Gaji Kurir JNE 2021 : Syarat dan Cara Mendaftar

Menjadi layanan ekspedisi pengiriman paket terbesar di Indonesia membuat Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merekrut banyak karyawan. Tak terkecuali merekrut karyawan dengan posisi kurir. Adalah bapak-bapak atau mas-mas yang bertugas mengirim barang konsumen dari satu alamat ke alamat  lainnya tanpa kenal lelah.

Ya, apalagi di zaman sekarang, dimana perkembangan jual beli online sangat berkembang pesat. Otomatis jasa kurir juga semakin banyak digunakan. Nah, kira-kira dari gambaran tugas umum seperti itu, berapa gaji kurir JNE? Apakah tergolong di atas UMR atau tidak? Secara tanggung jawab kurir lumayan besar, memastikan barang sampai ke tujuan dalam keadaan utuh tanpa cacat.

Besaran Gaji Kurir JNE

gaji kurir jne

Didukung oleh latar belakangnya sebagai perusahaan terbesar dalam bidang ekspedisi pengiriman barang di Indonesia, JNE memberikan gaji kepada karyawannya dalam jumlah yang lumayan besar. Khusus kurir, gaji kurir JNE berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000-an/ bulannya. Ini hanya gaji pokoknya saja, belum ditambah dengan tunjangan ataupun insentif lainnya.

Baca Juga : √ Gaji Karyawan JNE 2021 beserta Jabatan dan Cara Mendaftar

Seperti uang sewa motor, uang service kendaraan, uang bensin, uang makan, uang kehadiran, uang THR tahunan, dan uang tunjangan kesehatan. Jadi, nominal gaji kurir JNE yang diberikan tersebut sudah termasuk lumayan besar, di atas UMR masing-masing daerah, dan jika dibandingkan dengan besaran gaji pegawai kurir di perusahaan lain, sudah tergolong lebih besar.

Pun dengan keuntungan yang didapat dari segi ekosistem lingkungan, menurut kami lumayan menggiurkan. Seperti:

  • Bekerja tidak merasa mendapat tekanan dari bos atau atasan, jadi santai
  • Lingkungan kerjanya yang kompak
  • Pihak management memperhatikan kesejahteraan karyawannya
  • Tidaksaling acuh terhadap sesama kurir
  • Dan lain sebagainya

Tugas Pokok Kurir JNE

Tak lengkap rasanya jika hanya tahu tentang gaji kurir JNE. Seperti kebanyakan kurir, berikut beberapa tugas yang perlu Anda tahu, sebagai calon pelamar kurir JNE mendatang.

  • Mengirim paket atau barang kepada konsumen secara tepat waktu
  • Apabila paket yang dikirim berupa dokumen, maka kurir harus memperhatikan aspek kerahasiannya
  • Mengirim paket atau barang kepada konsumen secara utuh, tanpa ada cacat atau kerusakan
  • Membantu mengecek barang stok sebelum mengantarkan ke tempat tujuan
  • Membantu memeriksa setiap alamat tujuan, dimana paket atau barang tersebut akan diantar
  • Turut mengambil barang atau paket dari konsumen dimana barang atau paket tersebut akan dikirim
  • Selain itu, kurir juga akan membuat laporan pembukuan, barang apa saja yang sudah berhasil di antar kepada pelanggan
  • Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan JNE

Syarat Menjadi Kurir JNE

Setiap posisi yang akan dilamar oleh calon pegawai suatu perusahaan pasti memerlukan syarat tersendiri untuk dilengkapi. Tak terkecuali jika Anda ingin melamar posisi kurir di perusahaan JNE. Untuk itu berikut beberapa syarat yang mesti Anda tahu, apakah Anda memenuhi kualifikasi atau tidak.

  1. Memiliki Motor

Syarat wajib bagi seorang kurir adalah memiliki kendaraan roda dua (motor), karena motor inilah yang akan digunakan sebagai kendaraan dalam mengantarkan barang atau paket dari dan untuk para pelanggannya.

 

Ada beberapa kurir yang memang bisa menggunakan fasilitas motor dari perusahaan. Ada beberapa kurir yang memang harus menggunakan motor pribadi untuk bekerja. Tidaklah mengapa, karena kebijakan tiap kantor memang berbeda. Pun jika harus menggunakan motor pribadi, Anda akan mendapat uang sewa motor dari kantor. Jadi, tidak perlu risau rugi bandar.

 

  1. Memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi)

Tidak ingin membuat masalah dengan kepolisian, kan? Nah, Anda yang akan melamar menjadi kurir JNE, hendaknya sudah memiliki SIM, ya! Selain memang menjadi syarat wajib atau taat berkendara, juga perjalanan Anda nantinya akan lebih aman. Tidak akan khawatir akan adanya operasi SIM yang terjadi.

 

  1. Menguasai Jalan

Pengetahuan akan jalan memang harus dimiliki oleh semua kurir, termasuk kurir Jalur Nugraha Ekakurir. Karena, dengan menguasai jalan, perjalanan Anda akan semakin cepat sampai tujuan. Tahu rute tercepat yang harus ditempuh. Jika harus menggunakan maps, tidak masalah. Selama tetap memperhatikan keselamatan berkendara.

 

  1. Memiliki HP

Nah, nyambung dengan poin 3, selain HP bisa dimanfaatkan untuk mencari lokasi tujuan melalui maps, Anda bisa memanfaatkan HP untuk menghubungi konsumen. Serta, melalui HP akan memudahkan perusahaan men-tracking Anda untuk memastikan kiriman bisa sampai kepada konsumen secara tepat waktu.

 

  1. Memiliki SKCK

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) menjadi salah satu bukti yang harus pelamar punya untuk mendafatarkan dirinya di perusahaan manapun, termasuk JNE. Karena, dengan SKCK akan menjadi bukti, apakah Anda pernah terjerat masalah kejahatan atau hukum atau tidak.

Cara Mendaftarnya Bagaimana?

  • Carilah informasi secara continue terkait rekrutmen kurir JNE di website resminya atau media sosialnya atau website job seeker lainnya. Misalnya disini atau disini.
  • Setelah mendapatkan informasi, segera pahami dan lengkapi syarat apa saja yang mesti Anda lengkapi
  • Daftarkan pada alamat yang tercantum di dalamnya.

Itulah pembahasan tentang gaji kurir JNE, tugas pokok, syarat dan juga cara mendaftar menjadi kurir JNE yang perlu Anda tahu. Jangan selalu menunggu bola, tapi jemputlah bola. Apalagi di zaman pandemi ini, jumlah kurir di perusahaan JNE sendiri bisa naik sekitar 20%. Dan menurut Presiden Direkturnya, lowongan kerja menjadi kurir juga masih terbuka.

Jadi, segera update informasi terbarunya, ya! Semoga beruntung!

Tinggalkan komentar