9 Cara Mengatasi Akun Shopee Food Gagu Biar Gacor Lagi

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA dari Google, Temasek, dan Bain & Company, layanan pesan antar makanan mengalami peningkatan sepanjang tahun 2022. Di Indonesia, tingginya layanan pesan antar makanan masih didominasi oleh Grab Food dan Go Food.

Pada tahun yang sama, turut hadir sebuah layanan pesan antar makanan pertama milik salah satu e-commerce besar di Indonesia.

Ialah Shopee yang hadir dengan layanan Shopee Food, diprediksi mampu menjadi pesaing dua perusahaan besar di atas jika Shopee Food benar-benar diluncurkan secara luas.

Walaupun masih dalam tahap ekspansi ke banyak wilayah di Indonesia, layanan Shopee Food sudah membuka banyak lowongan pekerjaan untuk mitra pengemudi. Sayangnya, banyak juga masalah yang dialami mitra pengemudi, yang merasa akun Shopee Food nya gagu. Bagaimana solusinya?

Penyebab Akun Shopee Food Gagu

Realita sering kali tidak seindah ekspektasi. Saat berhasil menyelesaikan proses pendaftaran menjadi mitra pengemudi Shopee Food, pasti berharapnya orderan lancar, ramai, bisa selalu tutup poin. Apa boleh buat saat semangat kerja tinggi, sering kali dipatahkan oleh keadaan yang sepi pelanggan.

Sebagai mitra pengemudi, Anda mesti aware dengan permasalahan seperti ini. Evaluasi, apa yang menyebabkan akun Shopee Food gagu? Sebab, Anda akan bernasib sama selama berbulan-bulan jika tidak segera mengetahui penyebabnya dan mencari solusi atas penyebab tersebut.

Beberapa penyebab akun Shopee Food gagu di antaranya:

1. Driver Istirahat dan Membiarkan Pesanan

Banyak pengemudi yang membiarkan aplikasi Shopee Food tetap hidup saat jam istirahat, baik itu makan siang, tidur, atau bahkan beribadah.

Tidak masalah jika memang saat ada pesanan masuk Anda sigap melayani. Masalahnya, sering kali saat ada pesanan masuk dari pelanggan di jam istirahat, Anda tidak tahu dan membiarkan pesanan lewat begitu saja.

2. Mengaktifkan Akun Diluar Wilayah Operasi

Layanan pesan antar makanan Shopee masih baru, sehingga wilayah operasinya masih belum menyebar luas di banyak wilayah di Indonesia.

Jika Anda mengaktifkan akun diluar wilayah operasi itu akan berdampak pada akun Anda. Sebab, IP akan membaca terakhir kali akun tersebut Anda aktifkan.

Baca juga:  Cara Mengalahkan Tuyul Shopee Food, Orderan Jadi Lancar!

3. Driver Menggunakan Aplikasi Tambahan

Pihak Shopee melarang keras kepada para pengemudinya agar tidak menggunakan aplikasi tambahan, seperti fake GPS Shopee Food/ MOD driver Shopee Food.

Meskipun aplikasi tersebut untuk mempermudah mendapat pesanan, tetapi lama kelamaan aplikasi akan terdeteksi oleh sistem dari Shopee.

4. Sering Menolak Pesanan Masuk

Penyebab akun Shopee Food gagu selanjutnya adalah pengemudi sering menolak pesanan masuk. Terlalu memilih pesanan masuk besar kemungkinan membuat rating Anda turun.

Dengan begitu, Anda tidak akan jadi mendapat pesanan dan bonus insentif. Rugi bukan hanya karena sifat yang terlalu selektif?

5. Melanggar Kebijakan Shopee Food

kebijakan setiap perusahaan memang berbeda satu sama lain. Saat Anda bekerja menjadi mitra pengemudi Shopee Food, Anda harus memahami dan mematuhi kebijakan yang berlaku.

Jika tidak patuh terhadap kode etik perusahaan terkait, akun Anda bisa dinonaktifkan sementara hingga permanen. Akhirnya, pesanan tidak bisa masuk.

Itulah penyebab akun Shopee Food gagu yang perlu Anda tahu. Sebagai pengemudi baru, wajar jika masih sepi pelanggan. Namun, jika sudah lama menjadi pengemudi, Anda harus segera evaluasi.

Sebab, penyebab akun Shopee Food Gagu bukan hanya berkaitan dengan hal-hal teknis, tetapi juga kepribadian diri atau performa Anda sebagai pengemudi di mata pelanggan yang turut memberi rating penilaian.

Solusi Akun Shopee Food Gagu

Akun Shopee Food Gagu

Jika sudah mengetahui penyebab akun gagu, tentu akan lebih mudah dalam mencari solusinya. Tidak jauh berbeda dengan mengatasi akun Grab Gagu, di bawah ini ada beberapa solusi yang bisa membuat akun Shopee Food Anda menjadi ramai order.

1. Menggunakan Perangkat yang Mendukung

Bekerja di bidang pelayanan online pasti memerlukan perangkat yang mendukung. Perangkat yang mendukung bisa mempengaruhi cepat tidaknya pesanan masuk. Pihak Shopee Food memberikan persyaratan khusus bagi pengemudi agar menggunakan perangkat sesuai kriteria berikut:

  • RAM HP minimal 4 GB
  • Jaringan internet 4G harus selalu stabil dan aktif
  • Menggunakan akun resmi layanan Shopee Food pengemudi milik sendiri
  • Usahakan Google Play Service apk berada pada versi terbaru
  • Pastikan sudah mengatur GPS di perangkat HP ke mode Akurasi Tinggi
  • Pastikan sudah melakukan setting Shopee Food biar gacor.
Baca juga:  8 Aplikasi Penguat GPS Shopee Food biar Gacor

2. Aktifkan Fitur Terima Otomatis

Dengan Anda mengaktifkan fitur terima otomatis, tentu akan mempermudah Anda mendapat pesanan dari pelanggan.

Namun, pastikan juga bahwa saat Anda mengaktifkan fitur ini sudah dalam posisi siap bekerja. Mau itu pada pagi hari maupun siang hari setelah istirahat agar pelanggan tidak kecewa karena Anda membiarkan begitu saja pesanan yang masuk.

3. Jangan Terlalu Selektif

Tugas pengemudi Shopee Food adalah memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, bukan memilih-milih pelanggan. Saat mendapat pesanan baru dari pelanggan, tentu belum mengetahui karakternya, bukan?

Maka dari itu, janganlah terlalu selektif, yang akhirnya akan membuat Anda kehilangan pelanggan. Padahal bisa jadi pelanggan tersebut baik-baik saja.

4. Tingkatkan Skor Penyelesaian Diatas 80%

Jadikan akun Anda menjadi akun prioritas, yaitu dengan cara selalu menjaga performa penerimaan pesanan di atas 85%. Performa yang baik akan berpengaruh terhadap kecepatan mendapat pesanan selanjutnya.

5. Online Lebih Awal

Bekerja lebih awal akan berpeluang mendapat banyak pesanan. Anda bisa mencuri start untuk online lebih awal saat pengemudi lain online pada rata-rata jam kerja. Juga bisa pulang lebih malam. Sehingga jam kerja Anda semakin banyak.

6. Memberi Jeda Waktu Pesanan

Maksud dari memberi jeda waktu pesanan adalah janganlah Anda buru-buru untuk pindah lokasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Usahakan, minimal saat Anda di lokasi satu, Anda stay 30 menitan untuk setidaknya menunggu pesanan datang. Baru kemudian jika memang selama 30 menit menunggu tidak ada pesanan masuk, Anda bisa pindah ke lokasi lain. Begitu seterusnya.

7. Datang ke Tempat Ramai Tepat Waktu

Temukan tempat ramai yang masuk ke dalam wilayah operasi Shopee Food dengan tepat waktu. Tempat ramai menjadi pasar Anda untuk mendapat pelanggan. Berikut beberapa ketentuan yang bisa dijadikan rekomendasi saat mendatangi tempat ramai tersebut.

  • Jam 6.00 hingga 9.00 pagi: Usahakan Anda datang ke merchant Shopee Food yang menjual sarapan pagi. Misalnya, datang ke merchant lontong, nasi uduk, ketoprak, dan lain-lain.
  • Jam 10.00 hingga 13.00 siang: Usahakan Anda datang ke merchant yang menjual makan siang. Misalnya, ke warung makan, restoran, mall, swalayan, fast food, dan lain-lain.
  • Jam 16.00 hingga 19.00 sore: Usahakan Anda datang ke tempat yang ramai. Biasanya banyak orang bersantai dan menikmati makan sore atau jajanan sore setelah beraktifitas seharian penuh. Misalnya, di mall, tempat jual jajanan sore, dan lain-lain.
  • Jam 19.00 hingga 22.00 malam: Usahakan di jam-jam ini Anda mangkal di area restoran, fast food, cafe, jajanan, rumah makan, dan lain-lain. Sebab, ini juga masih masuk ke dalam jam makan malam. Sehingga, peluang mendapat pesanan akan semakin tinggi jika posisi Anda berdekatan dengan lokasi penjual makan malam atau jajanan lainnya.
Baca juga:  Daftar Aplikasi Shopee Food Driver Versi Gacor 2024

8. Siapkan Uang Tunai dan Deposit

Pastikan Anda sudah menyiapkan uang tunai dan deposit saat mulai menjalankan pesanan. Adapun minimal saldo di akun Shopee Food adalah sekitar Rp 50.000. Dengan mengisi saldo, Anda berkesempatan mendapatkan nominal pesanan tanpa batas.

9. Berdoa dan Beramal

Doa bisa mengubah nasib. Saat Anda sudah berusaha, jangan lupa untuk diiringi dengan doa. Akan lebih baik jika Anda menggunakan rumus DOA > USAHA + AMAL > DOA. Semoga rezeki Anda menjadi pengemudi Shopee Food lancar. Dengan begitu akun Shopee Food gagu Anda akan gacor pada waktunya.

Dari 9 solusi agar akun Shopee Food gagu Anda menjadi ramai, mana yang paling sulit untuk dilakukan? Jawabannya tergantung Anda.

Yang jelas, Anda juga harus memiliki tekad kuat dan konsistensi tinggi dalam menjalankan semua solusi tersebut. Dikarenakan pekerjaan ini tidak mendapat gaji tetap, maka akan sangat bergantung pada tekad dan konsistensi Anda dalam berusaha dan berdoa.

Itulah solusi mengatasi akun Shopee Food gagu agar kembali ramai. Dengan mengetahui penyebab dan solusinya, sebagai pengemudi Anda tidak akan uring-uringan sendiri saat menghadapi masalah seperti itu. Harus diingat juga bahwa realita memang tidak seindah ekspektasi. Tetapi, Anda bisa menciptakan realita jauh melebihi ekspektasi jika usaha dan doa Anda kenceng. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar