Review Rupiah Cepat 2023 : OJK, Limit, Bunga, & Penagihan

Tidak dipungkiri, saat ini kita hidup di era yang penuh dengan kemudahan. Perkembangan teknologi saat ini membuat kita mudah mendapatkan uang melalui berbagai aplikasi pinjaman online, apalagi di dukung oleh fitur tanpa agunan atau jaminan.

Sejak tahun 2010-an keberadaan pinjaman online di Indonesia mulai marak diminati, sebab aplikasi pinjaman online dinilai dapat menjadi solusi untuk orang-orang yang selama ini kesulitan mengajukan pinjaman ke bank-bank konvensional, salah satunya aplikasi pinjaman online Rupiah Cepat.

Untuk mengetahui lebih jauh, saya telah merangkum dari berbagai sumber beberapa hal yang terkait dengan aplikasi pinjaman online Rupiah Cepat. Berikut review pinjol Rupiah Cepat:

Review Rupiah Cepat Pinjaman Online

Review Rupiah Cepat

Review Rupiah Cepat adalah sebuah aplikasi online yang diterbitkan oleh PT Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) yang berkantor pusat di Springhill Office Tower Unit 8D dan 8H, Jalan Benyamin Suaeb Blok D7, Pademangan, Jakarta Utara.

Apakah Rupiah Cepat legal atau ilegal? Jangan khawatir, Rupiah Cepat merupakan aplikasi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO 21001. Sehingga data pribadi pengguna dijamin aman, privasi Anda juga terjaga.

Rupiah Cepat merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pinjaman online mikro terkemuka di Indonesia.

Dengan memanfaatkan sistem online, Rupiah Cepat menawarkan kredit kecil untuk mereka yang tidak memiliki angunan dan tidak terlayani oleh lembaga keuangan konvensional.

Seperti namanya, Rupiah Cepat dapat memberikan pinjaman dengan cepat. Dengan bermodal KTP dan data pribadi saja, Rupiah Cepat menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan tenor maksimal hingga 12 bulan, dan plafon pinjaman maksimal 15 juta rupiah.

Proses peminjaman uang sepenuhnya dilakukan secara online dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, menggunakan smartphone melalui aplikasi Rupiah Cepat yang dapat Anda unduh di Play Store.

Kemudian, setelah melewati rangkaian proses registrasi dan mengajukan pinjaman, maka tidak lama setelahnya Anda akan mendapatkan notifikasi apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak.

Jika dana pinjaman Anda disetujui, maka dana yang Anda ajukan bisa langsung cair ke rekening Anda. Inilah yang membedakan Rupiah Cepat dengan aplikasi sejenisnya, mereka dapat memproses setiap pengajuan yang masuk dengan sangat cepat.

Rupiah Cepat OJK

Review Rupiah Cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Rupiah Cepat merupakan perusahaan fintech lending berizin dan sudah terdaftar di OJK dengan nomor surat KEP-132/D.05/2019.

Perusahaan fintech yang sudah berizin OJK berarti setidaknya mereka sudah berdiri selama minimal 1 tahun, karena untuk mendapatkan izin harus terlebih dahulu melewati masa peninjauan selama 1 tahun. Sehingga, Rupiah Cepat sampai saat ini sudah berdiri kurang lebih 5 tahun.

Baca juga:  Tabel Angsuran Rupiah Cepat 2024 : Limit, Bunga & Simulasi

Status terdaftar di OJK membuat Rupiah Cepat tidak bisa menyebar data penggunanya dan harus mematuhi aturan SOP penagihan OJK. Jika terdapat kasus sebar data Rupiah Cepat maka anda bisa melaporkannya ke OJK.

Limit dan Bunga Rupiah Cepat

Rupiah Cepat memberikan pinjaman mulai dari Rp. 400.000 hingga Rp. 10.000.000. Sementara untuk limit dan tenor pinjaman, secara lengkap terdapat di dalam aplikasi Rupiah Cepat.

Sebenarnya pinjaman online pada aplikasi Rupiah Cepat cukup ambigu dalam menuliskan keterangan bunga.

Informasi terkait bunga pinjaman Rupiah Cepat hanya mereka tulis di deskripsi yang terdapat di Google Play Store dan tidak temukan di website, bahkan pada bagian FAQ.

Pada deskripsi tersebut, mereka hanya menulis besaran bunga Rupiah Cepat 24% per tahun dengan tenor pinjaman 91 – 365 hari tanpa biaya administrasi.

Namun pada kenyataannya berbeda, bunga yang dibebankan saat mengajukan pinjaman di aplikasi melebihi 24% per tahun jika di total.

Rating Pinjol Rupiah Cepat

Review Rupiah Cepat

Saat ini, aplikasi Rupiah Cepat sudah dapat anda download di platform Android maupun iOS. Secara umum, rating aplikasi Rupiah Cepat di Play Store tergolong lumayan baik, yakni 4,4 dari 10 juta lebih pengguna.

Pengguna yang memberikan bintang 5 rata-rata merupakan pengguna yang merasa terbantu dengan layanan pinjaman Rupiah Cepat, terlebih karena kecepatan dan kemudahan dalam prosesnya.

Namun, untuk pengguna yang memberikan rating bintang 1 hingga 3 adalah mereka yang pastinya merasa telah dikecewakan dengan berbagai layanan Rupiah Cepat yang tidak sesuai dengan harapan.

Berbagai komplain yang diajukan diantaranya adalah, pengajuan yang ditolak. limit saldo yang tidak kunjung bertambah, hingga pengguna-pengguna yang mengalami masalah dalam pembayaran atau pelunasan.

Baca juga: Review Shopee PayLater

Syarat Pendaftaran di Rupiah Cepat

Setelah anda membaca review Rupiah Cepat dan anda ingin menggunakan layanannya perhatikan syarat pendaftaran pinjaman pada aplikasi Rupiah Cepat tergolong mudah dan tidak ribet, yakni:

  1. Anda harus berwarga negara Indonesia
  2. Berdomisili di Indonesia
  3. Berusia minimal 18 tahun
  4. Memiliki rekening bank atas nama yang sama dengan yang tertera pada KTP Anda
  5. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kemudian, dokumen yang Anda butuhkan hanya KTP dan NPWP. Semua data pada saat pendaftaran harus Anda lengkapi, termasuk informasi tambahan seperti informasi mengenai pekerjaan dan informasi kontak darurat.

Cara Mencairkan Pinjaman Rupiah Cepat

Melansir dari halaman resmi rupiahcepat.co.id, tahap-tahap melakukan pinjaman online melalui aplikasi Rupiah Cepat adalah:

  1. Login dengan nomor yang sudah terdaftar pada aplikasi Rupiah Cepat
  2. Masukkan data pekerjaan yang sesuai
  3. Masukkan 3 kontak darurat yang ada di ponsel Anda
  4. Masukkan informasi tambahan dan jangan lupa cek kembali nomor Bank yang Anda daftarkan untuk pencairan dana
  5. Upload foto KTP Anda secara langsung melalui aplikasi Rupiah Cepat
  6. Lakukan gerakan seperti yang tertera di aplikasi, usahakan mengambil gambar gerak dengan sejelas-jelasnya
  7. Selesai, Rupiah Cepat akan melakukan verifikasi dan tunggulah beberapa saat. Notifikasi peminjaman akan masuk ke aplikasi Anda.
Baca juga:  7 Kerugian Menggunakan Kredivo, Pahami Dulu

Setelah itu, periksa rekening anda dan pastikan uang benar-benar di transfer. Jika terdapat masalah anda bisa menghubungi nomor call center Rupiah Cepat yang tertera pada aplikasi.

Cara Bayar Tagihan Rupiah Cepat

Untuk pembayaran pinjaman Rupiah Cepat dapat dilakukan melalui bank-bank yang telah bekerja sama dengan Rupiah Cepat, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, CIMB, Danamon, Permata. Pembayaran tagihan juga dapat dibayarkan melalui akun Dana, OVO, atapun livin’ by Mandiri.

Nantinya, setiap peminjam di Rupiah Cepat akan diberikan nomor rekening virtual account (VA), dimana pemberitahuan nomor rekeningnya akan disampaikan melalui aplikasi Rupiah Cepat.

Kemudian Anda dapat mengirimkan pembayarannya ke rekening virtual account yang tercantum dalam aplikasi Rupiah Cepat milik Anda.

Pastikan setiap pembayaran Anda, ditujukan hanya ke nomor rekening virtual account yang tercantum dalam aplikasi Rupiah Cepat Anda.

Jika Terjadi Keterlambatan Pembayaran

Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, anda diwajibkan untuk melakukan pembayaran pinjaman tepat waktu sebagaimana tanggal jatuh tempo dan nominal yang telah ditentukan dalam aplikasi Rupiah Cepat.

Namun jika Anda mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran maka Anda akan dikenakan denda berupa penalti sebesar 0.8 % per hari dengan tidak mengurangi biaya dan bunga yang berjalan.

Ada risiko jika Anda tidak membayar pinjaman Rupiah Cepat, mulai dari peringatan melalui SMS atau WhatsApp, sampai dengan kunjungan penagihan DC ke alamat rumah Anda atau keluarga Anda.

Rupiah Cepat juga akan melakukan blacklist pada nasabah yang menunggak pinjaman lewat dari 30 hari. Nasabah yang gagal bayar akan masuk dalam blacklist, dan risikonya nasabah tidak akan bisa mengajukan pinjaman kembali di lain hari.

Selain melakukan penagihan, Rupiah Cepat juga akan melaporkan peminjam yang menunggak ke SID OJK atau yang dulu kita kenal sebagai BI Checking.

Implikasinya, peminjam yang menunggak di Rupiah Cepat akan punya catatan kredit yang buruk, yang nantinya akan menghambat mereka saat akan meminjam di bank atau lembaga keuangan lain.

Perlu diingat bahwa catatan kredit menjadi faktor penting dalam keputusan approval pinjaman di lembaga keuangan.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar AdaKami

Cara Penagihan Rupiah Cepat

Review Rupiah Cepat

Rupiah Cepat akan mulai melakukan proses penagihan ketika Anda telat melakukan pembayaran melewati tanggal jatuh tempo.

Sebelumnya, Rupiah Cepat akan mengirimkan pesan melalui sms atau WhatsApp sebelum jatuh tempo untuk mengingatkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan. Pada tahap ini biasanya belum masuk ke tim penagihan dan masih ditangani oleh customer service.

Ketika sudah lewat dari tanggal jatuh tempo, barulah tim penagih akan mengirimkan email dan SMS untuk mengingatkan Anda tentang pembayaran yang harus segera dilakukan. Tidak lupa, disampaikan juga cara pembayaran serta denda keterlambatan, agar Anda segera menyelesaikan kewajiban.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar EASY CASH 1 Bulan, DC Kerumah?

Jika Anda tidak memberikan tanggapan yang baik terkait penagihan-penagihan sebelumnya, maka tim penagih Rupiah Cepat meningkatkan intensitas dengan melakukan penagihan melalui panggilan telepon langsung.

Kemudian, jika Anda atau peminjam masih juga tidak memberikan respon, inilah waktunya untuk melakukan penagihan melalui pihak ketiga, sebab Anda sudah dianggap tidak membayar.

Penagihan peminjam yang tidak membayar atau biasa disebut gagal bayar di pinjaman online Rupiah Cepat dilakukan melalui telepon dan kunjungan, yang akan melibatkan debt collector pihak ke-3.

Sehingga dimungkinkan DC akan datang ke rumah atau kantor anda untuk menagih pembayaran. Jadi jangan heran jika mereka juga menghubungi teman, saudara dan keluarga Anda.

Namun, sebagai penyelenggara P2P legal yang memiliki izin OJK, Rupiah Cepat wajib tunduk pada kode etik penagihan yang sudah ditetapkan oleh OJK dan AFPI untuk melindungi kepentingan nasabah atau peminjam.

Perlu diperhatikan

Sayangnya, karena terlalu cepat sehingga cenderung tergesa-gesa dalam mencairkan dana pinjaman, ada beberapa poin yang sangat esensial dalam proses peminjaman namun terlewat begitu saja jika Anda tidak cermat.

Kemudian, tidak adanya pilihan nominal pinjaman ataupun pilihan tenor, hingga proses pinjaman yang ditentukan secara sepihak menjadi alasan banyak orang menilai buruk Rupiah Cepat.

Untuk Anda yang belum menerima dana meski sudah mendapat informasi bahwa pinjaman Anda telah di setujui oleh pihak Rupiah Cepat, namun justru ada tagihan pada aplikasi tersebut, maka yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Pastikan sudah melakukan pengecekan pada nomor rekening yang terdaftar di Aplikasi.
  2. Jika setelah 2 jam dari notifikasi pencairan namun dana masih belum diterima silakan mendatangi pihak bank dan mencetak rekening koran H-1 sampai H+1 lalu kirimkan kepada layanan pelanggan resmi CS Rupiah Cepat sesuai yang tertera pada Aplikasi. Pengecekan membutuhkan waktu 1-3 hari kerja untuk di konfirmasi kepada pihak perbankan rupiah cepat.
  3. Lampirkan data pendukung, seperti nomor telepon, data diri Anda, dan cetak rekening koran dari pihak perbankan sesuai dengan nomor rekening yang terdaftar pada aplikasi agar mempermudah dan mempercepat proses pengecekan.

Diharapkan dari review Rupiah Cepat anda bisa lebih berhati-hati dengan oknum yang mengaku-ngaku Customer Support dari Rupiah Cepat.

Oknum-oknum tersebut hingga kini masih banyak kita jumpai melalui media sosial, blog, atau website non official, dan channel lainnya.

Silahkan simpan kontak dan call center Rupiah Cepat yang tertera di rupiahcepat.co.id dan selain data yang tertera pada website tersebut maka Anda perlu curiga seberapapun meyakinkannya ia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar