Pengalaman Menabung Emas di Pegadaian secara Online

Tentu kita menyadari bahwa menabung sangatlah penting, terutama untuk berjaga-jaga dari ketidakpastian di masa depan.

Tetapi, menabung bisa menjadi tidak berarti jika dapat diambil sewaktu-waktu, terlebih uang dalam rekening bisa berkurang karena pajak, potongan administrasi bulanan ataupun godaan promo belanja online.

Oleh karena itu, dibutuhkan produk tabungan lain yang menguntungkan dan tidak mudah ditarik layaknya uang tunai.

Salah satu pilihan tabungan yang bisa dipilih adalah emas. Karena secara umum nilai emas selalu naik sehingga nilai tabungan dapat terus bertambah setiap tahunnya.

Tempat menabung emas yang paling tepat adalah pegadaian, karena BUMN satu ini memiliki pengalaman dan tata pengelolaan emas yang sangat baik. Simak cerita pengalamanku menabung emas di Pegadaian!

Pengalaman Menabung Emas di Pegadaian

Setiap orang dapat memiliki tabungan emas di Pegadaian dengan mudah dan cepat. Bahkan sekarang siapapun bisa melakukannya secara manual ataupun online melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Oleh karena itu, saya akan menceritakan bagaimana proses menabung emas di Pegadaian Indonesia melalui aplikasi Pegadaian serta bagaimana perhitungan emas dan cara pencairannya nanti.

Membuat Tabungan Emas Pegadaian

Menabung emas di Pegadaian dilakukan secara online menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Berikut ini cara saya membuat tabungan emas:

menabung emas di Pegadaian Digital
  1. Hal pertama yang  harus lakukan adalah download aplikasi Pegadaian Digital di Google PlayStore secara gratis.
  2. Setelah itu install dan buatlah akun dengan mendaftarkan email atau nomor handphone.
  3. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan verifikasi yang nantinya akan masuk ke inbox email.
  4. Setelah itu log in-lah dengan memakai email dan password yang telah di setting sebelumnya.
  5. Pada tampilan berikutnya akan terlihat berapa harga jual dan beli email per 0,01 gram.
Baca juga:  Tabel Kredit Motor di Pegadaian 2024 Beserta Simulasinya

Harga emas ini akan selalu di update perharinya. Jadi, dari acuan harga tersebut anda bisa melakukan jual beli emas dengan mudah setiap harinya.

Baca juga: Tabel Kredit Emas Pegadaian

Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital

Memakai aplikasi pegadaian juga memiliki keuntungan lain seperti membuka rekening tabungan emas tanpa harus datang ke kantor Pegadaiannya.

Namun, anda harus melakukan input informasi pribadi seperti nama, nomor KTP, alamat secara lengkap, nama ibu bahkan foto KTP yang masih berlaku.

menabung emas di pegadaian

Setelah itu, saya dapat memilih posisi KCP Pegadaian yang di inginkan. Pilihlah kantor yang dekat dengan kediaman masing-masing baik itu sesuai dengan alamat di KTP ataupun di kota lainnya. Karena sistem pembuatan tabungan emas dari aplikasi pegadaian telah terintegrasi dengan baik.

menabung emas di pegadaian

Setelah itu tekan tombol selanjutnya dan tampilan berikutnya akan muncul. Pada bagian ini akan ditampilkan besaran biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk membuka tabungan emas Pegadaian.

Untuk saldo awal membutuhkan biaya Rp 50.000 yang dapat di transfer melalui atm atau virtual account dengan tambahan biaya sebesar Rp 2500. Pilihlah VA sesuai dengan kebutuhan masing-masing lalu tekan tombol bayar.

Setelah proses ini, akan muncul notifikasi baik di aplikasi dan SMS untuk segera melakukan pembayaran sampai pada batas waktu tertentu.

Setelah melakukan pembayaran sistem akan melakukan verifikasi secara otomatis dan tabungan emas sudah dapat aktif.

Baca Juga : Pengalaman Tidak Bayar Pinjaman Online

Mengambil Buku Tabungan Emas di KCP Pegadaian Terdekat

buku tabungan emas Pegadaian

Jika telah terdaftar secara maka langkah berikutnya adalah datang KCP Pegadaian yang telah dipilih untuk mengambil buku tabungan emas.

Sesampainya di Kantor Pegadaian, petugas akan melakukan verifikasi identitas dengan memeriksa KTP sekaligus memeriksa aplikasi yang dimiliki.

Baca juga:  Pengalaman Trading di Olymp Trade, Baca Dulu!

Setelah prosesnya selesai, buku tabungan emas akan dicetak dan dapat diambil pada hari yang sama. Namun, sebelum pulang ternyata saya masih harus melakukan verifikasi rekening. Verifikasi ini berfungsi ketika nanti akan melakukan pencairan ataupun gadai emas.

Kode verifikasi ataupun OTP akan dikirim melalui SMS, jadi pastikan nomor handphone yang didaftarkan tidak mati sehingga harus mengurus pendaftaran kembali.

Baca Juga : Pengalaman Jual Emas di Pegadaian

Jual, Beli dan Gadai Emas

Setelah memiliki rekening tabungan emas di Pegadaian, tentunya perlu diketahui bagaimana proses jual-beli dan gadai emas melalui aplikasi Pegadaian tersebut.

Hanya saja dengan menggunakan aplikasi semua proses tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah asalkan rekening emas yang dimiliki terisi.

gadai emas melalui aplikasi Pegadaian

Untuk melakukan jual dan beli emas bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kita dapat membuka bagian emas dan memilih untuk jual ataupun beli emas secara langsung. harga jual dan beli yang berada di aplikasi merupakan harga jual dan beli dari pihak pegadaian.

Jadi, kita dapat memahaminya secara terbalik, dimana kita akan membeli emas berdasarkan harga jual pegadaian dan jual emas berdasarkan harga beli pegadaian.

Untuk pembelian emas bisa dilakukan dengan nominal terkecil 0,01 gram. Namun, untuk jual dimulai dari 1 gram. Kita hanya perlu mengikuti setiap langkah yang ada dan mengisi kolom yang disediakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk beli emas bisa dilakukan melalui ATM, sedangkan untuk mencairkan tabungan emas Pegadaian bisa langsung ditransfer ke rekening yang dimiliki jadi tidak perlu datang ke kantor Pegadaian lagi.

menabung emas di pegadaian

Selain jual dan beli, kita bisa gadaikan emas yang dimiliki melalui aplikasi yang sama. Jika memilih gadai maka kita harus menebus emas tersebut kembali sampai pada batas waktu yang ditentukan dengan membayar biaya gadai dengan besaran tertentu.

Baca juga:  Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2024

Namun, emas tersebut masih menjadi kepemilikan pribadi. Berbeda dengan jual, dimana ketika transaksi selesai maka kepemilikan akan berubah.

menabung emas di pegadaian

Jika tabungan emas sudah mencapai 1 gram atau lebih, maka kita bisa mencetaknya ke dalam bentu batangan. Namun, pencetakan dapat dilakukan dengan nominal 1 gr, 2 gr, 5 gr, dan seterusnya.

Pencetakan juga bisa dilakukan dalam bentuk emas Antam atau UBS, Perbedaannya adalah UBS milik asing dan Antam milik Indonesia. Selain itu, biaya pencetakan Antam lebih mahal dari UBS namun pemakaiannya justru lebih mudah dan luas di Indonesia.

Baca juga: Tabel Angsuran Gadai HP di Pegadaian

Penutup

Memiliki tabungan emas merupakan alternatif yang baik bagi saya yang ingin memiliki tabungan dengan nilai yang cenderung meningkat namun sulit untuk melakukan pencairan, sehingga tabungan emas tidak mudah ditarik.

Tentunya tabungan emas ini akan sangat bermanfaat bagi siapapun dan bisa menjadi instrumen investasi yang baik terutama bagi pemula.

Bagikan:

Tinggalkan komentar