Berapa Sih Kisaran Gaji Untuk Lulusan S1 di Indonesia Terbaru 2020? Ini Jawabannya!

Mencari kerja itu bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Memang mudah menjumpai info lowongan kerja yang sedang dibuka tapi menemukan pekerjaan yang cocok denganmu baik dari segi posisi, tempat, hingga besaran gaji adalah perkara yang tidak mudah. Apalagi kalau kamu adalah seorang fresh graduate alias lulusan Sarjana alias S1.

Fresh graduate merupakan julukan yang diberikan kepada orang-orang yang baru lulus kuliah dan hendak mencari pekerjaan. Biasanya mereka tidak memiliki banyak pengalaman kerja sehingga ketika mendapatkan suatu pekerjaan kerap kali gaji yang didapatkan tidak seperti karyawan lain yang telah lebih lama bekerja di situ.

gaji untuk lulusan S1

Lulusan S1 harus siap dengan persaingan dunia kerja yang cukup kompetitif

Namun satu fakta yang tak bisa dipungkiri adalah kelompok angkatan kerja justru didominasi oleh para fresh graduate ini. Bayangkan, dalam setahun ada berapa mahasiswa yang diwisuda? Dan di waktu yang bersamaan seberapa banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk mereka?

Tak heran persaingan mencari kerja bagi fresh graduate jauh lebih keras dibanding persaingan yang mereka rasakan saat masih menjadi mahasiswa. Apalagi bagi mereka yang lulus dari jenjang Strata Satu (S1).

Lulusan Sarjana biasanya punya tantangan lebih besar ketika masuk ke dunia kerja. Pasalnya, dibanding lulusan diploma, para fresh graduate S1 ini lebih banyak menguasai teori dari pada praktis. Berbanding terbalik dengan lulusan diploma yang lebih didominasi oleh kemampuan praktis daripada teoritis.

Standar Gaji Untuk Lulusan Sarjana S1 [Update 2020]

Lantas, berapa standar gaji lulusan S1 di Indonesia ini? Dilansir dari data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 kemarin, standar gaji fresh graduate sarjana berada pada angka Rp 1.701.183 – Rp 3.327.741 per bulan. Ini merupakan angka rata-rata dari survei yang dilakukan oleh BPS di seluruh Indonesia.

Artinya, angka di atas bukanlah patokan utama untuk menerka berapa standar gaji fresh graduate S1 yang akan mereka dapatkan ketika bekerja nanti. Nominal gaji yang akan diterima oleh seorang fresh graduate sangat bergantung pada beberapa faktor.

gaji lulusan s1

freshgraduate harus jeli melihat peluang dalam dunia kerja

Faktor Penentu Standar Gaji Lulusan S1

Faktor apa saja yang menentukan standar gaji fresh graduate S1? Berikut ulasannya:

1. Perusahaan tempat lulusan S1 bekerja

Perusahaan tempatmu bekerja sangat menentukan besaran gaji yang akan kamu peroleh. Fresh graduate yang bekerja di perusahaan lokal, nasional, dan multinasional tentu akan mendapatkan nominal gaji yang berbeda.

Perusahaan multinasional biasanya berani memberikan standar gaji untuk lulusan Sarjana lebih tinggi dibanding perusahaan berskala lokal. Ini dilakukan agar karyawan tersebut bisa meningkatkan produktivitasnya yang akan berimbas pada kinerja perusahaan. Namun tentunya persaingan untuk bekerja di perusahaan multinasional bisa dipastikan sangat ketat.

2. Posisi fresh graduate dalam pekerjaan

Di dalam satu perusahaan ada banyak posisi yang bisa diisi oleh seorang lulusan Sarjana. Hal ini memengaruhi nominal gaji yang akan mereka terima. Masih dari data yang dirilis oleh BPS di atas, fresh graduate yang menduduki posisi tenaga kepemimpinan atau ketatalaksanaan biasanya akan mendapatkan standar gaji yang lebih tinggi dibanding posisi lainnya.

3. Daerah dimana fresh graduate bekerja

Tentu faktor Upah Minimum Provinsi (UMP) juga sangat menentukan besaran gaji yang didapatkan oleh seorang lulusan S1. Gaji fresh graduate Jakarta akan jauh lebih besar dibanding gaji fresh graduate di daerah lain. Hal ini dikarenakan DKI Jakarta memiliki Upah Minimum Provinsi (UMP) yang lebih tinggi.

Untuk tahun 2020 saja UMP DKI Jakarta sudah menyentuh angka Rp 4.276.349 per bulan. Tentu kisaran gaji fresh graduate Jakarta tidak akan jauh-jauh dari angka tersebut.

Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2020 Terbaru Beserta Posisi [Update 2020]

Daftar Kisaran Gaji Freshgraduate S1 Untuk Beberapa Bidang

Seorang fresh graduate S1 sangat disarankan untuk selektif dalam memilih perusahaan pertama di mana ia akan bekerja. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap pengembangan karirnya di kemudian hari. Apabila kamu pernah bekerja di perusahaan multinasional tentu tidak sulit untuk menemukan pekerjaan jika kamu menginginkan tantangan baru.

Agar bisa menambah semangatmu sebagai seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan yang layak dan gaji menarik, berikut akan dipaparkan daftar kisaran gaji untuk lulusan S1 di Indonesia pada beberapa posisi dan jenis pekerjaan.

HRD (Human Resource Development)

Bidang ini bertanggung jawab untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan kepegawaian suatu perusahaan seperti perekrutan karyawan baru, penyedian fasilitas bagi karyawan, dan lain sebagainya. Standar gaji fresh graduate S1 yang duduk di posisi HRD berkisar Rp 3.500.000 hingga Rp 4.500.000 setiap bulan.

IT

Peran IT dalam suatu perusahaan sangat vital. Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan perangkat komputer, teknologi, dan sistem informasi untuk menunjang kinerja mereka. Tak heran perusahaan berani memberikan standar gaji lulusan S1 di bidang ini mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 setiap bulannya.

Administrasi

Semua perusahaan tentu membutuhkan tenaga di bidang ini. Oleh sebab itu perekrutan staf administrasi oleh banyak perusahaan kerap dilakukan setiap tahunnya. Banyak fresh graduate yang juga menduduki posisi ini di awal karir mereka. Biasanya standar gaji lulusan S1 untuk posisi ini ialah sebesar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

Sales

Sales merupakan salah satu posisi vital dalam sebuah perusahaan. Merekalah yang akan memasarkan produk perusahaan kepada calon konsumen. Biasanya sales akan mendapatkan target bulanan dari perusahaan.

Apabila sales berhasil mencapai target atau bahkan melampaui target maka perusahaan akan memberikan bonus kepada mereka. Standar gaji S1 yang diberikan perusahaan untuk para sales ini biasanya antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

Perbankan

Industri perbankan kerap jadi pekerjaan idaman sebagian lulusan S1. Pasalnya ada beberapa posisi yang bisa diisi oleh fresh graduate dari berbagai jurusan. Untuk fresh graduate S1 pada posisi teller dan customer service biasanya akan mendapatkan gaji senilai Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulan.

Adapaun standar gaji lulusan S1 pada posisi lain berada pada kisaran  Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 setiap bulannya.

Industri kreatif dan periklanan

Industri kreatif juga jadi magnet baru bagi para lulusan S1 untuk meniti karir dan mencari pundi-pundi rupiah. Ada beberapa posisi yang bisa diisi antara lain content creator, copy writer, graphic designer, video editor, digital strategist, dan lain sebagainya. Standar gaji S1 yang bekerja di bidang ini adalah Rp 3.500.000 hingga Rp. 5.000.000 per bulan.

Tenaga Medis

Lulusan S1 di bidang medis akan memiliki akses kerja yang lebih besar dibanding mereka yang tidak S1. Tentu kisaran gaji yang didapatkan sangat bergantung pada profesi mereka masing-masing.

Untuk fresh graduate yang berprofesi sebagai dokter biasanya mendapatkan gaji dengan kisaran Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 setiap bulannya. Sedangkan untuk profesi tenaga medis yang lainnya seorang fresh graduate akan menerima gaji sebesar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000 setiap bulannya.

Daftar Gaji Pegawai Telkom Indonesia Terbaru 2020, Tergantung Posisinya!

Tentu ada banyak pertimbangan bagi seorang lulusan S1 ketika dihadapkan dengan tawaran pekerjaan. Selain perusahaan yang sudah punya nama nominal gaji akan jadi pertimbangan yang cukup menentukan. Tak heran masih banyak yang menjadikan ibu kota sebagai tempat idaman untuk bekerja karena gaji fresh graduate Jakarta lebih besar dibanding kota lainnya dan di sana terdapat banyak perusahaan yang sudah punya nama besar.

Namun gaji bukanlah segala-galanya. Sebagai fresh graduate kamu harus mulai menata CVmu dengan baik agar bisa mendapatkan pekerjaan yang strategis di kemudian hari. Untuk itu, jangan pernah lelah mencari informasi lowongan pekerjaan, ya! Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *