ribu sampai dengan Rp10 juta dengan tenor mulai dari 91 hari sampai dengan 120 hari. Adapun bunga yang diberikan oleh Dana Darurat yaitu sebesar 18% per bulannya.

Baca juga:  Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online dan Resikonya

Seperti yang sudah disampaikan, proses pengajuan Dana Darurat yang cepat dan mudah, dengan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mendapatkan persetujuan sampai dana yang diberikan juga akan langsung cair ke rekening bank kamu hanya dalam waktu 24 jam.

Pinjaman Online Dana Darurat Legal Atau Ilegal?

pinjol dana darurat ilegal
Sumber : LAMPIRAN II DAFTAR PINJAMAN ONLINE ILEGAL DESEMBER 2022 OJK.GO.ID

Nah, ini adalah pertanyaan yang mungkin saja terbesit dalam benak kamu. Apakah Dana Darurat ini legal atau ilegal?

Sayangnya untuk aplikasi pinjaman online Dana Darurat ini tidak legal dan tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pinjaman Online Dana Darurat ini tidak memiliki izin usaha yang terdaftar sebagai penyelenggara jasa layanan pinjam meminjamn uang berbasis teknologi informasi dari OJK.

Dana Darurat juga tidak terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang merupakan asosiasi resmi yang mengatur industri fintech lending di Indonesia.

Walaupun mereka memasang dan menggunakan logo OJK dan AFPI di situs serta akun Google Play Store mereka, namun faktanya mereka tidak memiliki nomor izin resmi keanggotaan OJK dan AFPI.

Kamu tentu bisa melihat dan semakin yakin bahwa pinjaman online Dana Darurat ini masuk kedalam daftar pinjaman online ilegal bersadarkan alamat website dan call center yang mereka cantumkan. Adapun alamat website resmi mereka adalah https://www.eopvigx.com/.

Hal itu tentu sangat berbahaya bagi kamu sebagai pengguna atau yang akan menggunakan pinjaman online Dana Darurat ini. Tentu kamu akan terjerat dalam praktik pinjaman online ilegal yang bisa merugikan kamu baik dari segi finansial maupun psikologis.

Baca juga: Pinjaman 500 Ribu Langsung Cair Tanpa Ribet

Simulasi Pinjaman Dana Darurat

Berikut ini kami akan memberikan contoh gambaran mengenai cicilan dan bunga Dana Darurat sebagai berikut:

  • Contoh jumlah pinjaman: Rp4.500.000
  • Tenor: 180 hari
  • Bunga: 18% per bulan atau 0,05% per hari
  • Total bunga 6 bulan: Rp4.500.000 x 0,05% x 30 hari = Rp67.500 x 6 bulan = Rp405.000
  • Cicilan bulanan yang harus dibayar: Rp4.500.000 : 6 bulan + Rp67.500 = Rp817.500
  • Total yang harus dibayar: Rp817.500 x 6 bulan = Rp4.905.000
Baca juga:  Review Shopee PayLater 2023 : Syarat, Bunga, & Denda Telat

Tentu saja contoh gambaran di atas bisa berbeda tergantung jumlah pinjaman, tenor, dan bunga yang berlaku.

Baca juga: Pinjol Yang Bisa Cair ke DANA dan OVO

Fitur-Fitur Aplikasi Dana Darurat

Aplikasi Dana Darurat memiliki beberapa fitur unggul yang diberikan kepada penggunanya, di mana fitur ini membuat aplikasi Dana Darurat cukup berbeda dari pinjaman online lainnya. Berikut ini merupakan beberapa fitur unggul yang disediakan oleh pihak Dana darurat sebagai berikut:

1. Tanpa Syarat

Untuk melakukan pinjaman dari aplikasi Dana Darurat, kamu tidak memerlukan syarat apapun.

Biasanya aplikasi pinjaman online lain akan mencantumkan beberapa syarat seperti harus memiliki kartu kredit, slip gaji, NPWP, atau dokumen penting lainnya. Sedangkan aplikasi Dana Darurat, kamu hanya perlu memiliki KTP dan berusia minimal 18 tahun.

2. Tanpa Ribet

Di aplikasi Dana Darurat, kamu juga tidak perlu melakukan verifikasi yang ribet untuk mendapatkan pinjaman dana. Kamu tidak akan diminta untuk mengisi formulir yang panjang, mengirim foto selfie, atau melakukan verifikasi nomor telepon.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Dana Darurat melalui Google Play Store, kemudian mengikuti langkah-langkah yang mudah di aplikasi tersebut.

3. Bunga Rendah

Pinjaman online tentu memiliki bunga untuk setiap pengguna yang melakukan peminajman dana. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan bunga yang besar.

Pada aplikasi pinjaman online Dana Darurat menawarkwan bunga rendah mulai dari 0,05% per hari. Dengan bunga yang rendah ini, kamu tentu bisa menghemat biaya pengembalian pinjaman.

4. Proses Cepat

Kamu juga tidak akan dibuat menunggu lama karena Dana Darurat menjanjikan proses pengajuan pinjaman yang cepat.

Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk mendapat persetujuan. Apabila nanti pengajuanmu disetujui, maka dana akan langsung cair ke rekening bank kamu dalam waktu 24 jam.

Baca juga:  4 Cara Menghubungi Call Center Tunaiku agar Cepat Direspon

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kamu bisa menyimpulkan bahwa aplikasi Dana Darurat merupakan layanan pinjaman online yang tidak legal dan tidak terdaftar di OJK.

Oleh karena itu, aplikasi Dana Darurat ini tentu memiliki banyak resiko yang bisa merugikan kamu sebagai pengguna di kemudian hari. Kamu bisa mencari layanan pinjaman online lainnya yang lebih aman dan terpercaya serta memiliki izin resmi dan terdaftar di OJK.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan layanan jasa pinjaman online dan jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran yang tidak masuk akal dan mencurigakan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar