Shopee Food Tidak Muncul: Penyebab & Cara Mengatasi

Shopee Food Tidak Muncul – Jika dulu untuk memesan makanan dan minuman harus dengan mendatangi gerai yang bersangkutan. Saat ini, sudah ada sekitar 75% layanan pesan antar makanan dan minuman yang dilakukan secara online dengan sistem delivery.

Baru sekitar satu tahun lalu, salah satu perusahaan e-commerce besar di Indonesia yang bernama Shopee merilis layanan terbarunya yang bernama Shopee Food. Meskipun tergolong baru, tetapi layanan ini sudah terkenal luas di masyarakat Indonesia. Seperti apa layanan ini? Kenapa dan bagaimana cara mengatasi jika layanan ini tidak muncul di aplikasi penggunanya?

Apa Itu Shopee Food

shopee food

Shopee Food merupakan salah satu fitur yang ditawarkan aplikasi Shopee untuk memudahkan para penggunanya membeli makanan dan minuman secara online. Perusahaan e-commerce Shopee mulai merilis layanan Shopee Food di Indonesia pada April 2020 lalu.

Sebagai layanan yang tergolong baru dibanding layanan sejenisnya, seperti GrabFood maupun GoFood, seakan layanan Shopee Food tidak mau kalah dengan dua penguasa layanan delivery di Indonesia tersebut. Layanan ini selalu melakukan pengembangan agar terus bisa beroperasi di banyak wilayah di Indonesia.

Area Jangkauan Shopee Food

Saat ini, layanan Shopee Food memang masih terbatas di wilayah Jabodetabek. Meski demikian, layanan pesan antar makanan dan minuman ini telah membuka banyak pendaftaran bagi calon mitra pengemudi Shopee Food yang ada di wilayah kota-kota besar, seperti Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, hingga Manado.

Dari ekspansi bisnis yang dilakukan perusahaan, tentu akan semakin banyak pelanggan setia Shopee merasakan manfaat dari Shopee Food. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang, yang apa-apa harus serba online, termasuk memenuhi kebutuhan gizi (makan & minum) sehari-hari.

Penyebab Shopee Food Tidak Muncul di Aplikasi

Berkaca pada pengalaman terdahulu, banyak juga aplikasi sejenis yang  menawarkan layanan pesan antar makanan dan minuman secara online, nyatanya tidak bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasinya. Ini dialami juga oleh pengguna Shopee Apk.

Muncul banyak keluhan oleh pengguna aplikasi Shopee. Saat ingin mencoba layanan pesan antar makanan dan minuman, akhirnya mengurungkan niat karena layanan Shopee Food tidak muncul di aplikasi yang digunakan. Apa yang menyebabkan layanan Shopee Food tidak muncul di HP pengguna Shopee?

1. Cek, Apakah Areanya Mendukung Layanan Shopee Food atau Tidak

area shopee food

Benar memang, bahwa permasalahan Shopee Food tidak muncul di aplikasi Shopee bukan semata-mata disebabkan oleh aplikasinya. Bisa juga permasalahannya ada pada area tempat tinggal pengguna.

Anda ingat, bahwa layanan Shopee Food masih tergolong baru dan belum menjangkau banyak wilayah di Indonesia. Hanya wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia yang saat ini tengah menjadi wilayah ekspansi layanan drink food delivery Shopee.

Baca Juga : Penghasilan Gaji Mitra Pengemudi Shopee Food

Itu berarti, jika Shopee Food tidak muncul di aplikasi Anda, bisa jadi area/ domisili Anda tidak mendukung layanan tersebut. Secara otomatis pengguna tidak akan bisa mengaksesnya. Berbeda dengan saat mengakses Shopee untuk berbelanja baju, kerudung, dan lain-lain.

2. Masih Menggunakan Aplikasi Versi Lama

update shopee

Jika memang area tempat tinggal Anda support layanan ini dan ternyata Shopee Food tidak muncul juga, coba cek versi aplikasi yang Anda gunakan. Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi versi terbaru atau belum. Apabila Anda masih menggunakan aplikasi versi lama, ya wajar fitur terbaru Shopee Food belum muncul di aplikasi Anda.

3. Jaringan Internet Tidak Stabil

jaringan internet tidak stabil

Meskipun Anda sudah upgrade ke versi terbaru, tetapi jika jaringan internet yang Anda gunakan tidak stabil, bisa berpengaruh terhadap ketidakmunculan layanan drink food delivery Shopee. Jaringan internet yang tidak stabil bisa menyebabkan sistem aplikasi tidak bekerja secara optimal.

4. Adanya Cache Aplikasi yang Terlalu Besar

Cache sebenarnya bermanfaat untuk efisiensi waktu sekaligus kecepatan perangkat saat mengakses suatu apk. Hanya saja, jika cache apk terlalu besar, justru bisa membuat kinerja perangkat menjadi semakin lemot. Bisa jadi, cache yang tidak pernah Anda hapus lah yang menyebabkan layanan ini tidak muncul.

5. Profil Akun Belum Lengkap

Data profil akun penting untuk dilengkapi. Tujuannya, agar pihak Shopee juga bisa mengetahui bahwa layanan yang akan Anda gunakan benar-benar aman. Bahkan, jika Anda sebagai merchant yang bekerjasama dengan Shopee. Saat profil akun belum lengkap, bisa jadi layanan ini ragu untuk menawarkannya kepada Anda.

6. Menggunakan Aplikasi Shopee Clone

Beberapa pengguna pasti ada yang hanya ingin memanfaatkan promo atau voucher-voucher dari Shopee. Sehingga, lebih memilih untuk menduplikat aplikasi tersebut (hasil clone). Mungkin bagi pengguna yang nakal bisa menggunakan aplikasi clone (tidak resmi) untuk mendapat promo atau voucher dari Shopee, tetapi tidak akan bisa memunculkan Shopee Food.

7. Aplikasi Shopee yang Bermasalah

Jika praduga di atas tidak terjadi, bisa jadi yang membuat Shopee Food tidak muncul di aplikasi Anda karena memang aplikasinya yang bermasalah. Bisa jadi akun Anda sedang ditinjau, akun Anda sedang dibatasi, Shopee Anda terkena pelanggaran, dan Shopee Anda hilang.

Itulah beberapa penyebab Shopee Food tidak muncul di aplikasi Anda. Bisa jadi karena faktor internal diri Anda yang kurang memberi perhatian lebih kepada aplikasi, sehingga tidak bisa menikmati layanan ini. Bisa juga karena faktor  aplikasi yang bermasalah.

Cara Mengatasi Menu Shopee Food Tidak Muncul di Aplikasi

Setelah mengetahui penyebab Shopee Food tidak muncul, saatnya mencari solusinya. Berikut beberapa cara mengatasi menu Shopee Food tidak muncul di aplikasi Shopee.

  1. Pastikan area tempat tinggal Anda support layanan Shopee Food.
  2. Segera upgrade aplikasi ke versi terbaru. Biasanya cara ini 100% berhasil untuk membuat layanan tersebut muncul. Anda hanya perlu masuk ke Google Play Store atau App Store dan melakukan pembaruan seperti biasanya.
  3. Pastikan jaringan internet tetap stabil. Entah itu menggunakan jaringan provider maupun Wifi.
  4. Hapus cache yang ada di aplikasi. Caranya cukup masuk ke menu pengaturan > cari aplikasi > aplikasi terinstall > Shopee > hapus cache apk > masuk kembali ke apk dan cek layanan Shopee Food.
  5. Lengkapi akun Shopee. Pastikan Anda sudah melakukan verifikasi KTP dan data-data pendukungnya untuk bisa menggunakan layanan terbarunya.
  6. Jangan menggunakan aplikasi clone. Tidak akan mungkin Anda menemukan layanan Shopee Food di aplikasi yang tidak resmi. Gunakan aplikasi resmi yang memang memiliki legalitas hukum.
  7. Jika permasalahan karena aplikasi, Anda bisa mencoba mengajukan banding ke tim Shopee agar bisa memulihkan akun Anda atau menghubungi CS di Pusat Bantuan Shopee.

Itulah rangkuman penyelesaian dari penyebab Shopee Food tidak muncul. Cepat atau lambat Anda akan bisa menikmati layanan pesan antar makanan dari Shopee ini.

Jika ingin menghubungi Customer Service, Anda bisa membuka apk Shopee > klik menu saya di pojok kanan bawah > klik Chat dengan Shopee > sampaikan keluhannya. Sedangkan, jika ingin menghubungi Call Center, Anda bisa menghubungi (Nomor Tlp : 1500702 atau akun IG: Shopeefood_id atau akun FB: Shopeefood_id).

Itulah pembahasan mengenai apa itu Shopee Food, kenapa dan bagaimana jika layanan tersebut tidak muncul di aplikasi pengguna. Sebagai layanan pesan antar makanan dan minuman secara delivery, layanan ini memang masih baru, tetapi perusahaan selalu melakukan pengembangan agar bisa menjangkau banyak wilayah di Indonesia.

Jika ternyata Shopee Food tidak muncul di aplikasi Anda, jangan langsung panik. Ketahui apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Break down satu persatu. Baru kemudian, Anda mencari solusi terbaik untuk mengatasi. Sebab, setiap ada masalah, pasti akan ada jalan untuk menyelesaikannya.

Tinggalkan komentar