Helper Gudang adalah? ini 9 Tugas dan Gajinya

Perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan logistik akan membutuhkan pekerja untuk mengelola gudang. Sebab perusahaan di bidang ini memiliki banyak stok barang yang perlu ditata dan dikelola agar operasional berjalan dengan baik.

Pekerjaan tersebut lebih dikenal dengan helper gudang. Nah, apabila Anda tertarik dengan pekerjaan ini. Simaklah penjelasan lengkap mengenai apa itu helper gudang, tugas, beserta gajinya di bawah ini.

Apa itu Helper Gudang?

helper gudang
Helper gudang sedang bekerja. (Jadi Berkah)

Helper gudang adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengontrol barang yang keluar dan masuk ke gudang. Tanggung jawab ini termasuk melakukan pemeriksaan, pencatatan, hingga pengangkutan barang.

Bagi yang ingin bekerja di bidang ini, Anda harus memiliki sifat yang detail, teliti, cekatan, rapi, dan fokus saat bekerja. Sebab jika ada kesalahan kecil akan berdampak terhadap stok barang yang akan dijual.

Selain itu, Anda juga perlu menghafal nama-nama produk beserta jenis dan kodenya. Ini akan memudahkan Anda saat melakukan pemeriksaan dan pengambilan barang oleh distributor.

Tugas Helper Gudang

Tak hanya bertugas untuk mengelola gudang, helper juga memiliki detail tugas lainnya. Berikut ini tugas helper gudang adalah :

1. Memasukkan barang produksi ke gudang.

Setelah produk melalui proses pengolahan, produk yang sudah jadi akan disimpan di dalam gudang sebelum didistribusikan. Pekerjaan ini akan membantu memindahkan produk ke gudang sekaligus memeriksa invoice produk.

2. Memastikan stok barang sesuai dengan sistem

Perusahaan biasanya akan mencatat stok barang dalam sebuah sistem informasi demi efisiensi kerja. Supaya tidak terjadi kesalahan data di sistem dan keadaan sesungguhnya, helper bertugas untuk mencocokkan keduanya.

Baca juga:  Apa Itu Receptionist? Tugas, Syarat, dan Gajinya? Ini Detailnya!

3. Melakukan pencatatan barang masuk dan keluar

Cara terbaik untuk memastikan stok barang yang ada di gudang dengan sistem adalah pencatatan barang masuk dan keluar. Proses ini dibutuhkan ketelitian dan kecermatan. Sebab jika ada kesalahan, maka karyawan harus mengganti rugi.

4. Mengantarkan barang

Helper juga bertugas untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan sesuai dengan jumlah pesanan. Tugas ini hanya diberikan dalam kondisi tertentu, seperti sopir sedang tidak ada maka helper gudang perlu menggantikannya.

5. Menjaga kebersihan gudang

Tugas ini merupakan salah satu tugas penting, sebab jika gudang dalam keadaan kotor akan mempengaruhi kondisi produk. Menjaga kebersihan gudang ini perlu dilakukan setiap hari bahkan setiap saat.

6. Mengelompokkan barang

Supaya barang mudah ditemukan saat ingin mengirimkannya kepada distributor, barang harus dikelompokkan. Pengelompokan ini dapat didasarkan atas nama, karakteristik jenis, atau waktu produksi.

7. Mempersiapkan barang

Untuk memudahkan proses memasukkan barang di truk angkutan, barang perlu ditata terlebih dahulu. Oleh karena itu, helper membantu mempersiapkan barang dengan memeriksa kondisi dan menatanya dengan baik.

8. Membuat laporan

Setelah melakukan pencatatan setiap ada barang yang masuk dan keluar, Helper perlu melakukan tugas untuk menangani faktur dan struk barang produksi. Hal ini merupakan tugas penting karena akan dilaporkan ke bagian keuangan.

9. Menangani faktur barang

Faktur adalah nota transaksi berisi barang dan jumlah harganya. Helper akan menangangi faktur ini dengan menandatanganinya dan melaporkan ke divisi keuangan.

Syarat Menjadi Helper Gudang

Pemeriksaan barang sesuai dengan sistem (Fimela)
Pemeriksaan barang sesuai dengan sistem. (Fimela)

Apabila Anda tertarik dengan pekerjaan ini, ada beberapa syarat menjadi helper gudang yang perlu Anda lengkapi, diantaranya adalah :

1. Pendidikan

Umumnya sebuah perusahaan akan memberikan syarat pendidikan minimal memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Baca juga:  Pengalaman Franchise Indomaret: Modal & Berapa Lama BEP?

2. Memiliki kekuatan fisik

Pekerjaan ini mengharuskan karyawan untuk memindahkan dan mengelompokkan barang di gudang. Maka dari itu, untuk menghindari kecelakaan kerja dibutuhkan fisik yang kuat untuk mengangkat barang.

3. Teliti

Ketelitian dalam bekerja dibutuhkan saat melakukan pemeriksaan, pencatatan barang masuk dan keluar, mengelola, serta mempersiapkan barang.

4. Disiplin dan tekun

Pekerjaan ini memiliki banyak tugas dan tanggung jawab, sehingga kedisiplinan dan ketekunan sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan dan pengolalahan.

5. Mempunyai SIM B

Meskipun seorang helper tidak mengendarai kendaraan muatan setiap hari. Namun ada kalanya saat sopir tidak bisa datang, helper akan menggantikan sopir melakukan pengiriman barang.

Gaji Helper Gudang

helper gudang
Helper gudang di Gudang Alfamart. (Serangkab.info)

Ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah gaji helper gudang, seperti daerah perusahaan, perusahaan, dan pengalaman kerja. Namun rata-rata helper akan menerima gaji pada kisaran Rp. 2.000.000 – 3.500.000 per bulan. Gaji tersebut biasanya belum berupa uang lembur, uang makan, dan uang transportasi.

Beberapa perusahaan juga memiliki range gaji helper yang berbeda-beda. Berikut ini gaji helper dari beberapa perusahaan, yaitu :

  1. Gaji helper gudang Alfamart sebesar Rp. 2.000.000 – 3.000.000/ bulan.
  2. Gaji helper gudang Indomaret sebesar Rp. 2.000.000 – 3.000.000 per bulan.
  3. Gaji helper gudang PT Mayora sekitar Rp. 4.200.000 per bulan.
  4. Gaji helper gudang Alfamidi sekitar Rp. 1.900.000 per bulan.
  5. Gaji helper gudang PT. Limas Sentosa Antarnusa sebesar Rp. 2.250.000 – 2.750.000 per bulan.

Demikian pembahasan mengenai helper gudang mulai dari pengertian, tugas, syarat, dan gajinya. Apabila Anda termasuk dalam kriteria di atas dan tertarik dengan pekerjaan ini, Anda dapat mendaftarkan diri di beberapa perusahaan yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat!.

Bagikan:

Tinggalkan komentar