Pengalaman Berwirausaha KPOP Stuff, Sampai Buat Stuff Sendiri!

By | Maret 13, 2020

Berwirausaha KPOP stuff merupakan pilihan lain untuk menambah pengalaman saya di dunia perdagangan. KPOP Stuff merupakan barang yang cukup diminati oleh penggemar KPOP. Berikut adalah pengalaman berwirausaha KPOP stuff versi saya.

1. Alasan Berwirausaha KPOP Stuff

kpop stuff

Alasan berwirausaha tentu sangat penting karena bisa membantu selama proses berjualan berlangsung. Saya memilih berwirausaha KPOP stuff karena banyak diminati oleh penggemar KPOP. Para fangirl atau fanboy biasanya akan berusaha untuk mengoleksi barang yang berkaitan dengan idola mereka.

Keragaman jenisnya juga menjadi alasan bagi saya memilih KPOP stuff untuk bahan jualan. Untuk kalian yang belum tahu, KPOP stuff itu diantaranya ada handbanner atau slogan, cup holder, handfan, keyring, pouch, stiker, bookmark, dan masih banyak lagi. Gimana? banyak sekali kan jenisnya?

2. Promosi Selama Pre-Order

kpop stuff

Untuk KPOP stuff, biasanya saya jualannya pakai sistem PO bukan ready stock. Kenapa? karena menurut saya sistem PO lebih efektif untuk meminimalisir kelebihan barang. Ya, walaupun jika ada kelebihan barang bisa dijual juga.

Cara promosinya cukup mudah. Saya bisa mempromosikan melalui akun-akun menfess dan fanbase. Selain itu saya juga biasanya mempromosikan melalui iklan di instagram dan menurut saya ini efektif juga.

Tapi, ada cara paling ampuh nih menurut saya yaitu menjadi sponsor di suatu event. Cara ini mungkin tidak secara langsung memberi keuntungan. Tapi dengan menjadi sponsor, logo olshop saya nantinya akan dipajang di poster event tersebut dan akan dilihat oleh banyak orang. Jadi bisa mendapat keuntungan di masa mendatang.

3. Membuat KPOP Stuff Sendiri

Pembuatan KPOP Stuff akan saya beri contoh untuk beberapa jenis saja. Yang akan saya beri contoh adalah pembuatan cupsleeve, stiker, dan bookmark.

a. Pembuatan Cupsleeve

kpop stuff

Bagi pembaca yang belum tahu, cupsleeve merupakan pelengkap yang akan menutupi sebagian sisi cup tersebut. Cupsleeve ini biasa digunakan saat event ulang tahun dari idol. Jadi jika saya  mendapat pesanan cupsleeve biasanya dalam jumlah banyak karena untuk suatu event.

Cara membuatnya yaitu pertama saya buat desainnya dulu. Untuk desain saya perlu wajah idolnya dan biasanya saya cari di sosial media. Dalam penggunaan foto idol perlu diingat jangan pakai foto dari fansite untuk menghindari konflik.

Setelah dapat fotonya, saya hapus background.-nya. Oh iya untuk desain biasanya saya memakai software coreldraw. Di page berbeda saya akan mendesain untuk background cupsleevenya. Setelah backgroundnnya selesai, saya menambahkan foto idol yang background-nya sudah dihapus tadi.

Setelah background dan wajah idol di page yang sama, selanjutnya saya tambahkan tulisan nama idol. Tulisannya bisa ditulis bebas, bisa memakai huruf biasa atau pakai tulisan hangul. Setelah namanya, saya juga menambahkan tanggal lahir si idol tersebut karena biasnya untuk event ulang tahun.

Setelah desain nya selesai, saya export menjadi file png. Saya akan mulai print cupsleeve tersebut, biasanya menggunakan kertas AC260. Setelah di print, saya akan memulai mengguntingnya sesuai pola. Cupsleevepun jadi.

b. Pembuatan Stiker

kpop stuff

Stiker merupakan contoh kedua yang akan saya ceritakan cara pembuatannya. Saya merasa stiker adalah salah satu kpop stuff kecil yang dibeli hanya untuk koleksi. Sayapun begitu, beli stiker tapi stikernya tidak pernah ditempel.

Sebenanrnya cara nya mirip dengan pembuatan cupsleeve hanya saja berbeda di kertas dan pembuatan stiker tidak terlalu rumit. Pertama, mencari bahan foto idol di media sosial. Setelahnya, kita ambil penampakan wajahnya saja dan menghapus backgroundnya.

Cara selanjutnya, yaitu menyusun wajah-wajah tersebut di kerta ukuran A5 di aplikasi coreldraw. Jadi, untuk stiker kita menggunakan banyak foto untuk variasi. Jika kalian punya kemampuan punya fanart mungkin bisa digunakan disini. Tapi, saya tidak bisa jadi cukup pakai foto asli saja.

Setelah semua rapih tinggal di print. Kertas yang biasa saya gunakan yaitu ukuran A5. Jenis kertasnya disebut kertas stiker hvs a5. Satu kertas biasanya bisa muat 9 atau 12 foto. Tapi saya biasanya buat 12 biar banyak. Stikerpun siap dipasarkan.

c. Pembuatan Bookmark

kpop stuff

Bookmark merupakan penanda sudah dimanakah bacaan kita. Biasanya bookmark ini ukurannya panjang dan terdiri dari beberapa kotak. Kotak-kotak tersebut nantinya diisi oleh foto idolnya.

Membuat desain untuk bookmark cukup mudah karena banyak aplikasi yang menyediakan fitur ini seperti canva, picsart, dan sebagainya. Saya biasanya menggunakan canva karena desainnya sudah disediakan dan tinggal memasukan fotonya.

Tapi jika ingin menggunakan desain sendiri, biasanya saya menggunakan corel draw. Satu bookmark saya biasanya membuat 3 kotak. Setelah selesai tinggal print dan mengguntingnya.

Bookmark sudah jadi, cepat kan?

4. Distribusi KPOP Stuff

kpop stuff

Penyebaran barang-barang yang telah saya buat bisa pakai sistem COD atau pengiriman biasa. Tapi, kebanyakan menggunakan sistem yang biasa karena lokasinya jauh dari saya. Pengiriman biasa yang saya maksud adalah pengiriman melalui jne, j&t, pos, atau yang lainnya.

Saya juga biasanya melalui perantara Shopee untuk memakai kurir-kurir tersebut karena bisa gratis ongkos kirim. Selain itu, saya pikir para pelanggan akan merasa lebih nyaman dan aman jika melalui pihak ketiga. Untuk packing nya saya menggunakan bubble wrap dan plastik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *