Seperti Ini Contoh Slip Gaji Karyawan Alfamart Terbaru 2020

By | Maret 22, 2020

Kamu pasti pernah berbelanja kebutuhan sehari-hari di Indomaret atau Alfamart, bukan? Bahkan bisa jadi frekuensi berbelanja di retail modern ini lebih banyak dibandingkan berbelanja di tempat lain. Alfamart – bersama Indomaret – seakan telah menyatu dengan kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal tak jauh dari gerai-gerai mereka.

Alfamart sendiri merupakan jaringan retail waralaba yang dikelola oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya. Alfamart telah melakukan ekspansi pembukaan gerai besar-besaran seperti Indomaret hingga ke pelosok-pelosok. Bahkan dalam satu kecamatan di daerah yang bukan kota, terkadang terdapat lebih dari satu gerai Alfamart.

Pada penghujung 2019 lalu, PT. Sumber Alfaria Trijaya telah mengoperasikan sebanyak 14.310 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan kabarnya, di tahun 2020 akan ada penambahan 1.000 gerai sehingga diperkirakan total gerai Alfamart akan menjadi 15.310 gerai.

Contoh Slip Gaji Karyawan Alfamart

Alfamart jadi salah satu pusat berbelanja kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini

Tak hanya fantastis dari segi jumlah gerai yang dimiliki, Alfamart juga mencatatkan torehan positif dari segi pendapatan. Per September 2019 Alfamart berhasil memperoleh pendapatan sebesar Rp 54,11 triliun dengan laba bersih lebih dari Rp 605 milliar.

Baca juga: Resiko Kerja Di Minimarket, Jangan Coba Kalau Belum Siap!

Berapa Gaji Karyawan Alfamart Saat Ini?

Dengan perputaran uang yang jumlahnya cukup besar itu bekerja di Alfamart setidaknya memberikan jaminan bahwa gaji yang Kamu terima tidak akan membuatmu kecewa. Setidaknya jika kamu tetap bisa bersyukur dan tidak hedon dalam menggunakan uang.

Sama seperti perusahaan lain, gaji bekerja di Alfamart sangat bergantung pada posisi yang kamu duduki. Gaji seorang kepala cabang tentu tidak akan sama dengan kepala toko. Pun juga gaji kepala toko akan berbeda dengan gaji pramuniaga biasa dan kasir.

Akan tetapi, jangan khawatir karena gaji yang ditetapkan oleh Alfamart untuk seorang pramuniaga saja biasanya di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) yang berlaku. Artinya, untuk menerka besaran gaji yang akan diterima oleh karyawan Alfamart kita bisa memperhatikan UMP masing-masing daerah.

UMP DKI Jakarta tentu berbeda jauh dengan UMP Daerah Istimewa Yogyakarta. Maka seorang pramuniaga Alfamart yang bekerja di wilayah DKI Jakarta akan mendapatkan gaji berkisar Rp 4,2 juta sedangkan yang bekerja di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh gaji sekitar Rp 1,7 juta. Sesuai dengan UMP yang ditetapkan oleh masing-masing pemerintah daerah.

Contoh Slip Gaji Karyawan Alfamart 2020

Slip gaji Alfamart merupakan dokumen rahasia antara perusahaan dengan karyawan yang berisi informasi keseluruhan gaji dalam satu bulan. Pemberian slip gaji bertujuan sebagai wujud transparansi Alfamart kepada karyawan-karyawannya.

Nah, untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut kami lampirkan contoh slip gaji untuk karyawan Alfamart. Dikarenakan bersifat rahasia maka ada beberapa informasi yang akan disamarkan.

slip gaji karyawan alfamart

contoh slip gaji karyawan Alfamart

Tidak ada perbedaan signifikan antara slip gaji karyawan Alfamart dengan slip gaji karyawan pada korporasi lain. Termasuk apa saja informasi yang terdapat di dalam slip gaji tersebut seperti nama, cabang gerai, NPWP, hingga besaran gaji dan tunjangan yang diperoleh selama satu bulan bekerja.

Secara umum dalam slip gaji karyawan Alfamart terdapat dua kolom utama.

  • Kolom paling atas berisi seputar informasi seperti nama karyawan, status pernikahan, bagian, jabatan, Nomor Identitas Karyawan (NIK), hingga lokasi cabang tempat bekerja.
  • kolom kedua memuat informasi inti, yaitu gaji yang diperoleh dalam satu bulan kerja. Gaji tersebut merupakan akumulasi dari gaji pokok, tunjangan-tunjangan, hingga upah lembur. Selain itu terdapat pula informasi pemotongan gaji yang dilengkapi dengan keterangan di bagian paling bawah.

Baik gaji pokok maupun tunjangan-tunjangan ditentukan oleh posisi karyawan tersebut. Semakin tinggi posisi yang diemban semakin besar pula gaji pokok dan tunjangan yang bisa diperoleh. Maka kalau kamu nanti jadi karyawan baru jangan berkecil hati kalau gaji pokok dan tunjangan yang kamu dapatkan tidak sebesar karyawan yang sudah lebih lama bekerja di Alfamart.

Adapun upah lembur biasanya akan diberikan apabila seorang karyawan tercatat bekerja lebih dari 7 jam sehari atau 40 jam dalam seminggu (untuk 6 hari kerja) dan 8 jam sehari atau 40 jam dalam satu minggu (untuk 5 hari kerja). Upah lembur juga berhak didapatkan karyawan ketika mereka bekerja pada hari libur ataupun tanggal merah yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pemotongan gaji biasanya dilakukan untuk keperluan asuransi karyawan, baik berupa asuransi kesehatan ataupun asuransi tenaga kerja. Juga apabila karyawan melakukan kesalahan yang mengharuskannya membayar denda seperti kerusakan atau kehilangan barang yang disebabkan oleh kelalaian si karyawan.

Baca juga: Bandingkan Gaji Kasir Indomaret, Alfamart dan Alfamidi, Siapa Terbesar?

Prosedur Melamar Kerja di Alfamart

Jumlah gerai yang banyak tentu membuat PT. Sumber Alfaria Trijaya membutuhkan banyak tenaga kerja juga utamanya untuk posisi pramuniaga, kasir, dan juga pergudangan. Oleh karena itu, bekerja di Alfamart bisa jadi salah satu opsi bagi kamu yang saat ini masih belum juga mendapatkan pekerjaan.

Informasi terkait lowongan pekerjaan yang sedang dibuka oleh Alfamart bisa kamu cek langsung di website lowongan kerja di daerahmu. Biasanya akan ada pengumuman apabila Alfamart sedang melakukan rekrutmen karyawan baru. Selain itu kamu bisa menanyakan langsung ke kantor cabang Alfamart yang terletak di daerahmu.

Semua orang berkesempatan besar bekerja di Alfamart. Pasalnya persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan yang identik dengan warna merah ini tidak ribet sama sekali. Ada beberapa persyaratan umum yang ditetapkan oleh Alfamart dalam menerima karyawan baru, di antaranya:

Persyaratan Lamaran Kerja Alfamart 2020

  1. Pria atau wanita
  2. Sehat jasmani rohani
  3. Tidak bertato dan bertindik
  4. Minimal lulusan SMA atau sederajat
  5. Tidak pernah terlibat tindak kiriminal
  6. Usia minimal 18 tahun

Apabila semua persyaratan umum di atas sudah terpenuhi maka kamu bisa mengajukan lamaran ke Alfamart dengan menyertakan berkas-berkas yang dibutuhkan. Beberapa berkas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Surat lamaran kerja
  2. Curriculum Vittae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  3. Pas foto berwarna ukuran 4×6 dan 3×4 masing-masing 3 lembar
  4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai
  7. Fotocopy Kartu Kuning (AK1) dari Disnaker
  8. Surat Keterangan Sehat dari dokter atau puskesmas setempat

Jika sudah mengirimkan lamaran kamu tinggal menunggu apakah berkasmu lolos seleksi administrasi atau tidak. Apabila mendapat panggilan interview artinya kamu lolos seleksi tahap ini tapi kalau tidak berarti memang belum rezekimu. Tak perlu berkecil hati, mungkin kamu bisa mencobanya di lain waktu.

Baca juga: Bandingkan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret, Besar Mana?

Pasca seleksi administrasi kamu juga akan melewati beberapa tahapan tes lainnya seperti tes wawancara, tes fisik, hingga menjalani masa training (ujicoba) selama 1 hingga 2 minggu. Tak perlu khawatir dengan tes fisik karena di tahapan ini kamu hanya akan diperiksa apakah memiliki tato atau tindik. Masa training pun akan diisi dengan pelatihan teori dan praktik agar ketika mulai bekerja nanti kamu tidak bingung dengan tugasmu.

Jika semua tahapan sudah kamu lalui maka kamu akan segera diberikan seragam kebanggan Alfamart dan bekerja di gerai cabang yang telah ditentukan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *