Same Day Artinya? Ini Perbedaannya dengan Pengiriman Biasa

Performa ekspedisi di Indonesia mengalami peningkatan dalam hal kecepatan. Saat ini sudah ada pilihan jenis layanan pengiriman dengan durasi cepat yang bernama Same Day.

Same Day artinya adalah proses pengiriman barang dengan durasi sehari sampai. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai durasi lama mengirim paket. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai Same Day.

Same Day Artinya?

Same Day artinya adalah salah satu jenis sistem layanan pengiriman yang dilaksanakan pada hari yang sama. Umumnya terhitung sejak barang diterima oleh kurir dengan estimasi waktu sampai ke pelanggan selama 6-8 jam, tergantung kebijakan masing-masing dari ekspedisi.

Misalnya, Anda menyerahkan barang ke kurir pada pukul 08.00 dengan memilih layanan Same Day, maka barang Anda diestimasikan sampai pada pukul 14.00 – 16.00. Hal ini juga tergantung jarak yang harus ditempuh.

Perbedaan Layanan Pengiriman Same Day dan Instant

Dua jenis layanan pengiriman ini terlihat sama, akan tetapi berbeda. Agar tidak salah memilih salah satu dari dua jenis layanan ini, Anda harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Perbedaan antara Same Day dan Instan antara lain adalah:

1. Waktu yang Dibutuhkan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, layanan Same Day memerlukan 6-8 jam durasi pengiriman. Sedangkan untuk layanan Instan hanya memerlukan 2-3 jam durasi pengiriman.

2. Ketentuan Volume Barang

Volume barang untuk layanan Same Day ketentuannya maksimal sekitar 40 x 40 x 17 cm. Sedangkan untuk layanan Instan ketentuan volume barangnya lebih besar, maksimal sekitar 70 x 50 x 50 cm.

Baca juga:  Begini Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana?

3. Ketentuan Berat Barang

Ketentuan berat barang untuk layanan Same Day maksimal sekitar 5 Kg. Sedangkan untuk layanan Instan ketentuan berat barang nya maksimal sekitar 20 Kg.

4. Prioritas

Melalui layanan Instan, barang Anda akan mendapat pelayanan lebih prioritas dibandingkan jika menggunakan layanan Same Day. Biasanya barang yang Anda kirim akan dibawa keliling terlebih dahulu oleh kurir, karena kurir tidak hanya membawa satu barang.

5. Tarif Ongkos Kirim

Dengan pelayanan yang lebih prioritas dari layanan Instan, maka tarif ongkos kirim dari layanan Instan lebih mahal daripada layanan Same Day.

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Pengiriman Same Day

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan jika Anda ingin memilih layanan Same Day.

1. Kelebihan Layanan Pengiriman Same Day

Layanan Same Day memiliki beberapa kelebihan, antara lain adalah:

  • Kecepatan durasi pengiriman. Dengan menggunakan layanan Same Day, durasi pengiriman barang Anda tidak lebih dari satu hari.
  • Layanan Same Day cocok untuk pengiriman daging, sayuran, dan semacamnya.
  • Wilayah yang tercakup dalam layanan Same Day termasuk luas.

2. Kekurangan Layanan Pengiriman Same Day

Layanan pengiriman Same Day juga memiliki kekurangan, antara lain adalah:

  • Barang akan dibawa keliling terlebih dahulu oleh kurir.
  • Tidak disarankan untuk pengiriman barang berukuran besar.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang haru Anda perhatikan jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan pengiriman Same Day, antara lain yaitu:

  1. Usahakan telah menyerahkan barang pada kurir sebelum jam 15.00.
  2. Hindari mengirim barang pada hari libur untuk mengantisipasi tertundanya proses pengiriman.
  3. Perhatikan dengan seksama ketentuan dari ekspedisi mengenai volume dan berat barang.

Ekspedisi yang Menyediakan Layanan Same Day

same day artinya

Tidak semua ekspedisi menyediakan layanan pengiriman Same Day. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ekspedisi-ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman Same Day.

Baca juga:  15 Prospek Kerja Teknik Kimia dengan Gaji Tinggi, Wajib Tau!

1. Go Send Same Day

Untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan ekstra pada pelanggannya, Go Send memiliki fitur Same Day dengan nama GoSend Same Day Delivery. Disadur dari gojek.com, layanan GoSend Same Day Delivery memiliki ketentuan berat barang sekitar 5 Kg dengan volume 40 x 40 x 17 cm.

Ketentuan barang yang dikirim adalah bukan barang pecah belah, tidak mudah hancur, bukan hewan, dan tidak termasuk dalam barang terlarang.

Untuk jam operasional pengambilan barang oleh kurir agar bisa menggunakan layanan Same Day adalah pukul 08.00 – 15.00 dengan durasi pengiriman sekitar 6-8 jam. Sementara, untuk jarak tempuhnya adalah 15 Km. Terakhir, untuk jangkauan area nya adalah daerah Jadetabek dan Surabaya.

2. Grab Express Same Day

Grab Express juga memiliki layanan pengiriman Same Day. Untuk ketentuan berat barang yang ingin dikirim adalah sekitar 7 Kg dengan volume 40 x 40 x 17 cm. Durasi pengiriman di hari yang sama maksimal 6 jam dengan batas pengambilan barang oleh kurir pada pukul 16.00.

Layanan Grab Express Same Day ini tersedia di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan sebagainya. Untuk ketentuan jarak tempuh maksimal dari layanan Grab Express Same Day ini adalah 40 Km.

3. Paxel Same Day Delivery

Paxel Same Day Delivery memberikan layanan pengiriman paket dengan estmasi sampai di hari yang sama. Uniknya lagi, Anda akan mendapatkan kembali ongkos kirim jika barang yang Anda kirimkan terlambat sampai dengan sistem ongkir Flat sampai dengan 5 Kg.

Saat ini layanan Paxel Same Day Delivery tersedia di area Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera. Untuk waktu penjemputan barang oleh kurir maksimal hingga pukul 16.00 ke dalam kota atau wilayah Jabodetabek. Sedangkan pengiriman ke luar kota maksimal waktu penjemputan barang oleh kurir sebelum pukul 12.00.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS

4. Anteraja Same Day

Layanan pengiriman Same Day melalui Anteraja bisa Anda nikmati di daerah Jabodetabek, Joglosemar, Bandung, dan Medan dengan durasi pengiriman maksimal 8 jam. Pengambilan barang oleh kurir untuk wilayah Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya maksimal pukul 11.00.

Untuk wilayah Jakarta dengan tujuan Tangerang atau sebaliknya, batas maksimal pengambilan barang oleh kurir pukul 13.00. Sedangkan untuk wilayah lainnya, pengambilan barang oleh kurir maksimal pada pukul 15.00.

Layanan Same Day Pernah Mengalami Keterlambatan Pengiriman?

Sesuai dengan namanya, Same Day artinya adalah salah satu jenis sistem layanan pengiriman yang dilaksanakan pada hari yang sama. Jadi memang bisa dipastikan barang yang dibeli di sebuah marketplace dengan layanan ini akan dikirim di hari yang sama. Meskipun pengiriman dilakukan saat pukul 23.00 waktu setempat.

Namun pada beberapa kejadian genting yang memang tidak bisa diusahakan kembali, pengiriman Same Day bisa molor di hari berikutnya. Biasanya ini karena ada musibah seperti banjir, hujan deras, atau bencana lain.

Pihak ekspedisi akan memberikan informasi berupa keterangan pemicu keterlambatan pick up atau pengiriman. Lalu, barang akan dikirim di hari berikutnya oleh kurir yang sama atau kurir khusus.

Itulah penjelasan mengenai layanan pengiriman kilat Same Day. Jangan sampai keliru mengenai ketentuan dan jam maksimal pengambilan barang oleh kurir untuk mengantisipasi terlambatnya barang sampai.

Bagikan:

Tinggalkan komentar