10 Gaji dan Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek Kerja Jurusan Biologi – Dalam suatu organisasi, instansi, pemerintah, lembaga, dan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang membutuhkan sumber daya yang memiliki keahlian di bidang biologi. Maka tidak heran jika prospek kerja jurusan biologi terbuka lebar untuk mengisi berbagai macam pekerjaan.

Di artikel ini akan kami jelaskan 10 prospek kerja lulusan biologi yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lengkap dengan besaran gaji yang akan Anda terima berdasarkan profesi yang Anda idam-idamkan. Berikut ulasan lengkapnya!

Sekilas tentang Jurusan Biologi

prospek kerja jurusan biologi
Ilustrasi jurusan biologi foto: freevector.com

Biologi menjadi salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang sudah Anda pelajari sejak SMP. Cabang ilmu ini mencakup berbagai bidang termasuk botani, konservasi, evolusi, genetika, ekologi, zoologi, biologi kelautan, mikrobiologi, kedokteran, fisiologi, dan biologi molekuler.

Ilmu biologi sangat penting Anda pelajari karena akan membantu Anda dalam memahami kehidupan makhluk hidup dan mengetahui bagaimana cara spesies tersebut (termasuk manusia) berfungsi, berinteraksi, dan berevolusi.

Mata Kuliah Jurusan Biologi

prospek kerja jurusan biologi

Berbeda saat SMP, ilmu biologi yang Anda pelajari selama kuliah akan lebih kompleks namun spesifik. Anda akan mendalami berbagai fenomena yang berkaitan dengan benda hidup, seperti interaksi biologi dan lingkungan, struktur/ fenomena psikologis yang menjangkiti organisme/ fungsi organ, keragaman spesies dan warisan, perkembangan, serta evolusi.

Lebih spesifik lagi, berikut mata kuliah yang akan dipelajari selama memilih jurusan biologi:

  • Struktur dan Perkembangan Tumbuhan
  • Paleontologi
  • Struktur dan Perkembangan Hewan
  • Ekologi
  • Fisiologi Hewan
  • Biologi Evolusi
  • Fisiologi Tumbuhan
  • Matematika
  • Kimia Dasar
  • Fisika
  • Dan lain-lain

Pengetahuan dan Keahlian

Sementara pengetahuan dan keahlian yang harus Anda miliki ketika menempuh cabang disiplin ilmu biologi, di antaranya:

  • Kemampuan dalam melakukan observasi
  • Berorientasi pada detail
  • Kemampuan meneliti
  • Pemahaman biologi
  • Kemampuan melakukan analisis dan berpikir rasional

Alasan Memilih Jurusan Biologi

Biologi menjadi salah satu cabang disiplin ilmu yang menarik untuk Anda pelajari. Jika dalam jurusan lain lebih banyak berbicara mengenai teori, konsep, dan hitung-hitungan, maka ketika Anda belajar biologi Anda akan diajak untuk lebih banyak memperdalam tentang organisme hidup.

Baca juga:  12 Prospek Kerja Perbankan Syariah dan Perkiraan Gajinya

Anda akan diajak untuk lebih memahami seluk beluk makhluk hidup, mulai dari unit terkecil atau biasa disebut dengan sel hingga ke ragam unit spesies yang ada. Dengan begitu, Anda akan mendapat banyak manfaat, seperti:

  • Mengetahui struktur dan fungsi organ tubuh
  • Bisa mempelajari penyebab dan bagaimana cara mengobati penyakit
  • Mempelajari berbagai jenis makhluk hidup
  • Serta mempelajari lingkungan dimana manusia hidup dan segala hal yang ada didalamnya
  • Yang tidak kalah penting adalah prospek kerja jurusan biologi terbuka lebar

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Peluang karier atau prospek kerja jurusan biologi tentu sangat banyak. Ditambah lagi jika Anda bisa benar-benar memahami alur kehidupan makhluk hidup di dunia ini dengan baik.

Seorang sarjana biologi banyak dibutuhkan di perusahaan yang menangani bidang pengaplikasian teknologi dalam ilmu Biologi. Mulai dari lingkungan pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, hingga dunia kedokteran. Jenjang karir dan gajinya juga bervariasi.

Berikut ini 10 prospek kerja jurusan biologi dari banyak bidang yang tersedia:

  1. Ahli Biostatistik

Prospek kerja jurusan biologi sebagai ahli statistik di Indonesia dibutuhkan di banyak bidang, seperti kedokteran, pertanian, dan teknologi.Tugas ahli biostatistik adalah untuk melakukan penelitian sains, survey data, membuat proposal penelitian, membuat analisa statisk, serta konsultasi biostatistik.

Di Indonesia, seorang ahli biostatistik rata-rata mendapat gaji bulanan antara Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

  1. Ahli Biomedis

Seorang ahli biomedis harus memiliki keahlian khusus di bidang kesehatan makhluk hidup. Tugas ahli biomedis adalah untuk meneliti, merancang, dan membuat aplikasi atau data dengan memadukan antara ilmu medis dan ilmu teknis. Misalnya, merancang alat diagnosa pasien, membuat robot untuk terapi pasien, dan lain-lain.

Di Indonesia, seorang ahli biomedis rata-rata mendapat gaji bulanan antara Rp 4.700.000 hingga Rp 6.500.000.

  1. Ahli Biologi Molekul dan Sel

Profesi ini akan mempelajari berbagai jenis molekul dan sel, sekaligus memahami fungsi dari molekul dan sel tersebut. Tugas seorang ahli molekul dan sel adalah untuk menganalisa data, melakukan eksperimen, dan menjelaskan berbagai hal mengenai molekul dan sel kepada para akademisi, klien, instansi, maupun masyarakat yang memerlukan informasi terkait.

Di Indonesia, seorang ahli biologi molekul dan sel akan mendapat gaji sekitar Rp 4.700.000 hingga Rp 7.000.000.

  1. Peneliti Bioinformatika
Baca juga:  Gaji Pegawai Pos Indonesia 2022 untuk Semua Jabatan

Prospek kerja jurusan biologi sebagai peneliti bioinformatika sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Sebab, dari banyaknya data yang ada, dibutuhkan suatu proses pengungkapan kekayaan informasi biologis dengan menerapkan teknik informatika dan komputer agar bisa memperoleh pengetahuan yang lebih jelas tentang biologi fundamental suatu organisme.

Gaji seorang peneliti bioinformatika di Indonesia berkisar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

  1. Teknisi Proses Biofuel

Berprofesi sebagai teknisi proses biofuel, Anda memiliki tugas untuk menghitung, mengukur, mencampurkan, membuat, dan mengolah bahan baku dengan bahan tambahan dalam proses fermentasi. Seorang teknisi proses biofuel akan menjalankan proses produksi, melakukan pencatatan, memelihara, memperbaiki, dan mengawasi.

Prospek kerja jurusan biologi sebagai teknisi proses biofuel rata-rata akan mendapat gaji antara Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulannya.

  1. Teknisi Pembangkit Biomassa

Berprofesi sebagai teknisi pembangkit biomassa, berarti Anda adalah orang yang memiliki keahlian dalam mengolah organisme (hewan dan tumbuhan) menjadi energi. Sebab, Anda akan mengontrol dan memantau segala aktivitas pembangkit biomassa sekaligus melakukan pemeliharaan terhadap alat tersebut.

Di Indonesia, seorang teknisi pembangkit biomassa rata-rata mendapat gaji antara Rp 5.000.000 hingga Rp 6.000.000.

  1. Teknisi Ilmu Forensik

Prospek kerja jurusan biologi selanjutnya adalah teknisi ilmu forensik. Tanggung jawab seorang teknisi ilmu forensik adalah untuk memeriksa bukti fisik kuat terkait adanya penyelidikan terhadap suatu kasus untuk mengungkap bukti atau fakta-fakta yang sebenarnya.

Gaji teknisi ilmu forensik di Indonesia berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulannya.

  1. Food Scientist

Dalam biologi ada ilmu pangan. Jika Anda tertarik dengan ilmu dan proses pembuatan makanan, maka prospek kerja jurusan biologi sebagai food scientist sangat cocok untuk Anda perjuangkan.

Anda akan mempelajari kerusakan dan pengolahan makanan menggunakan rekayasa, kimia, dan mikrobiologi. Hasilnya, Anda bisa menentukan tingkat nutrisi dari makanan tersebut, menganalisis kandungan yang ada didalamnya, dan mencari sumber makanan bergizi baru agar bisa membuat makanan olahan yang enak, aman, dan sehat. Tidak lupa juga nantinya Anda bisa menemukan cara terbaik untuk mengawetkan sekaligus mengemas makanan.

Gaji seorang food scientist di Indonesia sangat menggiurkan, yakni bisa mencapai Rp 254.968.524 atau setara dengan Rp 122.581 per jam nya.

  1. Ahli Teknologi Sitogenik
Baca juga:  10+ Daftar Gaji PT Taspen untuk Semua Jabatan

Seorang ahli teknologi sitogenik harus memiliki kemampuan untuk menganalisa kromosom yang ada di dalam spesimen biologi, seperti sumsum tulang belakang, cairan ketuban, dan darah untuk membantu pendidikan (studi), diagnosis, serta pengobatan penyakit genetik.

Di Indonesia, seorang ahli teknologi sitogenik bisa mendapat gaji bulanan mulai dari Rp 4.000.000.

  1. Dosen llmu Agrikultural

Selain menjadi dosen Biologi, sebenarnya prospek kerja jurusan biologi juga bisa menjadi dosen ilmu agrikultural. Profesi ini memiliki tugas untuk memberikan ilmu pengetahuan (wawasan umum) mengenai cara budidaya tanaman pangan, cara budidaya hewan ternak, dan cara mengelola tenaga manusia dan teknologi pangan yang ada di bidang pertanian.

Gaji dosen ilmu agrikultural di Indonesia berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulannya.

Prospek kerja jurusan lainnya:

Daftar Universitas dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

Jika Anda ingin kuliah jurusan Biologi, Anda bisa mendaftar ke perguruan tinggi berikut ini:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Pertanian Bogor
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Teknologi Bandung
  • Universitas Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Sebeleas Maret
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Udayana
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Andalas
  • Universitas Jember
  • Universitas Lampung
  • Universitas Riau

Penutup

Itulah prospek kerja jurusan biologi dan besaran gajinya yang perlu Anda tahu. Masih banyak lapangan kerja di Indonesia yang membutuhkan lulusan Biologi. Bahkan, Anda bisa juga bekerja sebagai seorang QC di perusahaan besar seperti Indofood, Unilever, Japfa, dan lain-lain.

Jika tidak ingin terikat dengan orang dan memiliki modal, Andapun bisa menjadi wirausaha. Membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan mendirikan bisnis. Nah, kira-kira Anda ingin berkarir sebagai apa, nih?  Atau bahkan ingin mendirikan bisnis sendiri? Apapun pilihannya, semoga itu lah yang terbaik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar