9 Prospek Kerja Ilmu Kelautan yang Menjanjikan

Prospek kerja ilmu kelautan di Indonesia masih terbuka lebar untuk Anda para lulusan ilmu kelautan atau yang saat ini masih menempuh pendidikan ilmu kelautan.

Sebab, dari luasnya wilayah perairan di Indonesia ini, nyatanya masih banyak sumber daya laut yang dikelola secara tradisional. Belum banyak sumber daya manusia yang bisa mengelola wilayah perairan Indonesia ini secara modern.

Di artikel ini kami akan menjelaskan 9 prospek kerja ilmu kelautan, lengkap dengan gaji yang nantinya Anda terima. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu beberapa hal tentang jurusan ilmu kelautan itu sendiri.

Sekilas tentang Ilmu Kelautan

prospek kerja ilmu kelautan

Ilmu kelautan merupakan salah satu cabang ilmu bumi yang memiliki cakupan luas. Mulai dari meteorologi laut, geologi, konservasi sumber daya lingkungan laut, hingga pengelolaan amdal.

Mengambil studi ilmu kelautan, Anda tidak hanya mempelajari ilmu tentang lautan saja. Melainkan juga mempelajari tentang area pesisir dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kelautan

Nah, secara lebih spesifik, di bawah ini adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu kelautan:

  • Geologi Laut
  • Ichtyologi
  • Oseanografi
  • Selam
  • Bioteknologi
  • Fisiologi Hewan Akuatik
  • Koralogi
  • Pencemaran Laut
  • Sedimentologi
  • Akustik dan Telemetri Kelautan
  • Instrumentasi Kelautan
  • Dan lain-lain

Sementara, pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa ilmu kelautan, antara lain:

  • Mampu melakukan observasi
  • Memiliki kemampuan memecahkan masalah
  • Pandai melakukan analisis
  • Mampu berpikir rasional
  • Bisa bekerja sama dalam tim
  • Tekun, teliti, dan detail

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Kelautan

Ilmu kelautan sangat menarik untuk Anda eksplor. Indonesia memiliki laut yang sangat indah dan luas. Bukan sekadar eksplor bersenang-senang, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Rata-rata orang memilih jurusan ilmu kelautan karena beberapa hal di bawah ini:

  • Menyukai kegiatan outdoor, diving, dan segala hal yang berhubungan dengan laut. Bekerja dan bersenang-senang.
  • Memiliki prospek kerja yang sangat banyak, sebab lulusan ilmu kelautan sangat dibutuhkan untuk mengelola sumber daya laut sebaik mungkin.
  • Ingin memberikan sumbangsih untuk perairan Indonesia.

Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Jangan pernah menganggap remeh bahwa prospek kerja ilmu kelautan tidak sebanyak prospek kerja jurusan Biologi maupun disiplin ilmu lainnya, loh ya. Peluang berkarir di dunia ilmu kelautan masih terbuka lebar untuk para lulusan ilmu kelautan. Berikut 9 diantaranya:

  1. Manajer Akuakultur
Baca juga:  Gaji UMR Ponorogo dan Gaji UMK Ponorogo 2022

Profesi sebagai manajer akuakultur tidak hanya cocok untuk para lulusan akuakultur, tetapi juga cocok untuk Anda jadikan prospek kerja ilmu kelautan.

Akuakultur adalah budidaya perairan yang tugasnya mempelajari aktivitas pemeliharaan, penangkaran, serta pengembangbiakan biota laut atau air tawar.

Menjadi manajer akuakultur, berarti Anda harus bisa mengarahkan dan mengkoordinasi aktivitas para pekerja produksi pembenihan ikan sebaik mungkin untuk perusahaan. Bagaimana bisa proses produksi ikan berjalan lancar, dengan tetap memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

Gaji seorang manajer akuakultur berkisar Rp 4.100.000 hingga Rp 5.800.000 per bulannya.

  1. Spesialis Konservasi Alam

Sesuai dengan namanya, prospek kerja ilmu kelautan sebagai spesialis konservasi alam berkaitan dengan pemeliharaan alam, khususnya di area perairan.

Secara khusus, Anda pun bisa mengambil spesialisasi lagi dalam pekerjaan ini. Misalnya saja dengan menjadi spesialis konservasi batu karang.

Seorang spesialis konservasi alam, artinya Anda harus bisa mencari solusi atas setiap permasalahan yang terjadi di area perairan. Tujuannya, agar kualitas sumber daya alam di dalamnya tetap dalam kondisi baik dan bisa berdampak positif terhadap lingkungan.

Seorang spesialis konservasi alam di Indonesia mendapat gaji sekitar Rp 4.200.000 hingga Rp 6.700.000 per bulannya.

  1. Teknik Kelautan (Ocean Engineering)

Prospek kerja ilmu kelautan sebagai teknik kelautan berkaitan dengan pengoperasian mesin dan kapal, termasuk di dalamnya adalah sistem sumber daya listrik dan mesin penggerak.

Berprofesi di bidang teknik kelautan ini nantinya Anda memiliki tugas untuk memeriksa peralatan dan mesin kapal yang digunakan untuk pembukaan lowongan kerja, melakukan studi kinerja, operasi, dan lingkungan untuk mengembangkan produk perkapalan, dan lain-lain.

Gaji seorang teknik kelautan berkisar Rp 73.99 USD atau sekitar Rp 1,07 miliar per tahunnya. Wow, cukup besar ya?

  1. Dosen

Dulunya menjadi mahasiswa, sekarang menjadi dosen. Ya, prospek kerja ilmu kelautan sebagai dosen tidak lekang oleh waktu. Untuk menjadi dosen ilmu kelautan, Anda harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu agar semakin banyak ilmu yang bisa Anda transfer kepada mahasiswa.

Tidak hanya mengajar, nantinya Anda juga harus melakukan penelitian. Mengamati permasalahan yang ada dan menciptakan solusi baru.

Baca juga:  Berapa Gaji Game Developer di Indonesia?

Sebagai pengajar atau dosen, rata-rata Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 per bulannya. Ini juga tergantung dimana Anda bekerja dan tingkat pengalaman kerja yang Anda miliki.

  1. Pembenihan Ikan

Tertarik bekerja sebagai pembudidaya ikan? Prospek kerja ilmu kelautan sebagai pembenihan ikan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bekerja disini, tentu saja Anda memiliki peran penting dalam proses pembenihan ikan agar nantinya bisa dipasarkan.

Berbekal dengan ilmu yang Anda pelajari selama kuliah, Anda pun akan tahu mana ikan yang segar dan mana yang tidak, bagaimana memelihara induk ikan, proses pemijahan, pemeliharaan larva, penetasan telur, hingga pembesarannya.

Di Indonesia, gaji seorang pembenihan ikan bisa mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 4.0000.000 per bulan.

  1. Peneliti

Untuk Anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia riset, Anda bisa memanfaatkan prospek kerja ilmu kelautan sebagai peneliti. Tentu saja, nantinya Anda akan meneliti di bagian kelautan.

Anda akan mempelajari wilayah kelautan, biota laut, dan segala yang yang berhubungan dengan kehidupan laut.

Jangan salah, seorang peneliti juga memiliki andil yang cukup besar untuk masyarakat, loh. Anda bisa mengedukasi masyarakat yang berhubungan dengan laut dan aneka sumber daya di dalamnya.

Untuk gaji, seorang peneliti di bidang kelautan ini akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000 per bulannya.

  1. Bekerja di Perusahaan Pemerintahan

Ada pekerjaan di perusahaan pemerintahan yang memang khusus diberikan kepada para lulusan ilmu kelautan. Misalnya saja bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Biasanya, seorang yang bekerja di kantor kementerian ini akan ditempatkan di bidang analis. Misalnya, akan menjadi analis kelautan dan perikanan, analisis mutu perikanan, analis konservasi kawasan, dan lain-lain.

Untuk tugas dan tanggung jawabnya, itu tergantung di bagian apa Anda bekerja. Begitu pun dengan gaji. Namun, rata-rata lulusan ilmu kelautan yang bekerja di perusahaan pemerintahan ini mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

  1. PNS

Jika ingin mendapat jaminan di hari tua, prospek kerja ilmu kelautan sebagai PNS bisa Anda usahakan kedepannya.

Anda bisa mendaftar sebagai PNS di lembaga pemerintahan yang berfokus pada segala hal mengenai ekosistem laut, kelautan, pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar laut, dan lain-lain.

Baca juga:  Besar Gaji Karyawan Alfamidi Terbaru yang Paling Banyak Dicari!

Untuk gaji, seorang PNS akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

  1. Wirausaha

Bagi Anda yang menyukai dunia bisnis, prospek kerja ilmu kelautan sebagai wirausaha sangat cocok untuk Anda. Wirausaha menjadi salah satu prospek yang cukup menjanjikan.

Anda bisa menjual banyak hal, seperti menjual ikan yang dikonsumsi, ikan hias, dan distributor makanan ikan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuka usaha di bidang pengolahan hasil laut, seperti menjual berbagai macam kerupuk ikan dan lain-lain.

Tugas Anda sebagai wirausaha adalah harus mampu menarik perhatian pembeli melalui produk yang Anda miliki. Semakin inovatif produk Anda dan banyak dibutuhkan pasar, semakin cepat sukses usaha yang Anda jalankan.

Untuk gaji, seorang wirausaha memang tidak mendapat gaji yang pasti. Namun rata-rata Anda bisa menggaji diri Anda sendiri sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Semakin besar usaha Anda, maka Anda pun bisa memberi gaji pada diri sendiri dengan nominal yang lebih besar.

Prospek kerja jurusan lainnya:

Daftar Universitas dengan Prodi Ilmu Kelautan Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki prodi (program studi) ilmu kelautan dengan akreditasi A dan BAN-PT. Berikut diantaranya:

  • Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat
  • Universitas Padjadjaran, Jawa Barat
  • Universitas Jenderal Soedirman, Jawa Tengah
  • Universitas Diponegoro, Jawa Tengah
  • Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur
  • Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan
  • Universitas Riau, Riau
  • Universitas Pattimura, Provinsi Maluku

Penutup

Itulah 9 prospek kerja ilmu kelautan dan perkiraan gajinya yang harus Anda tahu. Tidak cukup pandai di bidang akademik, Anda pun harus cakap dalam melakukan observasi, menyelesaikan masalah, menganalisis, berpikir rasional, mampu bekerja sama dalam tim, tekun, teliti, dan detail.

Maka dengan begitu, besar kemungkinan Anda mudah terserap di dunia kerja ilmu kelautan. Berkarir lah dengan tulus untuk negara maritim ini ya?

Bagikan:

Tinggalkan komentar