Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater 1 Bulan

Shopee Paylater merupakan fasilitas kredit untuk pengguna yang ingin membeli barang di Shopee. Sama seperti layanan kredit lainnya, Shopee Paylater juga menerapkan bunga dan denda bagi yang telat membayar. Apabila Anda sedang mengalami telat bayar, Anda perlu mengetahui pengalaman telat bayar Shopee Paylater berikut ini.

Pengalaman telat bayar Shopee Paylater 1 bulan

pengalaman telat bayar shopee paylater

Saya akan menceritakan pengalaman telat bayar Shopee Paylater yang saya alami sekitar lima bulan yang lalu.

Saya merupakan seorang penjual pakaian yang seringkali membeli stok barang jualan dari Shopee. Untuk memudahkan dalam urusan modal, saya memanfaatkan fitur Shopee Paylater.

Alasannya? Karena dengan menggunakan Shopee Paylater saya tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Saya dapat menjual barang terlebih dahulu baru kemudian membayar tagihannya saat sudah jatuh tempo.

Cara Shopee Paylater menagih pinjaman

Namun sayangnya pada suatu hari, musibah menimpa saya. Saya kehilangan handphone lebih dari 1 bulan. Dalam rentang waktu 1 bulan tersebut, saya berusaha mengumpulkan uang untuk membeli handphone terlebih dahulu.

Waktu pun berlalu, saya berhasil mengumpulkan uang dan membeli handphone android sekadarnya. Tidak terlalu bagus namun cukup berguna untuk berjualan dan digunakan sehari-hari.

Ketika saya membuka whatsapp di handphone baru saya. Ada satu pesan masuk dari nomor yang tidak dikenal dengan display name bertuliskan pihak Shopee. Dalam pesan tersebut, tertulis peringatan untuk segera membayar tagihan beserta bunga dan denda, waktu keterlambatan (35 hari), dan deadline pembayaran.

Pada waktu itu, pihak Shopee Paylater meminta saya untuk melunasi seluruh tagihan hingga pukul 13.00 WIB. Dalam pesan tersebut, pihak Shopee Paylater juga mengingatkan jika saya tidak segera membayar maka pihak Shopee Paylater akan menagih di rumah saya sesuai dengan prosedur.

Baca juga:  2 Cara Menonaktifkan Shopee Paylater dengan Mudah

Tentu saja, saya sangat khawatir. Sebab penagihan langsung ke rumah bisa menimbulkan desas-desus yang tidak enak di tetangga, bukan?

Nominal yang Harus dilunasi

pengalaman telat bayar shopee paylater

Waktu itu saya membeli barang untuk modal jualan sejumlah Rp330.276. Nominal ini bukan hanya untuk satu barang dan satu waktu. Tapi diambil di hari yang berbeda. Dalam catatan transaksi, transaksi terakhir saya adalah tanggal 24 September.

Sebagai informasi, saya memang menggunakan ketentuan jatuh tempo tanggal 5 setiap bulannya. Sementara saya menerima peringatan dari pihak Shopee Paylater di tanggal 26 Oktober sehingga saya mengalami telat bayar selama satu bulan.

Sesuai dengan transaksi pembelian yang saya lakukan menggunakan Shopee Paylater ditambah bunga, biaya penanganan, dan denda. Saya harus melunasi sekitar Rp330.276. Kira-kira begini rincian perhitungan nominal yang harus saya bayarkan.

Rincian Tagihan Shopee Paylater:

  • = transaksi + denda keterlambatan
  • = Rp314.549 + (5% x Rp314.549)
  • = Rp985.000 + Rp15.727
  • = Rp330.276

Karena nominal tagihan cukup besar bagi saya, apalagi jualan sempat berhenti beberapa minggu. Saya khawatir akan didatangi debt collector dari pihak Shopee Paylater. Jadi saya pun meminjam uang saudara untuk melunasinya. cek artikel cara melunasi Shopee Paylater sekaligus.

Setelah mendapatkan uang saya pun melunasi tagihan Shopee Paylater dengan mengisi saldo Shopee Pay terlebih dahulu. Selanjutnya saya melakukan pembayaran dengan saldo tersebut.

Akibat telat bayar Shopee Paylater

1. Tidak bisa menggunakan fitur Aplikasi.

Meskipun saya sudah bisa melunasinya, namun akun saya tiba-tiba tidak bisa menggunakan beberapa fitur aplikasi. Salah satunya adalah penggunaan voucher Shopee.

Awalnya saya tidak menduga hal itu akan terjadi. Tapi setelah memeriksanya di halaman bantuan Shopee ternyata itu adalah salah satu dampak yang diperoleh ketika melakukan keterlambatan pembayaran.

Baca juga:  Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan? ini 7 Penyebabnya

2. Mempengaruhi skor kredit SLIK

Selain itu, peringkat kredit saya di SLIK juga semakin menurun karena kejadian ini. Alhasil saya mendapatkan masa sulit untuk mendapatkan pembiayaan dari bank ketika saya membutuhkan uang dalam jumlah yang besar.

Kasus saya memang tidak begitu parah, namun Anda harus tetap berhati-hati ketika menggunakan fitur Shopee Paylater. Sebab jika menunggak terlalu lama maka pengguna akan didatangi oleh penagih lapangan dari pihak Shopee Paylater.

Selain itu, jika sudah menunggak terlalu lama maka tagihan yang harus dilunasi akan terus membengkak. Pembayaran pun akan terasa lebih sulit.

3. limit Shopee Paylater berkurang

Jika gagal bayar terjadi secara terus menerus itu akan merugikan pihak Shopee paylater dan mereka akan mengambil langkah – langkah pencegahan dengan mengurangi limit paylater kamu.

Pihak Shopee Paylater akan melihat dan menilai akun kamu sebagai akun yang beresiko gagal bayar. Untuk mengatasi gagal bayar maka pihak Shopee Paylater secara otomatis akan mengurangi atau bahkan menghapus limit pinjaman Shopee paylater kamu.

Namun, Jika limit pinjaman kamu terlanjur dipotong jangan khawatir silahkan cek artikel cara menaikkan limit Shopee Paylater untuk memulihkan limit pinjaman kamu.

Penutup

Nah, itulah sedikit cerita tentang pengalaman telat bayar Shopee Paylater saya yang telat selama satu bulan. Nominal denda keterlambatan bisa lebih tinggi jika saya menunggak dalam waktu yang lebih lama.

Dari pengalaman telat bayar Shopee Paylater tersebut, saran saya tidak masalah menggunakan Shopee Paylater apalagi untuk Anda yang memiliki bisnis seperti saya. Tapi harap diperhatikan tenggat waktunya supaya tidak kena denda keterlambatan dan mempengaruhi peringkat kredit di SLIK.

Bagikan:

Tinggalkan komentar