Berapa Besaran Gaji Pramugari Per Bulan di Indonesia? Ini Rinciannya! [Update 2020]

Tahukah Kamu berapa besaran gaji pramugari per bulan di Indonesia? Menjawab pertanyaan ini tentu tidak bisa dengan kisaran angka semata karena nominal gaji pramugari di Indonesia ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya ialah maskapai di mana seorang pramugari bernaung.

Saat ini industri penerbangan Indonesia telah diramaikan oleh sejumlah maskapai besar seperti Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air, NAM Air, Air Asia, dan lain sebagainya. Untuk menunjang operasional maskapai keberadaan awak kabin seperti pilot dan pramugari mutlak menjadi sangat penting.

Gaji Pramugari per Bulan

Nah, ngomong-ngomong tentang pramugari, profesi yang satu ini dapat dikatakan masih menjadi salah satu profesi yang didambakan banyak wanita. Pasalnya profesi ini menjanjikan gaji dan tunjangan yang cukup menggiurkan.

Lalu, berapa besaran gaji pramugari di Indonesia setiap bulan? Silakan simak ulasan di bawah ini niscaya Kamu akan menemukan jawabannya!

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Garuda Indonesia Tahun 2020

Tidak afdol rasanya kalau tidak memulai ulasan ini dengan membahas maskapai kebanggaan bangsa. Apalagi kalau bukan Garuda Indonesia. Maskapai plat merah ini telah berdiri sejak tahun 1949 yang artinya inilah maskapai paling senior di Indonesia.

Besaran gaji pramugari per bulan di maskapai Garuda Indonesia berkisar antara 15 juta rupiah untuk pramugari junior dan 30 juta rupiah untuk pramugari senior. Nominal tersebut ditentukan berdasarkan kinerja dan jam terbang masing-masing pramugari.

Nominal 15 dan 30 juta di atas merupakan akumulasi dari gaji pokok, berbagai tunjangan hingga bonus sesuai dengan kinerja dari masing-masing pramugari. Untuk gaji pokok pramugari maskapai Garuda Indonesia sendiri sebesar 2-3 juta rupiah bagi pramugari junior dan 5-6 juta rupiah untuk pramugari senior.

gaji pramugari per bulan maskapai garuda indonesia
pramugari Garuda Indonesia berpose di depan salah satu armadanya

Selain itu setiap kali terbang mereka juga mendapatkan tunjangan tambahan sebesar 50 ribu rupiah per jamnya. Ingat, per jam lho ya bukan per penerbangan. Itu artinya apabila seorang pramugari mengikuti penerbangan dengan durasi 2 jam maka ia telah mendapatkan penghasilan tambahasan sebesar Rp 100.000.

Lebih detail, baca: Rincian Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia Terbaru 2020

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Lion Air Terbaru 2020

Lion Air juga merupakan salah satu maskapai yang merajai industri penerbangan di Indonesia. Di penghujung 2019 saja Lion Air tercatat memiliki 283 armada yang terdiri atas berbagai tipe untuk menunjang operasional mereka. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dibanding maskapai lain. Garuda Indonesia saja di waktu yang sama hanya memiliki 142 armada.

gaji pramugari maskapain lion air per bulan
Lion Air adalah salah satu penguasa pasar aviasi Indonesia

Salah satu daya tarik utama Lion Air di mata konsumen ialah harga tiket yang terjangkau. Adapun untuk besaran gaji pramugari per bulan di Lion Air berada pada angka 15 juta rupiah hingga 20 juta rupiah.

Angka tersebut juga merupakan akumulasi dari gaji pokok serta tunjangan-tunjangan yang lain termasuk tunjangan penerbangan. Gaji pokok pramugari junior Lion Air berkisar 2 – 3 juta rupiah dan 5 – 6 juta rupiah untuk pramugari senior.

Adapun tunjangan penerbangan pramugari Lion Air sama dengan pramugari Garuda Indonesia yakni 50 ribu per jam. Dalam sebulan biasanya pramugari Lion Air mendapatkan jatah terbang sebanyak 25 – 30 kali. Semakin sering terbang semakin banyak dapat cuan.

Lebih detail: Gaji Pramugari Maskapai Lion Air Terbaru, Simak!

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Air Asia Tahun 2020

Salah satu maskapai yang juga menawarkan terbang dengan biaya murah adalah Air Asia. Maskapai asal Malaysia ini berhasil mencuri perhatian pengguna burung besi di Indonesia melalui berbagai promo menarik yang mereka gencarkan di awal ekspansi.

Gaji pokok pramugari Air Asia Indonesia berada pada kisaran 3 juta rupiah per bulan. Lalu tunjangan terbang juga sebesar Rp 50.000 setia jam nya. Seorang pramugari junior di maskapai Air Asia kabarnya bisa mengantongi 8 juta – 15 juta setiap bulannya.

Lebih detail: Berapakah Gaji Pramugari Air Asia Terbaru?

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Citilink

Maskapai Citilink adalah salah satu bekas anak perusahaan milik Garuda Indonesia juga berkecimpung di industri penerbangan bertarif rendah. Bersama Lion Air dan Air Asia, Citilink bersaing memperebutkan pasar konsumen menengah ke bawah di tanah air.

Namun untuk urusan gaji pramugari per bulannya Citilink tidak kalah dengan maskapai lain. Dengan besaran gaji pokok antara 2 juta hingga 3 juta rupiah per bulan untuk pramugari junior dan 5 juta untuk pramugari senior serta ditambah tunjangan-tunjangan yang lain, seorang pramugari Citilink bisa meraup gaji hingga 20 juta rupiah per bulan.

Lebih lengkap: Berapa Gaji Pramugari Citilink Tahun 2020? Ini Jawabannya

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Batik Air

Kalau Citilink bersaing dengan Lion Air maka Garuda Indonesia juga punya saingan bernama Batik Air. Meski terbilang masih muda untuk ukuran sebuah maskapai penerbangan besar namun Batik Air telah memiliki konsumen setia yang cukup banyak.

gaji pramugari per bulan
bukan Batik air namanya kalau pramugarinya tidak berbatik

Sesuai dengan namanya, para pramugari di maskapai ini juga memiliki seragam berbahan batik. Hal ini tentu memperkuat citra khas Indonesia yang ada pada maskapai Batik Air.

Seorang pramugari junior Batik Air mendapatkan gaji pokok sebesar 2 hingga 3 juta rupiah per bulan. Dan secara keseluruhan mereka bisa mendulang hingga 7,5 juta rupiah setiap bulannya. Kalau pramugari senior Batik Air? Jangan tanya lagi pasti lebih besar dari itu!

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai Sriwijaya Air Terbaru 2020

Maskapai Sriwijaya Air tentu tak bisa dipisahkan dari hiruk-pikuk industri penerbangan di Indonesia. Belakangan ini Sriwijaya bersama anak usahanya, NAM Air, bergabung dengan Garuda Indonesia Group. Meski sempat mengalami konflik namun hingga detik ini Sriwijaya Air dan NAM Air masih berada di bawah naungan Garuda Indonesia.

Untuk urusan gaji awak kabin utamanya pramugari setiap bulannya mereka bisa mendapatkan hingga Rp 19,5 juta yang terakumulasi dari gaji pokok beserta tunjangan-tunjangan yang lain.

Lebih detail: Besar Gaji Pramugari Maskapai Sriwijaya Air, Berapa yah?

Gaji Pramugari per Bulan Maskapai NAM Air Tahun 2020

Meski baru berdiri di tahun 2013 silam tapi NAM Air terbukti mampu eksis bersaing di industri penerbangan tanah air. NAM Air memiliki rute-rute khusus yang membuat mereka memiliki konsumen setia.

Gaji pramugari NAM Air per bulan nya berada di kisaran Rp 8 juta. Angka tersebut belum termasuk tunjangan-tunjangan serta bonus kinerja layaknya yang ada pada maskapai lain.

gaji pramugari per bulan
NAM Air merupakan anak perusahaan dari Sriwijaya Air

Itulah ulasan terkait besaran gaji para pramugari per bulan di berbagai maskapai besar tanah air. Nominal yang besar tentu berbanding lurus dengan resiko dan konsekuensi kerja. Salah satunya adalah keselamatan dan waktu yang dikorbankan.

Profesi pramugari mengharuskan seorang wanita untuk merelakan waktu mereka bersama keluarga. Mereka lebih banyak terbang dari pada berkumpul bersama keluarga. Belum lagi jikalau terjadi hal-hal berbahaya di udara, mereka harus mempertaruhkan nyawa mereka untuk keselamatan penumpang.

Salam hormat untuk seluruh awak kabin khususnya para pramugari di Indonesia. Apakah Kamu berminat menjadi bagian dari mereka?

Tinggalkan komentar