Pengalaman Telat Bayar Gopaylater, DC Datang ke Rumah

Selain sebagai penyedia layanan transportasi online, Gojek juga menyediakan layanan Gopay Pinjam dan Gopaylater untuk memberi kemudahan transaksi pada penggunanya.

Bagi debitur yang telat membayar cicilan, Gopaylater akan membebankan denda paylater terlambat bayar. Meski sudah terdapat resiko tidak bayar paylater Gojek tepat waktu, masih banyak debitur yang tidak membayar tagihan tepat waktu.

Pengalaman saya menggunakan banyak layanan paylater dari berbagai aplikasi dan telat membayar tagihan, selain mendapat denda, pihak Debt Collector juga akan rutin menghubungi debitur yang telat membayar tagihan.

Mendapat denda dan dihubungi oleh Debt Collector juga menjadi resiko telat bayar Gopaylater.

Apakah Anda memiliki pengalaman telat bayar Paylater Gojek? Sebelum Anda memutuskan untuk telat bayar Gopaylater atau bahkan sampai gagal bayar.

Ada baiknya Anda mengetahui pengalaman telat bayar Paylater Gojek dari beberapa debitur melalui artikel ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget jika mengalami hal serupa.

Mengenai Gopaylater

Gopaylater

Gopaylater adalah layanan paylater yang disediakan oleh PT Mulfinance Anak Bangsa (MAB) yang telah mengantongi izin dari OJK. Gopaylater bisa Anda gunakan untuk membayar layanan yang ada di Gojek, Tokopedia, atau di merchant Gopay lainnya.

Bunga Gopaylater

Anda bisa menaikkan limit Gopaylater hingga 30 juta rupiah dengan tenor 1, 3, 6, dan 12 bulan. Sedangkan untuk biaya cicilan yang dibebankan berbeda di setiap tenor yang dipilih dan juga berdasarkan persentase dari jumlah pemakaian.

Begini simulasi perhitungan biaya cicilan Gopaylater:

TenorBunga Gopaylater Cicilan
1 Bulan2%
3 BulanMulai dari 2% per bulan
6 BulanMulai dari 2,75% per bulan
12 BulanMulai dari 2,63% per bulan

Pembebanan biaya cicilan Gopaylater ini berbeda untuk setiap penggunanya.

Jatuh Tempo Penagihan Gopaylater

Agar tidak telat bayar Gopaylater, Anda perlu mengetahui jatuh tempo penagihan yang akan dilakukan oleh Gopaylater. Jatuh tempo juga akan berbeda tergantung waktu transaksi.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Paylater TikTok Shop, Limit Hingga 25 juta

Jika Anda melakukan transaksi menggunakan Gopaylater pada tanggal 1-14, maka cicilan pertama yang akan ditagih pada tanggal 1 di bulan berikutnya.

Misalnya, Anda melakukan transaksi pertama pada 7 Januari, dengan tenor 3x. Maka, pembayaran pertama akan Anda lakukan pada 1 Februari, pembayaran kedua pada 1 Maret, dan pembayaran ketiga pada 1 April.

Setiap akhir bulan, Anda akan mendapatkan notifikasi pengingat pembayaran. Jika Anda melakukan transaksi pada tanggal 14 atau tanggal 15-30/31, maka cicilan pertama akan ditagih pada tanggal 1 di dua bulan berikutnya.

Misalnya, Anda melakukan transaksi pertama pada 7 Januari, dengan tenor 3x. Maka, pembayaran pertama akan Anda lakukan pada 1 Maret, pembayaran kedua pada 1 April, dan pembayaran ketiga pada 1 Mei.

Denda Telat Bayar Gopaylater

Lalu, bagaimana jika telat bayar Gopaylater? Resiko tidak bayar paylater Gojek adalah mendapatkan denda. Denda Gopaylater Cicil berbeda tergantung lamanya telat bayar.

Jika Anda telat bayar Gopaylater selama 1-7 hari, maka Anda akan mendapat denda sebesar Rp 50 ribu.

Sedangkan jika Anda telah lebih dari 7 hari, maka denda akan ditambah Rp 30 ribu atau total akumulasi menjadi Rp 80 ribu.

Baca juga: Cara Mencairkan Gopay Paylater

Pengalaman Telat Bayar Gopaylater

Telat Bayar Gopaylater

Berdasar pengalaman, mendapat pesan singkat melalui SMS, WA, atau bahkan dihubungi via telepon oleh Debt Collector menjadi resiko tambahan yang akan Anda dapatkan jika telat bayar Gopaylater.

Sama seperti kasus telat bayar Akulaku, dalam sehari Debt Collector bisa menghubungi Anda lebih dari 1 kali baik itu via telepon maupun SMS dan WA.

Dihubungi DC Gopaylater

Saya memiliki pengalaman telat bayar paylater Gojek dengan dihubungi oleh Debt Collector melalui telepon dan pesan WhatsApp.

Jika tidak mengangkat atau merespon telepon dan pesan dari Debt Collector, pihak DC akan menghubungi lagi melalui nomor yang berbeda.

Pertama-tama, pihak DC memberi informasi mengenai keterlambatan bayar Gopaylater. Selanjutnya, pihak DC akan memberikan tenggat waktu pembayaran dan memberi tawaran bahwa Anda bisa membayar setengah tagihan terlebih dahulu.

Baca juga:  Risiko Kerja di Minimarket, Jangan Coba Kalau Belum Siap!

Jika Anda masih tidak membayar Gopaylater, pihak DC akan memberi ancaman bahwa akan ada DC yang akan datang ke rumah Anda.

Perilaku dari pihak DC saat proses penagihan pada debitur telat bayar Goapylater akan berbeda-beda.

Tidak semua DC melakukan penagihan dengan cara yang sopan. Terkadang ada pihak DC yang melakukan penagihan dengan cara tidak menyenangkan.

Dilansir dari jakartainsider.id, ada pengalaman telat bayar paylater Gojek yang dibagikan oleh salah satu akun di twitter dengan ID @eLAmaravati yang menyebutkan bahwa dia mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari DC Gopaylater.

Dia mendapat telepon penagihan dengan cara yang tidak sopan dari banyak nomor. Bahkan ada beberapa kasus penagihan dilakukan kepada orang terdekat dan teman kantor.

DC Gopaylater Datang ke Rumah

Lalu, apakah DC lapangan Gopaylater akan mendatangi tempat tinggal ketika telat bayar Gopaylater atau bahkan sampai galbay? Dilansir dari beberapa sumber, setiap akun memiliki pengalaman didatangi DC Gojek Paylater yang berbeda-beda.

Ada salah satu akun facebook yang membagikan pengalaman telat bayar Gopaylater dan didatangi oleh Debt Collector lapangan. Dia bercerita bahwa sudah telat bayar Gopaylater selama 76 hari dengan total tagihan beserta denda menjadi Rp 400 ribu.

DC Gopaylater yang mendatanginya adalah DC dari Findaya (salah satu perusahaan pembiayaan yang bekerjasama dengan Gojek, selain Atome).

Menurutnya, DC Gopaylater By Findaya melakukan proses penagihan dengan sopan dan tidak bar-bar, serta meninggalkan surat tagihan. Karena saat itu debitur tidak sedang berada di rumah dan yang menemui DC adalah orangtuanya.

Akun Gopaylater Dibekukan

Resiko lain yang bisa didapatkan jika telat bayar Gopaylater adalah pembekuan akun Gopaylater. Ada beberapa debitur yang membagikan pengalaman telat bayar paylater Gojek dengan resiko akun dibekukan. Pengalaman pembekuan akun berbeda-beda setiap debiturnya.

Dilansir dari fame.grid.id, ada yang memberi pernyataan bahwa telat bayar Gopaylater selama 1 hari saja bisa berakibat dengan pembekuan akun.

Bahkan, menurutnya, akun Gopaylater tidak digunakan saja bisa mengakibatkan akun diblokir secara tiba-tiba.

Baca juga:  Rasanya Jadi Konsultan di Oriflame: Menjalin Relasi dan Silaturahmi

Berbeda dengan pengalaman telat bayar Gopaylater yang dibagikan oleh debitur lain. Ada yang bercerita bahwa dia telah telat bayar Gopaylater selama 2 tahun namun tidak ada satupun Debt Collector lapangan yang mendatangi kediamannya.

Namun, saat ingin membayar tagihan, akun Gopaylaternya sudah dihapus oleh sistem.Hal ini senada dengan pengalaman debitur lain yang mengatakan bahwa terkadang pihak Gojek tidak akan melakukan tindakan apapun pada debitur yang galbay.

Namun, hal ini tetap akan berpengaruh pada skor kredit di SLIK OJK karena Gopaylater telah terdaftar secara resmi di OJK. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menganggap remeh perihal telat bayar ini.

Baca juga: Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Aturan OJK Menganai Penagihan oleh Debt Collector

Jika Anda mengalami telat bayar Gopaylater, Anda harus mengetahui peraturan yang telah dikeluarkan oleh OJK terkait proses penagihan oleh DC.

Dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 6/POJK.07/2022 tentang perlindungan konsumen dan masyarakat di Sektor Jasa Keuangan menyebutkan bahwa OJK melarang pihak DC melakukan penagihan dengan cara kekerasan.

Cara kekerasan yang dimaksud adalah mengganggu ketenangan konsumen baik dengan tindak kekerasan, ancaman, atau tekanan secara fisik maupun verbal.

Pihak DC juga dilarang menghubungi atau melakukan penagihan pada pihak lain yang tidak terlibat dengan utang konsumen serta menagih biaya di luar kewajiban hutang konsumen.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami penagihan yang tidak menyenangkan, Anda bisa melaporkannya.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa petugas yang datang memang DC yang bertugas untuk menghindari penipuan. Berikut ini beberapa dokumen yang harus dibawa oleh DC saat melakukan penagihan.

  • Kartu identitas
  • Sertifikat profesi
  • Surat tugas dari perusahaan
  • Bukti jaminan fidusia

Nah, itulah beberapa cerita mengenai pengalaman telat bayar Gopaylater. Pastikan Anda menggunakan layanan paylater dengan bijaksana agar terhindar dari resiko tidak bayar paylater Gojek seperti denda dan skor kredit SLIK OJK menjadi buruk.

Bagikan:

Tinggalkan komentar