15 Daftar Game yang Bisa Menghasilkan Uang Terbaru 2020, Sampai Puluhan Juta loh!

Bermain game kerap kali dianggap sebagai pekerjaan buang-buang waktu dan tidak produktif. Pasalnya kalau sedang bermain game seseorang akan sanggup menghabiskan banyak waktunya di depan PC atau HP untuk menyelesaikan game tersebut.

Bahkan tak sedikit yang menganggap bermain game hanya buang-buang duit lantaran banyak gamers yang tak berpikir dua kali untuk membeli item, equipment, skin, dan lainnya yang harganya tentu tidak murah. Padahal kalau duit yang dipakai buat beli item itu digunakan untuk hal yang lain, bukan mustahil akan terbeli satu unit sepeda motor yang manfaatnya lebih terlihat nyata.

daftar game yang bisa menghasilkan uang
kini gamer profesional bukan lagi profesi yang dipandang sebelah mata

Akan tetapi, stigma bermain game hanya buang-buang waktu itu kini tidak berlaku lagi, khususnya bagi mereka yang pandai melihat peluang untuk menghasilkan uang dari bermain game. Ya, bermain game juga ternyata bisa menghasilkan uang. Kok bisa?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Game?

Tentu tak semua game bisa menghasilkan uang. Pun juga tidak semua orang yang bermain game akan otomatis mendapatkan uang dari apa yang mereka mainkan. Untuk itu, sebelum memaparkan daftar game yang bisa menghasilkan uang, akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana sih cara menghasilkan uang dengan bermain game?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang gamer profesional untuk meraup pundi-pundi uang dengan bermain game, di antaranya:

1. Real Money Trading (RMT)

Sederhananya RMT adalah proses jual beli barang di dalam game seperti item, equipment, dan sebagainya yang dilakukan dengan uang nyata. Semakin langka dan semakin canggih barang yang diperjual-belikan semakin mahal pula harganya. Tentu tak sembarang gamer yang bisa memiliki item tersebut.

2. Ikut Turnamen

Popularitas game di Indonesia kian hari kian luar biasa. Bahkan Turnamen Piala Presiden untuk beberapa kategori game sudah rutin dilaksanakan. Hadiahnya pun bisa mencapai miliaran rupiah.

Tapi tentu hanya gamer profesional dan punya jam terbang tinggi yang bisa memenangkan kompetisi atau turnamen seperti itu.

3. Menjadi Joki

Tidak diragukan lagi game telah digandrungi lintas kalangan, usia, dan profesi. Tak sedikit dari mereka yang ingin naik level tapi karena malas atau tak punya waktu akhirnya menggunakan jasa joki. Nah, para pro player kerap memanfaatkan kondisi ini dengan membuka jasa joki yang tentunya bisa menghasilkan uang bagi mereka.

4. Live Streaming dan Channel Gaming

Orang-orang saat ini tak cuma suka bermain game tapi juga suka menonton orang lain bermain game. Oleh sebab itu, para gamer profesional ramai-ramai memanfaatkan platform seperti Youtube dan Facebook untuk membagikan momen-momen saat mereka bermain game. Semakin banyak yang menonton semakin besar pula pendapatan yang bisa didapatkan.

Untuk kamu yang memutuskan untuk membuat channel youtube gaming, ini beberapa ide yang bisa kamu coba:

  • Gunakan komentar yang menghibur dan tambahkan efek yang membuat video mu lebih kece dan keren seperti yang “Nightblue3” lakukan
  • Rekam permainan yang populer seperti Gary’s Mod atau Fortnite dengan teman temanmu, seperti yang dilakukan VanossGaming
  • Ajari orang orang untuk bermain game dengan memberikan panduan, tutorial, penjelasan mengapa harus demikian seperti yang Metaphor buat
  • Buatlah review game baru dan bantu orang orang untuk memilih game yang cocok untuk mereka beli seperti Joseph Anderson lakukan

5. Buat dan Jual Gamers Merchandise

Jika kamu pintar melihat peluang, maka kamu bisa saja menjual barang barang merchandise game yang sedang trending. Banyak loh gamers yang mau beli!!!

Tapi jika kamu memilih cara ini untuk memperoleh uang, maka pada dasarnya kamu memulai bisnis. Setelah mau menentukan ide produknya/merchandise game yang ingin kamu jual, kamu bisa mencoba untuk dropship dari toko orang lain. Kamu bisa mencari di market place besar dan kemudian tawarkan kepada temanmu – orang lain yang gamers.

6. Farming di game

Cara ini termasuk cara lama. Iyya, beberapa game kamu bisa melakukan yang namanya “farming” untuk memperoleh gold (mata uang di game). Gold tersebut nanti kamu bisa jual ke teman game seperjuangan mu dengan harga yang disepakati. Pengalaman  pribadi saya dulu, jualan Gold Game Dragon Nest ke teman, 20ribu 1000Gold, kan lumayan tuh buat makan dan bayar warnet, hehehe….

Tapi sekarang mungkin cara ini sudah tidak terlalu trend mengingat game sudah banyak berevolusi.

15 Daftar Game yang Bisa Menghasilkan Uang [Update 2020]

Sekarang kamu paham kalau game itu bisa jadi pekerjaan sampingan, bahkan pekerjaan utama. Buat kamu yang sudah punya pekerjaan dan ingin menambah penghasilan, kamu bisa mencoba bermain game di bawah ini. Berikut daftar game yang bisa menghasilkan uang baik melalui PC maupun android:

1. SecondLife

game
Sumber: Google Image

Ini adalah salah satu situs  online gaming terbesar. Ada rumor yang bilang kalau Anshe Chungthe menjadi millioner dengan memainkan game ini. Situs ini memiliki lebih dari 2 juta pengguna aktif yang berhadapan satu sama lain dengan menggunakan wajah akun avatar masing masing (Karakter 3D).

Real estate trading (membeli dan menjual properti virtual) adalah yang paling sering dimainkan di situs ini. Di samping itu, kamu bisa melakukan aktifitas lain seperti membuat dan menjual konten, gadget, membuat konser dan banyak lagi. Situs ini menggunakan bahasa Inggris.

2. Wealth Words

Sumber: Google image

Kamu suka bermain game otak seperti trivia, scrabble or permainan kata kata? Jika iyya, kamu tentu juga akan menyukai game satu ini. Gamw Wealth Words akan memberi mu hadiah spesial jika kamu benar benar bisa menjawab pertanyaan dan memecahkan kuis nya.

Ini adalah jenis permainan teka teki silang (TTS) online yang bisa menghasilkan uang.

Kira kira apa sih yang membuat game ini beda dengan game lainnya? Ya, game ini bisa kami akses secara online, beda dengan TTS model lama yang hanya bisa kamu isi di kertas. Game ini juga memberi kesempatan kepada pemain untuk memenangkan hadiah 30 juta rupiah.

Syarat bermain game ini adalah berumur di atas 18 tahun. Di samping itu jangan lupa kalau game ini full English, jadi kamu juga harus tahu bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan TTS online ini.

3. Swagbucks

game
Sumber: Google Image

Swagbucks awalnya adalah program yang memberi hadiah kepada orang orang yang menggunakan mesin pencari Swagbuck. Nah seakrang, perusahaan mengubahnya jadi situs baru dan program baru.

Di Swagbucks, kamu bisa memperoleh uang dengan melakukan beberapa hal di situs tersebut, salah satunya dengan bermain game. Jenis game yang ada di situs tersebut adalah permainan kata kata dan arcade.

Caranya simple, kamu bebas memainkan game apapun dan kamu akan memperoleh kredit “Swagbucks”. Selain bermain game, kamu juga bisa melakukan hal lain untuk menambah kreditmu seperti melakukan survey, referral dan lainnya.

Nantinya, kredit yang kamu dapatkan bisa ditukar dengan Amazon gift cards, coupon codes and dan beberapa hadiah spesial lainnya, atau kamu juga bisa menukarnya menjadi uang cash yakni melalui PayPal. Situs ini menggunakan bahasa Inggris.

4. PaidGamePlayer

game

Ini adalah situs online berbasis kontes. Di situs ini, ada lebih dari 25 permainan yang bisa kamu coba. Di sini kamu akan bermain melawan pemain lain (berkompetisi) di permainan menarik seperti Zuma, Bejeweled 2 dan lainnya.

Tujuan utama game ini adalah dimana pemain bisa menjadi pemenang. Kamu akan diberi kompensasi setiap kali memenangkan pertandingan. Namun, kamu harus membayar biaya keanggotaan jika kamu mencoba untuk “upgrade” akun. Namun jika kamu tidak ingin upgrade, tidak ada masalah, kamu masih bisa bermain dan memenangkan hadiah.

$250,000+  adalah jumlah cash yang diberikan tiap hari oleh situs ini. Bukan hanya game, tapi kamu bisa melakukan hal lain seperti survey, mereview games, mencoba produk mereka dan banyak lagi. Situs ini menggunakan bahasa Inggirs.

5. Mobile Premiere League (MPL)

menghasilkan uang lewat game
Mobile Premiere League

Mobile Premiere League (MPL) adalah kumpulan dari beberapa game arcade. Nantinya para pemain akan bertanding dan yang memperoleh poin tertinggi berhak mendapatkan hadiah berupa Diamonds.

Berkat kerjasama dengan Gopay, Diamonds yang didapatkan dari MPL ini bisa ditukarkan dengan saldo Gopay, lho. Jadi pastikan akun Gopaymu sudah terhubung dengan akun MPLmu sebelum mulai bermain.

6. Pro Evolution Soccer (PES)

menghasilkan uang lewat game
Pro Evolution Soccer

Bagi kamu yang hobi bermain bola atau suka menonton bola pasti tidak asing dengan game yang satu ini. Bahkan saking populernya game ini termasuk ke dalam salah satu pertandingan E-Sports pada Asian Games 2018 kemarin.

Kamu bisa mendapatkan uang dari bermain game ini dengan mengikuti turnamen atau juga menyiarkan momen-momen saat kamu bermain melalui channel gaming yang kamu miliki.

7. Clash of Clans (COC)

menghasilkan uang lewat game
Clash Of Clans

COC pernah jadi game paling digandrungi sebelum Mobile Legends dan PUBG datang menyerang. Namun sampai saat ini tidak sedikit lo yang masih setia dengan game ini. Kamu bisa mendapatkan uang dari game ini dengan menjual akunmu ketika sudah mencapai level tertentu.

8. Fortnite

menghasilkan uang lewat game
Fortnite

Penggemar game battle royale pasti tidak asing dengan game yang bisa dimainkan melalui android maupun PC ini. Pada Maret 2019 Fortnite tercatat telah memiliki lebih dari 250 juta pemain di seluruh dunia. Tak heran banyak gamer profesional yang mengikuti kompetisi Fortnite atau membagikan video mereka di platform Youtube.

Bahkan seorang remaja di Amerika Serikat bernama Kyle Giersdorf kaya mendadak setelah berhasil memenangkan turnamen Fortnite internasional dan berhak atas hadiah senilai USD 3 juta atau setara Rp 42 milliar lebih.

9. PlayerUnknown’s Battlegorunds (PUBG)

menghasilkan uang lewat game
PUBG

PUBG merupakan saingan utama Fortnite dalam game battle royale. Akan tetapi, PUBG memiliki grafik dan visual lebih realistis dibanding Fortnite. Tak heran untuk memainkan game ini dibutuhkan handphone yang memadai.

Kamu bisa menghasilkan uang dengan bermain PUBG melalui banyak cara seperti mengikuti turnamen resmi, streaming di berbagai platform, hingga membuka jasa joki untuk naik level. PUBG juga tersedia dalam versi PC namun sayangnya tidak gratis seperti versi Android.

10. Garena Free Fire

menghasilkan uang lewat game
Garena Free Fire

Game battle royale yang satu ini bisa jadi tidak sepopuler Fortnite ataupun PUBG. Namun jangan salah, game ini juga bisa menghasilkan uang untuk para pemainnya. Bahkan Garena Free Fire menjadi salah satu cabang lomba dalam turnamen E-Sports Piala Presiden.

11. Dota 2

menghasilkan uang lewat game
DOTA 2

Tidak ada yang bisa mengalahkan popularitas Dota 2 untuk kategori MOBA alias Multiplayer Online Battle Arena. Bahkan Dota 2 juga masuk dalam salah satu daftar game yang dipertandingkan pada Asian games 2018 silam.

Selain melalui turnamen resmi dan streaming video bermain game, kamu juga bisa menghasilkan uang melalui game ini dengan menjual item, equipment, dan lainnya yang kamu miliki.

12. Mobile Legends: Bang Bang

menghasilkan uang lewat game
Mobile Legends: Bang Bang

Sama seperti Dota 2, popularitas Mobile Legends (ML) pun tak diragukan lagi. Kamu bisa menghasilkan uang dari game Mobile Legends dengan mengikuti turnamen, streaming, hingga menjual akun. Tak jarang banyak yang ingin membeli akun ML yang sudah mencapai rank tertentu dengan harga yang cukup mahal.

Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa joki menaikkan rank. Jika kamu betul betul player pro, maka Jasa Joki adalah yang paling cocok untuk kamu. Biasanya harga yang dipatok tergantung tier ranknya dan berapa bintang yang dibutuhkan.

13. Ragnarok M: Eternal Love

menghasilkan uang lewat game
Ragnarok M: Eternal Love

Game yang satu ini sangat populer untuk kategori MMORPG alias Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Kamu bisa menghasilkan uang dengan cara streaming, menyediakan jasa joki, hingga menjual zeny (mata uang dalam game ragnarok) yang kamu miliki.

14. Black Desert Mobile

menghasilkan uang lewat game
Black Desert Mobile

Game kategori MMORPG ini tadinya hanya bisa dimainkan melalui PC namun saat ini versi androidnya sudah tersedia dan diminati banyak orang. Game ini juga bisa menghasilkan uang untuk para pemainnya, bahkan salah seorang gamer diberitakan berhasil meraup Rp 22 juta dengan menjual karakter dalam game ini.

15, Warspear Online

Game MMORPG ini yang dulu saya pribadi mainkan. Size game nya terbilang kecil dan bisa dimainkan di hp android. Kuota data yang diambil pun sangat sedikit mengingat grafis game ini tidak begitu memuaskan. Game ini tentu tidak mengutamakan grafis, tapi lebih kepada item item rare yang bisa diperjual belikan setelah masuk dungeon. Yang paling penting adalah anda harus jadi pro player, buat party dan masuk dungeon untuk memburu harta karun yang jika dijual harganya lumayan mahal. Ini 3 alur utama untuk dapat uang dari game ini:

  • farming > dapat item > jual dan jadi gold > jual gold id group facebook warspear online indonesia
  • leveling up akun > jual akun di grup yang sama
  • trading barang di game

Game ini bisa secara gratis dimainkan dan anda bisa langsung download dari Google dengan mengetik “warspear online”. Coba deh!

Tips Menghasilkan Uang dengan Bermain Game

Masih banyak lagi game lainnya yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah buat kamu. Namun hanya sekedar memainkan game tersebut tidak serta merta akan membuat mu kaya mendadak. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menghasilkan uang dengan bermain game:

  1. Pelajari game yang akan dimainkan melalui internet agar kamu semakin memahami dan mengetahui trik-trik khususnya
  2. Jangan cepat bosan karena menjadi profesional gamer bukanlah pekerjaan mudah
  3. Ikuti dan pelajari bagaimana seorang pro player Hal ini bisa kamu lakukan dengan menonton channel Youtube mereka.
  4. Pilih game yang sesuai dengan passion kamu agar kamu juga bisa menikmati saat memainkannya.

Tinggalkan komentar