Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret Tahun 2024, Besar Mana?

Indomaret dan Alfamart, dua minimarket ini sudah sangat dikenal semua tingkatan masyarakat. Kalau bicara minimarket, pasti langsung pikiran tertuju pada kedua nama tersebut.

Selain harganya murah, kasirnya juga cantik-cantik. Nah, dengan ketenaran yang terus bersaing, kira-kira berapa gaji karyawan Alfamart vs Indomaret ya? Yang mana kah lebih besar?

Membandingkan gaji karyawan Alfamart vs Indomaret memang kadang perlu, terutama bagi Anda yang berminat melamar kerja di salah satu jaringan minimarket tersebut.

Selain tempat kerjanya nyaman, suasana kerja yang menyenangkan, tentu penghasilan yang didapat pun sebanding dengan jerih payah. Nah, yuk simak berapa gaji karyawan Alfamart vs Indomaret berdasarkan posisinya.

Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret Semua Posisi

gaji karyawan Alfamart vs Indomaret

Perbandingan penghasilan yang akan ditampilkan di bawah ini bersumber dari beberapa situs besar tidak lah 100% akurat dan bisa berbeda beda sesuai UMR dari daerah masing masing, jadi kalau ada data yang perlu dikoreksi atau dilaporkan, silahkan langsung komentar. Thanks sebelumnya.

Kasir

Gaji kasir buat Indomaret dan Alfamart relatif sama, yaitu sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan rupiah, tergantung UMR daerah masing masing. Tugasnya mulai dari melayani pembeli, melakukan pencatatan transaksi setiap harinya.

Kasir juga harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dengan baik karena dapat digunakan untuk membayar tagihan, cicilan, listrik dan lainnya.

Pramuniaga

Gaji pramuniaga Alfamart Rp 2 juta – Rp 3 juta, sedangkan Indomaret Rp 1,9 juta – Rp 2,8 juta. Tugas pramuniaga adalah membersihkan toko baik pada halaman, teras dan ruang dalam toko.

Mempersiapkan setiap produk dan promosi, memeriksa produk serta melayani dan mengawasi pembeli. Selain itu pramuniaga harus memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Merchandiser

Gaji Merchandiser Alfamart Rp 3 juta – Rp 4 juta, sedangkan Indomaret Rp 2,5 juta – Rp 3,8 juta. Tugasnya adalah melakukan pekerjaan di toko seperti merapikan dan meletakkan produk di etalase, memberikan pelayanan yang terbaik serta merawat toko beserta isinya.

Namun, merchandiser merupakan karyawan tetap sedangkan pramuniaga biasanya masih dalam tahap pelatihan. Merchandiser merupakan ujung tombak di toko, oleh karena itu pelayanan dan keramahan merupakan kunci utama di posisi ini.

Baca juga:  11 Ide Usaha Modal Kecil Dari Rumah Terbaru, Bisa Cepet Dapat Duit!

Inventory Control (IC)

Alfamart: Rp 2,6 juta – Rp 3 juta, Indomaret: Rp 2 – Rp 2,5 juta. Tugas inventory control memiliki tugas dan tanggung jawab menangani barang masuk (termasuk menghitung stok dan mendata barang datang).

Menjadi quality Controller barang yang masuk dan memastikan barang tersebut layak jual serta melakukan penyimpanan barang dengan baik.

Helper/Picker (Gudang)

Alfamart: Rp 2 juta – Rp 3 juta, Indomaret: Rp 2 juta – Rp 3 juta. Gaji bisa lebih dari itu tergantung UMR dan waktu lembur.

Tugas helper Indomaret dan Alfamart mulai dari melaksanakan tugas operasional dalam warehouse (gudang), menyiapkan, mempacking, mengecek stok dan kondisi barang barang dengan benar dan cepat dan membantu proses bongkar muat barang, pengiriman dan penerimaan.

Baca juga: Tugas Helper Alfamart

Management Trainee

Alfamart Rp 4 juta – Rp 5 juta, Indomaret: Rp 4 juta – Rp 5 juta. Tugasnya meliputi analisa data, analisa kelayakan proyek, membuat laporan keuangan dan lainnya.

Posisi ini mengharuskan pergantian divisi secara berkala karena management trainee dipersiapkan untuk menjadi manajer di masa depan.

Kepala Toko (Head Store)

Alfamart: Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta, Indomaret: Rp 3 juta – Rp 4 juta. 

Kepala toko atau head store pada umumnya memiliki tugas untuk mengkoordinir semua aktivitas toko dalam memberikan pelayanan yang diarahkan untuk pemenuhan kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan di toko.

Asisten Kepala Toko

Gaji Crew Store Alfamart: Rp 2 juta – Rp 3 juta, Indomaret: Rp 2 juta – Rp 2,5 juta.

Asisten kepala toko (Head store assistant) memiliki tugas dan tanggung jawab yang hampir sama dengan kepala toko mulai dari mengkoordinir semua aktivitas toko dalam meningkatkan kualitas pelayanan hingga mengatur bawahannya.

Namun dalam tugasnya, seorang asisten harus melaporkan atau meminta persetujuan kepala Toko terkait keputusan yang berhubungan dengan toko.

Office Boy

Alfamart: sekitar Rp 1,3 juta, Indomaret: Rp 1,8 juta – Rp 2,2 juta. Bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan tempat kerja

Management Development Program (MDP)

Alfamart: Rp 4 juta – Rp 5 juta, Indomaret: Rp 4,5 juta – Rp 5 juta. Posisi ini merupakan program persiapan bagi fresh graduate agar jenjang karirnya dapat berkembang pesat.

Baca juga:  Mau Jadi Resepsionis? Simak 7 Tugas Resepsionis Hotel

Namun, pekerjaannya juga cukup banyak karena MDP akan di-rolling ke berbagai divisi sampai pada waktu tertentu.

Baca juga: Gaji Karyawan Alfamidi

Pemasaran

Alfamart: Rp 8 juta; Indomaret: Rp 8,42 juta. Tugasnya adalah menyusun strategi pemasaran, melakukan kerjasama dengan berbagai usaha, bisnis, membuat event promosi dan lainnya.

Marketing manager harus membuat model, rencana, desain dan strategi pemasaran sekaligus melakukan pengawasan dan evaluasi agar pemasaran yang dilakukan membuahkan hasil yang baik.

Tax Manager

Gaji posisi tax manager di Alfamart dan Indomaret sama sekitar 6 jutaan. Tugasnya adalah mengurus, menghitung dan membayar pajak perusahaan ataupun toko kepada pemerintah Indonesia melalui perantara DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Selain itu tax manager harus selalu melakukan update inventaris dan aset perusahaan karena dapat menentukan besar kecilnya pajak yang harus dibayarkan secara berkala.

Programmer / Ahli IT

Alfamart: Rp 6 jutaan, Indomaret: Rp 5 juta – Rp 5,5 juta. Tugasnya adalah membuat program serta aplikasi untuk berbagai kepentingan perusahaan dan toko, merawat dan memakai software yang dipakai.

Selain itu programmer juga melakukan uji coba pada program yang dipakai apakah telah siap digunakan atau tidak.

IT Support Staff

Alfamart: Rp 2,7 juta – Rp 4 juta, Indomaret Rp 2,5 juta – Rp 2,7 jutaan. Tugasnya adalah memberikan pelayanan, bantuan, upgrade, update serta memperbaiki perangkat ataupun software yang digunakan baik di perusahaan dan toko.

Posisi ini juga harus standby dan siap ditugaskan ke berbagai toko franchise ketika terjadi permasalahan IT.

Area Supervisor

Alfamart: Rp 5,25 jutaan, Indomaret: rata -rata Rp 4,9 jutaan. Tugas utama area supervisor Indomaret adalah melakukan supervisi atau pengawasan terhadap suatu area yang menjadi tanggung jawabnya.

Posisi ini tidak hanya memberikan pengawasan, tapi juga teguran, masukan serta berupaya agar area yang dikelola dapat berkembang dengan baik.

HRD Manager

Alfamart dan Indomaret punya gaji serupa untuk posisi ini, yaitu Rp 10 jutaan per bulan. Memiliki tugas untuk membuat rangkaian alur rekrutmen, menentukan model tes yang akan digunakan, membuat program peningkatan skill SDM dan lainnya.

Baca juga:  Pengalaman Berwirausaha KPOP Stuff, Sampai Buat Stuff Sendiri!

HRD manager juga harus memastikan semua proses dan program terkait SDM dapat berjalan dengan baik.

Area Manager

Alfamart: Rp 9,55 juta, Indomaret: Rp 2,9 jutaan. Tugasnya adalah melaksanakan tugas dan aturan yang telah ditetapkan di daerahnya.

Selain itu area manager ikut serta mengelola areanya dengan membaca perkembangan pasar dan konsumen serta mendorong semangat kerja anggotanya agar terus optimal.

Legal

Indomaret dan Alfamart punya gaji serupa yaitu rata-rata Rp 8 juta per bulan. Tugasnya adalah mengurus, menyelesaikan, memberikan saran, serta melindungi perusahaan melalui jalur hukum.

Legal memiliki peranan penting agar perusahaan dapat beroperasi dengan baik karena terdaftar secara resmi di Indonesia. Legal juga maju paling depan ketika terjadi pertikaian yang harus diselesaikan di meja hijau.

Kesimpulan: Lebih Besar Alfamart atau Indomaret?

Setelah mengetahui besaran gaji masing-masing karyawan dan pegawai di Alfamart dan Indomaret, tentunya Anda bisa membandingkan mana gaji yang lebih besar.

Memang data ini bukan jadi patokan utama karena dalam situs resminya sendiri, baik Alfamart maupun Indomaret tidak mencantumkan besaran gaji untuk karyawan nya.

Kita dapati data ini justru dari pihak lain, yang menjadi tempat promosi sekaligus unjuk gigi berbagai perusahaan besar. Selain itu, gaji bisa tergantung dari wilayah regional nya (UMR dan UMK).

Jika dilihat sekilas untuk, bayaran pegawai dari dua perusahaan tersebut tidak lah jauh berbeda. Tinggal sesuaikan anda mau kerja dimana dan posisi apa.

Sebaiknya anda membaca gaji karyawan Indomaret dan gaji pegawai Alfamart lebih detail untuk melihat posisi / jabatan pegawai  yang tersedia di dua perusahaan ini beserta gaji dan tugasnya.

Ulasan seputar gaji karyawan Alfamart vs Indomaret ini bukan patokan utama, bisa saja kurang atau pun lebih dari nominal resminya. Namun demikian, setidaknya Anda punya gambaran berapa hasil yang akan diperoleh dengan bekerja di salah satu gerai jaringan Alfamart atau pun Indomaret.

Bagikan:

Tinggalkan komentar