Pengalaman Bekerja di Perusahaan Game, Seruu!!

Siapa yang tidak senang bermain game? Menghabiskan waktu untuk menamatkan suatu game atau bermain bersama teman memang sangat menyenangkan. Banyak perusahaan game di dunia, seperti Activision, Ubisoft, Blizzard, dan lainnya. Apakah kamu pernah bercita-cita menjadi salah satu karyawan disana?

Game saat ini tidak hanya menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu, namun bisa menjadi mata pencaharian. Terlebih banyak jenis pekerjaan baru seperti influencer, streamer, esport player dan esport manajer. Pekerjaan ini muncul seiring bertambah besarnya industri game di Indonesia. Sayapun berkesempatan bekerja disalah satu perusahaan game di Indonesia.

Baca Juga:  Pengalaman Kerja di Shopee, Ini Ceritaku Bekerja Di Sana!

a bekerja di perusahaan game?

Awalnya saya mendapatkan info bahwa perusahaan game ini membutuhkan karyawan dan saya mencoba untuk melamar. Berbekal CV dan pengalaman organisasi pun saya memberanikan diri, karena saat itu saya merupakan fresh graduate, sehingga belum ada pengalaman kerja. Seperti rekrutmen perusahaan pada umumnya, saya harus mengikuti beberapa tahapan seperti tes dan wawancara.

Saya sangat beruntung, hanya perlu waktu beberapa minggu, akhirnya saya diterima di perusahaan dan ditetapkan sebagai karyawan sekitar empat tahun lalu. Pekerjaan pertama saya adalah mengurus event yang diadakan secara offline di Jakarta. Berkenalan dengan tim lapangan dan mengatur jadwal event yang diselenggarakan, tidak lupa memastikan semua perlengkapan dan tempat event tidak ada masalah.

Baca Juga : Pengalaman Kerja di Tokopedia, Penasaran? Ini Rasanya!

Apa saja pekerjaannya?

Tentu mengembangkan game tersebut menjadi game terbaik dan terbesar. Baiknya suatu game umumnya dilihat segi kualitas game dan juga kuantitas pemain. Bagusnya gambar dan kesesuaian dengan perangkat, adalah salah satu poin dalam menentukan kualitas game. Jumlah pemain yang bermain juga berperan dalam menentukan keberhasilan game, semakin banyak pemain maka semakin bagus game tersebut.

Banyak cara untuk mengembangkan game, seperti membentuk komunitas yang solid, mengadakan event besar setingkat nasional dan internasional. Disamping itu setiap hari kita mendengar setiap keluhan dan feedback dari pemain. Dari hal tersebut kita mengolah dan implementasikan kedalam game berupa patch terbaru atau bahkan event komunitas.

Bagaimana bila event diadakan diluar kota atau bahkan luar negeri? Inilah kelebihan bekerja di perusahaan game, kita akan diterbangkan ke tempat event diadakan dan semuanya ditanggung oleh perusahaan. Menyenangkan sekali bisa bekerja sekaligus jalan-jalan. Selain itu, kita juga berkesempatan berkenalan dengan esport player dan bekerja bersama mereka.

Perusahaan game memang sangat mendukung esport di Indonesia agar bisa menjadi yang terbaik. Ditambah pemerintah saat ini sedang membidik ekonomi kreatif untuk memperkuat ekonomi Indonesia. Banyaknya arus uang yang terjadi pada industri ini diakui oleh jajaran elit di Indonesia. Ditambah menteri ekonomi kreatif yang dipimpin oleh Wishnutama menjadi sinyal sangat positif karena beliau berasal dari industri hiburan.

Baca Juga : Pengalaman Kerja Di Kapal Pesiar, Enak? Ini Rasanya!

Bagaimana suasananya di perusahaan game?

Karyawan perusahaan game didominasi oleh anak muda, rata-rata umur karyawan disini dibawah tiga puluh tahun. Hal ini membuat suasana kerja tidak canggung, karena antar karyawan tidak ada gap umur yang terlalu jauh. Meja yang digunakan di perusahaan ini bukan yang berbentuk kubikal, sehingga kita mudah berinteraksi dengan karyawan lain yang duduk di sebelah kita.

Ketika jam istirahat kita biasanya makan bersama di besar, semua departemen biasanya berkumpul disini untuk menyantap makan siang. Perusahaan menyediakan makan siang dan makan malam, sehingga karyawan tidak perlu keluar gedung untuk makan.

Hampir seperti perusahaan startup yang sedang naik daun, antor game juga memberikan keleluasan jam kerja dan desain ruangan yang sangat fresh. Jam kerja yang diterapkan dimulai dari jam sembilan dan berakhir pada jam enam. Disudut ruangan disediakan area untuk bermain seperti Nintendo switch dan juga meja billiard. Snack tray yang selalu terisi di pantry membuat karyawan betah berlama-lama di kantor dan tidak khawatir bila lapar tiba-tiba datang.

Apakah kamu tertarik bekerja di perusahaan game? Tentu sangat menyenangkan bekerja disini. Namun bukan berarti kamu bisa bermain seterusnya, sama seperti bekerja diperusahaan, ada peraturan perusahaan yang harus diikuti. Cobalah kamu mencari info dari teman dekatmu yang senang bermain game, jangan-jangan temanmu malah sudah bekerja disana.

Tinggalkan komentar