Penghasilan Gaji Mitra Pengemudi Shopee Food

Saat ini, berprofesi menjadi driver Shopee Food memang menjadi pilihan banyak orang. Selain driver di perusahaan ini memperoleh pendapatan utama dari biaya antar kirim makanan dan minuman, driver juga memperoleh pendapatan tambahan dari insentif harian. Yang mana, jika ditotal, setiap harinya driver bisa memperoleh pendapatan yang lumayan.

Selain itu, perusahaan juga memperluas wilayah operasi layanan pesan antar makanan dan minuman Shopee Food. Bukan hanya di Jakarta, melainkan sudah banyak di kota-kota lain di Indonesia tersedia layanan ini. Tentu, ini akan membuka lowongan pekerjaan khusus untuk driver Shopee Food.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem pendapatan driver Shopee Food, bonus insentif yang didapat, perkiraan perkiraan pendapatan driver per bulan, hingga tips untuk meningkatkan pendapatan insentif harian. Sebab, masih ada beberapa driver bahkan calon driver yang belum mengetahui secara pasti hal-hal tersebut. Secara lebih rinci, semuanya akan dibahas di bawah ini.

Mitra Pengemudi Shopee Food

Shopee Food merupakan sebuah layanan pesan antar makanan dan minuman secara online melalui aplikasi Shopee. Nantinya, makanan dan minuman yang dipesan akan diambil dan diantar oleh driver Shopee Food yang mendapat pesanan dari pelanggan.

Berbicara mengenai driver Shopee Food, sejauh ini sudah banyak masyarakat yang terbantu penafkahannya dengan menjadi mitra driver Shopee Food. Hal ini dikarenakan bekerja menjadi driver Shopee Food termasuk pekerjaan yang fleksibel dengan penghasilan yang lumayan untuk mencukupi kebutuhan harian. Bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar baca artikel Cara Daftar Shopee Food Untuk Driver dan Merchant Lengkap.

Sistem Gaji Mitra Pengemudi Shopee Food

Secara garis besar, sistem gaji mitra pengemudi shopee food mirip dengan sistem pendapatan layanan GrabFood dan GoFood. Driver akan memperoleh pendapatan yang diambil dari biaya pengantaran pesan makanan dan minuman oleh pelanggan. Pendapatan ini murni dan tidak ada pembagian antara driver dengan pihak Shopee Food itu sendiri.

Misalnya begini, per harinya driver mendapat pesanan sebanyak 10 kali. Pesanan 1 sampai 5 memiliki rata-rata biaya pengantaran Rp 8.000. Sedangkan pesanan 6 sampai 10 memiliki rata-rata biaya pengantaran Rp 10.000. Maka, penghasilan driver dari biaya pengantaran saja adalah sebagai berikut:

“Pesanan 1 sampai 5 yaitu Rp 8.000 x 5 = Rp 40.000. Pesanan 6 sampai 10 yaitu Rp 10.000 x 5 = Rp 50.000. Sehingga, jika ditotal, driver A memperoleh gaji mitra pengemudi shopee food/ hari tersebut adalah Rp 40.000 + Rp 50.000 = Rp 90.000.”

Begitu pun dengan perhitungan selanjutnya, disesuaikan dengan besaran biaya ongkir setiap kali driver mendapat pesanan dari pelanggan. Semakin jauh jarak yang ditempuh driver dari restoran ke lokasi tujuan, maka semakin besar juga biayanya. Itu berarti pendapatan driver juga akan semakin besar.

Skema Insentif Driver Shopee Food

Selain pendapatan utama yang diperoleh driver dari besaran biaya pengantaran pesan makanan dan minuman, driver juga berhak memperoleh insentif (bonus) yang dihitung berdasarkan poin. Berikut ketentuan syarat mendapat insentif Shopee Food:

  • Driver menyelesaikan 1 orderan akan memperoleh 100 poin.
  • Jika penyelesaian pesanan oleh driver berkisar jam 12.00 hingga 13.00, perolehan insentif tambahan yang akan diterima sebesar 50 poin.
  • Agar insentif bisa cair, driver harus menyelesaikan pesanan minimal 75%.
  • Rating driver wajib ada setelah 50 pesanan terakhir.
  • Perolehan bonus insentif yang diterima driver akan dicairkan melalui dompet digital di hari berikutnya.
  • Skema akumulasi penambahan poin digunakan, bukan penambahan nominal insentif.
  • Setelah bonus masuk, driver bisa menariknya langsung ke rekening.

Selama ini, driver bisa memperoleh bonus insentif jika berhasil memenuhi target. Berikut perkiraan jumlah poin beserta insentif yang diperoleh driver:

  • Jumlah poin 300, maka driver mendapat insentif tambahan gaji mitra pengemudi shopee food sebesar Rp 15.000.
  • Jumlah poin 500, maka driver mendapat insentif tambahan gaji mitra pengemudi shopee food sebesar Rp 20.000.
  • Jumlah poin 800, maka driver mendapat insentif tambahan gaji mitra pengemudi shopee food sebesar Rp 30.000.
  • Jumlah poin 1000, maka driver mendapat insentif tambahan gaji mitra pengemudi shopee food sebesar Rp 50.000.

Khusus tambahan gaji mitra pengemudi shopee food dari insentif, perusahaan memberikan batas maksimum. Maksimal poin yang ada di Shopee Food adalah 1000. Sehingga, jika pada hari tersebut Anda mendapat poin yang totalnya 1500, maka secara otomatis Anda hanya berhak mendapat insentif Rp 50.000.

Melihat Insentif Harian Shopee Food Driver

Setelah Anda mengetahui secara rinci dan detail bonus insentif pendapatan driver. Berikut panduan cara melihat detail performa dan bonus harian yang ada di akun Shopee Food Driver.

  1. Buka halaman utama aplikasi Shopee Food Driver. Anda sudah bisa langsung melihat performa akun yang ada di bagian pojok kanan atas.
  2. Tap menu profil > pilih menu insentif.
  3. Di halaman insentif, Anda bisa melihat beberapa informasi:
  • Rating dan performa akun.
  • Kategori bonus berdasar waktu.
  • Waktu tersedia untuk Anda bisa mencapai bonus insentif.
  • Proses pencapaian guna mendapat bonus tersebut.
  1. Jika ingin melihat bonus, Anda bisa tap pada barus waktu tersedia. Pada halaman tersebut Anda juga bisa melihat syarat serta ketentuan bonus berlaku.

Nah, seperti itulah cara Anda melihat insentif harian sebagai tambahan pendapatan Shopee Food Driver. Anda sudah tidak perlu menghitungnya secara manual. Cukup dengan melihat fitur aplikasi Shopee Food Driver, total insentif keseluruhan per hari bisa Anda ketahui.

Perkiraan Gaji Mitra Pengemudi Shopee Food

Setelah Anda mengetahui skema pendapatan utama seorang driver Shoppe Food dan insentif harian, Anda mulai bisa memperkirakannya, “berapa total pendapatan bersih yang berhak diterima driver”. Sebab, jika sudah di lapangan, pendapatan driver tidak akan menentu. Itu semua tergantung pada sepi tidaknya pesanan oleh pelanggan dan lamanya jam kerja Anda.

Rata-rata, seorang driver Shopee Food per harinya bisa memperoleh pendapatan Rp 100.000 lebih. Ini merupakan total antara pendapatan utama dengan pendapatan tambahan. Sementara, tidak banyak driver yang memperoleh pendapatan Rp 200.000/ hari.  Jadi, driver memang tidak ada gaji bulanan layaknya gaji kurir Anteraja, melainkan hanya ada gaji berdasarkan capaian target.

Baca Juga: Gaji Kurir Shopee Express

Tips Meningkatkan Insentif gaji mitra pengemudi shopee food Driver

Setelah mengetahui besaran gaji mitra pengemudi shopee food per harinya, driver semaki memiliki semangat tinggi untuk mencapai target pendapatan insentif tertinggi. Ada beberapa tips yang bisa Anda maksimalkan:

  1. Anda harus selalu mengaktifkan fitur terima pesanan otomatis pada aplikasi Shopee Food.
  2. Jangan sia-siakan pesanan yang Anda terima pada jam 12.00 hingga 13.00. Sebab, pada jam tersebut, peluang poin insentif yang Anda dapatkan semakin banyak, yaitu 50 poin.
  3. Jangan biarkan saldo dompet driver Anda kosong agar bisa memudahkan Anda dalam menerima pesanan.
  4. Cari spot ramai yang sekiranya banyak pelanggan melakukan pesanan.
  5. Usahakan agar Anda memiliki jam kerja yang lebih lama daripada jam rata-rata driver bekerja.

Yang tidak kalah penting dari Anda menjalankan beberapa tips di atas adalah disiplin. Sebanyak apapun target harian Anda, jika Anda tidak disiplin, ya tidak akan bisa mencapai pendapatan tertinggi. Sementara, sekecil apapun target harian Anda, jika Anda disiplin, lama-lama juga bisa mencapai pendapatan tertinggi.

Itulah pembahasan lengkap mengenai sistem pendapatan driver Shopee Food, bonus insentif yang didapat, perkiraan pendapatan driver per bulan, hingga tips untuk meningkatkan pendapatan insentif harian. gaji mitra pengemudi shopee food memang tidak menentu setiap harinya. Tetapi, itu bisa Anda jadikan motivasi untuk terus meningkatkan pendapatan setiap hari.

Tinggalkan komentar