Pengalaman Berwirausaha Album KPOP, Menguntungkan? Simak!

By | Maret 13, 2020

Berwirausaha album KPOP menjadi pilihan yang tepat untuk menambah pemasukan. Banyak orang mulai menyadari bahwa KPOP sangat berpengaruh di negeri ini dilihat dari penggemarnya yang terus bertambah. Berikut adalah pengalaman berwirausaha album KPOP versi saya.

1. Alasan Berjualan Album KPOP

album kpop

Saya berjualan album KPOP dari tahun lalu, memang belum lama. Awalnya, saya berpikir bahwa sebagai seorang kpopers bukankah saya harus menghasilkan uang dari bidang yang saya sukai? Dari pemikiran tersebutlah saya memulai karir ini.

Alasan lain adalah seiring bertambah usia, saya jadi malu untuk meminta uang pada orang tua hanya untuk menambah koleksi pribadi. Intinya, saya ingin menghasilkan uang dari apa yang saya sukai. Pemasukan ada, hobi-pun tetap bisa lanjut.

2. Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

album kpop

Berjualan album KPOP tidak terlalu banyak yang disiapkan. Salah satu yang terpenting adalah punya modal berupa uang. Terus gimana kalau misalnya ga punya modal? Cukup mudah, saya dulu sebelum berjualan secara pribadi, saya dropship album dari orang lain dulu.

Buat kalian yang belum tahu, jadi sistem dropship itu, ibaratnya bantuin orang lain jualan. Jadi nantinya kita cukup promisikan itu barang dengan menaikkan harga. Nah kita ngambil keuntungan dari selisih harga tersebut.

Uang menjadi modal penting karena dari pengalaman saya, uang tersebut buat nalangin pembayaran ems atau ongkos kirim Korea-Indonesia dulu. Karena saya menggunakan sistem dp di penjualan yang sekarang.

3. Cara Jual Album KPOP

album kpop

Lalu gimana cara jual album kpop biar ada yang pesan? Nah, awal-awalnya saya juga cukup bingung dalam mempromosikannya karena kenalan saya di dunia per-KPOP-an belum terlalu banyak. Mulailah saya melakukan riset pasar.

Setelah cari sana-sini ternyata ada beberapa cara yang sering dilakukan oleh online shop besar sebagai promosi. Cara pertama yaitu paid promote di akun fanbase besar. Saya pernah mengikuti cara yang pertama ini.

Sebelum memakai jasa paid promote mereka, saya terlebih dahulu menanyakan biayanya ke beberapa fanbase. Setelah itu, barulah saya memutuskan memakai jasa paid promote yang mana, pastinya harganya tidak bikin saya rugi. Oh iya, faktor penting lainnya adalah kalian harus minta traffic pengunjung di fanbase tersebut.

Kan cara pertama tadi biasanya di Instagram, nah cara kedua ini biasa dilakukan di twitter. Yap, kirim menfees ke fanbase auto menfess. Tips dari saya, pastikan kalian promosi barang sesuai dengan grupnya, misal barang CIX ya promosinya juga ke akun menfess CIX.

4. Proses Pembelian Album KPOP dari Korea Melalui Website

album kpop

Ini mungkin yang paling buat kalian penasaran yaitu dimana tempat pembelian album KPOP. Selama saya berjualan album KPOP, saya tahunya ada tiga tempat untuk pembelian album KPOP yaitu di website, fansite, dan seller korea atau store langsung.

Dari ketiga tempat tersebut saya baru sempat mencoba dua yaitu di website dan seller korea. Untuk websitenya kalian bisa memilih diantaranya ada gmarket, ktown4u, 11street, atau di website agensi masing-masing. Saya biasanya di ktown4u atau gmarket.

Pembeliannya cukup mudah, dulu untuk pembayarannya saya siapkan akun paypal atau jenius. Kalau kalian tidak punya keduanya, kalian bisa menggunakan jasa transfer won. Selanjutnya, mengunjungi laman tersebut, memilih album mana yang akan dibeli, kemudian  masukkan data diri dan alamat, lalu melakukan pembayaran.

5. Proses Pembelian Album KPOP dari Korea Melalui Seller Korea

album kpop

Untuk pembelian album, kalian juga bisa melalu seller korea. Dari pengalaman saya, kelebihan beli di seller korea itu biasanya lebih murah tapi risikonya tinggi. Kenapa risiko tinggi? Karena sekarang sering dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan.

Jadi bagaimana cara beli di akun seller korea? Kalian bisa cari di twitter atau kebanyakan sih di kakaotalk. Carinya pakai keyword “nama grupnya + album” tapi dalam hangul. Terus nanti muncul yang jual.

Cara milih seller nya biasanya saya lihat dari jumlah follower tapi ini tidak terlalu membantu karena biasanya seller korea itu cuma pakai akun sekali pakai. Cara kedua yaitu minta bukti pembayaran dari website yang dilakukan si seller korea itu.

Terus, kamu suruh dia nulis nama kamu dan memfotonya barengan dengan bukti pembayaran dari website. Kalau, seller ga bisa lakuin yang kamu minta, kamu wajib curiga. Dan kamu wajib cek apakah rekening si seller ini aman apa tidak ke web https://cyberbureau.police.go.kr/

6. Distribusi Pemasaran ke Customer

album kpop

Proses distribusi dari pihak pertama biasanya dilakukan sekitar 7 hari setelah tutup po. Kemudian barulah dikirim ke Indonesia. Pengiriman Korea-Indonesia nya sebenarnya tidak lama, hanya saja pemeriksaan cukai lah yang cukup memakan waktu. Saya mengerti hal itu karena untuk mencegah seperti adanya penyelundupan dan hal negatif lainnya.

Jadi, menurut pengalaman saya album itu akan sampai rumah saya sekitar 2 minggu setelah pengiriman dari tangan pertama. Nah, barulah disini saya sibuk untuk packing dan menyiapkan link checkout shopee untuk pelunasan.

Saya biasanya mengirimkan barang melalu Shopee karena pelanggan saya menyukai voucher gratis ongkirnya. Untuk packing album yang aman biasanya saya menggunakan bubblewrap, dus sesuai ukuran album, dan tube untuk poster. Kemudian mengirimkannya kepada customer.

One thought on “Pengalaman Berwirausaha Album KPOP, Menguntungkan? Simak!

  1. kusnardi

    Aku mitak ganti akun karena aku akun aku di belokir sama temana aku

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *