Kumpulan Materi Training Indomaret 2020 yang Mudah Dipelajari

By | Maret 19, 2020

PT. Indomarco Prismatama atau biasa dikenal dengan indomaret merupakan salah satu waralaba yang populer di Indonesia. Perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 11.400 waralaba tercacat mulai tahun 2015 silam. Banyak hal menarik terkait tempat kerja ini, salah satunya adalah gaji pegawai Indomaret, tapi tidak akan kita bahas di sini.

Itulah mengapa perusahaan ini memiliki banyak peminat para pelamar pekerjaan. Meskipun seleksinya cukup ketat dan resikonya juga ada. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum anda dinyatakan “DITERIMA” bekerja di Indomaret.

Kumpulan Materi Training Indomaret

Salah satu tahapannya adalah Training (Pelatihan), tahapan ini merupakan tahapan terakhir dari seleksi penerimaan kerja. Namun sebelumnya anda harus melalui beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, seleksi tes psikotes, selesksi wawancara, dan berakhir di training.

Apa Itu Training?

Training adalah pelatihan yang berorientasi pada praktek kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Tak hanya itu, training juga dapat pengetahuan lebih lanjut mengenai kegiatan, tugas, dan kewajiban saat melakukan pekerjaan tersebut.

Sehingga training sangat dibutuhkan untuk mengetahui keahlian dan sikap para pelamar pekerjaan sebelum diterima kerja. Kegiatan ini pun juga dapat menentukan posisi yang cocok sesuai dengan keahlian anda pada saat training.

Saat training anda diwajibkan untuk menunjukkan keahlian dan bakat anda secara totalitas karena itu anda menambah poin plus yang dipertimbangkan diterima kerja.

Anda mungkin tertarik untuk membaca:

Apa Saja Materi Training di Indomaret?

Seperti yang diketahui training adalah pengetahuan lebih lanjut mengenai tempat anda bekerja, sebelum benar-benar diterima kerja. Nah di Indomaret ada beberapa materi dan praktek tentunya pada saat training.

Biasanya lama training dilakukan sesuai dengan posisi yang akan diambil, jika anda mengambil posisi kasir dan pramuniagara training akan dilakukan sekitar 14 hari.

materi training indomaret

Dalam training biasanya anda akan mendapatkan materi-materi terkait dengan posisi yang diambil. Infokerjakuu sudah merangkum materi-materi training di Indomaret, berikut rangkumannya:

1. Cara mempersiapkan diri untuk bekerja

Persiapan diri memang penting saat pertama bekerja. Bukan hanya persiapan fisik namun juga persiapan mental juga diperlukan. Apalagi hari pertama kerja, gugup adalah hal biasa akan tetapi anda harus bisa mengatasinya. Nah, ditraining ini anda akan diajarkan bagaimana mengatasi gugup di hari pertama kerja.

Selain gugup anda juga diajarkan bagaimana mempersiapkan diri untuk bekerja. Beberapa tips berikut mungkin dapat dilakukan supaya hari pertama kerja anda tidak kacau:

  1. Bangunlah lebih pagi supaya anda tidak terlambat kerja.
  2. Persiapkan keperluan yang akan dibawa malam harinya atau sebelum anda tidur.
  3. Jadilah diri sendiri

Baca juga: Tugas Supervisor Trainee Area Indomaret Yang Harus Anda Ketahui

2. Teknik berkomunikasi dengan target pembeli

Materi ini terkait dengan bagaimana cara berkomunikasi dengan pembeli. Biasanya hal ini dilakukan saat mempromosikan barang atau produk yang ditawarkan. Beberapa tips akan disampaikan ditraining ini supaya target pembeli anda bersedia membeli produk yang dijual, misalnya:

  1. Sebelum mempromosikan produk, anda harus menguasai produk yang anda jual terlebih dahulu.
  2. Berbicara dengan ramah dan tidak menggunakan bahasa yang kasar
  3. Menyampaikan keuntungan yang diperoleh pelanggan, jika membeli produk tersebut.

3. Teknik mengidentifikasi respon dari pelanggan

Materi ini mengajarkan cara untuk mengetahui respon konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Ada beberapa cara yang harus dilakukan seperti:

  1. Menawarkan testimoni dari produk yang dijual
  2. Menanyakan secara langsung kepada pelanggan
  3. Menilai perilaku pembeli, seperti apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.

Dalam bidang marketing respon penlanggan sangatlah penting sebab dari itu adalah salah satu cara untuk mengembangkan suatu bisnis apalagi yang bergerak dalam bidang perdagangan.

Baca juga: 5 Tugas Inventory Control Indomaret yang Wajib Kamu Tahu!

4. Cara melayani pembeli

Seperti kata pepatah pembeli adalah raja. Ketika seorang pembeli menyukai produk yang dijual, maka tidak hanya sekali orang tersebut akan datang. Bahkan pembeli tak segan untuk mempromosikan bisnis anda, jika memang cocok dan sesuai dengan selera pembeli.

Hal itu akan terjadi jika pelayanan pelanggan juga baik. Nah dalam training ini juga diajarkan bagaimana melayani pembeli dengan baik. Biasanya sikap dan attitude yang baik sangat diperlukan dalam hal ini. Tips melayani pelanggan dengan baik seperti menggunakan kata-kata yang sopan, tidak menyinggung, dan tidak kasar. Selalu sertakan senyum supaya terlihat ramah, dan tidak memaksa pembeli untuk menambah belanjaan.

5. Cara mengkonfirmasi keputusan pelanggan

Ada beberapa cara dalam mengkonfirmasi keputusan pelanggan seperti melalui surat, telepon, fax atau secara langsung. Nah dikarenakan Indomaret merupakan waralaba yang lebih sering melakukan kontak langsung dengan pelanggannya. Maka dari itu cara mengkonfirmasi keputusan pelanggan dilakukan secara langsung.

Biasanya anda akan menemukan hal ini saat berada di kasir. Kasir akan menanyakan pada anda apakah anda hanya membeli produk ini atau ditambah dengan produk promo yang ditawarkan.

Dalam training ini calon pegawai baru juga diajarkan bagaimana mengkonfirmasi keputusan pembelian pelanggan dengan cara yang baik. Seperti, tidak boleh memaksa dan menanyakan dengan kata-kata yang sopan.

Baca juga: Penasaran Tugas Helper Indomaret Seperti Apa? Ternyata Begini

6. Tips mempersiapkan penampilan fisik dan mental saat melayani pembeli

Penampilan fisik dan mental saat melayani pembeli memang sangat diperlukan. Hal ini juga berguna untuk menarik pelanggan supaya datang lagi. Biasanya pelanggan akan melakukan keluhan saat membeli produk. Nah training disini diperlukan untuk memberikan respon yang baik ketika terdapat keluhan.

Dalam hal ini, mental yang kuat sangat diperlukan. Melatih bagaimana tetap sabar dan ramah ketika banyak keluhan dari pelanggan. Selain itu penampilan fisik juga diperlukan, bayangkan saja jika pegawai yang bekerja tidak rapi atau acak-acakan. Pelanggan akan enggan untuk datang lagi.

materi training indomaret

Materi lainnya yang diajarkan dalam training sebagai berikut:

  1. Teknik administrasi pelayanan produk
  2. Meningkatkan penjualan dengan menemukan peluang baru dari pembeli
  3. Cara menerima keluhan pelanggan dengan baik
  4. Trik menangani dan memecahkan keluhan permasalahan yang disampaikan pelanggan
  5. Cara stock opname
  6. Desain layout rak minimarket yang baik dan benar
  7. Tips purchasing produk kepada supplier

Disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu materi-materi sebelum training dimulai, supaya anda tidak kesulitan dalam training nantinya.

Tak hanya penyampaian materi tentang training namun pihak indomaret juga mengadakan sedikit game untuk melatih mental calon karyawan baru. Tak hanya itu, game diadakan supaya karyawan tidak bosan dan mengantuk saat penyampaian materi.

Bagaimana Proses Training di Indomaret?

Proses training di Indomaret terdapat dua bagian yang ditujukan pada calon pegawai baru dan pegawai lama. Bagi calon pekerja baru training akan dilakukan sekitar 9-14 hari. Selama itu anda harus menunjukkan keahlian anda sesuai dengan pekerjaan yang anda tuju.

Diambil contoh kasir atau pramuniaga. Training kasir atau pramuniaga akan berfokus dalam bidang marketingnya, seperti berikut:

  1. Mempromosikan barang yang dijual
  2. Melakukan pengecekan barang yang tersedia dan terjual
  3. Menata/Mendisplay produk dari distributor ke gudang persediaan.
  4. Melakukan uji coba. Uji coba inilah yang akan menentukan anda lolos aatu tidak.

Sedangkan untuk pegawai lama, training dilakukan untuk karyawan yang memiliki kinerja kurang baik diperlukan training lagi. Training ini pun disesuaikan dengan posisinya seperti:

  • Pramuniaga : Menata/Mendisplay barang, Menjaga kebersihan toko dan Mempromosikan produk dan barang.
  • MD : Mengecek barang persedian di gudang dan Stock opname.
  • Asisten kepala toko : Mengontrol barang yang masuk dan keluar, Mengecek pendapatan dan pengeluaran sales sehari-hari, dan Melaporkan kepada kepala toko.
  • Kepala toko : Mengontrol semua kinerja para karyawan yang berada dibawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *