Gaji Pegawai Alfamart Berdasarkan Posisi dan Tugasnya – Terbaru 2020

Gaji Pegawai Alfamart – Alfamart adalah satu dari sekian banyak waralaba yang tersebar di Indonesia. Toko swalayan yang sahamnya dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya ini sudah memiliki 3500 gerai diseluruh Indonesia dan aka bertambah setiap tahunnya.

Waralaba yang didirikan sejak 27 Juni 1999 sudah memiliki lebih dari 35.000 karyawan. Tak hanya menjual, namun waralaba ini juga memilki produk sendiri seperti air mineral, camilan-camilan, tisu, dan produk lainnya.

Gaji Pegawai Alfamart

Gaji Pegawai Alfamart terbaru

Hampir setiap tahun minimarket ini membuka gerai baru dan hampir setiap tahun juga membuka lowongan kerja. Gaji yang ditawarkan pun lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagian kasir saja sesuai dengan UMR daerah. Misalnya bagian kasir di gerai daerah Jawa Timur, gajinya sekitar 1,5 jt hingga 1,8 jt.

Penasaran gaji pegawai alfamart yang lainnya?

Infokerjakuu.com sudah merangkum rata-rata gaji karyawan alfamart setiap bulannya berdasarkan jabatan yang diduduki.

Baca juga: 2 Cara Melamar Kerja di Alfamart 2020, Gampang Banget Loh!

Daftar Gaji Karyawan Alfamart Terbaru 2020

  • Branch Manager: 34,8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengelola kantor cabang ALfamart di berbagai kota atau provinsi. Posisi ini juga berperan untuk memantau perkembangan, membuat perencanaan secara menyeluruh, eveluasi, pengawasan dan lainnya demi perkembangan kantor Alfamart yang lebih baik.
  • Branch Manager SME: 25,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya cukup banyak seperti mengelola budget, melaksanakan kegiatan operasional sesuai dengan SOP yang dibuat, melakukan pengawasan dan evaluasi. Namun, posisi ini lebih fokus pada pengaturan portofolio berbagai UKM yang bekerjasama dan beroperasi diwilayah store serta kantor Alfamart.
  • Marketing Manager: 24,6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat strategi pemasaran, melaksanakan strategi tersebut sekaligus melakukan pengawasan dan evaluasi. Selain itu, posisi ini juga bisa melakukan pemeriksaan portofolio yang dapat membantu mempermudah jalannya pemasaran tersebut.
  • Database Analyst: 16,5 jt  rupiah/ bulan. Tugasnya cukup banyak seperti melakukan analisa data dengan alat pengolah data tertentu, mengumpulkan dan menafsirkan data tersebut. Hasil analisa data ini bisa digunakan sebagai dasar bagi pihak manajemen dalam menetapan suatu aturan.
  • Assistant Manager: 14 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membantu manager dalam melakukan setiap kegiatan seperti menjadi pemimpin rapat ketika manajer tidak ada ditempat, membantu merumuskan peraturan dan lainnya. Posisi ini sangatlah penting, karena seorang asisten manajer dapat diangkat menjadi manajer sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.
  • Development Manager: 13,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat strategi pengembangan usaha. Hal ini mencakup penambahan jumlah cabang kantor dan unit serta melakukan kerjasama dengan UMKM. Seorang development manager harus melakukan kerjasama dengan divisi lainnya agar rencana pengembangan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.
  • Finance Manager: 13,2 jt rupiah/ bulan. Tugas adalah mengurus kegiatan arus keuangan agar dapat berjalan dengan baik dan seimbang. Manager keuangan bertanggungjawab atas pelaporan keuangan termasuk keluar dan masuknya uang, sekaligus peraturan agar kinerja keuangan selalu baik.
  • Manager: 12,8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah memimpin mengelola, memeriksa kegiatan operasional, koordinasi dengan cabang, divisi lain ataupun pusat. Manager memiliki tanggungjawab penuh atas perkembangan dan keberlangsungan divisi yang dipegangnya.
  • Accounting Manager: 12 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat laporan keuangan perusahaan dengan benar sesuai dengan aturan PSAK yang berlaku. Accounting manager juga mengetahui semua akun keuangan perusahaan dengan baik dan kemana saja arus kas berputar. karenanya, manajer akuntan haruslah diisi dengan orang yang sangat berpengalaman dibidangnya.
  • Category Manager: 12 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya yaitu menganalisa data untuk disesuaikan dengan tren pasar. Kemudian menyusun strategi kerja jangka panjang dan pendek untuk kategori produk dan mengembangkan strategi penjualan untuk produk yang kurang berhasil terjual.
  • Junior Project Manager: 12 jt rupiah/ bulan. Tugasnya membantu project manager dalam membuat desain proyek, memeriksa kelayakan, mengumpulkan data serta membuat sistem kerja serta hal lainnya yang berkaitan dengan proyek tersebut. Ketika telah cukup berpengalaman junior project ini akan menjadi menjadi project manager yang bertanggungjawab penuh atas suatu proyek besar nantinya.
  • Operational Manager: 12 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengatur, menyusun, mengawasi, memberikan peraturan serta melakukan evaluasi yang berkaitan dengan kegiatan operasional. Kegiatan operasional ini tentunya sangat banyak, oleh karena itu jumlah operational manager di Alfamart lebih dari satu agar dapat menaungi seluruh divisi yang ada.
  • Web Development Manager: 10,3 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat perencanaan, evaluasi pengawasan serta pembaharuan terhadap perkembangan website perusahaan. Karenanya web development manager harus memiliki pengalaman serta skill yang mumpuni agar web perusahaan memiliki trafik yang tinggi. Karena perkembangan web yang baik dapat meningkatkan citra dan performa perusahaan secara menyeluruh.
  • Franchise Manager: 10 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat rencana kerja agar franchise dapat tumbuh terus, membuat peta target  mitra franchise. Membuat kriteria, aturan serta MOU terhadap calon franchisee serta bekerjasam dengan divisi lainnya untuk menyediakan tenaga support baik keuangan dan lainnya yang dapat membantu franchisee secara menyeluruh.
  • HRD Manager: 10 jt rupiah/ bulan. Bertugas untuk membuat rangkaian alur rekrutmen yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, menentukan model tes yang akan digunakan, membuat program peningkatan skill SDM dan lainnya. HRD manager juga harus memastikan semua proses dan program terkait SDM dapat berjalan dengan baik sehingga kinerja dan performa karyawan selalu optimal.
  • IT Manager: 10 jt rupiah/ bulan. Tuganya adalah melakukan pengembangan terkait software, peralatan komputer dan perangkat lainnya yang dapat menunjang pekerjaan baik di perusahaan dan toko. Posisi ini juga harus membuat perencanaan terkait pemakaian software, pengelolaan server, dan hal lainnya bersama anggota tim IT lainnya.
  • Merchandising Junior Manager: 10 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah manager senior dalam merencanakan desain ruang etalase, membuat berbagai program ataupun promo yang dapat meningkatkan penjualan, serta menerapkan peraturan yang digunakan diberbagai toko. Junior manager dipersiapkan sedari dini sebagai calon pengganti para manager senior di masa depan.
  • Personnel anda General Affair Staff: 10 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya cukup banyak dan penting karena berhubungan dengan berbagai masalah operasional. Tugasnya seperti mendata, menjaga dan mengatur aset perusahaan baik itu barang operasional, peralatan serta produk disimpan di gudang serta yang akan dipasok ke toko terdekat.
  • Area Manager: 9,55 jt rupiah/ bulan. Perannya yaitu melaksanakan tugas dan aturan yang telah ditetapkan dari pusat diwilayah kerjanya. Selain itu area manager ikut serta mengelola areanya dengan membaca perkembangan pasar dan konsumen serta mendorong semangat kerja anggotanya agar terus bekerja dengan optimal.
  • Junior Manager: 9,15 jt rupiah/ bulan. Tugasnya membantu area manager dengan ikut serta mengelola, menganalisa dan melakukan berbagai manajemen agar target yang ditetapkan dapat terpenuhi. Junior manager akan menjadi seorang manajer untuk mengganti pendahulunya ketika dibutuhkan.
  • Pemasaran: 8,42 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah menyusun strategi pemasaran, melakukan kerjasama dengan entitas bisnis atau perusahaan lain, membuat event promosi dll. Marketing manager tidak hanya membuat model, rencana, desain saja tapi juga bertanggungjawab agar rencana yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.
  • Marketing Junior Manager: 8,2 jt rupiah/ bulan. Tugasnya yaitu melakukan perencanaan sekaligus mendesain pemasaran, melakukan kajian pasar dan kerjasama dengan entitas bisnis lainnya agar pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Posisi marketing junior manager ini merupakan calon pengganti manager marketing di masa depan.
  • Branch Inventory Control Manager: 8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengawasi dan memastikan setiap kegiatan digudang berjalan dengan baik. Karena itu posisi ini harus memperhatikan banyaknya stok barang yang masuk dan keluar. Selain itu posisi ini juga harus memastikan agar barang tersebut dapat sampai di setiap store dengan baik (waktu dan kualitas produknya).
  • Internal Audit Supervisor: 8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya yaitu mengawasi dan memeriksa kinerja para internal audit di perusahaan Alfamart. Sehingga laporan keuangan yang telah dibuat oleh tim finance dapat diperiksa dan diperbaiki sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan Alfamart dan Indonesia menurut PSAK.
  • Legal: 8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengurus perizinan, menyelesaikan masalah hukum, memberikan saran, serta melindungi perusahaan melalui jalur hukum. Legal merupakan posisi yang maju paling depan ketika terjadi pertikaian antar perusahaan dengan pihak lain dan penyelesaiannya harus melalui meja hijau.
  • Project Supervisor: 8 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah menjadi pengawas pelaksana setiap proyek yang dilakukan. Seorang project supervisor harus siap sedia di lapangan agar pengawasan menjadi maksimal sehingga proyek menjadi berhasil. Karena itu posisi ini wajib hadir ketika perencanaan, studi kelayakan serta ketika proyek dilaksananakan sampai prosesnya selesai.
  • Pendidikan/ Pelatihan: 7,25 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa menyusun program pelatihan, membuat rangkaian pelatihan setiap tahun secara berkala dan teratur, serta mencari narasumber ataupun ahli yang dapat memberikan pelatihan atau pendidikan tersebut agar program yang diberikan dapat berjalan dengan baik.
  • Teknologi Informatika: 6,15 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengembangkan sistem informasi yang dapat dipakai disetiap toko dan perusahaan Afamart. Jadi, setiap toko dapat melakukan penjualan, menerima barang, dan memeriksa persediaan dengan cepat. Selain itu perusahaan dapat melakukan integrasi data sehingga memudahkan setiap store untuk mengupdate data yang diperlukan.
  • Brand Development Supervisor: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa memeriksa, mengatur serta mengembangkan merek perusahaan agar menjadi lebih bernilai dan dikenal oleh masyarakat luas. Namun, supervisor ini harus memberikan perhatian lebih terhadap pengawasan, memberikan masukan serta memastikan proses pengembangan merek dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
  • IT Programmer and Analyst: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membuat program dan aplikasi yang bisa digunakan untuk perusahaan dan franchise. Selain itu posisi ini juga dapat menganalisa berbagai data yang dapat digunakan untuk membantu manajer dan pihak yang berkepentingan dalam menetapkan peraturan dan keputusan.
  • Kepala Toko: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengelola toko , memberikan edukasi dan pelatihan kepada pramuniaga dan merchandiser. Membuat shift kerja, membuat dan memeriksa laporan keuangan serta inventori, memeriksa keuangan dengan baik, dll.
  • Management: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa mengelola karyawan dan kinerja divisi lainnya, melaksanakan peraturan, melaksanakan pengawasan dan evaluasi. Selain itu, manajemen juga memberikan masukan kepada karyawan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada secara internal.
  • Pelayanan Kesehatan: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya yaitu melakukan pembinaan dan bimbingan teknis akan layanan kesehatan. Selain itu, posisi ini juga membantu administrasi kesehatan dan memberikan layanan yang sama kepada karyawan yang membutuhkan.
  • Programmer: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa membuat program dan aplikasi untuk berbagai kepentingan perusahaan dan toko, merawat dan update software yang dipakai. Selain itu programmer juga melakukan uji coba pada program yang dipakai apakah telah siap digunakan atau tidak untuk pemakaian diseluruh toko.
  • Tax Manager: 6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengurus, menghitung dan membayar pajak perusahaan ataupun toko kepada pemerintah Indonesia melalui perantara DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Selain itu tax manager harus selalu melakukan update inventaris dan aset perusahaan karena dapat menentukan besar kecilnya pajak yang harus dibayarkan secara berkala.
  • Wealth Management MDP: 6 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya berupa melakukan perawatan, pengawasan serta memelihara kekayaan perusahaan sebaik mungkin. Karena itu, posisi ini harus membuat rencana dan menentukan prioritas aset mana saja yang harus diperiksa ulang atau ditambahkan secara berkala dan teliti.
  • Junior Staff: 5,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah melaksanakan kerja sesuai dengan kerja divisinya masing-masing. Junior staff juga bisa melakukan analisa, pengumpulan data, membuat dokumen, menafsirkan data, melakukan presentasi serta melakukan kelayakan proyek untuk membantu direksi dan manajemen.
  • Management Trainee: 5,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa melakukan berbagai pekerjaan penting seperti analisa data, studi kelayakan proyek, membuat laporan keuangan dan lainnya. Namun, posisi ini mengharuskan pergantian divisi secara berkala karena management trainee dibentuk sebagai ajang agar para karyawan baru dapat menjadi manajer yang dibutuhkan di masa depan.
  • Management Development Program: 5,27 jt rupiah/ bulan. Tugasnya cukup banyak dan mencakup seluruh divisi berdasarkan kompetensi masing-masing. MDP biasanya diisi oleh fresh graduate yang dipersiapkan secara khusus dan komprehensif agar dapat bersaing dan mengalami perkembangan karir yang cepat.
  • Area Supervisor: 5,25 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah melakukan supervisi, pengawasan dan evaluasi terhadap area yang menjadi tanggungjawabnya. Posisi ini tidak hanya memberikan pengawasan, tapi juga teguran, masukan serta berupaya agar area yang dianunginya dapat berkembang dengan baik.
  • Accounting and Tax Supervisor: 5,1 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya adalah membuat laporan keuangan, mengatur arus kas keruangan dengan baik, dan memeriksa laporan keuangan. Posisi ini juga ikut serta memeriksa pajak untuk toko ataupun perusahaan disuatu area tertentu.
  • Akuntansi: 5 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya adalah  membuat jurnal, laporan keuangan, input transaksi setiap harinya (kas masuk dan keluar). Selain itu, posisi ini harus membuat akun dengan baik dan menyesuaikan dengan transaksi yang dilakukan.
  • IT Support Staff: 5 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya adalah memberi pelayanan, bantuan, upgrade serta update sekaligus memperbaiki perangkat dan software yang digunakan baik di perusahaan dan toko. Posisi ini juga harus standby dan siap ditugaskan ke berbagai toko franchise ketika terjadi permasalahan IT.
  • MDP: 5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya cukup banyak dan mencakup seluruh divisi berdasarkan kompetensi masing-masing. MDP biasanya diisi oleh fresh graduate yang dipersiapkan secara khusus dan komprehensif agar dapat bersaing dan mengalami perkembangan karir yang cepat.
  • Junior Supervisor: 4,9 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berupa membantu supervisor area dalam melakukan pengawasan, evaluasi, pelaksanaan aturan dan memberikan masukan. Posisi ini juga berperan agar area menjadi tanggungjawabnya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
  • Kasir: 4 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah melakukan pencatatan uang atau kas yang masuk dan keluar, melayani pembeli dengan ramah dan lainnya. Posisi ini juga harus mampu mengoperasikan komputer yang dapat digunakan sebagai kasir, media transfer untuk kepentingan bayar listrik, tiket dan tagihan lainnya.
  • Merchandiser: 4 jt rupiah/ bulan. Tugas utamanya adalah melakukan berbagai pekerjaan di store seperti merapikan dan meletakkan produk di etalasenya, memberikan pelayanan yang terbaik serta merawat toko beserta isinya. Namun, posisi sebagai merchandiser merupakan karyawan tetap yang direkrut oleh pihak Alfamart dan telah menyelesaikan pelatihan dengan baik.
  • Asisten Kepala Toko: 2,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membantu kepala toko dalam mengelola, mengatur, menjalankan peraturan, memegang kunci brankas serta menggantikan peran kepala toko ketika sedang tidak ada di tempat. Karena itu posisi ini dapat dikatakan memiliki tingkat hirarki kedua setelah kepala toko.
  • Pramuniaga: 2,5 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membersihkan toko baik pada halaman, teras dan ruang dalam toko. Mempersiapkan setiap produk dan promosi, memeriksa produk dan mengaturnya dengan baik serta melayani dan mengawasi pembeli. Posisi ini merupakan ujung tombak karena berhadapan langsung dengan pembeli. Namun, seorang pramuniaga biasanya masih dalam tahap training, ketika telah menyelesaikan tahapan tersebut posisi pramuniaga akan berubah menjadi merchandiser.

Nah setelah anda mengetahui jumlah gaji karyawan alfamart per bulannya, tertarik bukan untuk mendaftar pekerjaan di toko serba satu ini. Persyaratannya mudah sekali lho, inilah berkas yang harus disiapkan:

Syarat Melamar Jadi Karyawan Alfamart 2020

  1. Surat lamaran kerja
  2. CV (daftar riwayat hidup)
  3. Fotokopi SKCK sebanyak 1 lembar
  4. Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  5. Fotokopi ijazah dan transkip nilai terakhir sebanyak 1 lembar
  6. Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  7. Fotokopi kartu tanda pencari kerja atau kartu kuning
  8. Surat keterangan sehat dokter
  9. Pas foto terbaru ukuran 4×6 dan 3×4 sebanyak 3 lembar

Baca juga:

Persyaratan Fisik Melamar di Alfamart 2020

  1. Pria atau wanita
  2. Usia maksimal 25 tahun (untuk luusan SMA/SMK-Sederajat)
  3. Usia minimal 18 tahun
  4. Minimal Lulusan SMA/SMK-Sederajat
  5. Tidak bertato dan bertindik
  6. Boleh berkacamata
  7. Tidak terlibat masalah kepolisian
  8. Tinggi badan bebas
  9. Berbadan sehat
  10. Boleh berhijab

Anda dapat membuka situs Lowongan Kerja Alfamart untuk mengetahui posisi apa saja yang dibutuhkan Alfamart dan terletak didaerah mana saja.

lowongan kerja Alfamart

Bagaimana?

baca juga: Bandingkan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret, Besar Mana?

Tertarik bukan untuk mendaftar menjadi karyawan alfamart. Segera pesiapkan berkas persyaratannya. So, sekian dulu info dari blog kami, selalu kunjungi blog Infokerjakuu.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan lainnya mengenai info kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *