Profesi Kurir: Tugas dan Tanggung Jawab, serta Gaji Kurir

Siapa yang tidak bersemangat saat mendengar kurir pengiriman meneriakkan dari luar rumah “Permisi, paket!” yang menandakan paket Anda telah tiba? Tentu Anda merasa senang. Kurir adalah salah satu profesi yang berperan penting dalam aktivitas transaksi yang memastikan barang Anda terkirim dengan lancar dan tentu saja aman sampai tujuan.

Istilah kurir sebenarnya sudah ada sejak lama. Di zaman itu orang akan ditugaskan untuk sesegera mungkin menyampaikan pesan atau barang dengan berlari. Dari sanalah istilah courier dalam Bahasa Inggris dan curere dalam Bahasa Yunani yang artinya “lari” pertama kali tercetuskan.

Di masa serba teknologi saat ini tentu semua orang menginginkan segala sesuatu secara cepat dan instan. Tidak heran jika jumlah tenaga kurir kini ikut meningkat seiring makin menjamurnya online shop dan didukung dengan perubahan gaya berbelanja masyarakat yang turut beralih ke marketplace semacam Shopee atau Tokopedia.

Tertarik untuk menjadi kurir? Yuk simak penjelasan mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab serta gaji yang bakal didapat dari pekerjaan satu ini!

Mengenal Profesi Kurir

kurir
sumber:freepik.com

Kurir adalah sebuah kegiatan pengiriman barang yang dilakukan secara langsung atau sederhananya profesi ini bertugas untuk mengantarkan barang. Selain untuk pengiriman dari toko online, kurir juga melayani pengiriman personal dari satu pengirim ke penerima.

Seorang kurir bertugas untuk mengantar dokumen dan paket untuk individu, bisnis, institusi, dan lembaga pemerintahan. Kurir bisa berjalan kaki atau umumnya mengandalkan sepeda kayuh, sepeda motor, mobil, hingga truk untuk melakukan proses pengiriman. Pengiriman yang dilakukan pun beragam mulai dari pengiriman antar kota maupun antar daerah dengan estimasi yang berbeda pula.

Baca juga:  Kisi-Kisi, Soal dan Soal Pembahasan Tes Psikologi di PT. KAI Tahun 2022

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

kurir

Tugas seorang kurir adalah dari mengambil paket yang masuk ke kantor dan langsung mengantarkannya ke alamat tujuan. Kurir dituntut untuk mengirimkan barang ke alamat penerima dengan cepat. Maka dari itu kurir diminta untuk memahami seluk beluk area sebuah kota tertentu. Sebelum mengirim paket, kurir harus memastikan kecocokan data dengan dokumen yang disediakan di paket.

Menjadi kurir bukan hanya soal kecepatan pengiriman saja, namun juga harus menanamkan rasa jujur, amanah, serta tanggung jawab untuk memastikan barang terjamin sampai ke alamat penerima. Berikut ini rincian tugas yang dimiliki oleh kurir:

  • Mengirimkan barang dengan tepat ke alamat penerima.
  • Melakukan pendataan status pengiriman supaya progres bisa diawasi.
  • Memastikan barang aman sampai tujuan.
  • Menaati serta menjalankan SOP perusahaan delivery yang berlaku.
  • Menjaga data pengirim dan penerima paket tetap terjaga pada label.
  • Menerima pembayaran dan transaksi COD.
  • Menyerahkan laporan hasil pengiriman ke perusahaan.

Syarat Menjadi Kurir

Siapapun asal telah mengantongi SIM tipe C ataupun A sesuai dengan kendaraan yang digunakan maka bisa mendaftar menjadi kurir. Sedangkan untuk kualifikasi minimal pendidikan yang dibutuhkan kurir adalah tidak harus lulus sarjana maupun sekolah. Jadi cukup memiliki SIM dilengkapi dengan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Kurir diutamakan memiliki kemampuan untuk mengendarai kendaraan, baik motor atau mobil, sebagai sarana untuk menunjang pekerjaannya dalam mengantar barang. Selain itu, kurir harus memahami dan menguasai wilayah kerjanya. Hal tersebut berfungsi untuk meminimalisir risiko yang tidak diharapkan dan agar paket bisa diantar dengan cepat.

Besaran Gaji Kurir di Indonesia

Di Indonesia saat ini telah hadir banyak sekali ekspedisi. Tentu saja untuk mengimbangi fenomena tersebut bakal membutuhkan sumber daya yang mumpuni agar pengiriman paket berjalan lancar. Nah, Anda berminat menjadi bagian dari salah satu ekspedisi terpopuler di Indonesia? Yuk simak apa saja ekspedisi yang tersedia di Indonesia beserta kisaran gajinya!

Baca juga:  Jadi Freelance Writer: 9 Tips dan Cara yang Perlu Kamu Tahu

1.    JNE

Kisaran gaji kurir JNE ini ditentukan dari beberapa kategori. Umumnya, gaji yang diperoleh mengikuti UMR daerah.Kisaran gaji pokok kurir JNE per bulan rata-rata Rp. 2,7 juta.

Selain gaji pokok, kurir juga mendapat tunjangan lain seperti biaya parkir sebesar Rp. 100 ribu, biaya servis kendaraan pribadi Rp. 300 ribu, kehadiran Rp. 440 ribu, insentif paket Rp. 200 ribu, dan uang bensin Rp. 150 ribu. Kurang lebih jumlah total yang diterima kurir sebesar Rp. 3,89 juta.

2.    J&T

Ekspedisi J&T memiliki dua jenis pekerjaan, yaitu kurir lapangan (sprinter) dan kurir ekspedisi. Kurir yang mengantar paket ke alamat penerima disebut kurir lapangan. Besaran gaji yang diperoleh kurir J&T juga disesuaikan dengan UMR daerah.

Kisaran gaji yang akan diterima kurir j&t adalah sebesar Rp. 2,5 juta perbulan dan bisa bertambah dengan adanya tunjangan uang bensin yang diberikan sekali dalam seminggu. Kurir J&T juga akan mendapatkan bonus jika berhasil mencapai target yang ditentukan.

3.    SiCepat

Gaji pokok kurir SiCepat pada umumnya sekitar Rp. 2,5 juta. Sama halnya dengan eksedisi sebelumnya, kurir SiCepat juga memperoleh uang tunjangan, seperti uang makan sekitar Rp. 500 ribu satu bulan, uang bensin, servis kendaraan, serta bonus kehadiran bagi kurir yang rajin masuk kerja.

4.    TIKI

Kurir yang bekerja di ekspedisi TIKI bersatus sebagai karyawan, sehingga gaji yang diterima bisa mencapai Rp. 2,7 juta tiap bulannya. Diakumulasi dengan uang tunjangan, maka besaran gaji yang diperoleh sebesar Rp. 4, 3 juta per bulannya.

5.    Ninja Express

Berbeda dengan ekspedisi yang lain, Ninja Express memiliki perhitungan gaji sendiri. Kurir mendapatkan uang Rp. 100 ribu per hari dan memperoleh Rp. 300 per paket. Jika mampu melebihi target harian paket, maka kurir akan mendapat bonus Rp. 50 ribu. Apabila rajin masuk selama 26 hari kerja sebulan dengan catatan melebihi target, gaji kurir bisa mencapai Rp. 4,3 juta.

Baca juga:  8 Lowongan Kerja PT Tri Adi Bersama (Anteraja) 2022

6.    Anteraja

Patokan gaji kurir Anteraja berbeda menyesuaikan UMR tiap daerah. Namun, rata-rata gaji diperkirakan hingga Rp. 3 juta tiap bulan.

7.    Wahana

Kurir Wahana memiliki status sebagai kitra freelance dengan pendapatan harian sebesar Rp. 51 ribu dan Rp. 1500 per paket. Apabila rutin masuk 26 hari kerja dengan catatan paket yang diantar sebanyak 60 per hari, maka pendapatan yang bisa dicapai sebesar Rp. 3,6 juta per bulannya.

8.    Shopee Express

Sama dengan ekspedisi pengiriman lain, gaji kurir Shopee Express disesuaikan dengan jumlah UMR daerah. Diperkirakan besar pendapatan kurir mencapai Rp. 3 juta hingga Rp. 4 juta.

9.    Lazada

Selain e-commerce, Lazada juga menyediakan layanan antar paket. Kisaran gaji kurir lazada per hari sebesar Rp. 50 ribu dan Rp. 2.100 per paket.

Nah, itu dia pembahasan mengenai tugas dan tanggungjawab hingga gaji yang diperoleh kurir dari tiap ekspedisi. Memang tidak dipungkiri jika kurir adalah salah satu profesi yang berperan penting dalam keberlangsungan transaksi paket agar ia terkirimkan dengan cepat, tepat, dan aman.

Bagikan:

Tinggalkan komentar