2 Cara Membuat Slip Gaji Palsu dan Resikonya

Artikel ini akan membahas mengenai slip gaji palsu. Apakah ada cara membuat slip gaji palsu? Lalu, umumnya slip gaji palsu digunakan untuk apa saja? Berisiko kah jika cara tersebut untuk diaplikasikan?

Sebab, secara garis besar, slip gaji adalah bukti resmi rincian pendapatan atau gaji yang diterima oleh karyawan dari perusahaan atau lembaga tempatnya bekerja.

Dalam slip gaji perusahaan berisi berbagai macam informasi mengenai rincian dari jumlah upah yang diterima oleh karyawan setiap bulan. Mulai dari gaji pokok, uang makan, uang transportasi, uang lembur, tunjangan, pajak penghasilan karyawan, dan lain sebagainya.

Otomatis, dari situ terlihat bahwa slip gaji ini hanya dikeluarkan oleh lembaga dan sifatnya resmi. Tidak sembarang orang bisa membuat bahkan memalsukan slip gaji.

Fungsi Membuat Slip Gaji Palsu

Tentu, seseorang tidak akan memalsukan slip gaji begitu saja tanpa ada alasan yang jelas. Biasanya, orang memalsukan slip gaji untuk memenuhi kebutuhan administrasi dalam pengajuan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Ya, Anda tidak salah membaca.

Pemalsuan slip gaji untuk mengajukan pinjaman online sudah lumrah terjadi. Ini karena, biasanya pinjaman online mensyaratkan minimal gaji tertentu agar pinjaman bisa disetujui.

Sementara, di satu sisi gaji yang diterima oleh karyawan di bawah syarat yang ditentukan. Anda bisa menaksir bukan, berapa persen peluang diterimanya jika hanya mengandalkan slip gaji yang sesungguhnya?

Itulah kenapa beberapa orang memanipulasi slip gaji palsu untuk pinjol. Sebab, semakin besar gaji yang tertera dalam slip gaji, maka semakin besar proses pengajuan pinjaman online disetujui.

Serta bagi pinjol tentu berasumsi bahwa semakin besar nominal gaji, kemampuan membayar tagihan pinjaman akan berjalan dengan lancar.

Baca juga:  8 Cara Menyewakan Mobil Pribadi Ke Perusahaan

Bikin slip gaji sendiri untuk pengajuan pinjol ini memang cukup efektif, meski tidak semua aplikasi online menjadikan slip gaji sebagai tolak ukur ya.

Beberapa pinjol justru mensyaratkan hal lain untuk calon peminjam mengajukan pinjaman online, seperti internet banking atau melihat pajak yang dibayarkan melalui DJP Online.

Catatan: pembuatan slip gaji palsu tidak hanya untuk pinjaman online, tapi terkadang juga untuk pengajuan KPR, KTA bank, dan Kartu Kredit.

Cara Membuat Slip Gaji Palsu

Lalu, bagaimana cara membuat slip gaji palsu agar bisa disesuaikan dengan perusahaan tempat Anda bekerja? Membuat slip gaji palsu bisa dilakukan melalui aplikasi WPS Office di HP. Cara buat slip gaji ini cukup mudah dan sederhana.

Sebekum mulai, Anda bisa mendownload contoh Slip Gaji karyawan sesuai perusahaan yang diinginkan.

Cara Membuat Slip Gaji Palsu Melalui Aplikasi WPS Office

Berikut cara membuat slip gaji palsu melalui aplikasi WPS Office:

  1. Pastikan Anda telah memiliki aplikasi WPS Office. Biasanya, aplikasi ini sudah menjadi aplikasi “bawaan” pada merk hp tertentu. Jika belum, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu melalui Google Playstore atau Appstore.
  2. Buka WPS Office atau Microsoft Word. Lalu buat dokumen baru dengan memilih “Create New Blank Dokumen”.
  3. Selanjutnya, desainlah dokumen agar mirip seperti slip gaji yang nyata. Anda bisa mengikuti kriteria berikut sebagai desain bentuk slip gaji.
  4. Tambahkan header dengan memasukkan nama perusahaan.
  5. Masukkan data karyawan seperti nama, nomor karyawan, dan no HP yang sesuai dengan identitas.
  6. Anda juga bisa menambahkan keterangan tanggal gajian.
  7. Buat tabel yang berisi detail jumlah penerimaan gaji, seperti gaji pokok, tunjangan, uang makan, upah lembur, informasi pajak, dan juga potongan gaji.
  8. Untuk tampilan yang lebih meyakinkan, Anda bisa menambahkan nama pimpinan perusahaan di pojok kiri.
  9. Setelah itu, Anda dapat mencetaknya dan menambahkan stempel palsu untuk terlihat lebih nyata.
Baca juga:  3 Cara Bikin Slip Gaji Lewat HP dengan Mudah & Praktis

Jika memalsukan cara membuat slip gaji sederhana di atas Anda rasa cukup rumit, maka Anda bisa mencoba cara lain. Anda bisa mengedit slip gaji online menggunakan template yang sudah banyak tersedia di internet. Tinggal edit dan sesuaikan dengan data yang Anda miliki.

Cara Edit Slip Gaji Palsu secara Online

Untuk menerapkan cara bikin slip gaji palsu lewat internet, Anda cukup download slip gaji fake (palsu) melalui internet di HP Anda. Biasanya, slip gaji yang Anda download akan berformat PDF.

Lalu, Anda tinggal mengikuti cara edit slip gaji PDF yang telah Anda download. Berikut caranya edit slip gaji di HP:

  1. Silahkan buka browser Anda dan akses website PDF editor seperti SmallPDF atau iLovePDF.
  2. Tekan tombol pilih file lalu pilih slip gaji PDF yang ingin Anda edit.
  3. Silakan edit data yang Anda perlukan.
  4. Setelah selesai tekan save atau download

Risiko Membuat Slip Gaji Palsu

cara membuat slip gaji palsu

Cara membuat slip gaji palsu di atas memang bisa Anda terapkan. Tidak hanya menambah nominal, tapi juga bisa mengurangi nominal gaji.

Namun, Anda juga harus ingat, bahwa cara tersebut tidak baik. Inilah risiko yang bisa mengintai jika Anda memanipulasi slip gaji dengan cara di atas.

1. Utang Semakin Menggunung

Meski pada proses pengajuan Anda bisa lolos verifikasi pihak pinjol, tetapi karena katakan saja gaji yang Anda terima sesungguhnya tidaklah besar, maka utang yang Anda miliki akan semakin menggunung. Kecurangan ini bisa menimbulkan risiko non performing loan alias kredit macet.

Apalagi, jika bunga pinjaman online terus bergerak fluktuatif sesuai dengan pergerakan suku bunga. Sementara, gaji yang Anda dapatkan tidak kunjung mengalami kenaikan. Anda akan kesulitan mengontrol dana dan menyebabkan utang semakin menggunung.

Baca juga:  Agen Kerja ke Australia Sistem Potong Gaji yang Terpercaya

2. Pinjaman Online Dicabut

Akan ada risiko pinjaman online Anda dicabut. Meskipun, di awal pihak pinjaman online malukan asesmen secara ketat. Tapi tidak dipungkiri, pihak pinjol juga bisa kecolongan. Tapi memang terkadang ada pinjol yang tahu bahwa slip gaji calon peminjam palsu dan tetap lolos verifikasi.

3. Dijerat Pidana

Risiko terbesar yang bisa Anda hadapi jika memanipulasi slip gaji adalah jeratan pidana. Anda bisa mendapat tuduhan penipuan karena memalsukan data sebagai syarat mengajukan pinjaman online.

Satu pasal yang bisa dikenakan terkait hal tersebut ada pada pasal 263 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan surat. Ancaman pidananya adalah penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 50 juta.

4. Rusaknya Reputasi

Tindakan ini dapat mempengaruhi reputasi baik di tempat kerja atau organisasi bank maupung pinjol. Jika Anda memiliki catatan buruk memalsukan slip gaji Anda dapat kesulitan mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Itulah ulasan mengenai slip gaji palsu, bahwa ada cara membuat slip gaji palsu. Cara tersebut bisa diterapkan, tapi ingat ada risiko yang mengintai jika Anda membuat slip gaji palsu.

Bagikan: