Besar Gaji Karyawan Alfamidi Terbaru yang Paling Banyak Dicari!

Sama-sama berada dibawah manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya, dapat dikatakan bahwa Alfamart dan Alfamidi merupakan retailer waralaba yang menjual kebutuhan sehari-hari, letak perbedaan dari keduanya yaitu pada ukuran tempatnya serta kelengkapan barang-barang yang dijual. Gerai Alfamart memiliki ukuran toko yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan gerai Alfamidi. Selain itu, Alfamidi juga menjual barang-barang (item) yang tidak dijual di Alfamart seperti buah-buahan, sayuran, bahkan frozen food. Sejak awal didirikannya hingga saat artikel ini ditulis, Alfamidi memiliki karyawan sebanyak 19.000 orang yang tersebar di seluruh gerainya yang ada di Indonesia.

gaji pegawai alfamidi
gaji pegawai alfamidi

Seperti toko retailer pada umumnya, Alfamidi juga memajang barang-barang/produk yang mereka jual di beberapa rack ataupun etalase. Hal tersebut bertujuan agar semua produk yang mereka jual tertata rapi dan nyaman dipandang mata sehingga setiap pembeli yang memasuki toko akan lebih mudah menjangkau barang-barang yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, sangat wajib hukumnya untuk menata display produk tersebut, sehingga muncul salah satu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh pegawai Alfamidi yaitu sebagai Merchandiser Display (MD).

Apa Saja Tugas Merchandiser Display?

Seperti yang telah disinggung diatas, tugas utama dari seorang Merchandiser Display yakni ‘menjaga’ display atau tampilan dari setiap produk yang dijual. Menjaga tampilan yang dimaksud juga meliputi memajang dan menata produk sedemikian rupa sehingga tampak bersih, tapi, serta mudah dijangkau dan ditemukan oleh pembeli. Lalu, seorang Merchandiser Display juga bertugas menjalankan seluruh program promosi dari perusahaan sehingga dapat terlaksana dengan baik. Setiap ada produk baru, seorang Merchandiser Display juga harus menginformasikannya kepada karyawan lain kemudian membuat laporan hasil sesuai dengan ketentuan dari perusahaan.

Kualifikasi Yang Diperlukan Sebagai Seorang Merchandiser Display

Setiap gerai memiliki kriteria khusus dalam penerimaan pegawainya. Namun, kualifikasi berikut merupakan kualifikasi secara umum yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin bekerja sebagai Merchandiser Display di Alfamidi.

  • Berjenis kelamin pria/wanita.
  • Pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat.
  • Lajang
  • Berusia sekitar 18 – 24 tahun.
  • Memiliki kendaraan roda dua sendiri.
  • Memiliki SIM C.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar.
  • Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.
  • Menguasai area kerja dan sekitarnya.
  • Rajin, ulet, cekatan, serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif.
  • Rapi dalam berpakaian.

Berapa Gaji Merchandiser Display di Alfamidi?

Slip Gaji MD Alfamidi
Slip Gaji MD Alfamidi (Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=DwSgViIiobU&t=378s)

Besaran penghasilan yang diterima oleh setiap karyawan Alfamidi (juga termasuk Merchandiser Display), akan dibagi sebagai; Gaji Pokok, Tunjangan Makan, Tunjangan Jabatan, dan juga Insentif Kerja Tambahan (jika ada). Besaran gaji dalam sebulan dapat dilihat secara rinci sebagai berikut :

  • Gaji Pokok : Rp. 4.200.000
  • Makan : Rp. 320.000
  • Jabatan : Rp. 100.000
  • Total : Rp. 4.620.000

Jumlah total dari pembagian pendapatan tersebut selanjutnya akan dikurangi dengan asuransi kesehatan dan pensiun, serta potongan barang hilang yang jumlahnya bisa berbeda-beda setiap bulannya, tergantung dari berapa banyak barang yang dihilangkan.

Baca juga: Besar Gaji Pokok Karyawan Indomaret Terbaru dan Job Descnya!

Crew (Pramuniaga/Kasir)

Dalam melakukan pekerjaannya, setiap pekerja dalam gerai Alfamidi juga saling bekerjasama atau bersinergi demi tercapainya target. Selain seorang Merchandiser Display yang bertugas menjaga setiap display produk agar tetap teratur dan rapi, ada juga seorang pramuniaga. Pada umumnya, karyawan yang bertugas sebagai kasir dan juga pramuniaga disebut dengan istilah crew. Tugas dari seorang karyawan yang berperan sebagai pramuniaga adalah mengatur barang-barang yang ada di rack, membersihkan rack, menyortir produk-produk yang mendekati waktu kadaluarsa atau expired, hingga memasang banner atau poster promosi di depan toko. Selain itu, seorang pramuniaga juga bertanggung jawab atas kebersihan toko serta merawat peralatan seperti freezer, genset, hingga mesin makanan seperti microwave. Pramuniaga harus merawat peralatan tersebut secara berkala, membersihkannya serta memastikan alat-alat tersebut bekerja dengan baik. Dalam situasi normal, pramuniaga merupakan orang yang membantu para pengunjung untuk menunjukkan tempat dari barang yang dibutuhkan. Tetapi jika dalam keadaan sebaliknya yaitu ketika toko sedang ramai pengunjung, seorang pramuniaga beralih tugas menjadi seorang kasir. Hal seringkali dilakukan dengan tujuan mengatasi panjangnya antrean pengunjung yang dapat membuat kasir menjadi keteteran.

Selain pramuniaga, istilah crew dalam Alfamidi juga berlaku bagi karyawan yang bertugas sebagai seorang kasir Alfamidi. Seperti yang diketahui pada umumnya, tugas utama dari kasir Alfamidi yaitu melayani segala jenis pembayaran/transaksi, kemudian menyimpan uangnya di mesin kasir. Dalam banyak kesempatan ketika pembeli sedang melakukan pembayaran, kasir juga bertugas menawarkan produk-produk yang sedang dipromosikan. Tugas dari seorang kasir sekilas memang terlihat ringan dan mudah, tetapi memiliki resiko yang cukup besar karena setiap nominal uang yang kurang akan dibebankan kepada kasir yang menyebabkan gaji bulanannya terpotong sesuai dengan kurangnya nominal tersebut. Oleh karena itu, dalam mengerjakan tugasnya seorang kasir dituntut memiliki ketelitian yang tinggi agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Kualifikasi Yang Diperlukan Sebagai Seorang Crew Store (Pramuniaga/Kasir)

  • Berjenis kelamin pria/wanita.
  • Pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat.
  • Lajang
  • Berusia sekitar 18 – 24 tahun.
  • Tinggi badan minimal 165cm bagi pria.
  • Tinggi badan minimal 155cm bagi wanita.
  • Memiliki kendaraan roda dua sendiri.
  • Memiliki SIM C.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar.
  • Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.
  • Menguasai area kerja dan sekitarnya.
  • Rajin, ulet, cekatan, serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif.
  • Rapi dalam berpakaian.

Berapa Gaji Crew Store (Pramuniaga/Kasir)?

Slip Gaji Crew Alfamidi
Slip Gaji Crew Alfamidi (Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ZoxE5NisQYw&t=189s)

Besaran penghasilan bisa saja berbeda-beda setiap daerah, berikut merupakan gambaran dari besaran gaji karyawan alfamidi yang bekerja sebagai pramuniaga ataupun kasir (crew store) yang berlokasi di sekitar Jabodetabek. Hampir sama seperti pendapatan seorang Merchandiser Display (MD), nominal gaji crew store juga dibagi menjadi; Gaji Pokok, Tunjangan Makan, dan juga Insentif Kerja Tambahan (jika ada). Besaran gaji dalam sebulan dapat dilihat secara rinci sebagai berikut :

  • Gaji Pokok : Rp. 3.900.000
  • Makan : Rp. 305.000
  • Total : Rp. 4.205.000

Besaran gaji diatas merupakan gaji bruto atau gaji kotor, dalam artian jumlah total dari besaran gaji tersebut masih belum dipotong dengan asuransi kesehatan dan asuransi pensiun, serta potongan barang hilang yang jumlahnya bisa berbeda-beda setiap bulannya, tergantung dari berapa banyak barang yang dihilangkan.

Baca juga: Besar Gaji Karyawan Alfamart Terbaru dan Tugasnya!

Apakah Mantan Pegawai Indomaret Boleh Bekerja di Alfamart?

Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat umum bahwa Alfa (Alfamart & Alfamidi) dan Indomaret merupakan rival dalam bidang retail yang ada. Oleh karena itu, sangat tidak memungkinkan jika seseorang yang pernah bekerja di Indomaret yang resign lalu melamar kerja di Alfamidi, maka tidak akan diterima. Begitupun sebaliknya. Sekiranya anda ingin pindah, maka pertimbangkan hal ini!

Meski begitu, masih ada kesempatan atau celah untuk ‘mengelabui’. Hal tersebut masih bisa disiasati dengan cara tidak melampirkan surat keterangan bekerja yang menyatakan bahwa pernah bekerja di Indomaret atau Alfa. Selain itu, yang harus dilakukan saat interview pun yakni tidak mengatakan bahwa memiliki pengalaman bekerja di Indomaret/Alfamart. Namun, trik tersebut tidak dapat dipastikan akan berhasil 100%, sepertinya tergantung keberuntungan masing-masing. Well, it’s not recommended and honesty is always more than perfect!

Tinggalkan komentar