Gaji Pramugari Batik Air 2021 dan Keuntungan Lainnya

Berprofesi sebagai pramugari di perusahaan transportasi udara milik swasta cukup keren dan menjanjikan, loh. Selain dari segi gaji, juga dari benefit lain yang akan didapat.

Salah satunya menjadi pramugari di maskapai penerbangan milik swasta, Batik Air. Karena, maskapai ini sudah berani menggelontorkan cukup banyak uang untuk pegawainya, termasuk menggaji pramugari.

Berapa sih kira-kira gaji pramugari Batik Air itu setiap bulannya? Apa saja benefit yang didapat pramugari dengan banyaknya uang yang digelontorkan perusahaan tersebut?

Gaji Pramugari Batik Air

Paradoks gaji bekerja di perusahaan swasta vs perusahaan BUMN memang ada. Namun untuk gaji pramugari di Indonesia sendiri rata-rata sama, yaitu berdasar UMP (Upah Minimum Provinsi) dan kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Besaran gaji pokok  pramugari pesawat Batik untuk level junior, per bulannya bisa mendapat 2-3 juta. Tentunya gaji pramugari Batik Air ini dapat bertambah seiring dengan banyaknya tambahan penghasilan yang didapat.

Seperti halnya pramugari ini mendapat tambahan uang terbang dan uang makan.

  • Untuk uang terbang, pramugari bisa mendapat Rp 40.000 per jam terbang. Rata-rata jika per hari bisa terbang selama 6 jam, maka akan mendapat tambahan penghasilan dari jam terbang sebesar Rp 240.000.
  • Sedangkan untuk uang makan, pramugari biasanya mendapat Rp 15.000 hingga Rp 45.000 per hari. Nah besaran ini juga beda-beda tiap maskapai.

Jadi, jika satu bulan Anda bisa terbang selama 16 hari dengan jam kerja harian 6 jam, maka total akumulasi gaji pramugari Batik Air yang Anda dapat adalah sebagai berikut:

Gaji pokok + uang terbang + uang makan = akumulasi gaji bulanan

Rp 3.000.000 + (16*6*Rp 40.000) + (16*Rp 45.000) = Rp 7.560.000

Lumayan besar bukan? Bahkan bisa 2x lipat gaji pokoknya itu sendiri. Jika jam terbang Anda semakin banyak, maka akumulasi gaji pramugari Batik Air yang Anda dapat juga semakin banyak.

Gaji Pramugari Maskapai Indonesia :

  1. Gaji Pramugari Citilink
  2. Gaji Pramugari Sriwijaya Air
  3. Gaji Pramugari Lion Air
  4. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

 

Benefit Lain yang Didapat Pramugari

benefit menjadi pramugari batik air

Di samping Anda mendapat gaji pramugari Batik Air, Anda pun juga mendapat benefit lain saat bekerja. Walau semua benefit ini bisa diukur, tetapi tidak bisa diuangkan.

  1. Anda bisa berwisata ke seluruh pelosok negeri bahkan ke luar negeri, tanpa ongkos sepeser pun.
  2. Anda bisa menginap di hotel berbintang, plus menikmati segala fasilitasnya secara gratis.
  3. Anda bisa diundang untuk makan ke restoran-restoran mewah.
  4. Anda bisa melakukan perawatan kulit dan wajah secara gratis.
  5. Anda bisa mendapat fasilitas mobil jemputan, serta benefit menarik lainnya.

Profil Batik Air

Batik Air merupakan maskapai penerbangan swasta di Indonesia yang didirikan oleh Rusdi Kirana dan mewarnai dunia transportasi udara sejak 2013. Bisa dikatakan maskapai ini menjadi maskapai bungsu di Indonesia.

Walau usianya masih muda, tetapi prestasinya sudah melalang buana. Misalnya saja, maskapai Batik mampu bersaing dengan Garuda Indonesia, sebagai perusahaan penerbangan yang berstatus BUMN untuk menduduki peringkat OTP 10 Maskapai Terbaik di Asia Tenggara pada 2018 lalu. Batik Air menempati peringkat 2, sementara Garuda Indonesia menempati peringkat 10.

Hingga detik ini, maskapai ini sudah mampu mengoperasikan lebih dari 350 penerbangan setiap harinya dengan rata-rata OTP (tingkat ketepatan waktu) yaitu 92,63%. Baik untuk destinasi kota domestik maupun mancanegara.

Diantara destinasi domestiknya yaitu Ambon, Banda Aceh, Balikpapan, Banjarmasin, Bandar Lampung, Batam, Denpasar, Bengkulu, Surabaya, Jakarta, Palembang, Malang, dan Jayapura. Sementara destinasi mancanegaranya yaitu Singapura, Chengdu, Macau, Shenzhen, dan Wuhan.

Tipe Armada Batik Air

Awal mula beroperasi, maskapai ini mengoperasikan 10 pesawat Boeing 737-900ER dengan kapasitas 180 penumpang. Namun saat ini, maskapai ini telah didukung oleh banyak tipe armada, diantaranya:

  • 44 Airbus 320-200CEO (144 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis).
  • 6 Boeing 737-900ER (168 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis).
  • 25 Boeing 737-800NG (150 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis).
  • 1 Airbus 320-200NEO (144 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis).

Menurut Chief Executive Officer (CEO) maskapai ini, pengoperasian pesawat generasi terbaru turut menjadi bagian keseriusan maskapai ini dalam meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus pengalaman penumpang saat in-flight di layanan kelas premium.  Dengan pengalaman penumpang yang menyenangkan, maka akan mampu meningkatkan loyalitas dan kepercayaan penumpang pada Batik Air.

Layanan Batik Air

Maskapai Batik memiliki 2 layanan untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi para penumpangnya.

  1. Kelas Ekonomi

Anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas berikut ini:

  • Bebas biaya untuk 20 kg bagasi pertama.
  • Nyaman saat duduk di kursi penumpang seluas 32” pitch.
  • Menikmati kuliner idaman saat in-flight yang diolah dengan bahan-bahan bermutu tinggi, proses halal, dan higienis.
  • Bisa menikmati hiburan selama perjalanan, mulai dari memutar musik, film, atau permainan yang ada. Bahkan ada soket USB dan bisa mengecas barang-barang elektronik.

 

  1. Kelas Bisnis

Anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas berikut ini:

  • Tersedia fasilitas Check-in khusus untuk penumpang, sehingga penumpang tidak perlu mengantri terlalu lama saat akan melakukan perjalanan.
  • Bebas biaya untuk 30 kg bagasi pertama.
  • Tersedia Lounge di Boarding Lounge Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno Hatta Terminal 2E untuk beristirahat sebelum melakukan perjalanan.
  • Nyaman saat duduk di kursi penumpang seluas 45” pitch.
  • Menikmati kuliner idaman saat in-flight yang diolah dengan bahan-bahan bermutu tinggi, proses halal, dan higienis.
  • Bisa menikmati hiburan selama perjalanan, mulai dari memutar musik, film, atau permainan yang ada. Bahkan ada soket USB dan bisa mengecas barang-barang elektronik.

Itulah pembahasan tentang gaji pramugari Batik Air dan benefit yang pramugari dapat. Tertarikkah untuk menjadi bagian dari maskapai Batik yang para pramugari dan pramugaranya tampil cantik, anggun, tampan, dan menawan dengan seragam batiknya?

Tinggalkan komentar