Prosedur Cara Melamar Kerja Online di Indomaret Terlengkap [Update 2020]

By | April 11, 2020

Indomaret merupakan jaringan bisnis retail waralaba berbentuk minimarket yang berada di bawah naungan PT. Indomarco Pristama. Minimarket yang identik dengan warna biru ini menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau. Selain itu, Indomaret juga menyediakan jasa pembayaran berbagai tagihan sehingga semakin menarik di mata konsumen.

Ekspansi besar-besaran Indomaret terlihat dari bertambahnya jumlah gerai dari tahun ke tahun. Pada Mei 2019 Indomaret tercatat telah memiliki lebih dari 16. 900 unit gerai yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Jumlah itu meningkat sebanyak 534 gerai dari data di awal tahun 2019 yang berjumlah 16.366 gerai.

cara melamar kerja indomaret via online

melamar kerja di Indomaret bisa dilakukan via online

Pertumbuhan jumlah gerai ini tentu jadi angin segar bagi para pencari kerja. Pasalnya dengan pembukaan gerai-gerai tersebut artinya Indomaret membutuhkan karyawan-karyawan baru untuk mengisi berbagai posisi. Peluang ini tentu sangat tidak boleh dilewatkan, apalagi Indomaret sudah memiliki puluhan juta pelanggan setia.

Apa Kelebihan Bekerja di Indomaret?

Selain menorehkan catatan apik dalam hal pertumbuhan jumlah gerai, Indomaret juga meraih hasil positif dari segi pendapatan dan laba bersih tahunan. Untuk tahun 2018, misalnya, Indomaret berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 70,37 triliun dengan laba bersih mencapai Rp 775 miliar.

Dengan catatan apik keuangan perusahaan seperti itu tentu jadi jaminan bahwa Indomaret adalah perusahaan yang layak masuk dalam list para calon tenaga kerja untuk mencoba peruntungan. Selain itu, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan apabila kamu bekerja di Indomaret, yaitu:

1. Gaji di atas UMR

Salah satu kelebihan bekerja di Indomaret yang kerap jadi daya tarik utama adalah nominal gaji di atas UMR (Upah Minimun Regional). Bahkan karyawan baru Indomaret juga bisa langsung mendapatkan gaji sesuai UMR daerah tersebut. Hal ini belum tentu bisa kamu dapatkan apabila bekerja di retail yang lain.

2. Jenjang Karir

Kalau kamu serius bekerja di Indomaret bukan hanya kenaikan gaji yang bisa kamu dapatkan tapi juga jenjang karir. Di Indomaret kamu bisa memiliki jenjang karir dengan syarat memiliki catatan apik selama bekerja. Apalagi jika kamu berstatus karyawan fulltime di Indomaret.

3. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Ini juga jadi kelebihan bekerja di Indomaret dibandingkan beberapa retail lainnya. Apabila kamu menjadi karyawan Indomaret maka kamu berhak mendapatkan fasilitas asuransi berupa BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

melamar kerja di indomaret via online

ada banyak kelebihan menjadi karyawan indomaret

BPJS Kesehatan sangat berguna ketika kamu sakit dan harus berobat ke dokter. Kamu jadi tidak perlu merogoh kocek sendiri karena semua biaya sudah ditanggung oleh Indomaret secara tidak langsung melalui BPJS Kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan akan berguna ketika nanti kamu tidak lagi bekerja di Indomaret.

4. Mendapatkan THR, Insentif, dan Uang Lembur

Bekerja di Indomaret juga akan membuatmu mendapatkan bonus demi bonus di luar gaji pokok seperti Tunjangan Hari Raya (THR), insentif tambahan, hingga uang lembur. Kelebihan ini belum tentu kamu dapatkan apabila bekerja di retail lainnya, apalagi retail yang belum sebesar Indomaret.

Gaji Karyawan Indomaret Tahun 2020 Berdasarkan Posisi dan Tugasnya!

Bagaimana Cara Melamar Kerja di Indomaret?

Setidaknya terdapat 2 cara melamar pekerjaan di Indomaret yakni secara langsung (offline) dan via internet (online). Nah, kali ini kita akan membahas tentang tata cara melamar kerja di Indomaret via online. Cara ini lebih praktis karena kamu hanya tinggal mengisi data dan mengirimkan dokumen persyaratan melalui jejaring internet saja.

Perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah kamu hendak melamar lowongan full time di Indomaret atau part time. Pasalnya Indomaret membuka peluang kerja untuk keduanya guna memaksimalkan penyerapan tenaga kerja serta efisiensi operasional gerai. Dan panduan di bawah ini dikhususkan untuk kamu yang hendak melamar kerja full time di Indomaret via online.

Namun sebelum mengirimkan lamaran kerja ke Indomaret ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan. Berhubung pendaftaran akan dilakukan secara online maka kamu wajib menyiapkan semua dokumen dalam bentuk digital.

Dokumen yang Wajib Disiapkan untuk Melamar Kerja di Indomaret

Beberapa dokumen yang wajib disiapkan antara lain:

  • Scan ijazah terakhir
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Scan E-KTP
  • Pas Foto ukuran 4×6

Perlu diperhatikan bahwa semua dokumen di atas (kecuali pas foto) harus dalam fomat pdf dengan ukuran maksimal 200 kb. Apabila tidak demikian kamu akan mengalami kesulitan ketika proses unggah dokumen nantinya.

Syarat Melamar Kerja di Indomaret

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melamar kerja fulltime di Indomaret via online. Persyaratan ini tergantung pada posisi yang hendak kamu lamar. Untuk posisi pramuniaga, misalnya, syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Pria/wanita
  • Usia 18 – 30 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak bertindik (khusus pria)
  • Tidak bertato

Apabila kamu hendak melamar posisi yang lebih tinggi tentu persyaratannya akan berbeda. Untuk itu, sebelum mengirimkan lamaran alangkah baiknya jika kamu cek terlebih dahulu di website resmi Indomaret terkait persyaratan bagi calon pelamar.

Panduan Cara Melamar Kerja di Indomaret Via Online

Setelah merasa memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa langsung mengajukan lamaran kerja full time ke Indomaret via online dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi website resmi indomaret lalu pilih “Karir” atau langsung klik info lowongan indomaret.
  2. Lalu pilih “form lamaran kerja”. Perhatikan gambar!

    melamar kerja di indomaret via online

    melamar kerja di indomaret secara online

  3. Kemudian isilah kolom pengajuan lamaran dengan lengkap dan benar.

    cara melamar kerja di indomaret via online

    lengkapi semua data yang diperlukan

  4. Di kolom penempatan kamu harus memilih lokasi cabang dimana kamu ingin bekerja. Apabila daerahmu tidak tercantum di sana artinya lowongan untuk daerah tersebut belum tersedia. Tapi kalau ada artinya kamu bisa melanjutkan proses melamar kerja ke Indomaret secara online ini.

    melamar kerja di indomaret secara online

    cek daerah yang menyediakan lowongan

  5. Setelah semua data terisi dengan lengkap, unggah dokumen persyaratan. Ingat!!!!! Isi data pekerjaan anda dengan detail dan menarik. Tulis lah riwayat pekerjaan anda, berapa lama anda bekerja, apa posisi anda dan tugas anda pada pekerjaan tersebut dan bagaimana anda bekerja secara profesional. Di bawah ini hanya contoh pendek saja…. Jangan diikuti!

    melamar kerja di indomaret via internet

    unggah dokumen

  6. Setelah semua dokumen berhasil diunggah, centang kotak persetujuan lalu klik submit.

    cara melamar kerja di indomaret via online

    selesaikan proses pengajuan lamaran

  7. Proses mendaftar lamaran pekerjaan sudah berhasil dikirim ke Indomaret secara online
  8. Follow up dengan mengirim juga lamaran kerjamu via email ke HRD kantor cabang Indomaret yang kamu inginkan dengan melampirkan semua dokumen yang telah kamu unggah di atas.

Setelah berhasil mengirimkan lamaran pekerjaan secara online kamu tinggal menunggu panggilan dari pihak Indomaret baik melalui telpon, whatsapp, maupun email apabila kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengikuti tes-tes selanjutnya untuk menentukan apakah kamu bisa diterima sebagai karyawan Indomaret atau tidak.

Beberapa tahapan yang akan kamu lalui setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi antara lain:

  1. Tes tulis/psikotes
  2. Tes wawancara/interview
  3. Tes fisik (untuk beberapa posisi)
  4. Pengumuman diterima bekerja full time di Indomaret
  5. Training
  6. Mulai bekerja penuh

Tips Sukses Interview Kerja di Indomaret

Di antara beberapa tahapan di atas, sesi wawancara atau interview adalah salah satu tahapan yang kerap jadi momok bagi para pelamar. Pasalnya di sesi ini kamu akan berinteraksi langsung dengan HRD Indomaret yang akan mewawancaraimu dan menentukan apakah kamu layak bekerja di Indomaret atau tidak.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika wawancara kerja di Indomaret:

1. Berpakaian dan berpenampilan rapi

Gunakanlah pakaian yang rapi dan memang sudah ditentukan, biasanya atasan berupa kemeja putih dan bawahan celana/rok hitam berbahan kain (bukan jins). Jangan lupa untuk memasukkan pakaian ke dalam celana/rok dan gunakan sepatu fantopel atau yang berwarna hitam agar terlihat semakin rapi.

Tak Cuma pakaian, penampilanmu pun juga harus rapi dan bersih. Jangan sampai rambutmu acak-acakan ketika diwawancara. Nanti HRD bisa mencoretmu lantaran dianggap mengurus diri saja tidak bisa apalagi mengurus barang-barang di rak Indomaret.

2. Bersikap dan bertutur sopan

Hal ini sangat penting untuk menunjukkan kepada HRD bahwa kamu memiliki attitude yang baik untuk bisa diterima bekerja full time di Indomaret. Jangan lupa ucapkan “permisi” ketika masuk dan meninggalkan ruangan! Gunakan bahasa yang sopan dan formal. Intinya jangan sampai kamu bersikap dan bertutur tidak sopan di hadapan HRD.

3. Jabat Tangan HRD

Ketika sudah berada di hadapan HRD jabatlah tangannya sembari memperkenalkan diri dengan sopan. Senyumlah secukupnya, jangan berlebihan!

4. Duduk Tegap

Duduklah ketika HRD Indomaret sudah mempersilakanmu duduk. Posisi dudukmu pun harus tegap. Hindari menyenderkan tubuh ke belakang dan terlalu membungkuk ke depan. Jangan lupa juga letakkan kedua tangan di atas meja.

5. Gerakan Tubuh

Jangan membuat gerakan berlebihan. Secukupnya saja agar kamu tidak terlihat kaku namun juga tidak lebay!

6. Kontak Mata

Hal ini juga sangat penting untuk menunjukkan kepada HRD Indomaret bahwa kamu memiliki kepercayaan diri yang baik. Tataplah HRD ketika ia berbicara sebagai bentuk atensi dan fokusmu menyimak beliau.

7. Volume Suara

Saat diwawancara kamu harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh HRD Indomaret. Nah, ketika menjawab suaramu pun harus terdengar jelas. Untuk itu kontrol volume suara sangat diperlukan, jangan terlalu besar namun tak usah juga teramat kecil. Yang penting kedengaran jelas.

Demikianlah panduan praktis melamar kerja fulltime di Indomaret via online. Semoga bisa membantumu agar diterima oleh Indomaret, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *