Cara Melihat ID Merchant Shopee Food

Cara Melihat ID Merchant Shopee Food – Setelah layanan e-commerce Shopee melebarkan sayapnya di beberapa kota besar di Indonesia, penyedia layanan food delivery ini semakin menarik perhatian. Pasalnya, banyak pebisnis kuliner di daerah tersebut yang ingin mendaftarkan bisnisnya di layanan ini.

Alasannya, jelas karena peluang bisnis food delivery di era sekarang sedang naik daun. Penjualan makanan dan minuman sudah serba online. Bahkan, terkait kebijakan baru untuk membatasi ruang gerak, masyarakat tidak diperbolehkan untuk dine in di resto terkait.

Bagi Anda yang berminat menggelar dagangan di layanan Shopee Food, kalian akan mendapat identitas resto yang dijalankan, yang bernama ID Merchant/ Penjual Shopee Food. Apa itu? Fungsinya apa? Bagaimana cara melihat ID Merchant Shopee Food?

Apa itu ID Merchant Shopee Food

merchant shopee

Sebagai pemilik resto Shopee Food, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya ID Merchant Shopee Food. Sebab, saat menjadi merchant baru dan login ke aplikasi Partner Shopee, pemilik resto akan mendapat ID Merchant. Meskipun ada juga beberapa pemilik resto yang belum mengetahui apa itu ID Merchant Shopee Food, tetapi bagi calon pemilik resto yang masih awam, mungkin juga belum mengetahuinya.

ID Merchant Shopee Food merupakan sebuah ID resto atau toko makanan yang dimiliki oleh pemilik resto. Setiap penjual food delivery Shopee, pasti memiliki ID yang berbeda. Ibarat kunci, setiap kunci tidak akan bisa digunakan untuk membuka banyak pintu, walau itu dalam satu rumah.

Fungsi ID Merchant Shopee Food

Muncul pertanyaan lanjutan, apa fungsi ID penjual Shopee Food? Fungsi dari nomor ID tersebut bukan sekedar nomor identitas resto. ID penjual Shopee Food memiliki fungsi penting, yang sayangnya bagi beberapa penjual belum mengetahuinya. Ada 3 fungsi dari ID resto Shopee Food yang mesti Anda tahu.

Pertama, ID sebagai identitas resto yang masing-masing resto tidak akan memiliki identitas sama.

Kedua, sebagai nomor ID saat pelaporan masalah terkait hal-hal yang terjadi di resto. Pembeda nomor ID akan sangat berguna dalam hal penanganan masalah oleh pihak Shopee Food terhadap mitra bisnisnya.

Ketiga, sebagai salah satu syarat wajib yang harus dimasukkan ke dalam formulir ketika ingin melakukan beberapa perubahan data produk beserta menu terkait resto yang Anda kelola. Termasuk saat melakukan:

  • Perubahan profil resto.
  • Perubahan foto menu.
  • Perubahan nomor HP merchant.
  • Perubahan foto banner restoran.
  • Perubahan nomor rekening merchant.
  • Menambah menu makanan.
  • Mengubah menu, dan lain-lain.

Itulah tiga fungsi ID dalam layanan food delivery Shopee. Wajib bagi Anda baik sebagai penjual lama maupun baru nantinya untuk mengetahui ID penjual. Sebab, itulah identitas resto Anda, jati diri resto Anda yang membedakan dengan resto lain. Adanya ID mampu membuat pengelolaan resto semakin mudah, banyak pelanggan loyal, dan bisnis pun semakin lancar.

Baca juga: Shopee Food Tidak Muncul: Penyebab & Cara Mengatasi

Cara Melihat ID Merchant Shopee Food

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah mengetahui tentang ID penjual Shopee Food dan fungsinya? Saatnya Anda harus mengetahui cara melihat ID Merchant Shopee Food, karena bagaimanapun  Anda wajib tahu nomor identitas resto Anda.

Berikut langkah-langkah cara melihat ID Merchant Shopee Food:

  1. Buka dan masuk aplikasi Gmail di Hp Anda.
  2. Pastikan bahwa Anda sudah login di Email yang terdaftar di layanan Shopee Food.
  3. Jika sudah masuk di email Shopee Food, cari Email Settlement atau email laporan penjualan yang dikirim oleh pihak Shopee setiap hari ke email Anda. Disitu ada laporan transaksi harian.
  4. Scroll ke bawah dan perhatikan file yang berbentuk Excell. Klik dan ubah atau unduh filenya ke Excell atau PDF.
  5. Di dalam file biasanya tertulis Order ID, Store ID, dan lain-lain. Store ID ada di kolom D, itulah nomor identitas resto Anda.

Baca Juga: Cara Daftar Shopee Food Untuk Driver dan Merchant Lengkap

Catatan: Jika Anda membutuhkan nomor ID untuk melakukan perubahan data produk, sementara Anda belum menerima order atau belum menerima email laporan, Anda bisa mengisi strip (-) pada saat ingin mengajukan perubahan data yang tertera di formulir Shopee Food.

Jadi, tidak menutup kemungkinan, meskipun Anda masih merchant baru, tetapi Anda tetap bisa mengelola resto dengan baik. Terlebih bagi resto yang telah lama mendapat banyak orderan, jangan sampai Anda tidak tahu ID penjual dan cara melihat ID penjual Shopee Food.

Itulah penjelasan mengenai ID penjual Shopee Food, fungsi, serta cara melihat ID nya. Sebagai pemilik resto layanan food delivery Shopee, Anda wajib untuk mengetahuinya. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan dalam hal pengelolaan dan pengembangan bisnis.

Sebab, jika Anda tidak tahu cara melihat ID Merchant Shopee Food yang itu adanya di Gmail, maka akan sulit jika ternyata ada perubahan, baik dari perubahan profil resto, perubahan foto menu, perubahan nomor telepon, perubahan foto banner restoran, dan lain-lain di resto yang Anda rintis.

Tinggalkan komentar