Rata-Rata Gaji Customer Service di Indonesia 2023

Customer service sering dikaitkan dengan karyawan bank, padahal masih banyak jenis pekerjaan lain yang ada di bank. Selain itu, customer service (CS) juga jenis pekerjaan yang ada dimana-mana seperti CS operator/provider, bahkan CS toko dan lain sebagainya. Tak hanya itu, belakangan ini juga marak ojek online yang tentu saja juga memiliki customer service untuk melayani kebutuhan informasi dan komplain pelanggan.

Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan karena hampir semua jurusan bisa mendaftar sebagai customer service. Namun, hal ini juga justru membuat persaingan lebih ketat karena lebih banyak kandidat yang mendaftar. Apakah Anda tertarik menjadi customer service? Sebelum itu, sebaiknya Anda simak dulu ulasan di bawah ini.

Daftar Gaji Customer Service di Indonesia

Gaji Customer Service

Berdasarkan beberapa sumber, rata-rata gaji customer service di Indonesia berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000 per bulan. Sedangkan gaji per jam mencapai 20 ribuan dan per tahun sekitar 45 jutaan.

Perusahaan multinasional biasanya memberikan gaji lebih tinggi dibandingkan perusahaan lokal, dan lokasi di kota besar biasanya menawarkan gaji yang lebih baik dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Customer service biasanya erat dengan pekerjaan di bank, berikut ini terdapat beberapa informasi tentang gaji CS di bank, antara lain:

  • Customer Service Officer Bank Mandiri Rp4.300.000
  • Customer Service Officer Bank BRI Rp4.500.000
  • Customer Service Staff Bank BCA Rp4.400.000
  • Gaji Call Center Halo BCA Rp3.800.000
  • Customer Service Staff Bank BTN Rp4.000.000
  • Customer Service Officer Bank BNI Rp4.300.000
  • Customer Sevice Telkomsel Rp3.400.000
  • Customer Sevice Shopee Rp3.600.000
  • Call Center Grab Rp3.500.000
  • Customer Service Niagahoster Rp3.000.000
  • CS Tokopedia Rp3.800.000
  • Call Center Gojek Rp3.600.000
Baca juga:  Gaji UMR Jombang dan Gaji UMK Jombang 2022

Pada beberapa perusahaan, gaji customer service biasanya disesuaikan dengan UMR di kota/kabupaten setempat. Kemudian akan terus bertambah seiring peningkatan kinerjanya. Hal ini biasanya diberlakukan untuk customer service non-Bank. Sebagai customer service, Anda akan dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan sebagai komunikator, salesman, resepsionis dan customer relation officer.

Banyak orang yang menginginkan posisi customer service karena biasanya pekerjaan ini merupakan langkah awal untuk naik ke jenjang selanjutnya. Namun, meski terdengar/terlihat mudah karena hanya bekerja di meja kerja masing-masing, nyatanya pekerjaan ini cukup sulit dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Customer service juga merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki level stress tinggi karena jam kerjanya tinggi dan banyak menerima komplain dari pelanggan. komplain tersebut secara tidak langsung bisa mempengaruhi psikologis seseorang jika tidak maintenance dengan baik.

Baca juga artikel seputar gaji:

Tips menjadi Customer Service profesional

Jika Anda tertarik menjadi seorang customer service atau bahkan sudah terjun ke sana, usahakan untuk menjadi profesional dalam bidang tersebut. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menjadi customer service profesional, antara lain:

1. Selalu Tanggap dan Sigap

Menjadi customer service harus bisa bersikap tanggap dan sigap terhadap setiap pelanggan. Customer service itu sendiri bisa melayani secara langsung atau yang bekerja di balik layar dengan menerima telepon, disebut call center. Nah, bagi call center, hal utama yang harus dilakukan adalah segera menerima telepon saat berdering agar pelanggan/konsumen tidak menunggu terlalu lama.

2. Kuasai Bahasa dan Gunakan Kata-kata Positif

Sebagai customer service, Anda harus menguasai kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD. Selain itu, pilihlah kata yang sopan dan positif untuk disampaikan kepada pelanggan agar tidak meninmbulkan salah paham.

Baca juga:  Gaji UMR Sampang dan Gaji UMK Sampang 2022

3. Realistis dan Tidak Mengumbar Janji

Customer service juga harus realistis dan menyelesaikan masalah dengan solusi yang nyata, bukan janji semata yang belum tentu bisa ditepati. Pastikan yang disampaikan kepada pelanggan mengandung solusi yang dapat membantu permasalahan pelanggan.

4. Punya Product Knowledge

Gaji Customer Service

Nah, untuk bisa menangani masalah yang sedang menimpa pelanggan, customer service harus benar-benar paham tentang produk perusahaan tempat Ia bekerja. Dengan begitu, jika ada sesuatu yang salah bisa segera ditangani dengan solusi yang tepat sesuai SOP.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi customer service bisa dikatakan sebagai teman curhat karena disinilah pelanggan akan mengutarakan pertanyaan dan masalah mereka. Olah karena itu, sebagai customer service Anda harus menjadi pendengar yang baik agar bisa tahu inti masalah yang disampaikan.

6. Memahami Masalah Klien

Selain menjadi pendengar yang baik dan tidak menyela pembicaraan pelanggan, customer service juga harus bisa memahami masalah pelanggan. Kemampuan dalam memahami apa yang disampaikan oleh pelanggan ini sangat penting karena cara mereka menyampaikan sesuatu pasti berbeda-beda.

Baca juga: Bekerja Di Perusahaan Multinasional Wilmar, Harus Tahan Banting!

7. Sabar, Namun Goal Oriented

Gaji Customer Service

Sabar juga menjadi poin yang paling penting karena jika pelanggan sedang menyampaikan komplain, maka mereka dalam kondisi marah/sebal. Dengarkan baik-baik apa yang disampaikan pelanggan, pahami dan cari solusi terbaik. Solusi yang cepat dan tepat adalah goal yang harus dipenuhi oleh setiap customer service.

Itu saja informasi seputar gaji customer service dan bagaimana caranya untuk menjadi customer service yang profesional. Intinya, setiap pekerjaan yang Anda lakukan harus benar-benar dilakukan sebaik mungkin dan selalu berpikir positif.

Bagikan:

Tinggalkan komentar