Sedikit yang Tau Gaji Pegawai Samsat Terbaru 2020, Penasaran?

Samsat atau Sistem Manunggal Satu Atap merupakan sebuah instansi yang dipergunakan untuk administrasi yang berkaitan dengan kendaraan. Hal itu meliputi pembayaran pajak kendaraan, perpanjangan SIM atau kebutuhan administrasi lainnya.

Gaji Pegawai Samsat
Gaji Pegawai Samsat

Lembaga Samsat ini merupakan bentuk kerja sama antara kepolisian dan Jasa Raharja dalam melakukan tugas mereka. Samsat dibentuk dengan tujuan untuk membantu memperlancar dan mempercepat segala urusan masyarakat berkaitan dengan kendaraan. Berkaitan dengan administrasi dan pembayaran, berapa kira-kira gaji yang diberikan kepada pegawai Samsat? Selanjutnya, mari Kita bahas mengenai daftar gaji pegawai Samsat di bawah ini.

Gaji Pegawai Samsat Terbaru 2020

Besaran gaji yang diterima oleh pegawai lembaga keuangan biasanya cukup besar dan menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diburu oleh pencari kerja. Lalu sebenarnya berapa gaji karyawan lembaga Sistem Manunggal Satu Atap atau Samsat?

Berdasarkan beberapa informasi, gaji pegawai Samsat di lansir antara 1,5 hingga 5 jutaan. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa gaji karyawan Samsat bahkan bisa lebih besar dari nominal tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa gaji pegawai Samsat bisa mencapai 3 hingga 7 juta rupiah per bulannya. Untuk besaran pastinya menyesuaikan dengan jabatan atau posisi karyawan itu sendiri.

Tak sedikit pula masyarakat yang memperkirakan gaji pegawai Samsat bisa terus bertambah seiring bertambahnya pemasukan. Menurut mereka, gaji pegawainya akan bertambah jika biaya administrasi pembayaran yang dilakukan melalui lembaga tersebut juga bertambah.

Tak hanya itu, pada tahun 2017 pemerintah melakukan perubahan atau pembaharuan terhadap Undang-undang atau PP tentang biaya administrasi pengurusan surat-surat kendaraan bermotor. Perubahan peraturan tersebut mengacu pada kenaikan biaya administrasi untuk pengurusan surat-surat tersebut. Berikut ini beberapa kenaikan biaya administrasi yang tercantum pada PP tersebut, antara lain:

  • Biaya pembuatan dan perpanjangan STNK semula 50.000 menjadi 100.000
  • Pengurusan STNK roda empat yang semula 75.000 menjadi 200.000
  • Penerbitan tanda nomor kendaraan roda dua dan tiga dari 30.000 menjadi 60.000
  • Penerbitan tanda nomor kendaraan roda empat semula 50.000 menjadi 100.000
  • Penerbitan BPKB kendaraan roda dua dan tiga semula 80.000 menjadi 225.000
  • Penerbitan BPKB kendaraan roda empat yang semula 100.000 menjadi 375.000

Berdasarkan kenaikan biaya administrasi tersebut, banyak yang mengatakan bahwa gaji pegawai Samsat pun ikut naik.

Baca juga: Update Gaji Satpol PP 2020 Tiap Provinsi dan Cara Daftarnya!

Rumor Negatif Tentang Samsat

Bekerja di bidang keuangan rasanya memang tidak akan lepas dari berbagai macam tuduhan kecurangan, korupsi dan tindakan kriminal lainnya. Hal itu juga terjadi pada pegawai Samsat yang sering kali mendapatkan tuduhan atau laporan tentang tindak kecurangan mereka selama bekerja. Beberapa orang mengatakan bahkan ada banyak sekali pembayaran yang tidak sesuai dengan bukti tertulis yang diberikan oleh petugas.

gaji pegawai samsat

Misalnya saja saat mengurus SIM atau STNK bukti bayar yang tertulis adalah 215 ribu, sedangkan petugas/pegawai Samsat mengatakan 250 ribu. Bagi orang awam mungkin ini terdengar logis karena biasanya petugas akan menyampaikan hal itu digunakan untuk administrasi biaya materai, admin atau kebutuhan lainnya. Namun, hal itu tentu sangat tidak sesuai dengan kode etik dimana jumlah uang yang harus dibayarkan harus sesuai dengan bukti transaksinya.

Jika ada yang berani melaporkan ke pihak yang berwajib, maka tindakan ini bisa dianggap sebagai pungli atau pungutan liar dan dapat dikenakan hukuman. Namun, Kita juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan atau menuduh para pegawai Samsat. Jika memang ada kecurangan, maka bisa segera dilaporkan, jika tidak melihatnya sendiri atau tidak ada bukti, maka jangan menyebarkan rumor provokatif.

Baca juga: Mau Tahu Gaji Polisi Tertinggi di Dunia, Indonesia Bagaimana? Ini Rinciannya!

Tugas dan Kewajiban Pegawai Samsat

Berbicara mengenai kelalaian tugas yang sering kali Kita dengan di masyarakat dan dituduhkan kepada pegawai Samsat, sebenarnya apa sih tugas mereka?

gaji pegawai samsat

Berikut ini beberapa daftar tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh petugas Samsat, antara lain:

  • Pendaftaran kendaraan bermotor tukar nama atas dasar jual beli
  • Pendaftaran kendaraan bermotor pindah dari dan keluar daerah
  • Pendaftaran kendaraan bermotor untuk pindah alamat di wilayah kerja Samsat yang sama
  • Pendaftaran kendaraan bermotor rubah bentuk / ganti mesin / ganti mesin
  • Pendaftaran kendaraan bermotor STNK atau TNKB rusak/hilang
  • Pendaftaran ganti nomor kendaraan

Baca juga: Besar Gaji dan Tunjangan Karyawan PLN Beserta Tugasnya 2020

Sedangkan layanan Samsat itu sendiri juga bermacam-macam dan juga berbeda-beda tugasnya, berikut ini penjelasannya:

  • Samsat Induk : pelayanan Samsat pertama yang dilakukan secara manual yang dilakukan di loket-loket petugas
  • Samsat Digital : pelayanan nya sama-sama dilakukan di Samsat Induk, namun semua formulir yang semula diisi manual bisa dilakukan secara digital
  • Samsat Drive Thru : hampir sama seperti pemesanan makanan drive thru, pemohon tidak perlu turun dari kendaraan dengan langsung menuju ke loket khusus dan langsung dibayar seketika itu juga
  • Samsat Keliling : menggunakan mobil Samsat dengan sistem jemput bola dan mendatangi masyarakat untuk pelayanan di tempat-tempat keramaian
  • Gerai Samsat : biasanya terdapat pada pusat perbelanjaan atau mall untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus pembayaran pajak kendaraan atau sekadar menanyakan informasi
  • Samsat Kecamatan : pelayanan Samsat di wilayah kecamatan sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Samsat induk
  • E-Samsat : pelayanan Samsat secara online yang bisa dilakukan secara online melalui website tau aplikasi dan pembayarannya juga tidak perlu dilakukan secara tunai di kantor Samsat

Nah, itulah beberapa informasi tentang gaji pegawai Samsat, rumor di masyarakat dan tugas yang dilakukan oleh mereka. Yang paling penting adalah jangan lupa menyiapkan berkas persyaratannya terlebih dahulu dan pastikan tidak ada yang terlupakan.

Tinggalkan komentar