Berapa Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia Tahun 2020? Simak!

Mungkin banyak di antara para wanita yang bertanya berapa besaran gaji pramugari maskapai Garuda Indonesia saat ini? Pertanyaan itu tentu sangat menarik lantaran bagi sebagian wanita menjadi pramugari bisa jadi merupakan salah satu profesi yang diimpi-impikan.

Pasalnya selain berkesempatan mendapatkan gaji yang cukup besar, profesi ini bisa dibilang lumayan menyenangkan. Tak heran jumlah peminat profesi ini cukup banyak sehingga membuat persaingan menjadi pramugari di Indonesia cukup ketat.

gaji pramugari garuda Indonesia 2020
pramugari Garuda Indonesia dengan seragam khas mereka

Salah satu maskapai yang jadi primadona para pramugari ialah Garuda Indonesia. Maskapai plat merah ini telah beroperasi sejak lama dan memiliki citra bagus di mata para konsumen mereka. Bahkan Garuda Indonesia adalah satu-satunya maskapai Indonesia yang berhasil masuk dalam 12 besar maskapai terbaik dunia versi Skytrax di tahun 2019 kemarin.

Berapa Gaji Pramugari Garuda Indonesia Terbaru?

Profesi yang bergaji besar tentu memiliki beban dan resiko kerja yang sepadan. Begitu juga dengan pramugari. Mereka dituntut untuk selalu tampil prima dan menarik karena harus melayani dan membantu para penumpang selama di pesawat.

Selain itu para pramugari juga dituntut untuk mengutamakan keselamatan penumpang dibanding dirinya sendiri apabila terjadi kondisi darurat di udara. Bayangkan! Profesi ini taruhannya nyawa, guys! Maka jangan heran jika standar gaji dan tunjangan yang mereka dapatkan cukup besar.

Berbicara tentang standar gaji pramugari Garuda Indonesia, dilansir dari berbagai sumber, seorang pramugari junior yang masih dalam masa training pada maskapai Garuda Indonesia bisa mengantongi sekitar 15 juta rupiah per bulannya. Sedangkan pramugari senior kabarnya bisa memperoleh pendapatan hingga 30 juta setiap bulan.

Nominal tersebut merupakan gabungan antara gaji pokok, tunjangan, serta bonus kinerja. Gaji pokok pramugari Garuda Indonesia berkisar antara 2 – 3 juta rupiah per bulan untuk mereka masih yang berstatus junior. Sedangkan pramugari Garuda Indonesia yang sudah senior mendapatkan gaji pokok berkisar 5 – 6 juta rupiah per bulannya.

gaji pramugari maskapai garuda indonesia
pramugari Garuda Indonesia menggunakan seragam batik

Selain itu mereka juga mendapatkan tunjangan setiap kali terbang sebesar Rp 50.000 per jamnya. Otomatis semakin tinggi jam terbang yang dimiliki oleh seorang pramugari semakin besar pula pundi-pundi rupiah yang bisa ia hasilkan.

Dalam kurun waktu satu bulan seorang pramugari Garuda Indonesia biasanya akan terbang sebanyak 25 hingga 30 kali. Namun ingat, yang dilihat bukan frekuensi terbangnya tetapi akumulasi jam terbang yang ditempuh oleh seorang pramugari.

Bagaimana? Menggiurkan bukan standar gaji dan tunjangan bagi pramugari maskapai plat merah yang satu ini? Tertarik? Lanjutkan baca hingga habis niscaya kamu akan semakin kepingin jadi pramugari Garuda Indonesia.

Keuntungan Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Garuda Indonesia tak hanya memberikan service terbaik untuk para konsumen nya tapi juga kepada para karyawan. Mereka tak hanya mengapresiasi kinerja awak kabin dengan menetapkan standar gaji yang cukup tinggi bagi para pramugari Garuda Indonesia dan awak kabin yang lain, namun juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

gaji pramugari maskapai garuda
pramugari maskapai garuda memiliki standar gaji yang cukup tinggi

Dilansir dari berbagai sumber berikut adalah beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi pramugari pada maskapai Garuda Indonesia.

1. Bisa traveling gratis

Garuda Indonesia memiliki cakupan rute penerbangan yang cukup luas mulai dari rute domestik hingga internasional. Tentu ini jadi keunggulan tersendiri sebagai pramugari Garuda Indonesia karena bisa bekerja sekaligus traveling gratis.

Jangan khawatir! Segala akomodasi awak kabin, termasuk para pramugari, selama berada di kota rute penerbangan ditanggung oleh maskapai yang satu ini. Kapan lagi bisa kerja sekaligus jalan-jalan gratis?

2. Jatah tiket gratis

Salah satu keuntungan menjadi pramugari Garuda Indonesia adalah mendapatkan jatah tiket pulang pergi gratis. Artinya, di luar jam kerja, seorang pramugari bisa menggunakan layanan penerbangan Garuda Indonesia tanpa merogoh kocek sedikit pun.

Yang luar biasanya lagi hal ini tidak hanya berlaku bagi si pramugari saja. Keluarga inti dari si pramugari Garuda Indonesia juga kecipratan tiket gratis ini.

3. Antar-jemput gratis

Salah satu keunggulan yang dimiliki Garuda Indonesia dan menjadikan mereka masuk dalam deretan maskapai terbaik dunia adalah ketepatan waktu alias anti delay-delay club. Kecuali kalau memang ada alasan yang sangat mendesak seperti kendala teknis atau cuaca buruk.

Nah, ternyata Garuda Indonesia menyediakan layanan antar-jemput gratis untuk awak kabin, termasuk pramugari, sehingga mereka akan sampai di bandara tepat waktu. Hal ini berimbas pada ketepatan waktu take off pesawat dan kepuasan penumpang tentunya.

4. Potongan harga tiket sebesar 50%

Jatah tiket gratis untuk pramugari Garuda Indonesia tentu terbatas. Kalau tidak dibatasi nanti Garuda Indonesia bisa bangkrut, hehe. Akan tetapi, pramugari Garuda Indonesia juga bisa memanfaatkan keuntungan lainnya yang memang jadi hak mereka yaitu potongan harga tiket hingga 50%.

Artinya jika si pramugari hendak bepergian, sebagai penumpang tentunya, menggunakan maskapai Garuda Indonesia maka ia hanya perlu membayar setengah dari harga tiker tersebut. Benefit ini juga berlaku untuk keluarga inti dari pramugari Garuda Indonesia tersebut. Duh, enaknya jadi pramugari Garuda Indonesia!

Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Dengan standar gaji dan tunjangan bulanan yang cukup menggiurkan, serta berbagai fasilitas penunjang yang bisa didapatkan tentu banyak wanita yang berkeinginan menjadi pramugari maskapai Garuda Indonesia.

Namun, kamu harus mengikuti sekolah pramugari terlebih dahulu karena Garuda Indonesia hanya akan menerima mereka yang dianggap “terbaik”. Ada banyak penyedia jasa sekolah pramugari di Indonesia namun pastikan kamu memilih yang tidak abal-abal alias sudah punya track record yang bagus.

Apabila memiliki kerabat yang telah lebih dahulu menjadi pramugari ada baiknya kamu tanya-tanya dulu kepadanya biar semakin paham.

Nah, kali ini kita akan membahas dengan singkat saja persyaratan umum menjadi pramugari Garuda Indonesia. Tentu profesi ini memiliki persyaratan yang berbeda dengan profesi lainnya. Standar gajinya saja sudah beda apalagi persyaratannya!

Berikut adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh seorang calon pramugari Garuda Indonesia:

  1. Wanita berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia 18 – 27 tahun.
  3. Berpenampilan menarik.
  4. Tinggi badan minimal 160 cm dan maksimal 172 cm.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Berkelakuan baik.
  7. Pendidikan minimal SMA/sederajat, diutamakan D3 atau lebih tinggi.
  8. Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperbolehkan, maksimal minus 3,00, silindris C-100)
  9. Mampu berkomunikasi dengan baik
  10. Menguasai bahasa Inggris baik speaking, reading, listening, dan

Persyaratan di atas mutlak harus dipenuhi oleh siapapun yang ingin mendaftarkan diri sebagai pramugari Garuda Indonesia. Apabila kamu belum bisa memenuhi semua persyaratan di atas maka peluang mu menjadi pramugari maskapai Garuda Indonesia bisa dipastikan menipis.

Selain itu, memilih sekolah pramugari yang tepat juga sangat menentukan apakah kamu bisa menjadi pramugari Garuda Indonesia atau tidak. Garuda Indonesia memang memiliki sekolah pramugari tersendiri bernama Flight Attendant Training (FAT). Akan tetapi, lulus dari sekolah ini pun tidak serta merta menjaminmu bisa menjadi pramugari Garuda Indonesia.

Pasalnya Garuda Indonesia hanya akan menerima mereka yang dianggap lulusan “terbaik”. Banyak lulusan dari FAT ini yang akhirnya mencoba peruntungan dengan menjadi pramugari di maskapai lain.

Demikianlah ulasan singkat tentang gaji pramugari maskapai Garuda Indonesia. Semoga bisa memuaskan rasa ingin tahu kalian, ya.

Tinggalkan komentar