6 Tugas Helper Alfamart beserta Gajinya

Beberapa orang mungkin belum memahami dengan jelas apa itu helper Alfamart. Padahal bisa jadi Anda telah bertemu dengan pekerja ini setidaknya sekali seumur hidup saat mampir ke Alfamart.

Karena Alfamart merupakan salah satu perusahaan ritel yang besar, maka Alfamart membutuhkan pekerja posisi helper. Helper merupakan pegawai yang bertanggung jawab terhadap barang yang ada di gudang Alfamart. Apabila Anda tertarik dengan pekerjaan ini, yuk simak beberapa penjelasan di bawah ini. 

Tugas Helper Alfamart

helper alfamart
Potret helper Alfamart.

Sebelumnya telah disinggung sedikit tentang tanggung jawab helper Alfamart. Akan tetapi, sebenarnya banyak tugas dan tanggung jawab seorang helper. Nah, di bawah ini terdapat uraian mengenai apa saja tugas seorang helper.

1. Bongkar muat barang

Jika Anda saat ke Alfamart menemukan sebuah mobil box besar, maka sudah pasti disitu ada helper. Sebab helper lah yang bertugas membongkar barang yang tiba dan memuat beberapa barang yang perlu dikembalikan.

Selain membongkar barang, helper Alfamart juga bertugas untuk memeriksa kesesuaian antara barang dengan invoice. Helper harus memastikan apabila tidak ada kekeliuran antara barang yang di data dengan yang nyata.

2. Persiapan, pengepakan, dan memeriksa stok

Helper harus memeriksa jumlah stok barang yang ada di gudang. Jika stok berkurang dan membutuhkan pengiriman, maka helper bertanggung jawab dengan persiapan pengiriman stoknya. Selain itu, helper juga bertugas untuk mengepak stok barang tersebut.

3. Membuat catatan dan pelaporan

Pencatatan jumlah stok yang masuk dan keluar harus dicatat dengan benar. Sebab ini yang akan menjadi evaluasi dan patokan saat ingin membeli dan memproduksi barang. Setelah melakukan pencatatan, helper juga perlu membuat laporan bulanan untuk melaporkannya ke atasan.

Baca juga:  5 Syarat, Keuntungan, & Cara Menyewakan Tanah ke Alfamart

4. Stock opname

Stock opname adalah perhitungan ulang barang yang dilakukan secara berkala untuk mengurangi kesalahan data dengan barang yang ada di lapangan. Tugas ini merupakan tugas yang berat karena membutuhkan waktu yang sangat lama karena diperlukan ketelitian untuk mengerjakannya.

5. Menata barang dan menjaga kebersihan gudang

Tidak hanya ada satu atau dua barang di gudang, namun ada beragam barang dengan jumlah yang tak sedikit. Oleh karena itu, helper Alfamart bertugas menyortir dan menata stok sesuai dengan kategori dan jenisnya. Selain itu, helper juga tidak boleh melupakan kebersihan gudang.

6. Memisah barang yang rusak

Helper juga bertugas untuk memisahkan barang yang rusak dengan yang tidak. Sebab barang yang rusak nanti dapat dikembalikan ke pihak pabrik. Hal ini juga perlu ketelitian karena jika pihak Alfamart menjual barang yang rusak maka akan berpengaruh terhadap kualitas dan nama baik.

Jam Kerja Helper Alfamart?

helper alfamart

Posisi helper gudang di Alfamart biasanya akan bekerja selama 6 jam dalam sehari dan bekerja selama 6 hari dalam seminggu. Namun jam kerja ini bisa berubah sesuai dengan keadaan dan pengiriman stok barang.

Beberapa situasi memberikan kemudahan bagi helper Alfamart untuk bisa pulang lebih awal. Sementara jika ada pengiriman stok yang banyak, maka helper juga bisa bekerja lembur.

Syarat Helper Alfamart

Untuk menjadi helper Alfamart, Anda harus memenuhi beberapa kualifikasi seperti pria, lajang, berusia maksimal 25 tahun, dan pendidikan terakhir adalah SMA/SMK sederajat. Jika Anda sesuai dengan kualifikasi tersebut, Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen yaitu :

  1. Fotokopi KTP, KK, SKCK, dan Kartu AK 1 yang diperoleh dari disnaker setempat.
  2. Surat lamaran.
  3. Pas foto dengan background warna biru ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar.
Baca juga:  Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email yang Benar Agar Dibaca HRD!

Berapa Gaji Helper Alfamart?

Pegawai Alfamart (Suara)
Pegawai Alfamart.

Rata-rata gaji helper Alfamart adalah sekitar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta. Nominal gaji ini disesuaikan dengan UMR masing-masing daerah. Terkadang beberapa gaji helper lebih rendah dibandingkan rata-rata tersebut. Seperti gaji helper Alfamart di Yogyakarta adalah Rp1.900.000.

Di beberapa kasus, gaji yang diterima juga bisa lebih tinggi apabila ditambahkan dengan bonus lembur. Atau bisa ditambah juga dengan tunjangan kerja lainnya.

Training Helper Alfamart

Setiap calon pegawai yang akan bekerja di Alfamart harus melalui training terlebih dahulu. Training helper Alfamart biasanya diadakan selama 5 hari, sementara praktik dilaksanakan selama 2 hari.

Kegiatan selama training akan diisi dengan pengumpulan berkas dan pelatihan-pelatihan, mulai dari cara sortir barang, pencatatan barang, stock opname dan kegiatan lainnya yang merupakan tugas helper.

Sebelum pandemi, kegiatan training dilakukan secara offline. Akan tetapi, selama pandemi kegiatan training dilakukan secara online.

Setelah kegiatan training usai, peserta training diminta untuk memilih tempat praktik. Setelah disetujui, peserta harus mengikuti praktik selama dua hari. Kemudian peserta akan diminta ke kantor kembali untuk penandatanganan perjanjian kerja.

Jika proses perjanjian kerja usai, peserta akan diberikan surat berisi informasi penempatan kerja. Baru setelah itu pegawai dapat bekerja di outlet Alfamart secara resmi.

Itulah pembahasan tentang helper Alfamart yang perlu diketahui jika Anda tertarik. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang berat sebab harus mengelola ketersediaan barang. Maka dari itu, pekerjaan ini hanya terbuka untuk laki-laki.

Bagikan: