Pengalaman Telat Bayar Shopee Pinjam, DC Tidak ke Rumah

Mudahnya proses pengajuan pinjaman secara online terkadang juga diikuti dengan munculnya banyak kejadian telat bayar dari para pengguna.

Tak terkecuali dengan layanan pinjaman yang disediakan oleh Marketplace Shopee yang bernama Shopee Pinjam.

Bagi yang juga tengah mengalami kasus yang sama, Anda patut untuk membaca pengalaman telat bayar Shopee Pinjam 1 Bulan dari salah seorang pengguna berikut ini.

Hal ini berguna agar Anda dapat memiliki gambaran dan tidak perlu khawatir secara berlebihan lagi saat mengalami telat bayar tagihan Shopee Pinjam.

Pengalaman Telat Bayar Shopee Pinjam 1 Bulan

telat bayar shopee pinjam
Gambar ilustrasi pengguna telat bayar

Cerita mengenai pengalaman telat bayar Shopee Pinjam ini diungkapkan oleh salah seorang Pengguna pada September 2023.

Pengguna ini mengungkapkan bahwa ia memiliki dua pinjaman yang telat bayar selama hampir satu bulan di Shopee Pinjam.

Denda Keterlambatan yang Dikenakan

Total tagihan saya di SPinjam mencapai Rp2.385.007. Itu termasuk jumlah yang lewat jatuh tempo sebesar Rp1.163.418, denda keterlambatan sebesar Rp58.171, serta sisa tagihan pembayaran untuk masing-masing pinjaman sebesar Rp735.794 dan Rp427.624.

Saya mengajukan pinjaman pertama pada 26 Juni 2023 sebesar Rp2.000.000. Durasi pinjamannya tiga bulan dan jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya. Saya sudah membayar sebesar Rp735.794 pada bulan Agustus.

Namun, pada bulan September, saya belum membayar dan telah melewati tanggal jatuh tempo. Karena hal ini, total tagihan untuk bulan tersebut pun bertambah menjadi Rp772.584 karena mendapat denda sebesar Rp36.790.

Untuk bulan Oktober, tagihan saya masih Rp735.794 karena belum lewat tanggal jatuh tempo. Kemudian pada 8 Agustus, saya kembali mengajukan pinjaman sejumlah Rp800.000.

Baca juga:  Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Rekening atau DANA

Durasi pinjaman ini berlangsung selama dua bulan dan tanggal jatuh temponya juga sama seperti pinjaman sebelumnya, yakni tanggal 5.

Untuk pinjaman lainnya ini, saya belum membayar tagihan untuk bulan September sebesar Rp449.005.

Jumlah tersebut sudah mencakup denda sebesar Rp21.381. Untuk bulan Oktober, tagihan saya masih Rp427.624 karena belum lewat tanggal jatuh tempo.

Pembayaran Tagihan Bisa Dicicil

Setelah itu, saya juga ingin menunjukkan proses saat saya melakukan pembayaran tagihan yang telah lewat tanggal jatuh tempo dan denda keterlambatan untuk bulan September, yang totalnya mencapai Rp1.221.589.

Dari sini, diketahui bahwa nominal pembayaran dapat diganti sesuai kemauan. Jadi, saya tidak harus membayar keseluruhan tagihan dalam satu waktu.

Di sisi lain, jumlah sisa tagihan pembayaran untuk kedua pinjaman yang jatuh tempo pada bulan Oktober saya bayar dengan cara mencicil. Pembayaran dengan cara mencicil ini dapat saya lakukan mulai dari Rp20.000.

Penagihan Pinjaman

Terkait proses penagihan, saya ingin menyampaikan bahwa saya sempat dihubungi oleh customer service Shopee melalui telepon dan ditanya mengenai kesulitan pembayaran Shopee Pinjam.

Selama saya memiliki etika baik untuk melunasi tagihan dan selalu memberikan respons ketika ditagih, pihak penagihan hanya menghubungi saya melalui telepon dan DC Shopee Pinjam tidak sampai mendatangi rumah saya.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater 2 Bulan

Resiko Telat Bayar Shopee Pinjam

telat bayar shopee pinjam

Jika Anda punya masalah yang sama seperti pengalaman telat bayar Shopee Pinjam diatas, maka Anda harus siap-siap untuk menghadapi beberapa resiko telat bayar Shopee Pinjam berikut ini.

1. Pengajuan Pinjaman Dinonaktifkan

Bagi debitur yang mengalami telat bayar tagihan, untuk sementara ia tidak dapat mengajukan pinjaman lagi meski masih ada limit yang tersedia.

Baca juga:  3 Cara Belanja di Shopee Malaysia dari Indonesia

Pengajuan pinjaman dapat kembali dilakukan setelah tagihan sebelumnya berhasil dibayarkan.

2. Masuk Blacklist SLIK OJK

Menurut aturan OJK, proses penagihan kepada debitur hanya boleh dilakukan maksimal hingga 90 hari dan pengenaan denda maksimal 100% dari total pokok pinjam. Setelah waktu tersebut, pihak pemberi pinjaman tidak diperbolehkan lagi untuk menagih.

Sebagai konsekuensinya, debitur akan dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) yang tidak boleh mendapatkan pinjaman dari fintech ataupun perbankan.

Namun, jika utang yang tertunggak tersebut dapat dilunasi, maka nama debitur akan dihapus dari daftar hitam dan bisa kembali mengajukan kredit.

3. Dikenai Bunga dan Denda Keterlambatan

Shopee Pinjam menetapkan suku bunga terkecil sebesar 2,45% per bulan dan terdapat tambahan biaya penanganan hingga 3% per transaksi.

Di samping itu, jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka akan dikenakan denda sebesar 5%. Semua hal ini akan membuat tagihan pinjaman menjadi kian bertambah besar bila tidak segera dibayarkan.

4. Terus Ditagih Debt Collector

Debitur akan terus diberikan peringatan melalui telepon, SMS, WhatsApp, atau email jika tak lekas membayar setelah tanggal jatuh tempo berlalu.

Bila tidak ada respon, penagihan akan berlanjut dengan menghubungi nomor keluarga atau kerabat dekat.

Sebagai langkah penagihan selanjutnya, debt collector lapangan kemungkinan akan ditugaskan untuk menagih langsung ke rumah debitur.

Baca juga: DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah

5. Limit Akan Berkurang

Telat membayar cicilan atau tagihan SPinjam pada waktu jatuh tempo yang telah ditentukan dapat menyebabkan skor kredit Anda menurun.

Ini dapat mengakibatkan pihak SPinjam akan menilai Anda sebagai peminjam yang beresiko galbay, sehingga mereka dapat mengurangi limit pinjaman atau bahkan menonaktifkan layanan Shopee Pinjam di akun Anda.

Baca juga:  Pengalaman Usaha Jual Beli Ikan Koi, Prospek Bisnis yang Menguntungkan!

Nah, itulah tadi cerita mengenai pengalaman telat bayar yang dialami oleh salah seorang peminjam uang di Shopee Pinjam selama hampir satu bulan. Semoga pengalaman tadi bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Bagikan:

3 pemikiran pada “Pengalaman Telat Bayar Shopee Pinjam, DC Tidak ke Rumah”

  1. Saya baru 1x pengajuan dengan tenor 3x. Angsuran 1 lancar, angsuran ke 2 terlambat dan langsung digabung dengan angsuran ke 3. Singkat cerita, sudah saya lunasi semuanya, tapi mau mengajukan lagi masih belum bisa, kira kira bagaimana ya? Apakah memang sudah tidak bisa mengajukan selamanya atau bisa mengajukan lagi menunggu kebijakan dari spinjam?

    Balas
      • Saya pernah telat bayar tagihan shopee pinjam. Nah, pas mau bayar angsurannya langsung digabung dengan tagihan berikutnya. Lalu saya cuman bayar tagihan yang sudah telat tanpa bayar dendanya. Yang mau saya tanya apakah dendanya itu tetap berjalan? Kalau saya mau bayar dendanya bagaimana caranya?

        Balas

Tinggalkan komentar