Libur di Rumah Membosankan? No, Seru Malah!

Libur telah tiba, hatiiku gembiraaa..!!

Liburan  adalah hal yang paling dinanti dan dibutuhkan semua orang, Setelah penat beraktifitas tubuh dan pikiran perlu libur supaya tidak stres.

Namun, terkadang rasa malas untuk pergi menjadi pemicu untuk lebih memilih liburan di rumah, karena  biasanya musim weekend sejumlah tempat wisata penuh dan perjalanan juga macet.

Alternatifnya adalah liburan di rumah saja, selain tidak perlu repot pergi, salah satu serunya liburan dirumah adalah family time.

Yap, waktu keluarga sangat penting. Karena semakin kompak dan dekat dengan keluarga maka akan memberikan energi positif dalam diri sehingga akan jadi lebih bersemangat.

Beberapa kegiatan berikut akan memaksimalkan serunya liburan di rumah. Apa saja?

1. Olahraga

Walaupun bukan pencinta olahraga, tapi karena liburan di rumah, jadilah saya olahraga di rumah bersama keluarga. Seperti bermain bulu tangkis di halaman rumah, dan ternyata seru lho.

Selain bulu tangkis, terkadang juga senam. Karena memang ada kegiatan senam warga di dekat rumah. Kamu juga bisa melakukan bersama keluarga dengan menonton tutorial atau menyewa instruktur. 

Kegiatan ini sangat bermanfaat, tubuh akan terasa lebih ringan untuk beraktivitas keesokan harinya.Yang penting dilakukan dengan cara yang benar.

Pilih olahraga yang ringan sampai sedang saja ya. Jangan olah raga yang terlalu berat, seperti gulat atau tinju, nanti badan malah tambah sakit.

Baca Juga : Pengalaman ikut Yoga dan Pilates, Ini Kesan Pertamaku!

2. Liburan Dengan Bermain

Kalau sedang bangun kesiangan dan tak sempat olahraga, solusi mengatasi kebosanan adalah bermain bersama keluarga. Biasanya saya bermain monopoli, ular tangga, bahkan game online bersama anggota keluarga.

Dan ternyata cukup menyenangkan, bisa seru-seruan bermain game bersama baik online ataupun bukan di rumah, yang penting kebersamaan yang menyenangkan. Tapi jangan sampai lupa waktu ya, supaya selama liburan badan tetap sehat dan senang juga dapat.

Baca Juga : Pengalaman Bekerja di Perusahaan Game, Seruu!!

3. Dekorasi dan Berbenah Ruangan.

Biasanya waktu liburan saya gunakan untuk berbenah dan bersih-bersih sekaligus mendekorasi ulang rumah.

Dengan mengatur tata letak barang dan perabot di rumah. Walaupun barang yang ada itu-itu saja, tetapi dengan penataan yang berbeda akan memberikan nuansa yang baru.

Bisa juga menambah pengharum ruangan, memasang dan mengganti wallpaper dengan nuansa yang berbeda dari sebelumnya.

Yang penting kebersamaan dengan keluarga, sehingga keesokan harinya siap dengan hari baru, ruangan baru dan semangat baru.

4. Nonton Film Bareng

Nah, kegiatan ini adalah liburan yang paling santai. Kalau sedang malas bergerak keluar rumah dan hanya ingin bersantai dihari libur, nobar pun jadi.

Tidak perlu ke bioskop dan antri untuk beli tiket. Cukup di rumah dengan akses internet, bisa streaming atau download di layanan penyedia film, seperti XXI, Netflix, Viu dan lain sebagainya.

Pilih film sesuai selera, terus nonton sambil ngemil. Wah, seru banget lho. Bisa nonton kapanpun di rumah, nangis bareng dan ketawa bareng keluarga. Masalah seolah terlupakan sejenak.

5. Masak-masak dan Makan-makan.

Sebagai perempuan saya merasa perlu mumpuni dalam memasak, walaupun sibuk untungnya tetap ada hari libur.

Nah, salah satu serunya liburan di rumah adalah bisa masak dan makan bersama keluarga di rumah. Kegiatan ini paling sering saya lakukan ketika libur di rumah. Karena bisa belajar masak sekaligus makan enak bersama keluarga.

Bisa belajar membuat kue atau jajanan dan juga belajar masakan berat, seperti gulai, soto dan lainnya. Selain kebersamaan, perut juga kenyang.

Baca Juga : Pengalaman Diet dengan Oatmeal, Ini Hasilnya, Di Luar Dugaan!

6. Berkebun

Siapa yang tidak suka melihat rumah yang dihiasi dengan tumbuhan segar dan indah. Mata terasa sejuk kalau melihat rumah bernuansa sejuk dan segar, seolah mencerminkan iklim Indonesia, yaitu negara tropis.

Serunya liburan di rumah saya bisa manfaatkan waktu libur untuk berkebun, menanam berbagai bunga untuk memperindah rumah atau menanam sayuran yang bisa di petik dan dinikmati untuk makan sehari-hari.

Selain mempercantik rumah, berkebun juga melatih kesabaran dan ketelatenan.  Dan memberikan kepuasan tersendiri ketika tanaman yang kita tanam akhirnya berbuah atau berbunga.

7. Membaca

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di hari libur tidak lain adalah membaca.  Membaca buku-buku favorit dihari libur sering saya lakukan. Seperti membaca novel, komik, atau buku-buku fiksi lainnya.

Sensasi membaca buku yang seolah membuat saya berpetualang merasakan apa yang ditulis di dalam buku tersebut. Apalagi ketika membaca komik, terkadang bisa sampai lupa waktu, karena keasyikan.

Biasanya saya membaca sendirian, namun terkadang juga bersama teman atau anggota keluarga. Kami saling bertukar ekspresi dan opini saat membaca, sehingga sangat menyenangkan.

8. Ajak Teman ke Rumah dan Berkreasi Bersama.

Serunya liburan di rumah bukan hanya bisa dirasakan bersama keluarga saja melain juga bisa dilakukan bersama teman-teman.

Ajak teman-teman ke rumah dan lakukan kegiatan-kegiatan di atas yang bisa dilakukan bersama. Sehingga keluarga juga akan mengetahui dan mengenal teman-teman kamu.

Saya sesekali juga mengajak teman-teman kampus ke rumah untuk memasak ataupun kegiatan lain.

Alhasil, pertemanan semakin akrab dan semakin dekat dengan keluarga. Sehingga keluarga juga merasa tenang, karena sudah mengenal dan mengetahui lingkungan pertemanan saya.

Dan pastinya suasana rumah lebih terasa ramai dan menyenangkan, bisa seru-seruan di rumah.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa memaksimalkan serunya liburan di rumah bersama keluarga dan teman-teman.

Jadi, liburan di rumah bukan berarti hanya bisa diam dan bengong nonton TV, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, contohnya beberapa diatas dan masih banyak lagi.

semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *